Tetap Asik dan Nyaman Selama Ramadhan #DiRumahAja



Akhir tahun Desember 2019 mulai ditemukan sebuah virus baru yaitu SARS-CoV-2 di kota Wuhan, Tiongkok. Tanpa diprediksi, virus Corona sudah menyebar ke beberapa kota di dunia, termasuk di Indonesia. Dan per tanggal 11 Maret 2020, WHO menetapkan Virus Corona sebagai pandemi. Hal ini berdasarkan adanya lebih dari 118 ribu kasus penularan di lebih dari 110 negara (Source : merdeka.com). Apa itu pandemi? Pandemi adalah penyebaran penyakit baru ke seluruh dunia dan ada sejumlah penyakit pandemi sepanjang sejarah yaitu cacar, campak, tuberkolosis, sampai AIDS.

Dampak pandemi Corona terhadap kehidupan

Pandemi Covid-19 atau Corona secara tidak langsung telah berdampak besar bagi sejumlah aspek. Dari sosial, budaya, ekonomi, kondisi alam, pendidikan sampai gaya hidup. 

Untuk aspek ekonomi, dari info yang saya baca, banyak dari beberapa perusahaan telah merumahkan atau memberhentikan sejumlah karyawannya karena sudah 2 bulan tidak bekerja terutama untuk pegawai kontrak (outsource). Otomatis beberapa karyawan tidak mendapat gaji atau bahkan tidak mendapat THR. Alhamdulillah suami saya sudah permanent, masih masuk kantor, tidak sepenuhnya work from home, yaitu hanya diberi waktu 1 hari untuk work from home. Selebihnya ya bekerja seperti biasanya aja pergi ke kantor. Dan alhamdulillah juga uang THR dibayarkan 2 minggu sebelum hari raya. Awalnya saya sempat was-was untuk THR suami ini, saya khawatir perusahaan membayarkan THR pada akhir tahun, karena rumor yang saya sempat dengar seperti itu dari pemerintah. Sehubungan cuti bersama diundur ke akhir tahun. Tapi alhamdulillah banget ya, gak jadi diundur ke akhir tahun, jadi setidaknya THR bisa dipakai untuk keperluan darurat lainnya di masa pandemi ini. 

Untuk aspek pendidikan, pandemi corona mengubah cara belajar anak-anak, dari yang tadinya belajar di sekolah, sekarang berubah menjadi belajar di rumah via online. Para orangtuapun terpaksa menjadi guru dadakan di rumah. Alhasil pekerjaan jadi semakin bertambah. Tadinya mengajar anak bukan merupakan satu agenda, sekarang jadi agenda wajib setiap harinya. Belum lagi saya harus membuat report tugasnya juga, yang nantinya dikirim melalui email. Total sudah hampir 2 bulan Narend belajar dari rumah (Home Learning).

Jujur aja saya sebagai ibu rumah tangga yang memiliki 2 anak kewalahan menghadapi work from home ini. Karena saya harus mengubah pola belajar anak-anak, jam aktivitas saya, maintaince stamina dan juga agenda saya.

Sudah hampir 2 minggu terakhir finally Narend sudah mengeluh, AKU BOSAN DI RUMAH MI! Aku mau jalan-jalan ke mall, mau beli mainan, aku mau main di playpark, dsb. Ya allah saya kasihan mendengarnya. Segala macam permainan di rumah dimainkan. Pertanyaan demi pertanyaan yang dilontarkan olehnya kenapa dan apa tujuan kita #dirumahaja, padahal dia tidak sekolah.  Lalu saya berikan penjelasan bahwa dengan kita di rumah aja, setidaknya kita sudah membantu pemutusan rantai penyebaran Covid-19 ini, ya tentunya dengan gaya bahasa seusianya ya. Narend sudah rindu dengan guru dan teman-temannya. Saya juga pengen banget beliin anak-anak baju atau mainan. Tapi gimana ya, kan semua mall juga tutup 😓

Akhirnya saya cari ide, gimana caranya walaupun di rumah aja, anak-anak gak bete, bisa tetap asik dan nyaman selama bulan Ramadhan ini. Yaitu window shopping! 😀 Eits, bukan window shopping ke mall ya, tapi nyari-nyari promo di e-commerce! 😊 Dan dimana lagi kalau bukan di Shopee, salah satu e-commerce langganan saya, mau belanja apa aja disini ada 😊



Akhirnya saya coba melisting barang-barang apa aja yang kemungkinan saya butuhkan selama Ramadhan ini. Kebetulan juga kan kita memang gak bisa keluar rumah juga.




