8 Tips Menjaga Kebersihan Keluarga ala Mommy Oline Terutama di 1000 Hari Perlindungan



Aku yakin setiap orangtua pasti menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya. Khususnya aku  sebagai orangtua yang memiliki 2 anak, pastinya aku selalu memastikan bahwa anakku mendapat perlindungan yang maksimal terutama untuk 1000 hari perlindungannya. Terutama soal kebersihan keluarga (higenis).
1000 hari pertama dimulai sejak perencanaan kehamilan sampai dengan usia 2 tahun. Sepenting itukah menjaga kebersihan keluarga? Penting banget, terutama untuk keluarga saya, karena keluarga yang bahagia dimulai dari keluarga yang sehat. Kalau badan sehat mau ngerjain apa aja juga jadi semangat kan?

Apa aja sih  yang upaya perlindungan yang aku lakukan untuk keluargaku?

1. Rajin mencuci tangan

Sebisa mungkin aku selalu menerapkan peraturan di rumah, harus rajin mencuci tangan di rumah khususnya anak-anak, seusai aktivitas diluar rumah. Aku terapkan peraturan itu sedini mungkin, sejak anak-anak berusia 1,5 tahun, atau saat mereka sudah bisa diajak komunikasi. Bisa karena terbiasa. Karena seringnya aku membiasakan hal tersebut, sekarang anak aku, Narend, setelah bermain ataupun pulang sekolah, hal yang pertama yang dilakukan saat masuk rumah adalah mencuci tangan. Apalagi kan sekarang ada Rissa, masih bayi, usianya masih dibawah 1 tahun, masih rentan akan penyakit. 

2. Rajin mengganti diapers

Kalau dulu Rissa masih dibawah 3 bulan, aku selalu mengganti popoknya secara rutin per 3 jam sekali. Karena masih ASI, pasti akan sering pipis. Seiring pertumbuhannya, pipisnya akan semakin jarang, tapi pupnya semakin sering. Jadi frekuensi ganti popoknya adalah minimal per 5 jam sekali. Jadi tetap perhatikan kebersihan area genitalnya ya.

3. Menyediakan hand sanitizer di rumah.

Gak hanya di rumah sakit saja, tapi di rumahpun aku juga selalu siap sedia hand sanitizer. Walaupun di rumah juga ada sabun cuci tangan yang ada antiseptiknya. Tapi namanya kalau orang khilaf, bisa saja. Ada kalanya kita gak sempat cuci tangan, sementara harus pegang Rissa dengan cepat. Apalagi kan sekarang usianya masuk usia aktif yaitu 8 bulan. Jadi kita harus waspada kalau sekiranya dia menjangkau area-area yang berbahaya. Harus dengan cepat menjaganya. Nah, disini fungsinya dari hand sanitizer ini.

4. Rajin membersihkan mainan anak-anak

Terkadang hal ini sering di skip oleh beberapa orangtua. Terutama untuk Rissa, memasuki fase oralnya, seakan semua mainan di rumah tidak luput dari isapan di mulutnya. Fase oral dimulai dari baru lahir sampai dengan 18 bulan. Nah disini pentingnya kita harus rajin membersihkan mainan-mainannya, terutama teethernya. 

5. Mandi dan sikat gigi sehari 2 kali

Untuk poin ini jangan sampai dilewatkan, karena sehat itu dimulai dari kita menjaga kebersihan diri sendiri. Mandi harus 2 kali sehari, begitupun juga dengan sikat gigi. 

Bagaimana dengan menjaga kebersihan mulut Rissa, bukankah ia masih bayi belum tumbuh gigi?

Ya betul, caranya adalah setiap hari area mulutnya dibersihkan terutama bagian gusi dengan menggunakan tissue khusus makan. Dan juga setiap sehabis makan. Selain aku ingin menerapkan kebiasaan rajin menggosok gigi minimal 2x sehari, aku juga ingin menjaga kebersihan mulut Rissa. Aku khawatir sekali kalau nanti ada bakteri di mulutnya, wah bisa-bisa terkena penyakit mulut seperti sariawan, atau penyakit gigi lainnya, padahal ia masih bayi, wah bisa berabe deh. Makanya sejak dini aku menerapkan kebiasaan baik ini.

6. Rajin potong kuku

Bayi itu cepat banget deh tumbuh kukunya. Dan karena masih masuk fase oral, apa aja pasti akan masuk ke mulutnya. Kalau kukunya aja jarang digunting, kebayang dong pasti kuman-kuman akan menempel di tangannya. Jadi aku selalu mengusahakan rutin minimal setiap minggu untuk gunting kuku anak-anak. Takut lupa? Aku selalu memanfaatkan fitur reminder di smartphone 😉

7. Selalu menyediakan makanan yang sehat

Setiap hari aku selalu masak untuk keluarga. Bukannya capek ya? Iya capek, tapi aku ingin memastikan keluargaku terlindungi dari kemungkinan bahaya atau ancaman penyakit diluar. Aku selalu membawakan bekal sehat untuk suami dan Narend. Gak terkecuali masak MPASI untuk Rissa, aku selalu menggunakan bahan-bahan yang alami, seperti sayur, buah, dan juga minyak sehat. 

