10 Rahasia Cantik Wanita Korea Yang Perlu Kamu Ketahui



Kayaknya sudah jadi rahasia umum ya kalau skin goals atau kiblat kebanyakan orang adalah kulitnya orang-orang Korea. Apalagi kalau kamu pecinta drakor (drama korea), lihat deh kulit para pemain filmnya, mulus-mulus kan? Ternyata untuk bisa memiliki kulit mulus nan glowing seperti itu memang ada caranya lho, dan kebiasaan-kebiasaan ini sudah rutin mereka lakukan sejak dini lho. Dan kebiasaan baik ini juga sebaiknya menjadi role model kita, bisa kalau terapkan juga, kalau ingin mendapatkan healthy and glowing skin.

So, rahasianya apa sih?

Here we go.

1. Start from early age

Sejak dini, orang-orang Korea sudah terbiasa dengan rajin merawat kulitnya. Mulai dari hal yang sederhana yaitu dengan rajin membersihkan wajah minimal 2x sehari setiap harinya, khsusunya exfoliating, hydrating and brushing skin, juga diet sehat dengan banyak makan makanan sehat seperti sayur dan buah, serta rajin memakai essential oil sebagai perawatan sehari-hari. Dengan demikian bisa mencegah datangnya masalah-masalah kulit seperti jerawat, blackheads, whiteheads dan juga pigmentasi.

Kalau di Korea, sarapannya bisa sayur atau buah, coba kalau di Indonesia, orang-orang ada yang sarapan pakai gorengan, which is everybody knows itu tidak baik untuk kesehatan.

2. Brush your skin

Rajin scrubbing dan menyikat kulit wajah dengan sikat bulu yang sangat lembut bisa menghilangkan semua sel-sel mati pada kulit, meminimalkan kerutan, meningkatkan sirkulasi darah serta membantu penyerapan serum pada kulit.



3. Double cleanse

Gak hanya rajin membersihkan wajah, tapi juga mereka rajin double cleansing sejak dini lho. 



4. Use essential oil

Mereka juga terbiasa menggunakan minyak essensial seperti lavender, sari mawar, chamomile, sebagai bagian dari skincare. Jadi minyak tersebut mereka gunakan sebagai masker wajah, membuat wajah jadi lebih lembab dan kenyal. Minyak essensial gak hanya berguna untuk masker, tapi juga bisa sebagai make up remover alami lho. Caranya adalah oleskan minyak essensial pada wajah, kemudian usapkan perlahan dengan menggunakan kapas lembut untuk wajah dengan gerakan memutar. Kemudian cuci dengan air hangat. Dan step terakhir bilas dengan air dingin untuk mengunci pori-pori kulit.

Atau essential oil juga bisa berfungsi sebagai relaksasi. Caranya, tuang 1-2 tetes oil ke telapak tangan, gosok-gosok sampai telapak tangan terasa hangat, lalu usakan perlahan ke wajah sambil gerakan memutar, jadi massage sekalian relaksasi. Biasanya treatment ini sering kamu temukan di beberapa klinik kecantikan, tapi sebenarnya treatment ini bida juga kamu lakukan di rumah. Dan karena saya bisa terbilang jarang keluar rumah dan ke klinik, saya sering melalukan gerakan ini di rumah saat anak-anak tidur atau sekolah.

5. Always use sunscreen

Bisa dibilang saya kenal sunscreen itu sejak usia 30 tahun keatas, telat banget ya? Better late than never sih. Padahal orang-orang di Korea sudah dibiasakan menggunakan sunscreen di bawah usia 30 tahun lho. Tepatnya sejak mengenal make up. Karena penggunaan sunscreen sejak dini bisa mengurangi flek-flek hitam, memperlambat  efek penuaan dini, mencegah kanker kulit. Untuk itulah pentingnya memasukkan sunscreen sebagai rangkaian sunscreen kamu sebagai daily routine kamu.

Terkadang kalau saya sering tidak ada waktu untuk memakai skincare yang berlayer-layer saat anak bayi tidak bisa diajak kompromi, biasanya saya hanya menggunakan sunscreen yang ada pelembabnya seperti sunscreen dari COSRX ini sebagai base skincare sebelum make up.


