9 Tips Memanage Skincare and Make Up Gak Bikin Uang Tabungan Habis Tapi Kulit Tetap Sehat dan Cantik Ala Oline



Saya yakin semua wanita pasti ingin tampil cantik. Apalagi buat yang sudah menikah, tampil cantik sudah jadi kewajiban, terutama depan suami, ya kaaan? Eits, sebentar dulu, saya mau meluruskan pengertian cantik disini ya. Yang saya maksud cantik ya gak harus glowing kayak orang-orang Korea, tapi minimal kulit kamu itu sehat, tidak kusam, dan tidak bermasalah.

Apalagi saya adalah seorang ibu dengan 2 anak, namanya beli skincare itu kudu dibuget-budgetin, tiap bulan sekian, karena ada kebutuhan anak yang lebih penting (popok, pendidikan anak, mainan anak, dsb). Tapi kita juga jangan mengabaikan nih kepentingan diri sendiri. Udah jadi istri, trus terlalu fokus ke anak, and suami, diri sendiri malah gak keurus, boro-boro cuci muka, sekali sehari pakai sabun aja udah alhamdulillah 😂. Duh jangan ya. Bagaimanapun, sesibuk apapun kita, kita harus merawat diri. Wajib hukumnya 😊

Tapi kan beli skincare and make up itu butuh uang banyak? Bisa jutaan deh. Sedangkan aku punya kebutuhan lain yang lebih besar dan mendesak.


Saya yakin kamu berpikiran begitu karena terlalu banyak nonton vlog dan sosmed dari para selebgram nih 😀 Ya jangan disamakan atuh dengan para seleb, mereka kan full endorse, kalau kita punya budget sendiri ya gak usah berusaha dipaksakan. Jangan sampai juga mau cantik tapi beli make up and skincarenya pakai menguras uang tabungan. Plis atuhlah, big NO NO.

Nah, ada beberapa tips yang bisa saya share memiliki kulit sehat tapi dengan budget terbatas. 

1. Skincare Bagus Gak Harus Mahal

Skincare saya semuanya masih dalam taraf yang wajar-wajar aja, dibilang import juga gak ada, semua lokal 😁 Produk lokal juga gak kalah bagusnya kok. Jangan termakan iklan. Skincare mahal belum tentu bagus, atau skincare murah belum tentu murahan dan jelek. Mau beli yang harganya terjangkau, bisa memilih skincare dan make up dari brand-brand lokal.

Wardah Instaperfect Mineralight Matte BB Cushion, Praktis for Daily Make Up


2. Miliki skincare wajib

Kalau memang kamu bukan tipe yang suka memakai skincare berlayer-layer, gak ada waktu, minimal kamu punya basic skincare seperti, cleanser, toner, essence, serum, sunblock. Itu aja. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit kamu.

My Skincare Routine : Lay ering Skincare


3. Membeli produk dengan Share in Jar

Mau beli skincare tapi kok mahal harganya? Kamu bisa manfaatkan share in jar. Biasanya saya suka beli di shopee, disana suka banyak banget seller yang menawarkan share in jar. Ukurannya start from 30ml, 50ml, 70ml. Jadi seandainya skincare itu tidak cocok, kamu tidak merasa terlalu rugi karena sudah membeli. Dan juga share in jar harganya relatif terjangkau.

Seperti skincare yang satu ini, Loreal Revitalift, saking saya kepingin banget nyoba, saya belinya share in jar saja. Dan alhamdulillah ternyata skincare ini cocok di kulit saya. Nanti setelah share in jar ini habis, rencananya saya mau beli yang full sizenya.






Loreal Revitalift Cristal Micro Essence Buanyak banget beauty blogger yang ngereview essence yang satu ini, katanya bikin kulit flawlesslah, glowinglah, muka bening sebening kristallah. Karena aku gak percaya sampai kubuktikan sendiri, akhirnya aku coba sendiri dong essence yang satu ini. Aku mah orangnya gitu, suka gak percayaan sampai aku cobakan sendiri 🤭 Pas banget essence yang aku pakai sudah habis, so aku putuskan beli Loreal Revitalift aja. Aku belinya di shopee. Di toko langganan aku beautycallindo. Aku kira beli #shareinjar bakalan dikasih botol yang murce plastik itu, eh ternyata aku dikasih botolnya Loreal kayak gini dong. Happy! 😍 Gak, aku gak beli yang full size, aku belinya cuma yang #shareinjar aja 30ml. Kenapa? Namanya skincare kan cocok2an ya, aku takut kenapa2 sama wajahku. Kalau misalnya cocok, baru nanti aku beli yang full size Sekalian mau share ini tips aku kalau beli skincare ya. Beli yang shareinjar dulu, baru full size. Pakai selama kurang lebih 2-3 hari, ada efek negatif apa gak, kalau gak, pemakaian bisa dilanjutkan sampai 2 bulan. 30ml kayak gini bisa kok dipakai selama 2 bulan. Jadi ibu rumah tangga itu mah kudu hemat 🤭 But, finally setelah pemakaian 2 minggu kulitku baik2 aja. Alhamdulillah. Trus yang aku suka ini wanginya SEGER AND FRESH BANGET! Makanya kalau lagi pakai essence ini, aku sekalian me time, soalnya bisa buat aromatherapy buat aku 😍 Cara pakai ala aku, setiap hari setelah waja dibersihkan double cleansing (facial wash and micellar water) - exfo toner - hydrating toner - essence. Ditepuk2 aja ke wajah. Gak butuh waktu lama kok sampai dia meresap, cepet banget. Ohya, ini teksturnya cair banget ya. Jadi kudu hati2 saat menuangkan ke tangan, hati2 kebanyakan ☺️ Overall Rating : ⭐⭐⭐⭐ So, ada yang suka juga sama essence ini juga? ☺️ #UnlockCrystalSkin #ClozetteID #beauty #skincare #skincarebasics #skincareroutine #skincareaddict #bodycare #photooftheday #iloveskincare #selfcare #skincareobsessed #hijabstyle #beautyproducts #dewyskin #makeupjunkie #instabeauty #healthyskin #wakeupandmakeup #beautystuff #glow #beautytips #productreview #beauty #loreal #revitalift #essence
A post shared by Oline (@carolineadenan) on


