Ini Cara Saya Meningkatkan Traffic Website Yang Tidak Banyak Diketahui Orang


Saya jadi ingat, dulu waktu awal-awal menjadi blogger, tidak pernah kepikiran untuk meningkatkan traffic website, yang saya lakukan adalah menulis, menulis dan menulis. Karena memang sebagai blogger pemula yang harus dilakukan adalah belajar menulis. Lama kelamaan isi website saya selama setahun bisa lebih dari 100 artikel. Alhamdulillah bisa pecah telor yaitu saya di contact Brand ataupun Blogger Management untuk review sponsor produk. Yang pertama kali diminta adalah traffic blog selama sebulan, berapa visitor dari dasboard dan berapa unique visitor dari Google Analytics. Untuk dashboard tidak usah diajarin deh, pasti semua blogger bisa melihat traffic masing-masing website dengan mudah, namun kalau berbicara tentang Google Analytics ternyata saking ribetnya (baca: gak mau rempong) akhirnya di setup sama suami agar bisa connect ke Google Analytics, setelah berhasil di verifikasi ada hal yang saya perhatikan yaitu traffic blog yang ada di dashboard website nilainya pasti lebih besar daripada Google Analytics, jadi kalau di dashboard selama seminggu sudah 3000 page view di Google Analytics uniknya baru sekitar 300-400 page view, setelah tahu ternyata Google Analytics membaca IP Address dari viewer saya, jadi kalau ada orang yang membuka 10x sebuah artikel saya, di dashboard akan terhitung 3 page view, namun di Google Analytics hanya 1.


Yang menjadi masalah adalah, memang sih ada beberapa Brand atau Blogger Management yang hanya meminta nilai traffic dari dashboard, nilai 1000-3000 per-minggu mudah sekali saya dapatkan, namun kalau berbicara Google Analytics, ternyata sulit sekali. Apalagi sekarang banyak yang meminta traffic Google Analytics, sejak saat itulah saya mulai berfikir bagaimana mendapatkan traffic ke website saya berdasarkan unique visitor berdasarkan IP Address laptop ataupun smartphone para pembaca blog.

Bagaimana caranya meningkatkan Traffic?

Pertama, pastinya adalah Iklan di Google Ads. Yup, dengan ngiklan, maka artikel saya akan masuk ke halaman pertama Google dengan mudah sesuai dengan keyword yang saya tuju. Biasanya sponsored post yang nilainya lumayan pasti saya ngiklan di Google Ads, buktinya Google Analytics saya bisa meningkat dengan mudah, namun sayangnya hal tersebut hanya untuk orang-orang yang mencari artikel sesuai dengan keyword yang saya tuju di Google.

Kedua, ngiklan di Facebook dan Instagram. Sudah menjadi rahasia umum, orang indonesia tidak terlepas dari social media barang waktu 1 jam, pasti dalam hitungan menit orang akan kepo untuk melihat social media orang lain (baca: termasuk saya). Hal ini di manfaatkan oleh Facebook Ads dan Instragram Ads, jadi saya iklan, sehingga iklan saya akan tampil di social media orang-orang yang sudah saya targetkan, misalnya saja female umur 24-45 tahun yang berdomisili di Jakarta dan Bandung yang ketertarikan pada Beauty. Namun sama halnya dengan Google Ads, kita harus menyeluarkan uang yang tidak sedikit untuk ngiklan.

Saya selalu budgetkan 10-20% untuk iklan dari budget yang diberikan oleh Brand ataupun Brand Management

Ketiga, menggunakan Blogwalking. Karena Google Ads, Facebook Ads dan Instragram Ads butuh uang untuk mendapatkan traffic, maka saya harus putar otak bagaimana mendapatkan traffic secara gratis, yah selain posting di Social Media link artikel saya, saya biasanya melakukan Blogwalking. Jadi saya sudah punya daftar blog teman-teman blogger yang potensial untuk di comment dan meninggalkan link artikel, percaya tidak percaya orang yang blog-nya sudah kita berikan komentar di blognya, mereka akan gantian untuk blogwalking ke blog saya, atau gampangnya join aja WA Group khusus blogger, trus share artikel kamu di WA Group, pasti banyak yang blogwalking 😊

Keempat, boost traffic dengan SEO. Kalau dulu menulis artikel itu sekedar asal menulis, setelah mengenal SEO, saya jadi lebi teratur dalam menulis. Mulai dari kalimat pembuka sampai kalimat penutup saya harus tahu dimana harus meletakkan kata kunci, termasuk judul artikel dan meta description 😊 alasannya kenapa saya harus memperhatikan SEO adalah saya mau menghemat point pertama yaitu tidak perlu ngiklan di Google Ads karena jika saya bisa bertengger di halaman pertama Google dengan artikel organik maka lebih baik dan lebih long lasting.

