Travelling Bersama Anak ke Pantai Kenjeran Surabaya

Jembatan Suramadu - doc: pribadi

Surabaya adalah salah satu kota destinasi yang saya dan suami tuju selama beberapa tahun terakhir, alasannya simple karena disana tidak jauh seperti di Jakarta, yaitu banyak mall, jalan kemana-mana pakai taksi online sampai bisa merasakan berbagai macam makanan. Buat kamu yang mau ajak jalan-jalan anak terutama balita, menurut saya Surabaya adalah kota yang ramah anak sama seperti Jakarta.

Saya memang tidak bisa dibilang sering ke Surabaya, kalau di hitung bahkan baru 2x, dan saya sengaja menggunakan 2 sarana transportasi mulai dari Kereta Api (baca : Cerita Mudikku ke Tulung Agung Menggunakan Kereta Api) dan mobil rental (baca : Pengalaman Pertama Travelling (Jalur Mudik) Menggunakan Mobil TRAC), sehingga menyisakan 1 transportasi yang belum saya coba, yaitu pesawat 😊

Di Surabaya, sudah beberapa tempat yang saya singgahi, seperti :

1. Taman Bungkul

Yang merupakan tempat ziarah ke makan Sunan Bungkul, tempatnya sangat bagus dan banyak spot-spot foto keren, yang asik ada tempat bermain anak pada tamannya seperti ayunan, perosotan sampai jungkat jungkit dan yang saya suka disana, ada tempat untuk refill air minum secara gratis.

2. Kebon Binatang Surabaya

Lokasi wajib datang kalau kesini karena default bandingin sama kebon binatang Ragunan di Jakarta. Waktu dulu kesini pas lebaran tempatnya super sumpek dan rame sekali, soalnya tiket masuk cuma 20rb/orang, untungnya kita datang jam 3 sore jadi tidak terlalu rame di dalam kebon binatangnya. Cuma yang masalah parkir mobilnya susah banget, karena terbatas, jadi harus muter-muter 30 menit untuk dapat parkiran. Buat kamu yang datang ke Surabaya, wajib untuk datang ke lokasi ini.

3. De Mata Trick Eye Museum

Untuk tempat ini tidak wajib sih kamu datangi, soalnya tiket masuknya cukup mahal untuk hitungan hiburan di Surabaya karena harganya 50rb/orang. Alasan saya datang kesini, karena saya sudah masuk ke beberapa Trick Eye Museum seperti di Jakarta, Cibubur, Bandung, Bogor, Bekasi, Yogya 😊

4. Monumen Kapal Selam

Dulu saya kesini naik taksi online, dan tujuannya adalah ke Monumen Kapal Selam, namun driver onlinenya beberapa kali menyebut kata Monkasel, jujur saja saya jadi bingung, saya mau ke Monumen Kapal Selam bukan ke Monkasel, ehh ternyata Monkasel itu adalah singkatan dari Monumen Kapal Selam 😊 Awalnya suami keberatan datang kesini karena dia tidak terlalu suka datang ke museum, namun karena si Narend pingin banget lihat kapal selam jadi ngalah deh suami. Jujur saja, Narend sangat suka kesini tapi beda banget sama suami, alasannya katanya capek banget naik turunnya lumayan repot 😊

Nah rencananya, tahun ini kami akan ke Surabaya kembali, tujuannya kali ini adalah Pantai Kenjeran. Sebenarnya waktu baca review beberapa teman traveller bahwa pantainya kotor seperti pantai Kuta di Bali. Alasan saya kesana tidak lain karena mau menikmati sunset bersama suami dan anak.

Pantai Kenjeran Lama

Buat kamu yang mau sini, lokasinya tidak jauh dari jembatan Suramadu. Dan biar tidak salah, waktu kamu kesini ada 2 pantai yaitu pantai kenjeran lama dan pantai kenjeran baru, dari review kalau kesini enak gak capek cari parkiran, karena banyak sekali slot parkir (tidak seperti kebon binatang surabaya yang pelit tempat parkir). Untuk masuk kesini cukup murah, cukup merogoh kocek 15rb sudah bisa menikmati semua fasilitas yang ada.

