Wabah Virus Corona, Masih Amankah Membeli Make Up dan Skincare Online?

Source : Thrive Global
Saya ingat waktu awal tahun teman saya share di IG storiesnya dan bilang, bahwa dia mau puasa dulu (baca : menahan diri untuk tidak membeli make up dan skincare) di saat pandemi wabah Corona sekarang. Dulu ya, waktu awal tahun, waktu wabah Coronanya belum sampai ke Indonesia, belum marak orang pakai cairan desinfektan, hand sanitizer atau kelangkaan masker deh. Masih heboh di Negara Wuhan dan Itali deh. Nah, teman saya udah aware tuh, kalau dia lagi gak mau belanja make up dulu. Dulu kan belum ada lockdown dan penutupan mall atau make up store seperti sekarang ya. Lalu karena penasaran, saya bertanya ke teman saya ini, apa iya virus Corona bisa menyebar lewat paket kemasan make up gitu? Lebay deh ah! Kan saya kepo dan worried juga jadinya 😁 Teman saya ini bilang, ya memang bisa lewat kemasannya. Siapa tau kan ada yang batuk atau bersin lalu kena ke paket kita? Oh iya juga sih, masuk akal penjelasannya. Nah, dari situ akhirnya saya jadi browsing-browsing deh, mencari tahu sendiri melalui info yang terpercaya, dan sekarang saya mau bagikan ke kalian nih, sebenarnya masih aman gak sih beli make up atau skincare secara online? Secara sekarang kan semua mall dan beauty store juga sudah pada tutup. Mau belanja dimana lagi kan selain di online? 

Sebelum saya menjelaskan aman atau tidaknya, kenali dulu ya apa itu virus Corona.


Kenali Dulu Karakteristik Virus Corona




Virus Corona atau disebut juga Covid-19, adalah virus jenis SARS-Cov-2, yaitu virus yang menyerang sistem pernafasan. Virus ini bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernafasan, infeksi paru-paru yang berat sampai kematian. Gejala infeksi virus corona mirip sekali dengan penyakit flu. Yang membedakannya adalah dari pola gejala, organ terinfeksi dan penyebarannya.

Virus ini lebih banyak menyerang pada lansia atau orang yang memiliki penyakit bawaan seperti kardiovaskular, diabetes, pernapasan kronik atau kanker. Tapi tidak menutup kemungkinan juga virus ini bisa menyerang bayi, anak-anak, ibu menyusui, ibu hamil atau orang dewasa sekalipun.

Media penyebarannya bagaimana?

Virus corona covid-19 membutuhkan sel inang (mahluk hidup) untuk berkembang biak, sehingga biasanya tidak akan bertahan lama diluar inang selama berminggu-minggu, beda dengan bakteri. Dan organ pernapasan menjadi sasaran utama infeksi virus ini. 

Menurut literatur yang saya baca, paling banyak adalah melalui droplets. Droplets bisa terjadi ketika seseorang batuk, bersin ataupun berbicara di lantai. Apalagi kalau orang yang terinfeksi virus Corona tersebut tidak memakai masker, sangat berpotensi sekali.


Tidak hanya melalui droplets, tapi juga bisa melalui kerumunan orang, karena virus Corona Covid-19 bisa menempel secara kasat mata pada pakaian yang dibawa oleh orang lain. Oleh karena itu sekarang pemerintah menerapkan physical distancing (menjaga jarak aman dengan orang lain minimal 2 meter).



Selain itu juga virus corona covid-19 bisa menyebar lewat benda, karena benda adalah bisa menjadi cara penularan yang masif. Covid-19 bisa bertahan hidup sampai 3 hari lamanya di permukaan benda. 

Jadi bila virus corona menempel pada paket kemasan yang kita beli secara online dan dijamah banyak orang, otomatis virus tersebut bisa berpindah dan menemukan inang baru apabila oranglain menyentuh benda itu.

Lalu Masih Amankah Belanja Make Up dan Skincare via Online?


Selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB semua perkantoran dipaksa untuk work from home, mall, restoran, cafe, pasar diharuskan tutup. Menurut saya beauty store di mall juga harus tutup, kenapa? Karena produk tester juga bisa berpotensi media penularan, karena setiap orang memakai produk tester yang sama. Oleh karena itu sangat riskan penularannya.

Saya pribadi sih tipe yang suka belanja offline di mall dan juga online. Saat ini memang belum ada sih penelitian khusus berapa lama virus corona ini bertahan pada produk kecantikan. Tapi walaupun begitu, kita wajib menjaga kesehatan.

Tips Belanja Make Up Online Saat Pandemi Corona

Paket atau parsel yang kita terima dari kurir merupakan salah satu media pertumbuhan virus corona. Permukaan kardus dan plastik adalah tempat berlindung yang aman untuk virus corona.

Nah, saat masa pandemi seperti sekarang, gimana caranya belanja online supaya tetap aman? Saya ikuti beberapa protokol, yaitu :

1. Hindari menggunakan produk kecantikan yang digunakan oleh orang lain.
Gak hanya produk tester di beauty store, tapi juga produk kecantikan oranglain yang terdekat dengan kita, misalnya teman, saudara, dsb.

2. Saat terima paket, semprot paket kemasan dengan semprotan desinfektan
Saat terima paket, jangan buru-buru langsung dibawa masuk. Semprot lebih dahulu dengan cairan desinfektan, kemudian baru dibawa masuk.

3. Membuang kemasan dan segera mencuci tangan setelah terima paket
Selesai menerima paket, sebaiknya buang kertas atau plastik kemasannya. Lalu segera mencuci tangan. Baru boleh membuka paketnya.

4. Rajin mencuci brush atau sponge secara rutin
Mencuci brush bukan hanya terhindar dari bakteri tapi juga virus. Kalau saya punya jadwal khusus untuk mencuci segala macam peralatan make up, yaitu setiap seminggu sekali.

5. Dilarang menyentuh area wajah setelah menerima paket
Mencuci tangan terlebih dahulu baru bisa membuka paketnya.

6. Bersihkan tas atau make up pouch yang kita gunakan saat keluar rumah
Biasanya untuk poin terakhir sering dilupakan orang. Orang hanya fokus terhadap baju yang dikenakan saat keluar rumah, tapi sebenarnya semua barang-barang yang dibawa keluar rumah sama-sama berpotensi terkena virus corona. Jadi ada baiknya selalu dibersihkan semprot dengan cairan desinfektan sebelum masuk ke dalam rumah.

Walaupun saya sudah melakukan protokol diatas, terkadang ada kalanya saya masih ragu, saya suka langsung bertanya ke halodoc. Yang saya suka dengan portal kesehatan ini ada fitur chat dengan dokter terpercaya. Terkadang kan hal-hal sepele seperti ini, kita gak bisa langsung bertanya ke dokter di rumah sakit kan? Apalagi kalau cuma urusan protokol kesehatan terima paket sehubungan virus corona 😁



Selain itu juga di Halodoc ada artikel-artikel bermanfaat yang bisa kita baca selama work from home ini.

Jadi kalau ditanya, masih aman gak belanja make up secara online?

Kalau menurut saya sih masih aman, asalkan melalui protokol-protokol diatas. Memang repot ya 😁 tapi demi kesehatan kenapa tidak? 

Kalian di masa pandemi ini, tetap belanja online atau tidak? Boleh share yuk di kolom komentar. 

Semoga artikel saya bermanfaat ya.

2 comments

  1. Halodoc andalanku banget di masa pandemik ini buat nanya nanya, praktis dan bisa di rumah aja hahaha

    ReplyDelete