Lebaran Tahun 2020 ini Beli Baju Lebaran Gak Ya?


Saat saya menulis ini puasa sudah memasuki hari ke-18. Berarti tinggal 12 hari lagi bulan Ramadhan akan selesai. Biasanya sih dari tahun ke tahun, kalau 2 minggu menjelang Lebaran, udah jadi kegiatan wajib saya dan suami hunting kebutuhan lebaran deh di mall. Tapi karena sekarang lagi masa pandemi, jadi hanya window shopping aja.

Dari bulan lalu sempat ngebahas sama suami, nanti Lebaran pandemi sudah berakhir belum ya? Suami bilang, gak bakalan sih, kayaknya redanya bisa sekitar bulan Oktober atau November. Jadi kemungkinan Lebaran kita bakal di rumah aja. Kalau banyak di rumah aja, kira-kira beli baju lebaran gak ya?

Kemarin saya sempat bongkar lemari karena gak sengaja, dan ternyata baju-baju gamis saya masih banyak yang belum saya sentuh. Secara saya paling jarang pakai baju gamis, kalaupun keluar rumah lebih sering pakai baju atasan bawahan aja.



Lebih nyaman pakai celana kulot aja plus kaos seperti ini. Percaya gak, baju yang saya pakai ini adalah baku saya zaman saya gadis dulu, warisan mama, masih bagus and layak pakai kan?



Style fashion saya ya gini-gini aja selama di rumah aja. Kalaupun keluar rumah juga cuma ke mall sama arisan aja ๐Ÿ˜sekarang mau arisan juga kemana, arisan juga online. Jadi baju yang bakalan kepakai oleh saya ya jaket (outer) buat kalau dadakan misalnya ada tamu atau harus ke sekolah anak-anak, tapi saya malas ganti baju, tinggal pakai outer aja udah paling bener deh, belinya juga cuma sekali dalam setahun, seperti ini.




Kalau bahas soal baju, akhir-akhir ini saya lagi agak jarang beli baju baru, terlebih lagi sekarang saya jadi jarang banget keluar rumah. Keluar rumah juga oaling sering hanya weekend aja bareng suami jalan-jalan ke mall. Kalau dulu (tahun lalu tepatnya), sebelum ada Rissa, saya masih sering bepergian, untuk acara, event blogger, dsb. Sekarang sudah punya 2 anak, sudah makin jarang deh keluar rumah, sekarang saya lebih banyak kerja dari rumah (alhamdulillah). Masih tetap bisa berkarya dari rumah.


Bekerja di coffee shop 


Makanya baju saya ya itu-itu aja, bisa lihat bukti nyata di Instagram saya ๐Ÿ˜‰ kayaknya kalaupun beli barang hanya jilbab aja.

Window shopping di beberapa e-commerce, lihat promo, saya cuma bisa ngiler aja, gak bisa saya beli, secara lemari saya juga sudah penuh banget sama baju. Baju-baju lama belum saya bongkar dan pilah pilih lagi. Biasanya kalau mau beli baju, koleksi baju lama saya suka saya take out alias keluarkan dulu, lalu saya sumbangkan, baru saya beli baju baru lagi.

Baca : Tips Tetap Nyaman dan Asik Di Rumah Aja

Ini berlaku untuk suami, sepertinya dia gak akan beli baju baru juga. Ahh apalagi suami, tipe yang malas beli baju, kalau saya gak ngomel dulu, dia gak pernah beli baju. Prinsip dia, baju yang lama sampai butut and belel dulu, baru beli baju. Ahh dasar cowo yaa... ๐Ÿ˜ด

Kalaupun beli baju, sepertinya hanya baju-baju rumah saja, karena lebih terpakai. Kalau baju anak-anak sih pasti saya beli, karena dari bulan lalu Narend sudah menagih minta dibelikan baju baru, ya secara saya memang tidak pernah belikan baju selama 6 bulan ini ๐Ÿ˜ฅ

Ya jadi kalau ditanya, apakah lebaran beli baju baru? Jawabannya, sepertinya iya, beli baju-baju rumah aja, dan baju anak-anak, sepertinya itu lebih terpakai dan lebih bermanfaat. Apalagi kemarin dapat kabar bahwa anak-anak akan masuk sekolah lagi sekitar pertengahan Juni 2020. Sepatu and sandal sudah pada gak muat, baju tidur juga pada sempit, kasian, kesannya emaknya pelit banget gak pernah belikan baju, padahal prinsip saya kalau gak butuh, ya ngapain beli cuma buat gaya-gayaan aja?


Saya beli baju buat anak juga sebagai reward dia sudah berhasil puasa sebulan penuh.


Kalau kalian ada rencana beli baju lebaran gak tahun 2020 ini? ๐Ÿ˜Š

32 comments

  1. Engga beli kayaknya Mba karena udah beli baju kemarenan sblm covid19 belum pada dipake, hehehe. Sekarang musti kekepin cash ama tabungan karena situaasinya tak menentu, huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalo aku belum beli sama sekali sebelum Covid19, kayaknya sekarang mau gak mau beli, cuma buat anak2 aja. kalo aku kayaknya gak karena belum ada kebutuhan.

      Delete
  2. AKu sih gak beli baju lebaran kayanya nih, baju rumah juga gak, masih banyak ternyata yang bagus & jarang dipakai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak kemana2 ya, jadinya gak beli baju ya.