Disini kamu bisa menikmati pemandangan kembatan suramadu saat malam yang keren, karena lampu-lampu yang menyala di jembatan. Pantai ini sangat tepat untuk menikmati sunset dan kerennya (katanya) kamu bisa melihat pulau pasir putih di tengat laut yang bisa di capai menggunakan perahu.

Pantai Kenjeran Baru

Kalau disini sedikit berbeda, karena pantainya lebih modern dan bersih. Yang paling menarik perhatian adalah adanya Pagoda Tian Ti yang merupakan gedung patung naga raksasa dan merupakan tempat yang ingin saya datangi saat ke Surabaya. Kerennya disini sangat ramah anak, berbeda dengan pantai kenjeran lama, karena ada playground anak mulai dari perosotan, ayunan sampai area outbound.


Pingin banget foto di Pagoda Tian Ti - doc: beritadunia.net

Nah karena saya sudah pernah ke Surabaya naik kereta dan mobil rental, tahun ini saya berencana mau merasakan naik pesawat, simple sih karena lebih cepat cuma 1.5 jam sudah sampai 😊 jadi mulai sekarang sudah mencari tiket pesawat jakarta surabaya, lumayan deh 3 jutaan sudah dapat tiket PP sama suami dan 2 orang anak pas valentine.

Tiket pesawat di Pegipegi - doc: pegipegi.com


Kuliner di Surabaya

Sama seperti Jakarta, di Surabaya banyak sekali kuliner-kuliner yang seru, contohnya seperti lumpia dengan daun bawang baby, Semanggi yang kaya gado-gado, Bakso Pentol, Popcorn Bulir, Sate Madura sampai kuliner legendaris seperti Lontong Balap & Sate Kerang B. Tasniyah, Nasi Empal Pengampon sampai Bebek Sinjay (baca : [TravellingWithKids] Menyusuri Keunikan Serta Kuliner Kota Pahlawan Surabaya Dalam 2 Hari).

Sayangnya waktu saya pulang, tidak sempat membawa oleh-oleh khas Surabaya karena memang naik mobil dan kereta itu lumayan repot dan ribet, jadi beberapa oleh-oleh khas Surabaya seperti Lapis Kukus Surabaya, Spikoe Resep Kuno, Almond Crispy, Sambal bu Rudy sampai Abon Sapi Padmosusastro tidak sempat dibawa (baca: bisa beli, bawanya repot). Mudah-mudahan pas nanti naik pesawat tinggal siapin 1 koper khusus buat oleh-oleh 😀

Oleh-oleh di Bandara Soekarno Hatta

Nah sekalipun nanti di Surabaya sampai tidak sempat juga beli oleh-oleh, kalau naik pesawat itu enaknya kita bisa mampir ke toko oleh-oleh yang ada di bandara, seperti : Belinda Brownies (Terminal 3), Cantik Manis Kue Tradisional (Terminal 3), Lapis-Lapis (Terminal 3), Roti Unyil (Terminal 3), Bakso Solo (Terminal 2), Suka Rasa (Terminal 1) sampai Jajanan Bandara (Terminal 3).

Beberapa makanan di bandara soekarno hatta - doc: soekarnohatta-airport.co.id

Kalau saya pribadi, suka datang ke Cantik Manis yang ada di terminal 3, alasannya simple, soalnya banyak sekali kue tradisional disana, mulai dari Sosis Solo, Serabi Notosuman, Kue Wajik bahkan Sambal bu Rudy ada disana 😊

Tempat favorit beli oleh-oleh, Cantik Manis - doc: https://www.instagram.com/cantikmanis_kuetradisional

2 comments

  1. Baru aja kemarin aku main ke Kenjeran Baru, renang di waterpark. Lumayan banget renang sama keluarga

    ReplyDelete
  2. Aku mau ke pantai kenjeran deh..penasaran bgt dr dulu. De mata jg ada di Surabaya yaa mbaa. Aku cuma pernah yg di jogja. Itu muter2 nyari parkir lama bgt ya di bonbin SBY..anak2 bisa keburu nggak tahan kluar mobil

    ReplyDelete