Sunscreen sekaligus pelembab = Sunscreen Aloe Vera COSRX

6. Take care of your body and enough Rest

Apa yang kita makan dan minum sangat berimpact terhadap tubuh kita khususnya kulit kita. Saat kita kurang konsumsi air yang cukup, tubuh memneri sinyal bahwa kulit kering, sariawan, kulit oecah-pecah atau masalah kulit lainnya. Wanita Korea rutin mengkonsumsi makanan alami (seperti Kimchi) dan minum teh sebagai detoksifikasi. Dan varian tehnya yaitu teh ginseng, teh hijau, dan sebagainya.

Walaupun diantara kesibukan mereka, mereka tetap memasukkan cukup istirahat sebagai agenda rutin mereka lho. Tidur minimal 6-8 jam per hari. Sesimple itu ya. Patut kita contoh nih friends!

7. Apply paper mask

Mungkin kalian lebih familiar kalau saya sebut dengan sheetmask? Yes, thats right. Orang-orang Korea sudah terbiasa memakai sheetmask. Makanya trend sheet mask di Indonesia kemarin sempat happening karena mengikuti kebiasaan orang-orang di Korea.



Dok : Pribadi


8. Massage your face

Gak hanya tubuh, kulitpun bisa stres. Oleh karena itu massage atau pemijatan di bagian wajah bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mendukung detoksifikasi kulit. Gak harus sering ke salon atau tempat reflexy, lakukan sendiri juga bisa di rumah. Caranya, luangkan waktu sekitar 30 menit saja, bisa pijat menggunakan lotion ringan atau minyak essensial.

9. Exfoliate with a wascloth

Exfoliating ini bisa dilakukan dengan merendam handuk di air panas (air hangat atau panas gunanya untuk membuka pori-pori wajah), lalu lakukan massage dengan gerakan melingkar perlahan-lahan. Lakukan dengan rutin untuk mencegah keriput dan memperlancar aliran darah.

10. Avoid Stres

Percaya gak percaya stress bisa menurunkan elastisitas kulit wajah. Jadi sebaiknya sebisa mungkin jauhilah stres, hidup dengan pikiran positif dan berusalah untuk selalu bahagia 😉

Nah, itulah ke-10 rahasia untuk mendapatkan kulit yang glowing seperti wanita Korea. Lakukan secara rutin setiap hari ya. Perbaiki pola hidup, jauhi makanan yang terlalu banyak mengandung kalori atau minyak. Perbanyak konsumsi sayuran atau buah.


Semoga artikel saya  bisa bermanfaat ya 😊


24 comments

  1. Intinya sih emang satu yaaa... perawatan!

    Buat aku yang males perawatan dan ngandelin masker doang, ya ... gitu deeeh (((jangan ditiruuu))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. ternyata masker ajah kurang. kudu disikat jg biar wajah benar2 bersih dan gak ada debu kotoran yg nempel saat kita istirahat

      Delete
  2. Saya tuh masih enggak bisa nahan godaan ngemil gorengan, terus kalau malam kadang malas double cleanse... Haduh gimana bisa mulus kaya artis korea, hihihi...

    ReplyDelete
  3. Sebagian udah aku apply, belum semua Lin hahaha. Dulu punya brush wajah dan lama ga dipake hahaha Pake lagi ah sekarang biar kulit muka lebih terawat

    ReplyDelete
  4. Pantesan ya mba orang-orang korea mukanya glowing gitu. Ternyata karena memang merekq juga rajin ya merawatnya. Emang proses ga ngekhianatin hasil ya mba

    ReplyDelete
  5. Aku tuh sampai sekarang belum konsisten banget deh ngikutin skincare routine ala Korea gitu mbak, tapi emang dipikir-pikir kalau sebenarnya ini tuh bagian dari investasi kulit masa tua nantikan.

    ReplyDelete
  6. Informatif banget mba sharingnya, ternyata cukup sederhana ya namun sayang masih kerap luput terlaksanakan
    Penggunaan sunscreen aku udah gunain sejak ada masalah kulit sensitif dan dianjurkan dokter kulit sejak masa lulus SMA

    ReplyDelete
  7. Mau donk punya kulit glowing bercahaya ala orang-orang Korea... Seneng banget kalau lihat mereka kulitnya bersih terawat, ternyata banyak ya rahasianya, dan perawatannya sudah dimulai sejak dini

    ReplyDelete
  8. Wah, makasih Olin artikelnya, bermanfaat banget dan mudah diikuti asal telaten ya biar muka bisa seglowing Jennie Blackpink..