Karena saya bakalan banyak di rumah selama Ramadan dan Lebaran tahun ini, saya jadi memutuskan beli barang-barang yang kemungkinan dipakai saat di rumah saja, supaya makin nyaman, seperti perlengkapan tidur, jilbab, make up, dan perlengkapan dapur.

Wah ternyata gak hanya saya, tapi juga Narend mencoba melisting barang-barang apa saja yang mau dibeli juga. Maklum, namanya anak-anak, lihat orangtuanya mau belanja, jadi ikutan deh 😊

Narend coba melisting barang untuk THR


Trus suami lihat saya melisting, jadi ikut-ikutan deh, katanya nebeng 1 keranjang belanja, gak mau repot katanya. Berhubung saat bulan Ramadan ini suami juga sedikit banyak menghabiskan waktu di rumah saja,

Begini listing belanjaan suami saya 😁




Saya juga tau promo ini gara-gara kemarin ikutan kontes blog #THRBigRamadhanSale2020 bersama Shopee, trus pas saya buka, oh iya, ternyata lagi banyak promo ya.

Enaknya itu kalau Ramadhan di Shopee kamu bisa mendapatkan promo free ongkir.

Caranya mendapatkan promo barang-barang di Big Ramadhan Sale Shopee :


1. Buka www.shopee.co.id, lalu pilih dari banner paling kiri atas, bertuliskan Big Ramadhan Sale.


2. Cek Promo Hari ini

Nah, di bawahnya kamu akan disuguhkan menu promo yang ada. Setiap promo berbeda, tergantung promo yang ada saat itu.



3. Kalender

Setelah itu pilih kalender dan klik cek semua kalender. Lalu akan muncul promo sesuai tanggal seperti ini.



Promonya berganti setiap harinya. Contohnya saat kemarin tanggal 7 Mei 2020, promonya di kategori beauty. Jadi saya ada beberapa item untuk produk make up. Lumayan banget promonya, bisa diskon sampai 50%. Nah, kalau tanggal 8 Mei 2020 promonya adalah fashion, yaitu super brand day, dst.

Jadi sebelum belanja kamu bisa cek dulu promo apa yang sedang berlangsung di tanggal tersebut. Dan jangan sampai lupa, puncaknya yaitu tanggal 11 Mei 2020, akan ada Big Ramadhan THR Sale.




Promo Lainnya Juga Ada


Selain Big Ramadhan THR SALE, promo lainnya juga masih ada, seperti :

Shopee Mall Great Sale - Beauty Brand Sale

Supermarket Day
Ramadhan Fashion Sale
Jadi tetap nyaman karena #ShopeeDariRumah.

Finally saya sudah berhasil check out untuk barang-barang yang akan saya beli. Ini sebagian produk yang akan saya beli, yaitu make up. Saya membeli Wardah Colourfit Velvet Lip Mousse Lip Cream. Harga normalnya adalah Rp. 95ribu. Tapi karena sale saya mendapatkannya hanya Rp. 54.500 per item.




Nah, kemarin waktu saya lagi browsing tentang produk kecantikan yang sedang sale, kebetulan saya gak sengaja lihat produk lain juga yang sedang promo, makanya saya jadi rencana mau beli deh. Contohnya items di bawah ini, saya membeli wallpaper untuk di rumah, kebetulan karena Ramadhan dan Lebaran tahun ini akan banyak di rumah aja, jadi saya berinisiatif ingin mempercantik interior rumah saja, terutama bagian dinding kamar dan dapur.

