Yang Bikin Kangen Saat Lebaran Tiba..



Kalau bahas soal Lebaran bikin hati saya sedih, pasalnya Lebaran tahun ini will not be the same as last year. Lebaran ini sungguh spesial. Gak bisa ngerasain mandi pagi-pagi and hectic pagi-pagi untuk bergegas sholat Ied di mesjid, gak hectic nyiapin cemilan dan penganan buat jamuan tamu ke rumah, pokoknya situasi pandemi ini akan sungguh membawa suasana Lebaran tahun ini berbeda. Ya positifnya sih ada beberapa rutinitas yang tidak akan saya lakukan seperti biasanya, dan pastinya akan terasa something missing dan bakalan saya kangenin. 

Yang Bikin Kangen Saat Lebaran Itu..

1. Hunting Baju Lebaran di Mall

Karena tahun ini gak ada lebaran-lebaran dan saudara juga gak ada yang ke rumah, silahturahmi juga dilakukan via online, jadi baju lebaran menjadi hal yang kesekian prioritasnya. 

2. Persiapan Beli Bahan-bahan masakan di pasar

H-2 jelang Lebaran, saya pasti belanja bahan-bahan kebutuhan pokok di pasar seperti bumbu rendang, santan kelapa, ayam, ketupat, dsb. Iya, karena setiap lebaran saya itu pasti memasak sendiri, masak opor ayam, rendang, sambal goreng hati, semur, dsb. Jadi beli bumbu jadi di pasar itu memudahkan saya. Tapi karena lebaran tahun ini gak ada yang datang juga ke rumah, jadi saya gak akan hunting barang-barang kebutuhan pokok di pasar kayaknya, beli di warung dekat rumah aja, karena belinya gak perlu dalam jumlah banyak (kiloan), ayam juga butuh seperlunya aja 1 ekor, rendang 1/2 kg, dan ketupat hanya 5 buah. 

3. Hunting Kue Kering di Mall

Setiap lebaran saya itu ritual banget di rumah harus ada kue kering. Karena saya gak bisa bikin kue, cuma bisa bikin masakan aja, jadi urusan bikin kue, saya pasti beli jadi aja. Biasanya saya hunting tuh beli kuenya di beberapa Cake Shop, atau misalnya teman saya ada yang buat, saya suka beli dari teman. Yah hitung-hitung bantu usaha temanlah. Tapi karena (lagi-lagi) lebaran ini gak ada yang datang ke rumah, kemungkinan saya akan bikin sendiri kue keringnya. Yah kalau gagal atau gak enak, ujung-ujungnya juga dimakan sendiri 😋 Kalaupun mau beli, di cake shop ternama seperti JnC Cookies, Holland Bakery atau di Almond Tree. Karena rasanya sudah pasti terjamin enak.

4. Bagi-bagi ampao ke saudara

Biasanya H-1 saya sudah menyiapkan amplop beserta uang untuk dibagi-bagikan ke saudara saat silahturahmi nanti. Tapi karena tahun ini saudara juga tidak ada yang datang, jadi ampaonya kemungkinan saya bagikan kepada orang yang membutuhkan saja.

5. Silahturahmi Keluarga

Biasanya dari tahun ke tahun rumah mertua itu selalu dipenuhi oleh keluarga besar suami. Karena orangtua suami adalah anak tertua, jadi saat Lebaran itu biasanya untuk hari pertama sampai ketiga pasti ramai akan keluarga yang silih ganti. 

Nah, itulah yang bikin saya kangen saat Lebaran itu. Kalau kalian hal apa yang bikin kangen saat lebaran?


No comments