8. Rajin Membersihkan peralatan makanan dan minumannya

Bayi baru lahir itu masih sangat rentan terhadap penyakit, karena sistem kekebalan tubuhnya belum terbentuk sempurna. Untuk itu sebisa mungkin kita jaga kebersihannya. Salah satunya adalah mencuci peralatan makan dan minumnya harus benar-benar sampai bersih.

Gak hanya cara mencucinya aja sampai bersih, tapi juga sabun cucinya. Saat ini sabun yang menjadi andalan saya adalah SLEEK Baby, pembersih botol, karena formulanya Food Grade jadi aman untuk bayi. Mengandung Stain Removal Formula, jadi bisa menghilangkan sisa makanan yang menempel pada wadah makanannya dan juga bisa menghilangkan bau pada botol bayi.

Ohya, sekarang SLEEK baby bottle nipple hadir  lengkap dengan 8 Proteksi, yaitu :

1. Food Grade
Formulasi Food Grade berarti tidak mengandung bahan berbahaya, aman untuk kesehatan si kecil.

2. Natural Anti Bacterial
Mengandung bahan alami yang bisa membasmi kuman dan kotoran secara maksimal untuk perlengkapan bayi, termasuk perlengkapan makan dan juga botol susunya.

3. Stain Removal
Mampu membersihkan noda yang menempel, sisa lemak dan bau yang tidak sedap pada peralatan makan anakku se ara keseluruhan.

4. Hypoallergenic
Memininalisir terjadinya iritasi pada kulit. Double protection, melindungi anakku juga sekaligus gak bikin tanganku gatal and kasar saat mencuci.

5. Dermatologically Tested
Sabun ini sudah teruji secara klinis

6. Microbiological Tested
Sudah teruji efektif dalam membunuh mikroorganisme yang berbahaya.

7. High Quality Concentrate
Cuma butuh sedikit aja sudah bisa membunuh kuman dan mengusir bau, sungguh hemat!

8. Paraben Free
Gak ada kandungan paraben di dalamnya, jadi sangat aman untuk anakku.

Kalau sudah menemukan pembersih botol seperti ini yang sudah pasti aman untuk anak, aku sudah gak mencari-cari lagi yang lainnya. Karena kesehatan untuk keluargaku adalah segalanya 😍 dan SLEEK Baby Bottle Nipple ini adalah produk bayi yang aman tentunya.

Diantara teman-teman, ada yang sudah pernah pakai SLEEK Baby Bottle Nipple ini juga? Bagaimana testimoninya? Boleh lho share ceritanya di kolom komentar ya mom.

Semoga artikel aku bisa bermanfaat ya. 

24 comments

  1. Lengkap banget kak ulasannya, hmm sepertinya layak untuk masuk wishlist perlengkapan baby aku berikutnya

    ReplyDelete
  2. Punya bayi memang harus ekstra waspada ya. Angkat jempol deh buat kerja kerasnya menjaga kebersihan

    ReplyDelete
  3. Memang aman dan sangat dibutuhkan ya Oline, sleek baby ini. Dulu jaman kita belum sesanter ini medsos dan info blog, paraben dianggap B aja, padahal berbahaya

    Semua produk yang memiliki komposisi berakhiran paraben seperti, ethylparaben, butylparaben, methylparaben, propylparaben, isobutylparaben, isopropylparaben, dll., yang banyak terdapat di sabun - lotion - pewangi emang kudu kita pelototin.

    ReplyDelete
  4. Para mamah muda, kalau menjalankan semua tips di atas, bakalan nyaman deh.
    Btw sekarang Sleek variannya banyak ya, membantu banget para ibu ini.

    ReplyDelete
  5. Dulu aku juga menggunakan Sleek Baby ini kak, mulai dari sabun untuk cuci botol, sabun cuci baju dan buat bersihin mainan. Apalagi kalau ke luar kota ini gampang banget dicarinya.

    ReplyDelete
  6. Soal menjaga kebersihan ini penting banget diterapkan sejak dini pada anak ya. Karena memang kebersihan itu pangkal kesehatan, investasi kesehatan masa depan anak-anak :)

    ReplyDelete
  7. Bener ya mba oline kbetseihan tetap.no1 agar anak2 terjaga kesehatannya sekarang Varian sleek banyak variantnya dah gitu formula nya Aman lagi

    ReplyDelete
  8. Duhhh...anak bayik udah gede ajah. Lucu banget sih Rissa. Btw, Sleek ini ternyata penting banget dan ngebantu banget ya. Aku belum pernah pakai, krn zaman anakku bayi belum pernah lihat di toko. Entah belum ada atau krn rumahku ndeso kalik ya?

