Ternyata Ada 7 Hal Yang Bisa Merubah Jenis Kulit Kita



Memiliki kulit sehat tanpa jerawat dan juga mulus saya yakin itu pasti dambaan semua wanita. Atau bahkan semua pria. Karena kalau kita perhatikan dunia kecantikan bukan hanya milik semua wanita, beberapa pria khususnya kaum milenial sudah sangat aware yang namanya merawat kulit. Ya walaupun gak seperti wanita yang 10 step skincare setiap hari, minimal bisa mengerti perbedaan antara pelembab yang mana dan juga sunscreen yang mana 😁 Karena sayapun di rumah seperti itu. Karena dunia saya related dengan dunia skincare dan make up, yang notabene setiap hari saya gunakan, saya gak mau suami saya kulitnya jadi tidak terawat, yah minimal kulitnya sehatlah. Karena kalau kulit sehat, degan sendirinya akan memboosting kepercayaan diri kita. 

Beberapa tahun belakangan jenis kulit suami berminyak, atau bahkan bisa dibilang berminyak yang sangat parah, sampai dia sendiri bingung pakai produk apa untuk jenis kulitnya. Lalu seiring perjalanan waktu, 2 tahun belakangan ini kulitnya berubah lho, jadi kering. Kering banget malahan. 

Sebenarnya normal gak sih, manusia bisa berubah-ubah jenis kulitnya?

Menurut literatur yang saya baca nih, ada seorang dermatolog asal New York City, Amerika Serikat, Dr. Marnie Nussbaum, pada dasarnya kita sendiri gak bisa mengubah jenis kulit kita sendiri. Tapi kulit kita bisa berubah karena beberapa faktor, tapi bukan berarti kulit kita pasti berubah ya. Kalau kita rajin melakukan perawatan kulit, pakai produk yang cocok sesuai dengan jenis kulit kita, permasalahan kulit mungkin bisa dihindari. 

Faktor Yang Mempengaruhi Jenis Kulit Kita

Lalu faktor apa saja yang mempengaruhi jenis kulit?

1. Kadar air
Seiring pertambahan usia kadar air kita akan berkurang. Jadi perlu tambahan asupan nutrisi dari dalam dan dari luar.

2. Kadar minyak dan kolagen
Seiring dengan pertambahan usia, kadar kolagen atau elastisitas kulit kita juga jadi menurun. Terutama untuk yang berusia 35 tahun keatas nih, kulit biasanya cenderung menjadi perlahan-lahan kadar airnya berkurang, karena saya sendiri mengalaminya. Beda banget dulu waktu saya remaja, kulit saya berminyak.

4. Gaya hidup (lifestyle)
Pola hidup ini mencakup semuanya, mulai dari jam tidur kita (kita harus menerapkan minimal 8 jam per hari). Jika kita kurang tidur, akan berpotensi menambah kerutan-kerutan di daerah mata, metabolisme pencernaan jadi teratur, dsb. Jadi penting banget jam tidur usahakan minimal 8 jam sehari. 

Buat yang ngantor juga harus waspada terhadap tingkat dan intensitas kerja di kantor, karena rentan banget terkena stres, jadi harus tahu bagaimana memaintain mood supaya tetap happy dan tidak di bawah tekanan. Biasanya yang kayak gini yang kerjanya ada deadline atau achieve KPI nih, kalau yang santai aja sih gak ada masalah ya, paling hanya mantain stamina aja 😊

Lalu pola hidupnya bagaimana? Rajin konsumsi air putih minimal 2 liter per harikah? Atau sering mengkonsumsi kafein? 

Lalu rajin berolahraga juga penting lho, berbagai manfaat dari olahraga yaitu menjauhkan dari segala macam penyakit, sirkulasi keringat dan darah juga jadi lancar serta tidurpun jadi nyenyak.

Rajin mengkonsumsi gorengan, juga berpotensi membuat kulit kita jadi berminyak lho ☺️ belum lagi kolesterol karena minyaknya. Makan sih boleh, cuma harus dibatasi ya.

5. Perubahan Cuaca
Ngerasa gak di sepanjang akhir Desember 2018 sampai pertengahan tahun 2019 kita mengalami kemarau yang sangat panjang? Bukan cuma petani saja yang mengalami kekeringan, tapi juga saya sendiri ngalamin, cuaca kemarau (kering) yang sangat panjang ini sedikit demi sedikit jadi mengubah jenis kulit saya. 

6. Hormon
Biasanya ini sering dialami oleh wanita yaitu, menstruasi, penggunaan pil KB, menopause dan pro-menopause. Biasanya menjelang haid, kulit akan cenderung lebih berminyak dan berjerawat.


7. Lingkungan
Sering terpapar sinar matahari, atau bekerja di daerah polutan, dalam ruangan ber-AC, radikal bebas, juga bisa mempengaruhi jenis kulit.  

Nah itulah ke-7 hal yang bisa mengubah jenis kulit kita. Ternyata bukan tidak mungkin kulit kita aka berubah-ubah bukan? Tapi tenang saja, kulit kita tidak akan mengalami masalah jika kita melakukan perawatan kulit dengan produk yang tepat juga. Yang terpenting, istirahat yang cukup, imbangi dengan pikiran dan pola hidup sehat juga.

Semoga bermanfaat ya ☺️

2 comments

  1. Gaya hidup seperti sering makan gorengan dan makanan yg berminyak, itu juga jadi penyebab kulit berjerawat. Ini aku banget mbk, kerasa banget kulit wajahku ketika sering makan gorengan sama stop gorengan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya beneran loh ini, sering makan gorengan beneran berubah jd berminyak kulit kita :)

      Delete