Ini Dia 5 Kriteria Kulit Sehat Terawat Ala Aku



Dulu sebelum saya mengenal tentang dunia skincare dan make up, bagi saya, kulit sehat itu kalau kulitnya putih. Karena dulu dalam bayangan saya kalau kulitnya putih, ya pasti bersih. Dulu itu image yang terbentuk di kepala saya. Lambat laun, saya meyakini ternyata teori itu tidaklah benar. Kalau kulitnya putih, ya belum tentu sehat. Bisa saja kulitnya bermasalah.

Sebenarnya, bagaimana sih kriteria kulit sehat itu? 


Dari beberapa literatur yang saya baca, ada kriteria untuk kulit sehat, dan sambil saya cocokkan dengan keadaan kulit saya. 

1. No Jerawat
Pastinya ya, cantik itu ya no jerawat dongs. Ada jerawat pasti bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri kita lho 😊


2. Warna kulit merata
Mau apapun warna kulit kita, yang pasti haruslah merata. Apa saja yang bisa merubah warna kulit kita? Pastinya karena paparan sinar matahari yang berlebihan atau juga bekas jerawat bisa menyebabkan dark spot di sekitar wajah kita. Kulit yang tidak sehat biasanya ditandai dengan adanya perbedaan warna akibat pigmentasi di permukaan kulit kita. 

3. Kenyal
Kulit sehat itu salah satunya haruslah memiliki wajah yang kenyal. Tau kan kenyal itu seperti apa? Kalau misalnya kamu memegang beauty blender atau squishy, kalau kamu tekan, dia akan kembali lagi bukan? Nah seperti itu kira-kira penggambarannya. Kulit yang kekenyalannya baik bisa terlihat dari garis muka. Makin banyak garis muka yang terlihat, berarti elastisitas kulit makin berkurang. Pasti akan terlihat banyak kerutan disana sini. Biasanya paling mudah kita temukan di sekitar area mata. Jika seseorang tersenyum dan sudah banyak kerutannya, itu sudah bisa dikategorikan elastisitas kulitnya berkurang. Karena seiring pertambahan usia kita, tingkat produksi air dan kolagen menurun, itulah kenapa kita sangat membutuhkan bantuan perawatan kulit dari dalam, dan juga dari luar. Supaya tingkat kolagen kita masih dalam batas wajar atau standard. 


4. Tekstur Kulit Halus dan Lembut
Halus dan lembut disini, tidak ada yang namanya bekas jerawat yang timbul, menjadikan tekstur kulit tidak merata disana sini. Biasanya kalau kita raba atau sentuh,

5. Lembab
Kulit yang sehat, adalah kulit yang terjaga kelembabannya. Karena kalau kulit kita lembab, pastinya mau pakai make up apa saja, pasti final looksnya juga akan terlihat bagus.

Nah, itulah ke-5 kriteria kulit sehat. Kalau kita sehat, mau melakukan apa saja pasti bikin kita semangat dan percaya diri. Jadi sedini mungkin, kita harus bisa merawat kulit wajah kita. Jangan lupa atur pola makan kita untuk selalu sehat, minum air putih yang cukup minimal 2 liter per hari, usahakan tetap mendapat cukup paparan sinar matahari baik di pagi hari, supaya kulit kamu tetap sehat, serta jaga jam tidur yang cukup minimal 8 jam per hari.

Gimana ke-5 kriteria yang saya sebutkan diatas? Kamu setuju kan? 😊

No comments