Pengalaman Melahirkan di Rumah Sakit Mitra Keluarga Bekasi



Kalau mendengar kata Rumah Sakit Mitra Bekasi Barat, sangat familiar, seperti kayak rumah singgah saya kedua, pasalnya rumah sakit ini sering banget saya datangi. Rumah tetangga aja kalah 😁 Karena  segala aktivitas yang berhubungan dengan hamil, melahirkan, sampai control kesehatan anak-anak, semua dilakukan di Rumah Sakit Mitra Bekasi Barat.

So, karena sudah sangat-sangat familiar, makanya saya mau sharing nih, suka-dukanya tentang Rumah Sakit Mitra Bekasi Barat ini.


Awalnya sebelum saya ke Rumah Sakit Mitra ini, saya takut banget lho, pasalnya banyak yang bilang Rumah Sakit Mitra ini terkenal perawat yang super juteknya. Tapi karena saya tinggal di Bekasi, ya mau gak mau saya datang ke Rumah Sakit Mitra deh. Selain jaraknya tidak terlalu jauh dari rumah, rumah sakit ini memang paling bagus di Bekasi.

Soal Pelayanan Gimana?

Tadi kan saya bilang kalau saya takut banget ke Rumah Sakit ini. Tapi itu dulu sih, sebelum saya menjalani sendiri. Tapi setelah saya jalani, sering ke Rumah Sakit Mitra ini, ternyata sama sekali gak jutek tuh! Malahan ramah-ramah lho 😚 Apalagi waktu saya melahirkan anak kedua, di ruang VIP, suster-susternya melayani saya dengan sangat baik. 

Lalu waktu anak saya (Narendra) jatuh dagunya sempat robek, dan mengharuskan dia ditangani di ruang IGD dulu, suster bagian IGD nya juga sangat ramah. Padahal Narend termasuk anak yang gak bisa diam, susternya sabar luar biasa 😁

Lalu waktu saya melahirkan anak ketiga (Carissa), saat saya mau ke kamar mandi, sesaat 2 jam habis melahirkan, saya gak bisa bangun dari tempat tidur, susternya dengan ramah mau membantu saya. Waktu itu saya ingin buang air kecil. 

Pokoknya gak ada tuh yang namanya jutek. Satupun gak ada lho. Ya mungkin ada satu atau dua yang sedikit agak jutek. Mungkin 1% saja kali ya. Selebihnya gak ada sih. Pokoknya the best lah soal layanan di Rumah Sakit Mitra.

Jadi kalau ada yang bilang susternya jutek-jutek, BIG NO ya. Ramah-ramah kok! ☺️

Pengalaman Waktu Melahirkan di Rumah Sakit Mitra bagaimana?

Waktu Rissa lahir, saat saya datang ke Rumah Sakit, posisinya itu saya sudah pembukaan 5. Dicek CTG, proses administrasi, semua serba cepat. Gak ada tuh drama-drama administrasinya lama. Waktu proses persalinan, namanya persalinan normal ya kan sakit banget ya, di titik sakit paling tinggi sekitar pembukaan 5 sampai 7, disitu saya gak bisa menahan rasa sakit, saya guncang badan si susternya itu, saya renggut dadanya, padahal susternya sedang hamil besar 😀 tapi susternya gak ada marah-marah sama sekali. Tetap ramah. Justru sayanya yang merasa gak enak, karena selama proses persalinan, sayanya selalu ngrepotin, ngeluh sskit terus, dan pokoknya misuh-misuhlah 😁

Rumah Sakit Mitra Bisa Terima Pembayaran Asuransi?

Hohoho, bisa bangeeet. Saya selama control dokter, imunisasi anak-anak, melahirkan, semua saya menggunakan kartu asuransi. Yah selama kantor suami mau membayarkan, ya gapapa ya, tapi gak full payment, hanya dibayarkan 80% nya saja. Hh, itu saja sudah untung, kami jadi hanya keluar biaya 20% nya saja. Karena yang saya tahu bahwa  tidak semua kantor memberikan fasilitas asuransi mulai dari program kehamilan sampai melahirkan.