Kelima, setelah mengenal SEO berikutnya adalah optimasi menggunakan Hosting Indonesia. Dulu saya menggunakan domain .com lalu hosting di server US (baca: di luar Indonesia) karena harganya lebih murah. Namun setelah belajar tentang SEO, ternyata jika kita menaruh website kita di server US maka nilai website kita di Google.co.id tidak terlalu bagus, nah waktu saya pindahkan ke hosting Indonesia, beberapa artikel saya yang awalnya sulit masuk ke halaman pertama, jadi dengan mudah masuk ke halaman pertama Google 😊 Banyak sih hosting indonesia yang bagus-bagus, namun kalau saya pribadi sejak lama sudah saya percayakan ke Qwords.

Meningkatkan Traffic Dengan Cara Lain

Jujur saja, kalau kamu membaca artikel tentang cara untuk meningkatkan traffic website, kelima cara diatas pasti ada deh di point-point mereka, nah kamu pasti bertanya-tanya, apakah ada cara lain untuk meningkatkan traffic website?

Keenam, Buatlah Google My Business. Nah bingung kan, kenapa harus membuat Google My Business? 😀 simplenya dengan melengkapi informasi tentang website kamu di Google My Business maka saat ada pencarian, website kamu akan di taruh paling atas karena terdapat pada My Business, jadi nanti kamu tinggal mengisi secara lengkap seluruh informasi tentang website kamu, seperti nama bisnis, alamat lengkap, domisili, kode pos, nomor telepon dan lain-lain. Nanti saat kata kunci yang kami tuju dimasukkan ke dalam website description maka kamu akan berada di halaman teratas dari search di Google, alasannya simple, karena website lain belum dimasukkan ke Google My Business 😊

Jangan memasukkan nama blog kamu sebagai nama usaha, namun masukkan kata kunci utama yang kamu tuju ya karena website kamu belum dikenal orang-orang
Ketujuh, daftar ke Online Directory. Jika kamu sudah membuat Google My Business di point pertama, maka itu adalah awal untuk langkah berikutnya, karena Google My Business adalah salah satu Online Directory terbesar di dunia. Kalau kamu bertanya, "Buat apa sih website kita terdaftar di Online Directory, simplenya profile kamu yang di buat di Online Directory akan terhubung ke website utama kamu, jadi dengan makin sering update dan mendapatkan review positif secara otomatis akan makin banyak traffic ke website kamu. Selain itu, makin banyak kamu ter-register di Online Directory maka makin tinggi Domain Authority kamu di Google.

Buat kamu yang penasaran apa aja sih Online Directory yang besar di dunia selain Google My Business, seperti : Yelp, Angie List, Glassdoor, City Search, Mapquest, Manta, Yellowpages, Bing Local dan masih banyak lagi yang lain. Jika dilakukan secara sekaligus, apalagi kamu sebagai pemula, saya yakin sulit untuk melakukan hal-hal diatas karena saya pribadi butuh berbulan-bulan untuk melakukan testing semua hal diatas, paling yang pertama dan mudah adalah kamu bisa membeli hosting indonesia, untuk awal kamu bisa mencari hosting murah di Google. Dan migrasi website kamu secepatnya, setelah itu bangun networking kamu dengan melakukan blogwalking dan join WA Group untuk para blogger Indonesia.

4 comments

  1. Terimakasih infonya mbak...sangat membantu diriku yang bingung caranya naikin traffic..sudah banget bikin blog dilirik ya...huhuhu

    ReplyDelete
  2. Trims mba. Ternyata ngaruh yah soal hosting.

    Kemudian google bisnis jg. Belum kepikiran sampai di sana. Hehehe

    ReplyDelete
  3. Jadi aku salah ya soal hosting .com hmm okelah akan kucoba tips lainnya. Tfs mba 😘

    ReplyDelete
  4. Kalau bw naik trafik nya lumayan ga yah? soalnya saya jarang bw, kadang baca artikel lain juga jarang berkomentar,kalau bw saya paling males baca yg nice nya ngga terlalu suka gitu aja sih masalahnya. thx

    ReplyDelete