4. Mengerti skincare yang tepat untuk kulit

Membeli skincare yang tepat untuk kulit sangat menghemat waktu dan biaya.

5. Rajin baca review

Rajin-rajinlah baca review dari beberapa reviewer, baik di youtube ataupun blog. Buat perbandingan dari beberapa tulisan. Untuk saat ini platform yang sering saya kunjungi itu ada femaledaily, dan sociolla.

6. Rutin memanage stock setiap bulan (stok opname)

Gak cuma kantoran aja yang stock opname, kita juga kudu stock opname. Ini berlaku untuk sayuran, buah, dan makanan lainnya. Begitu juga skincare and make up. Setiap bulan saya rajin mengecek stock skincare and make up saya. Jadi saya punya to do list nih, untuk yang saat ini dipakai yang mana, lalu kalau habis saya pakai yang mana dulu, dsb. Jadi stocknya tetap rolling. Saya pisahkan berdasarkan expired datenya. Jadi untuk yang expired datenya masih lama, saya taruh di container yang susah diakses, dan yang expired datenya sebentar lagi, saya taruh yang mudah diakses. Karena kalau gak dimaintain, bisa-bisa jadi keburu expire deh.

7. Manfaatkan Promo atau Diskon

Coba rajin-rajin buka ecommerce langganan deh, biasanya beberapa seller suka mengadakan promo. Kalau saya beli saat mereka mengadakan promo. Dan kalau bisa cari yang free ongkir.

8. Alokasi Budget 10% dari Penghasilan

Untuk beli skincare and make up saya hampir tidak pernah minta belikan oleh suami. Kalaupun ada, kadang-kadang aja. Karena saya punya penghasilan sendiri, jadinya saya lebih baik beli sendiri. Dan besaran alokasi budgetnya tidak boleh lebih dari 10%. Misalnya saja penghasilan saya IDR 5juta per bulan, berarti budget saya beli make up and skincare tidak boleh lebih dari IDR 500ribu. Dan gak setiap bulan saya beli skincare atau make up kok, walaupun saya make up hampir setiap hari. Misalnya bulan ini hanya terpakai IDR 100ribu, berarti sisanya bisa saya alokasikan ke bulan berikutnya. Begitu seterusnya, jadi benar-benar gak bikin menguras kantong bulanan. Misalnya saya mau ke salon untuk treatment, saya pakai budget dari tabungan saya itu.

Atau kebutuhan saya bulan ini sepertinya lebih dari 500ribu deh? Tahan dulu. Itu keinginan atau kebutuhan? Kalau hanya keinginan bisa puasa belanja skincare and make up dulu sampai bulan depan. Atau misalnya udah ngebet banget gak tertahankan, kamu bisa memakai budget skincare untuk bulan depan. Tapi bulan depan sudah harus puasa ya. Kalau bulan depan belanja juga, ya sama aja gak saving namanya 😋

Besarannya 10% sebenarnya tergantung orang sih, beda-beda. Ada yang mengalokasikan 20%, ada juga yang 10%. Tergantung kebutuhan. Kalau saya sih cukuplah 10% saja. Itupun juga setiap bulan saya belum tentu beli make up atau skincare.

9. Buat per kategori

Untuk skincare dan make up ada yang saya kategorikan, daily, monthly atau luxury skincare. Biasanya untuk luxury skincare saya harus menabung dulu.

Nah itulah tips dari saya gimana caranya saya memanage keuangan saya dalam hal skincare and make up. Pokoknya soal skincare and make up jangan sampai deh memakai alokasi budget dari pendidikan anak, dana pensiun (apalagi), atau budget bulanan rumah tangga. Kuncinya hanya satu, alokasikan sesaat setelah terima penghasilan. Atau kamu ada tips lainnya yang bisa dishare seputar gimana caranya mengatur keuangan untuk beli skincare? Boleh lho share pendapat kamu di kolom komentar ya.