Wallpaper yang saya beli untuk kamar ukuran 45cmx45cm dari harga Rp. 50.000 diskon menjadi Rp. 24.900. Lalu untuk dapur ukuran 45x75cm dari harga normal Rp. 13.000 diskon menjadi Rp. 9.900.
Murah kan? 😉



Promo Big Ramadhan SALE yang Wajib Kamu Tahu

Bagi para Shopee Lovers promo Big Ramadhan Sale pasti sudah pada tahu deh, namun bagi kamu yang belum tahu, saya jelaskan secara singkat. Waktu kamu membuka website, kamu akan berhadapan dengan popup dibawah, klik aja deh.





Kamu akan di bawa ke promo Big Ramadhan SALE untuk hari itu, dan seperti yang saya jelaskan promo hariannya berdasarkan kalender. Misalnya untuk hari ini adalah Supermarket Day. Nah yang harus kamu pahami disini adalah promonya, khusus hari ini Tanam THR 10M, Gratis Ongkir Xtra dan Pasti Diskon 50%.



Nah tinggal lihat dibawah yang sesuai promo harian, dan untuk Gratis Ongkir Xtra bisa kamu dapatkan berupa voucher yang bisa kamu klaim.



Namun saat belanja, kamu juga harus fokus terhadap benefit yang diberikan di produk itu, contohnya dibawah promo Big Ramadhan, cari yang Gratis Ongkir Xtra, namun untuk lihat ada info warna kuning Cashback Xtra. Dengan memilih produk itu, selain kamu bisa claim Gratis Ongkir Xtra dengan voucher yang sudah kamu ambil, kamu secara otomatis juga bisa mendapatkan Cashback Xtra.



Nah, kalau kamu perhatikan, sejak awal Big Ramadhan Sale, ada beberapa TANGGAL SAKRAL, yaitu 5 Mei, 11 Mei dan 15 Mei. Nah apa sih yang membedakan?

- Untuk 5 Mei, simple, untuk angkanya 0505, nomor hokie, sama halnya dengan 01 Januari, 02 Februari, 03 Maret, 04 April. Nanti setelah bulan Mei, pasti ada promo 06 Juni.
- Untuk 11 Mei, untuk orang kantoran ini adalah hari pembayaran THR, dimana biasanya THR dibayarkan 10 hari sebelum lebaran, jadi kalau lebaran tahun ini jatuh di tanggal 24 Mei, maka pembayaran THR kantor pasti cair di tanggal 11 Mei.
- Untuk 15 Mei, nah ini adalah sisa-sisa karena biasanya (kalau tidak ada covid19), maka banyak yang datang ke mall-mall di hari Sabtu dan Minggu, nah sebelum itu, Shopee memberikan diskon THR Ekstra Day, jadi kamu bisa mendapatkan diskonan xtra di tanggal itu, seru kan.



Mudahnya Belanja di Shopee


Dari dulu sampai sekarang saya selalu belanja di Shopee. Karena saya merasakan beberapa manfaatnya.

1. Mudahnya untuk mengubah barang di Shopping Chart.

Jadi setelah kita memilih dan memasukkan barang ke shopping chart, sebelum check out, kita bisa mengubah barang terlebih dulu, baik jumlah, warna, dsb. Bahkan kita juga bisa klik nama produk yang kita pilih itu di kolom shoping chart. Jadi saat kita check out dipastikan barang-barang yang kita pilih itu tidak salah.

2. Chat with seller

Di Shopee juga dilengkapi chat with seller (Hubungi penjual), sebelum atau sesudah di kolom shopping chart. Kita bisa langsung bertanya apakah produk ini masih available atau tidak.

3. Ada pilihan star seller, atau Shopee mall

4. Pembayarannya bisa dengan berbagai cara atau merchant


5. Ada pilihan kurir

Kita bisa memilih kurir, dan enaknya kalau di Shopee suka ada pilihan free ongkir gitu 😊


6. Cek status barang. Kita juga bisa cek status barang yang kita order itu sudah sampai mana.

Tips Belanja Online ala Oline


Karena saya lumayan sering belanja online via ecommerce, saya mau coba kasih tips nih buat temen-temen yang promo hunters kayak saya 😁

1. Listing Kebutuhan Barang Terlebih Dahulu

Ada baiknya kita listing dulu kebutuhan barangnya, supaya kita tidak memilih barang yang tidak kita inginkan. Biasanya kalau sudah lihat promo kita langsung dengan mudah memasukkan barang ke shopping chart.

