Kamu Suka Matte Lipstick? Lakukan 9 Hal Di Bawah Ini Supaya Bibir Tetap Sehat dan Tampak Sempurna



Kalau bicara matte lipstik, di rumah koleksi lipstik saya buanyak sekali. Coba intip koleksi lipstik saya di bawah ini deh. Saat saya foto ini masih 1 box, tahun 2018. Total lipstik yang saya miliki sebenarnya sampai tahun 2020 ini ada sekitar 3 box seperti ini. Saya gak pernah hitung berapa jumlahnya. Ya campur sih, ada yang lipstik biasa, ada juga yang modelnya lip cream. Ada yang dapat dari event, gift, dll. But kebanyakan beli sendiri sih. Kalau saya suka, and mau review, yaudah saya beli deh 😉 Segini juga sudah ada yang saya berikan kepada oranglain, ke temen suami, atau saudara. Karena kebanyakan saya beli hanya untuk keperluan review aja 😉





1. Selalu membersihkan bibir

Bibir itu ibaratnya sebuah canvas, jadi harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum diwarnai. Cara membersihkannya bisa dengan scrubbing atau memakai pembersih wajah biasa. Ini berguna supaya hasil lipstiknya cakey (padat dan permukaan tidak rata)

2. Gunakan pelembab

Matte lipstik itu sebenarnya ada beberapa macam, yaitu deep matte, satin matte, semi matte atau matte biasa. Karena basicnya adalah kering, sebelum mengaplikasikan lipstik ini, sebaiknya gunakan pelembab terlebih dahulu. Terutama untuk kalian yang memiliki jenis bibir yang kering.

3. Gunakan lip liner

Lipstik matte itu teksturnya sangat pigmented. Dan applicator lipstik matte itu biasanya bentuknya kuas. Nah biasanya untuk yang belum terbiasa atau pemula, menggunakan lipstik yang bentuk applicatornya kuas itu effort sekali. Oleh karena itu supaya tampilan lipstikmu sempurna, kamu bisa menggunakan lip liner terlebih dahulu supaya finish looknya lebih rapih.

Untuk warna lip linernya, kamu bisa memilih 1 shade lebih gelap dari warna lipstik kamu.

4. Aplikasikan foundation di luar bibir

Menggunakan lip matte yang bentuk applicatornya adalah kuas, pasti memungkinkan final look yang tidak rata bagian tepi bibir. Untuk itu supaya tampak sempurna, kamu bisa mengaplikasikan foundation dengan menggunakan brush.

5. Gunakan kertas tissue

Biasanya kalau kamu menggunakan lipstik suka buru-buru di tap-tap menggunakan tissue gak? Nah, sebaiknya setelah memakai lipstik, tunggu beberapa saat sampai lipstiknya benar-benar menempel pada bibir kamu, barulah di-tap menggunakan tissue. Setelah itu, aplikasikan loose powder diatas tissue. Usahakan tidak langsung mengaplikasikan loose powder diatas bibir supaya bubuk powdernya tidak langsung menempel pada bibir. 

6. Aplikasikan lip gloss

Kalau kamu mau tampilan yang agak sedikit 'wah' dan fresh, kamu bisa menggunakan lip gloss sebagai pilihan.


7. Use a highlighter

Gunakan highlighter pada bagian bibir atas tengah (cupid bow). Sedikit saja, tidak usah terlalu banyak.




8. Reapply

Biasanya lipstik matte akan lebih sempurna jika digunakan 2 layer.

9. Gunakan Primer

Primer disini fungsinya sebagai base. Jika ingin lipstikmu tahan lama, kamu bisa mengaplikasikan primer. Salah satu lip primer yang banyak direkomendasikan adalah NYX Lip Primer.

Itulah ke-9 tips dalam menggunakan lipstik matte. Semoga bermanfaat ya.




1 comment

  1. Hihihi, saya pikir saya itu udah paling boros ama lipstik, tapi ternyata kalau yang pecinta beauty malah lebih banyak lagi :D

    Kalau saya suka lip cream matte sih, kalau jenis lipstik biasa yang matte, kadang tuh nggak nempel di bibir, karena terlalu kering.

    Kalau lip cream matte itu sukanya, dia awet, asal beberapa merk nggak boleh kena minyak sih, langsung luntur hahaha.

    Kalau saya juga hanya bisa pakai lipen matte itu kalau udah pakai pelembab bibir kayak tender care atau semacamnya.
    Kalau enggak, dijamin lip creamnya menggerindil hahaha

    ReplyDelete