Dan semoga artikel saya ini bisa bermanfaat ya.

26 comments

  1. aku dulu pertama kali ngeblog tentang beauty tu modalnya agak gede hahaha gimana ya pertama kali belajar mengenal skincare, blom banyak beauty blogger masa itu jadi trial error banget buat cobain produk tuh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woow beneran trial and eror sendiri ya Ci Win? Hebat euyy :))

      Delete
  2. Wah iya nih Mbak memang terkadang kita tuh harus hemat kalau masalah make up hihi

    ReplyDelete
  3. Waduh bisa bahaya nih ya Mbak kalau semua uang hanya digunakan untuk membeli skincare hihi

    ReplyDelete
  4. Wah boleh nih Mbak tipsnya dicoba hehe. Biar bisa mengatur uang dengan baik

    ReplyDelete
  5. Memang nih ya Mbak kalau membeli skincare itu nggak perlu yang terlalu mahal

    ReplyDelete
  6. Wah iya juga tuh ya Mbak, kalau tidak begitu bisa bikin boros ya Mbak pengeluarannya

    ReplyDelete
  7. Bener banget skincare alami skrng juga banyak kak..kayak pake jeruk nipis..aku soalnya kadang pake yang alami gitu..aman dikantong

    ReplyDelete
  8. Tipsnya bnyk dan berguna semua, klo ak jg beli skincare yg sesuai dgn type kulit dan ga harus mahal asal cocok hehe

    ReplyDelete
  9. Makasi tip nya....aku suka kalap kaLau beli skincare yg pada akhirnya orang lain yg pake. ini sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  10. Bener banget ini! Soalnya kebutuhan anak dan rumah jauh lebih prioritas. Jadinya kalo mau ttp syantik harus pinter2 atur budget...salah satu yg aku cb adl manfaatin size kecil (travel size/share) sblm beli size besar

    ReplyDelete
  11. Mba oline makasih banyak sharingnya. Bener bgt deh stok opname itu perlu haha. Jadi suka keselip2 skinker yg kecil2 gitu, suka lupa dipakenya. Kalau diberesin per kategori gt kan jd lbh enak dilihat dan diingat jg haha

    ReplyDelete
  12. Sangat bermanfaat sekali tips nya kak. Hampir semua tips nya sudah aku coba dan emang works banget ga bikin kantong jebol ��

    ReplyDelete
  13. Setuju banget sama artikelnya. Aku kalo mau beli skinkernjg baca2 dl reviewnya, nimbang harga, cari promo hahaha.. pokoknya teken hargan semaksimal mungkin 🤭

    ReplyDelete
  14. Benar banget nih, kita perlu banget memanage budget skincare kita setiap bulan nya. Memang jd beauty blogger itu perlu effort juga ya utk review

    ReplyDelete
  15. Hal-hal yang ngga kepikiran sebelumnya akhirnya kepikiran juga dari artikel ini, terimakasih ya min sudah berbagi tips:)

    ReplyDelete
  16. Keren nih tipsnya mba Oline, aku tambahkan ke cara ku buat tips ngatur keuangan untuk belanja skincare dan makeup jadi nggak asal alper mata hihi

    ReplyDelete
  17. kalau belum paham sama kulitnya sendiri pasti pengeluarannya gede soalnya coba ini itu enggak akan cocok. tp kalau udh kenal lbh enak, tau mana yg bisa dibeli dan engga

    ReplyDelete
  18. sejak punya si kecil jadi emak2 superb hemat hahaha kek otomatis gitu ya naluri kali ya mbak. Karna sekarang kalo ada skincare mau habis tu bener2 kuhabiskan sampai tak bersisa, misal kek tubenya faciam wash aku buka spy gak mubazir hihihi.

    ReplyDelete
  19. bener banget, kudu pinter ngolah duit nih, apalagi kita sebagai kaum hawa suka merias diri

    ReplyDelete
  20. Bener tuh mba Oline, tapi kalau aku harus beli skincare share in jar, ku balik ke point pertama, skincare ga harus mahal hehee banyak produk skincare drugstore yang bagus soalnya

    ReplyDelete
  21. untuk beli skincare kesukaan, meski belum habis tapi kalau ada promo pasti saya beli. itung2 hemat sebab udah ada anggaran per bulan dan pasti bakal kepakai kan

    ReplyDelete
  22. Saya juga gak setiap bulan beli. Lagian skincare termasuk produk yang awet. Abisnya bisa lama kalau buat saya

    ReplyDelete
  23. Soal skincare kayanya aku harus belajar banyak padamu, Mba.
    Aku jalan-jalan di blogmu dulu deh supaya pertanyaannya ga berulang. :))

    ReplyDelete
  24. Tips-nya okeh banget mbak Oline! Budget skincare sih aku sekarang udah bisa manage, yang lagi susah manage sekarang budget essential oil! hahahahahahaha

    ReplyDelete
  25. Nah poin 4 dan 5 penting tuh ya disamping poin lainnya karena tahu gimana kulit kita adalah jadi dasar. Jangan beli dulu sebelum baca review2 ya.

    ReplyDelete