    ReplyDelete
  9. Noted banget nih. Secara saya sedang menunggu jabang bayi lahir. Recomended banget nih ya, Sleek Baby untuk mencuci peralatan bayi, dan yang sangat penting memang tidak mengandung paraben. Insya Allah aman untuk bayi kita. 😊😊😊

    ReplyDelete
  10. Nah kadang mainan anak2 tu luput dr dibersihkan pdhl ma anakw digigitin ditaruh di lantai dll, makanya pas anak bayi eh sampai skrng sih, mainaan yang bisa dicuci aku cuci :D
    Btw aku jg pemakai Sleek Baby sampai skrng lho

    ReplyDelete
  11. Setuju Mbak, penting banget menjaga kebersihan keluarga. Karena keluarga yang bersih bisa menciptakan keluarga sehat.
    Apalagi segala hal yang berhubungan dengan anak, pasti harus menggunakan pembersih yang tepat seperti sleek baby ya ...

    ReplyDelete
  12. Bener banget, Mbak.. aku termasuk yang gak rajin bersihin mainan anak, nih.. hiks. Kalau untuk potong kuku, aku selalu barengin 4 anak potong kuku di malam Jumat. Karena kebiasaan kakak-kakaknya yang udah sekolah, sejak TK, tiap hari Jumat ada pemeriksaan kuku. Hihihi.
    TFS ya, Mbak :)

    ReplyDelete
  13. Saya masih pakai sleek buat mencuci peralatan makan dan minum anak - anak nih, udah jatuh hati sama sleek jadi susah move on hehe

    ReplyDelete
  14. 1000 hari di kehidupan anak memang gak bisa diabaikan. Mulai dari kebutuhan pokoknya, hingga ke kebersihan diri dan peralatan makannya.

    ReplyDelete
  15. Rajin mmebersihkan mainan anak.
    Ini seperti teguran buatku, gitu lhao, mbak. Karena mainannya menumpuk, sayanya malah makin males bersihin mainan

    ReplyDelete
  16. Ngomong-ngomong soal menjaga kebersihan, aku jadi inget pas anak-anak masih bayi.
    Mau potong kuku aja ribeett...takut banget karena tangannya mungil-mungil begitu yaa..

    Alhamdulillah,
    Sleek Baby produknya lengkap untuk menjaga kehigienisan peralatan baby.

    ReplyDelete
  17. Aku..aku..akuuu. Meski anakku ga pake dot, tapi utk peralatan makannya aku selalu bersihin pake sleek. Ga yakin aja make yang lain. Untuk bayi aku ga mau sembaranganlah.

    ReplyDelete
  18. Si cantik sudah besaaaar. Hihi. Untuk anak emang ga boleh sembarang ya mak. Kita harua pilih pilih babget produk terbaik untuk anak anak kita. Salah satunya Sleek Baby ini yaaaa.. Hehe. Makaso sharingnya mak Oline :D

    ReplyDelete
  19. Aku juga pakai rangkaian dari Sleek Baby buat anakku mbak, dan aku suka banget wanginya lembut banget pas memang buat dipakai oleh anak

    ReplyDelete
  20. Dari anak pertama sampe sekarang aku juga pake sleek sih mba emang nyata wangi dan khasiatnya hehehe

    ReplyDelete
  21. pembersih botol utama bagi mereka yg punya si kecil menyusu lewat botol seperti saya. paling susah bersihkan dot-nya. benar2 harus pakai cairan pembersih yg aman

    ReplyDelete
  22. Dengan menerapkan 8 upaya perlindungan serta adanya 8 proteksi dari sleek baby ini, jadi lebih tenang ya mbak, kebersihan terjaga dengan baik. Dengan kebersihan yang terjaga dengan baik ini tentunya akan mendukung tumbuh optimalnya adek Rissa di 1000 hari masa pertumbuhannya

    ReplyDelete
  23. Aku pake ini juga Mbak, wangi nya seger. Buat bersihin sisa lemak di dot bayi ini ampuh banget Mbak. Kayaknya bakal terus pake Sleek nih, karena ngerasa udah cocok.

    ReplyDelete
  24. Cateeet tipsnya nih, nanti buat jaga-jaga kalau punya bayi. Makasih info sleek baby nya ya kak Oline. Ditunggu sharing lainnya tentang tetap kece walau punya bayi yaaa...

    ReplyDelete