      Delete
  3. Aku beli, karena terlanjur beli sebelum pandemi. Hahaha. Aku kebiasaan beli baju lebaran jauh hari mbak, optimis sih wkwkwk cuma ya gitu gak suka rebutan mepet lebaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya belinya harus jauh2 hari sebelum puasa and lebaran ya
      tapi aku tipe yg gak penah beli baju, belinya hanya saat kalau butuh. Jadinya setiap lebaran biasanya beli. Nah yg lama aku sumbangkan, biar balance isi lemarinya, begitu :)

      Delete
  4. Aku ngga beli baju nih sama bojo, paling anak-anak, alde celananya sempit, Nailah katanya bosan bajunya itu melulu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe anak2 itu emang cepet ya besarnya, jadi tiap tahun ya kudu beli baju baru.

      Delete
  5. Aku udah beli gamis mba soalnya sekalian buat dpakai buat baju kerja. skarang lebih nyaman pakai gamis karna nggak ribet :). Belinya di sahabat yang kebetulan jual. Heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kebalikan sama aku, aku agak ribet kalo pakai gamis. Mungkin kalo pas aku lagi ajak anak2 kali ya. kalo pergi berdua aja sama suami sih emang seringnya pakai gamis karena simple.

      Delete
  6. Nggak ada rencana beli baju lebaran nih mbak. Aku sedang belajar hidup minimalis soalnya. Bajuku banyak, tapi yang dipake itu-itu aja. Daripada mubazir aku akan decluttering. Terakhir aku beli baju bulan Februari kemarin, mungkin baru akan beli lagi kalau udah rusak/jelek. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli bajunya nanti saat bener2 butuh aja ya berarti.

      Delete
  7. Aku dalam kondisi normal aja lebaran lebih sering gak beli baju. Nah, apalagi pandemi gini yang serba tidak pasti. Kayak udah ga ada napsu belanja, Lin. Entah nanti kalo kondisi membaik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nafsunya belanja sembako ya mba, bergeser kebutuhannya ya.

      Delete
  8. Anak-anakku yang semangat beli baju untuk Lebaran secara online.
    Beli baju baru juga karena baju-baju yang lama sudah tidak muat.
    Baju anak-anak yang sudah remaja sih dilungsurin ke adiknya, si bungsu. Tapi, masa lungsuran semua katanya. Akhirnya ikutan beli baju juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enaknya gitu ya, kalau adik kakak, adiknya dpt lungsuran dari kakaknya.
      Aku juga gitu, akhirnya jadi beli online deh tahun ini.

      Delete
  9. Bajuku juga numpuuuk mbaaa di lemari.. kemarin sempat dikasihkan ke saudara 2 tas besar tapi masih ada lg yg perlu disortir. Aku banyak jahit karena suka pakai wastra nusantara, jadi unik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iyaa, mak Insav aku paham banget, suka segala sesuatu yg berbau2 tradisional and wastra. Jadi seringnya jahit ya.

      Delete
  10. Aku ga beli nih mbak tahun ini..Karena bakal gak kepake juga. Ntar aja ditabung dulu nunggu entar pandemi kelar biar bisa belanja bebas di mall

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga pandeminya gak lama2 ya, kangen juga ya belanja baju di mall.

      Delete
  11. Penginnya sih beli baju untuk anak-anak aja. Kalau emak bapaknya mah udah ga perlu kalik ya hehehe... Kalau anak-anak kan dari tahun lalu aja pasti bajunya udah kekecilan, butuh yang baru. Gitu aja sih alasannya untuk beli.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, akupun anak2 juga udah pada jelek2 and kekecilan semua. Jadi terpaksa ya tahun ini kudu menyisihkan budget buat beli baju anak2. Setuju, emaknya gak perlu soalnya gak kemana2 and banyak stoknya :D

      Delete
  12. Kalau saya sama suami, biasanya pas lebaran malah gak beli baju, kecuali kalau pas nganteri belanja bajunya anak-anak kok nemu baju yang sreg ya ikutan beli deh.

    Utk lebaran tahun ini, acara beli baju lebarannya anak-anak di geser ke online deh. Tapi kemarin2 ta tanyain, katanya gak usah beli baju lebaran. Al hasil sampai sekarang baru beli online celana panjang buat di rumah saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah anak2 udah mengerti ya, gak usah beli baju lebaran. Yang penting beli baju rumahan aja kali ya. karena sering di rumah aja.

      Delete
  13. Aku juga belinya baju rumahan buat anakku. Secara bajunya udah sempit semua. Baju muslim sih pake yg lama aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah samaan nih, akupun juga mau beli baju tidur buat anak2. Udah sempit semua. kasihan ....iya baju muslim pakai yg lama aja gapapa ya, toh kan di rumah aja juga.

      Delete
  14. Beli baju untuk Lebaran iya mak, tapi untuk anak-anak. Sebenarnya sih ada dres satu set yang aku naksir hahaha tapi nanti saja. Masih bisa mix and match baju lama. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama gak ada event blogger atau formal lainnya, baju lama2 masih bisa dipakai ya. Simpan uangnya untuk kebutuhan lain yg lebih mendesak ya.

      Delete
  15. Aku gak beli baju lebaran, anak-anak cuma Bi aja yang beli-beli itu pun aku beli pas ada even di pameran JJC jadi sekalian. Belum nyangka ada pandemi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gak ada satupun yg menyangka pandemi ini ada. Aku malah belum sempet beli2an baju buat anak2, gak pernah beli baju malahan udah setahunan :)

      Delete
  16. Sukaa banget liat style bajunya mbaak oline hehehe lebaran kali kal gak beli baju lebaran mbak, soalnya juga banyak baju" yg masih bagus dan jarang dipakenya jd masih berasa baru hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mba :)
      Iya, semakin dewasa, kita jadi jarang beli baju ya :)

      Delete