2. Bandingkan satu toko dengan toko lainnya

Sebelum check out, ada baiknya kita membandingkan dulu barang yang mau kita beli itu antara 1 toko dengan toko lainnya. Setidaknya minimal 2 toko saja. Supaya mendapat perbandingan harga.

3. Cek testimoninya

Kamu bisa melihat review tokonya apakah valid atau tidak, recomended atau tidak. Kalau di Shopee terkenal dengan star seller.

4. Belanja di e-commerce yang aman.

Contohnya seperti di Shopee ini, karena ada fitur Shopee Pay, pastinya e-commerce ini aman untuk transaksi pembelian ataupun penjualannya.

Beberapa barang yang saya pesan sekarang statusnya ada yang sudah dikemas dan ada juga yang sudah dikirim.


Sebagian pesanan saya sudah datang. Order per tanggal 7 Mei 2020, pesanan sampai per tanggal 9 Mei 2020.

Ini baru sebagian pesanan saya, sebagian lagi sedang otw. Waaw, cepat sekali!

Pesanan barang saya di Shopee - Doc : Pribadi

Taraaa...ini sudah saya bukaa... sebagian pesanan saya 😊

Pesanan barang saya di Shopee

Makna Shopee Big Ramadhan Sale buat saya

Kita sudah tahu bahwa lebih dari 1 juta karyawan di rumahkan karena Covid-19, sehingga mereka harus putar otak bagaimana dapur bisa terus ngebul. Saya jadi teringat cerita tetangga saya yang di PHK akhir April lalu tanpa ada THR, Bonus atau Pesangon karena Covid-19, dan dia sekarang berjualan sebagai seller di Shopee. Alhamdulillah suami saya masih diberi rezeki untuk bisa menerima THR (insyallah) di tanggal 11 Mei, dengan berbelanja di Shopee Big Ramadhan Sale ini, saya dan keluarga bisa merasakan "berbagi" dengan berbelanja bisa mendapatkan diskon super dan barang berkualitas sekaligus dengan berbagi "THR" untuk yang membutuhkan.

Nah, itulah cerita pengalaman saya selama berbelanja Big Ramadhan THR Sale di Shopee. Kalian sudah belanja juga di Shopee?

Jangan sampai terlewat ya, bookmark your calendar untuk promo-promo yang sedang berlangsung terutama tanggal 11 Mei 2020 dan 15 Mei 2020 ya 😊

Semoga artikel saya bermanfaat dan selamat berbelanja.

32 comments

  1. promo yang ada di shopee emang luarbiasa dashyat ya.. apalagi ada beberapa waktu tertentu yang diskonnya menarik tapi harus berebutan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting masukkan dulu aja barangnya ke chart, jadi pas ada promo bisa langsung check out :)

      Delete
  2. Shopee emang juara deh kalau soal promo ya, aku pun selama 2 bulan di rumah aja jadi lebih sering jajan ke shopee, Apalagi kalau barang yang kita pengen sedang promo.

    ReplyDelete
  3. Siap pantengin Shopee...Banyak sale nya yang menggoda haha...Bikin daftarnya boleh juga..ntar kalo ada yang pas tinggal eksekusi ajah...

    ReplyDelete
  4. Aku baca2 list belanjanya ada alat cukur portable... Hihihi, dan emang kayaknya butuh nih, anak2 sama ayahnya uudah pada gondrong2 rambutnya... Nengokin keranjang shopee dan mulai pilah pilih lagi belanjaan mana yg mau di checkout nyesuaian sama situasi skrg yaah

    ReplyDelete
  5. Saya kalau lihat Shopee memang paling favorit yang Supermarket Day. Suka ada aja yang menarik buat dibeli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah rajin belanja barang2 dapur ya.

      Delete
  6. alhamdulillah suami mbak tetap berkerja dan mendapat THR seperti biasa. kalo molly sih karena biasa WFH jadi blogger ya kerjaannya dari nulis blog sama bikin konten nih..

    ReplyDelete
  7. Window shoping emang bisa mengusir kebosanan di rumah ya, apalagi kalau pas nemu barang yang dibutuhkan dan harganya lagi promo. Bahagia rasanya.