    ReplyDelete
  9. Kalau buah, aku sudah makan 3 porsi sehari, sayur 2 porsi, Lin. Tapiii... emang aku males banget perawatan. Paling yg rajin cuma bersihin wajah, pake pelembab sama sunscreen. Kalo yg lain2 kaya masker, dsb. Aku termasuk pemalas. Wkwkwk.

    ReplyDelete
  10. Memang ke-glowing-an wanita Korea bikin baper...ternyata rahasianya sederhana sebenranya. Yang penting kesepuluh di atas konsisten ya. Enggak kayak saya yang mood-mood an ngejalaninnya. Btw, Mbak Oline tjantik sekali ituuu

    ReplyDelete
  11. duhhh pengen banget bisa kinclongg kayak ciwi2 korea. intinya kudu rajin perawatan yaa... beklahh

    ReplyDelete
  12. Berhubung kulit lagi jerawatan, aku coba pakai EO pappermint buat ngempesin jerawat. Soalnya udah dipakein obat jerawat ngga mempan. Sekalinya pake EO, jerawat meradang udah agak kempes.
    Sepertinya bakal rutin pake EO buat skincare wajah juga.

    ReplyDelete
  13. Pantesan mbak Olin beniiiing banget ya. Aku baru tau kalau wajah memang perlu disikat rutin untuk memperbaiki kondisi permukaan kulit. Ilmunya mantul nih. Langsung praktek doakan semoga istiqomah

    ReplyDelete
  14. Ternyata ada 10 langkah yang mesti kita lakukan biar wajah kita cantik alami kayak wanita Korea. Waduh, kalau saya belum sanggup setelaten itu. Apalagi yang pemakaian sunscreen dan maskernya. Huh, sukanya saya kelewat.

    ReplyDelete
  15. Aku sekarang rutin CTMP aja mba. Itu juga berasaaa banget. Belum rutin kalau yang stel selanjutnya. Tp mulai sih nyoba serum n essence. Hehe

    ReplyDelete
  16. Aku penasaran sama Brush your skin
    Bisa scrubbing dan menyikat kulit wajah dengan sikat bulu yang sangat lembut bnyk manfaatnya bisa mnghilangkan semua sel2 kulit mati, meningkatkan sirkulasi darah dn membantu penyerapan serum pada kulit. Itu beli d toko kcantikan Ada kak bisa pakai sikat Gigi biasanya gk Kan Ada tuh yg lmbut??

    ReplyDelete
  17. Kalau sunscreen aku pakai sejak usia 20an dipakai kalau pas mendaki gunung. Efektif banget buat menagkal sinar ultraviolet. Beberapa kali mendaki gunung lupa pakai sunscreen hasilnya kulit gosong sampai 6 bulan baru bisa balik lagi seperti semula.

    ReplyDelete
  18. Salut sama perhatian lebih mereka (orang Korea) dengan kecantikan.
    Yang seneng tuh...hidup sehat, bonusnya...kulit carah cantik berseri.

    ReplyDelete
  19. Sunscreen COSRX aaakkk suka bangeeetttt. Itu tuh hybrid sunscreen pertama yang aku coba dan hasilnya enaaaak banget di wajah. Sumpah harus banget repurchase ini kalau sunscreen yang sekarang dah abis ahahaha

    ReplyDelete
  20. Artikel yang bermanfaat sekali, mbak..
    Aku juga pernah baca tentang 'memulai aktivitas pakai skincare sejak dini'. Dan mmg lebih masuk akal sih.

    Aku ajah, yg mulai serius sama skincare 2 thn yg lalu, hasilnya keliatan. Apalagi yg mulai dr usia remaja

    ReplyDelete
  21. The last point is avoid stress, yes i do agree.
    Aq salut sama perempuan korea yang kebanyakan terlihat always glowing, ternyata mereka memang melakukan perawatan secara intensif yah.

    ReplyDelete
  22. Iya, kalau lihat kulit orang korea tu bawaannya envy..hihi...baca list di atas hal sederhana yang saya sering lupa tu pakai sun screen..padahal efek sinar matahari ke kulit tu jelek banget ya...hrs mulai aware nih...

    ReplyDelete
  23. Kalau ga punya essential oil, kira-kira bisa diganti apa ya Lin untuk rangkaian perawatan ini? Mau juga dong punya wajah yang mulus ala wanita Korea begini dan tidak cepat tua.

    ReplyDelete