Manfaat SSL Certificate untuk Website Jualanmu



Minggu lalu, saya kedatangan tamu, teman dekat saya waktu di TDA (Tangan Di Atas), yang curhat tentang jualannya di salah satu mall di Bekasi, katanya makin hari makin sepi pengunjung, berbanding terbalik dengan usaha onlinenya yang sehari bisa sampai 15-20 pcs baju laku bak kacang goreng. Dia meminta pendapat saya bukan sebagai pakar atau orang yang berpengalaman punya toko di mall, tapi sebagai seorang konsumen yang biasa jalan dan belanja di mall tersebut.

Dari pembicaraan tersebut, saya sudah beritahukan pendapat pribadi saya secara subjektif mulai dari posisi mall tidak strategis, akses ke mall repot tidak ada belokan langsung karena harus memutar balik, angkot sulit untuk menuju ke mall, tarif parkir 6rb/jam, sampai banyak tenant yang gulung tikar. Dari hasil ngobrol-ngobrol ternyata teman saya ini sebenarnya membuka tenant di mall hanya sekedar yang penting punya toko offline, karena dia merasa ada kekawatiran jika ada konsumen yang mempertanyakan tokonya real atau tidak yang akhirnya menurunkan tingkat kepercayaan konsumen.

Selain itu, teman saya juga komplen kalau banyak calon konsumen yang tiba-tiba membatalkan pesanan waktu checkout dikarenakan ada kekawatiran bahwa website teman saya itu website tipu-tipu (baca: uang di transfer tapi barang tidak di kirim).

Waktu di cek, walaupun website teman saya ini sudah menggunakan .com ternyata belum menggunakan SSL Certificate. Weitsss benda apa lagi nih 😊

Apa sih SSL Certificate itu?

Simplenya kalau kamu pengguna browser Google Chrome atau Mozilla Firefox, waktu kamu membuka sebuah website, misalnya qwords.com atau www.qwords.com, kalau kamu perhatikan, halamannya berubah menjadi https://www.qwords.com/, nah di depannya ada https, lalu muncul simbol gembok berwana hijau. Itu artinya website tersebut sudah menggunakan SSL Certificate.

Ada tulisan "Secure Connection" - Doc: Pribadi

Sedangkan jika website belum memiliki SSL, walaupun awalannya sudah https, tetap belum dianggap aman oleh Google.

Ada tulisan "Connection is Not Secure" - Doc: Pribadi

Kenapa harus HTTPS ?

Kalau saat ini kamu masuk ke website yang menggunakan http, bisa dikatakan koneksi yang kamu lakukan ke website tersebut tidak aman, karena rentan untuk di curi dan di manipulasi oleh hacker. Sedangkan jika website yang kamu buka sudah menggunakan https, maka data yang dikirimkan sudah di enkripsi bahkan dari sisi service provider akan mem-blok ads/iklan ke website tersebut.

Kenapa website jualan butuh SSL Certificate ?

Dari pengalaman teman saya di awal, bahwa ada pengalaman calon pelanggan yang saat checkout di keranjang belanja tidak jadi membayar karena kawatir websitenya tipu-tipu, bisa di minimalisasi jika sudah memiliki SSL, alasannya adalah

1. Calon konsumen daftar tanpa rasa takut (Anti Phising)

Nah bayangin kalau calon konsumen kamu mau berbelanja, namun harus mendaftar terlebih dahulu, lalu sudah mengisi nama, alamat, password namun ternyata semua itu di ambil oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan di salahgunakan. Dengan SSL, calon konsumen tidak perlu takut lagi, karena data yang mereka masukkan sudah terenkripsi jadi aman.

2. Website lebih di percaya

Bayangkan jika kamu mau beli barang di ruko, otomatis orang akan lebih percaya karena kemungkinan untuk pindah saat kamu mengajukan claim hampir tidak ada. Tapi jika kamu membeli barang di pinggir jalan, ada kemungkinan barang yang kamu beli bermasalah dan jika kami komplen, belum tentu tempat jualan masih ada. Nah dengan SSL ini, orang yang membuka website kamu akan lebih aman jadi jika memasukkan data-data seperti nama, nomor telp, alamat bahkan nomor kartu kredit bisa bernafas lega.

3. SEO Friendly

Karena sudah menggunakan SSL dan termasuk website yang aman, maka website kamu di mata Google akan lebih baik bahkan dengan mudah berada di halaman pertama, otomatis traffic website kamu makin banyak dan berbanding lurus dengan penjualan. Bagi kamu yang ingin membuat artikel SEO, bisa baca Organic SEO Optimasi Google Melalui Artikel.

4. Anti Iklan dari Service Provider

Kamu mungkin tidak sadar kalau waktu kamu browsing, tiba-tiba ada iklan yang sama dengan provider yang kamu pakai, nah itu adalah iklan yang kamu dapatkan jika menggunakan service provider yang specific.

Bagaimana, kamu sudah mengetahui pentingnya SSL untuk website jualan kamu kan? 😊 Jika kamu searching di internet, banyak sekali SSL yang gratis, mulai dari SSL Comodo, Zero SSL, Cloud Flare sampai Free SSL. Namun saya sangat tidak merekomendasikan hal ini, alasannya simple, karena yang gratisan pasti ada aja hal yang membuatnya tidak gratis, seperti iklan bahkan penurunan kecepatan saat membuka website jualan kamu. Saya sarankan kamu menggunakan SSL yang tidak gratis, seperti : Sectigo, GlobalSign, RapidSSL dimana harganya mulai dari 150rb per-tahun sampai 450rb per-2 tahun. Awal-awal saya sudah jelaskan ke teman saya bahwa lebih baik SSL berbayar dari pada gratis, maka teman saya mulai membeli SSL Sectigo di QWORDS.

Oiya, terlepas SSL apapun yang kamu pilih, kamu harus mengetahui kelebihan dan kekurangannya, jangan lupa, kamu tetap harus menggunakan Hosting Indonesia agar SEO kamu jadi makin maksimal, semoga membantu jualan kamu, dan jangan lupa tinggalkan comment dibawah jika ada masukkan ya 😊

1 comment

  1. Wah bener banget tuh Mbak, memang banyak banget manfaat yang bisa didapatkan

    ReplyDelete