Ini Tips Saya Mengatasi Rambut Rontok Saat Menyusui



Ada yang bilang kalau saat hamil dan menyusui itu kulit jadi rentan banget sama yang namanya kulit kering, pecah-pecah, terlebih lagi masalah rambut, rambut jadi kering. Pokoknya segala macam permasalahan ada di ibu hamil dan menyusui. Tapi setelah saya menjalami hamil selama 10 bulan, saya gak pernah tuh mengalami itu semua. Kulit wajah dan rambut saya baik-baik aja. Ritual skincare, gak pernah absen. Tapi herannya ya, saat menyusui ini, rambut saya rontok luar biasa, terlebih lagi sejak Rissa berusia 3 bulan sampai usianya 5 bulan, rambut rontok masih aja terjadi. Rambut dimana-mana, bisa di tempat tidur, tangannya Rissa, yang lebih parah kalau habis keramas, duh rambut saya rontok luar biasa. Dalam sehari rambut saya bisa rontok sekitar 20-50 helai rambut, bayangkan 😟 memang sih untungnya rambut saya tergolong tebal, jadi agak sedikit tertolong ya. Tapi ya sempat panik juga. Karena kalau dibiarkan wah bisa-bisa rambut saya menipis dan botak deh 😓 (pikir saya dalam hati). Apalagi kan saya sekarang berhijab ya.


Rambut Rontok Berkurang

Katanya sih kalau rambut rontok 50-100 lembar per hari masih dianggap wajar. Tapi yang dikatakan parah kalau sudah lebih dari 100 lembar per hari. Tapi seiring dengan berjalannya waktu, perlahan-lahan rontok rambut saya sudah mulai berkurang. Saat saya menulis ini Rissa usianya menjelang 6 bulan.

Nah, mau tau gak sih kiat saya mengatasi rambut rontok saat menyusui?

Sebelum saya kasih tau tips saya, saya mau kasih tau dulu nih penyebab rambut rontok itu apa.

Penyebab rambut rontok


1. Stres

Hoho sudah jelas sekali teman-teman, stres pasti jadi penyebab utama rambut rontok. Stres secara emosional, apalagi setelah melahirkan, pasti rentan banget akan stres ya. Stres karena tidak ada bala bantuan mengurus bayi, stres waktu me time-nya sudah tidak ada, capek, lelah karena sering terbangun tengah malam, dan sebagainya.

2. Kekurangan Protein

3. Sakit

4. Efek samping obat-obatan, seperti pil KB, vitamin A dosis tinggi, dsb.

5. Perubahan hormonal

6. Alat pengering rambut

Dsb

Benarkah Bio Oil Bisa Mengatasi Rambut Rontok?


Ada yang bertanya kepada saya, bisakah Bio Oil untuk mengatasi rambut rontok? Sebelum saya jawab, kamu harus tahu dulu fungsi dan apa itu Bio Oil ini. Bio Oil memang sejenis oil yang serba guna, bisa untuk vitamin rambut, nutrisi rambut , face oil, dsb. Tapi kalau ditanya bisa untuk mengatasi rambut rontok atau gak, bisa saya jawab, gak. Bisa mengatasi rambut kering gak? Ya, bio oil bisa. Karena Bio Oil fungsinya hanya sebagai nutrisi rambut aja.


Nah, ini usaha saya dalam menjaga rambut saya supaya tidak rontok saat menyusui

1. Pakai shampoo anti ketombe

Ini saya lakukan berkala, setiap 1-2 minggu sekali, tergantung aktivitas saya. Kalau saya sedang padat banget aktivitasnya, saya suka pakai 1 kali seminggu. Tapi kalau saya di rumah aja, jarang juga keringetan, jadi saya hanya pakai 2 kali seminggu. Pakai shampoo anti ketombe gak boleh sering-sering, kenapa? Karena bisa menyebabkan rambut kering. Tapi gak bisa diskip juga rutinitas ini.

Sebelumnya saya gak pernah concern tentang shampoo anti ketombe ini. Tapi setelah saya coba pakai, lho berkurang rontoknya. Entah kenapa usaha saya ini ternyata cocok untuk saya.

2. Pakai shampoo khusus hair fall

Tadinya saya pakai shampo yang biasa aja untuk daily, tapi setelah saya ganti dengan shampo khusus untuk rambut rontok, rambut saya sudah gak begitu kering kerontang. Rontokpun mulai berkurang.

3. Rajin pakai hair mask

Rutinnya saya pakai per seminggu sekali. Dan saya juga pakainya sendiri, di rumah. Setelah keramas, saya pakai hair mask, saya diamkan selama beberapa menit. Kemudian bungkus rambut dengan handuk hangat beberapa menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

4. Pakai vitamin rambut

Setiap setelah keramas, saya gak pernah absen untuk memakai vitamin rambut. Dan vitamin rambut saya yaitu Ellips, vitamin dari dulu sampai sekarang yang belum berubah.

5. Kurangi pemakaian pengering rambut

Kalau saya lagi di rumah aja all day, saya mengurangi pemakaian alat pengering rambut. Karena selain penghematan, dan juga, kering alami itu lebih baik. Kalaupun mau pakai pengering rambut, usahakan yang ada vitaminnya (zat keratin).



5. Jangan memakai hijab saat rambut basah (jika kamu berhijab)

Ini BIG NO NO banget ya. Gak menyusui aja bisa bikin rambut rontok, apalagi saat menyusui?

6. Kurangi stres, perbanyak istirahat.
Saya pribadi memang tidak bisa lepas 100% dari stres. Tapi sebisa mungkin, kamu jauhi deh yang namanya stres, karena stres berpengaruh terhadap pertumbuhan rambut.

7. Makan sayuran hijau setiap hari. Sayuran hijaunya bisa apa saja, yang penting dosisnya melebihi yang biasa. Karena ibu menyusui sangat butuh sayuran 2x lebih banyak daripada orang normal biasanya.

Nah, itulah tips saya bagaimana caranya saya mengatasi supaya rambut tidak semakin rontok saat menyusui. Semoga tips saya diatas bisa bermanfaat untuk moms semuanya ya. 

2 comments

  1. ku waktu menyusui tak rontok, rontoknya sekaran ini, jelang anak umur 3 tahun, sepertinya karena stres hahaha, makasih ya tipsnya

    ReplyDelete
  2. Baru tahu ngaruh kalau lagi menyusui bisa bikin rontok juga :( Betul banget mbak yang belum menyusui juga berpotensi rontok rambutnya. Uni ngga rontok Alhamdulillah tapi ini tips dan rahasianya lumayan jadi nambah info buat aku

    ReplyDelete