    ReplyDelete
  8. aku pun juga ngelist barang-barang belanja di shopee banyakan barang-barang untuk keperluan dapur dan rumah

    ReplyDelete
  9. Cinta banget emang sama shopee. Aku pun selalu belanja disitu. Hihihi. Btw Mba, suaminya udah dapet cukuran portable? bisikin nama tokonya. Aku udah bolak balik liat-liat tapi bingung mau checkout yang mana.

    ReplyDelete
  10. Shopee lagi banyak promo ya...saya juga ngikuti promo-promo dari shopee lumayan bikin irit...apalagi free ong. Dobel irit jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah dapat promo yg free ongkir ya. Lumayan ya.

      Delete
  11. Ternyata yang uring uringan bukan kami aja kaum pekerja. Ibu rumah tangga dan bahkan narend jugaaa. :D

    Syukurlah kita masih tinggal dikota, jajan jajan di ecommerce juga mudah. Jadi beneran jajannya scrolling shopee terus. Ehalah pake banyak promo sana sini. Udah deh, atas nama mengusir kebosanan kita kalap belanja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jalan2 di ecommerce udah cukup bikin bahagia, walaupun gak beli :)

      Delete
  12. Aku selalu beli apa apa di shopee masa mbak soalnyaa emang paling the best deh promo dan segala macamnya ini emang shopee tuh the best banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aku juga rajin belanja di Shopee, soalnya barangnya lumayan lengkap and murah sih.

      Delete
  13. Aku nunggu yang tanggal 15 Mei. Memang Shopee juwara untuk promonya. Karena dia ada misi untuk membantu yang terdampak pandemi. Dan setuju belanja dibikin list dulu biar ga bablas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, 2 hari lagi ya. Pasang remindernya, jgn sampai kelewatan :)

      Delete
  14. Uhh senengnya udah dapat barang impian dari Shopee, kemarin tanggal 11 Mei aku gagal dapat barang yang aku inginkan. Ini udah set alarm untuk tanggal 15, udah siap-siap bakal melek sesuai jam yang udah terjadwal demi barang impian, hahahaa

    ReplyDelete
  15. Shopee salah satu e-commerce favorite murah barang nya bnyak dah gitu promonya yg kadang bikin Kita trs Aja scroll blnjaan

    ReplyDelete
  16. Wah, serunya sekeluarga bikin list untuk belanja. Lucu ya, anak-anak itu suka meniru orang tuanya.
    Sepertinya harus pasang alarm deh, jangan sampai ketinggalan promo Shopee untuk tanggal 15 Mei.

    ReplyDelete
  17. Semenjak Pandemi ini saya jadi suka banget belanja di Shopee. Habis murah-murah dan segala ada. Harganya jauh lebih murah dari marketplace serupa lainnya.

    ReplyDelete
  18. Di rumah aja pun semua kebutuhan terpenuhi yah, alhamdulilah ada Shopee yang kasi diskon, seneng deh belanja di Shopee meskipun kadang ku sampe kalap, huhuh.

    ReplyDelete
  19. Ramadhan meski di rumah aja dan kemungkin mudik pun tertunda, ada promo thrsale dari Shopee ini jadi ice breaking yang mutualisme, di rumah aja bisa belanja dengan promo yang gede-gedean dari Shopee, apalagi ada game dg hadiah THR milyaran pulak

    ReplyDelete
  20. masih ada waktu nih, buat belanja harga promo ya mba, maulah minta beliin barang kesukaan sama suami, mumpung promo nih

    ReplyDelete
  21. Kemarin aku sudah diskusi sama suami kalau tanggal 15 Mei ada produk printilan fotografi yang aku mau beli. Mumpung shopee diskonnya gila

    ReplyDelete
  22. Aku juga cinta banget sama Shopee kak, aq selalu kelewatan kalo flash sale akhirnya skg pasang alarm hehehe

    ReplyDelete
  23. Shopee tuh kalau dibuka bikin bahagia, wakakak ya bikin boros kalap soalnya
    apa-apa murah dan gratis ongkir kan gemes jadinya mba. Hehehhe

    ReplyDelete
  24. Belanja beberapa kali nih di Shopee pas free ongkir. Mayan banget hematnyaa


    ReplyDelete