Prosesnya juga gak lama kok. Sesaat kita ke bagian kasir saat pembayaran, kasir langsung mengkonfirmasi ke bagian asuransi. Yang sudah-sudah sebelumnya sih saya hanya 5 menit saja prosesnya. 

Soal harga bagaimana?

Hmmm ya, ini yang beda. Tergantung kamu membandingkannya dengan rumah sakit apa dulu. Kalau kamu bandingkan dengan rumah sakit di Jakarta, sudah jelas lebih mahal di Jakarta pastinya. Antar sesama Mitra Keluarga aja bisa beda. Apalagi beda lokasi? 

Sebagai gambaran aja nih harganya ya. Update harga per 2019.

Control dokter obgyn IDR 250ribu (exclude obat)
Control dokter anak IDR 250ribu
Obat atau vitamin kehamilan sekitar IDR 250ribuan
Biaya melahirkan normal kelas I IDR 12.5juta. Kelas II 9juta. Kelas III IDR 5juta.

Waktu saya melahirkan Rissa, total yang saya bayarkan itu semua termasuk saya masuk ruanh observasi, ruang perawatan ibu dan bayi totalnya sekitar IDR 13,5juta.

Fasilitas Umum di Rumah Sakit Mitra Keluarga Bagaimana?

Bagus kok. Mulai dari ruang tunggu yang sangat nyaman, toilet bersih (dibersihkan secara berkala), untuk kelengkapan di toilet cukup tidak pernah kurang. Ada ATM BCA di bagian luar. Ada mushola juga. Ada kantin juga (khusus kantin ini tempatnya nyaman, walaupun harganya cukup mahal (at least ini menurut kantong saya ya). Gak tahu kalau mas Anang, eh mama maksudnya 😄

Ada Jasa Pembuatan Akta Kelahiran Anak?

Ada. Di Rumah Sakit Mitra Keluarga juga disediakan jasa pembuatan akta kelahiran. Biayanya IDR 200ribu. 

Senam Hamil

Di Rumah Sakit Mitra Bekasi Barat itu ada senam hamil. Biayanya per kedatangan IDR 30ribu. Kalau mama sudah ikut senam hamil di Rumah Sakit Mitra minimal 6x, akan mendapat free gift dari pihak rumah sakit. Yaitu seperangkat alat sholat alat mandi untuk anak-anak (sabun, handbody). Lumayan untuk pemakaian 6 bulan 😁

Soal Parkir Kendaraan Gimana?

Overall sih soal pelayanan dan fasilitas oke sih di Rumah Sakit Mitra Keluarga, cuma ada yang agak sedikit kurang oke nih, parkiran mobilnya sangat-sangat minim. Hmm, tapi kayaknya hampir semua rumah sakit di Jakarta sudah limited ya spacenya. Jadi the best way, memang naik taksi saja. 

Untuk tarif parkirnya untuk 1 jam pertama IDR 4000. 1 jam selanjutnya IDR 3000. Udah kayak mal lah 😋

Tapi jangan khawatir, buat kamu yang ingin menginap di rumah sakuta Mitra ini, soal tiket, bisa minta cap saja kepada susternya. Jujur aja, katakan kalau kita membawa kendaraan.

Tapi kalau parkiran motor sih diluar mall.

Kalau bisa saya sarankan sih, kalau rumah kamu tidak jauh dari rumah sakit, daripada stres dan kamu sedang mengejar waktu, saya sarankan menggunakan taksi online saja. Cepat, hemat dan gak usah pusing soal space kendaraan.

Jadi buat kamu yang ingin berencana control, check up, program hamil dan segala macam aktivitas kesehatan di rumah sakit Mitra Kekuarga Bekasi Barat, kalau kubilang cukup recomended.


1 comment

  1. Sering denger nama rumah sakit ini aku mbk. Kalau ketemu rumah sakit yang pelayanannya bagus, fasilitas komplit, udah pasti seneng sih, apalagi kalo dokternya recomended.. Pasti antri2😁

    ReplyDelete