5 Hal Menarik Yang Bikin Saya Ingin Tinggal di Kota Wisata Cibubur



Teman-teman, kalau saya menyebut kota Cibubur, apa yang terbersit di otak kamu? Macet, jauh, pembangunan jalanan, padat penduduk, dan sebagainya. Ya memang gak beda jauh emang ya sama Bekasi 😁 makanya saya dulu paling anti deh sama yang namanya ke Cibubur, macet! Tapi justru weekend awal Juli lalu, saya menyempatkan diri ke Kota Wisata Cibubur, malahan saya pengen dateng lagi and tinggal disini lagi. Mau tau alasannya? 😁

Nanti saya ceritakan di bawah ya. Tapi sebelum saya saya ceritakan, saya mau share dulu nih, alasan kenapa saya mau ke Kota Wisata Cibubur.

Jadi awal Juli 2019 lalu, saya menyempatkan diri main-main ke Kota Wisata Cibubur karena saya mau ikutan a acara blogger gathering bersama Kota Wisata Cibubur. Ahh gatherings doang, kumpul-kumpul doang, makan-makan, gitu doang kan acaranya? Ya gaklah cyn, acara gatheringnya bukan ala emak-emak arisan gituh, tapi juga ada workshopnya. Yaitu tentang Optimalisasi Youtube untuk Vlogger. Nara sumbernya yaitu @inimasabi.

Ada yang udah pernah kenal belum? 😚



Sekilas Profile Tentang Mas Abi

Jujur aja sayapun baru mengenalnya 😊 Nama lengkapnya adalah Ahmad Takbiriyantoro, atau Mas Abi, demikian dipanggilnya. Dia adalah vlogger atau youtuber yang punya akun Inimasabi. Kalau yang saya baca beliau adalah anak muda biasa, domisili Purwokerto yang merantau ke Ibukota dengan modal pas-pasan. Awalnya Mas Abi ini juga gagap kamera, gak bisa ngomong depan kamera, dan anti social media juga. Lalu sejak dia mengenal social media tepatnya di tahun 2007, disitulah dia mulai perlahan-lahan membangun personal branding dan imagenya.



Mas Abi ini latar belakangnya adalah seorang trainer.

Optimasi Youtube

Saat ini bisa dibilang hampir semua orang memiliki channel Youtube bahkan sekarang semua generasi muda bercita-cita jadi youtuber loh 😉 tapi tidak dengan anak saya sih, si Narend, ya mungkin belum tahu ya nikmatnya jadi youtuber. Selain pekerjaan yang memang fun, tapi juga harus disertai dengan passion juga ya.

Nah, kalau misalnya kamu mau channel Youtube kamu bisa mendatangkan pundi-pundi uang, pastinya kamu gak bisa main-main dengan channel kamu. Gak hanya buat video, upload, selesai, Oohh tentu tidak cyn, harus kamu editing dulu. Setidaknya jika tidak diediting, kamu harus memfilternya, mana yang bisa diupload, mana yang tidak.

Nah, menurut Mas Abi, dalam youtube, yang harus diperhatikan adalah content dan engagement is the king. Dan dalam prosesnya, bukan permasalahan apa kameranya, tapi yang paling penting adalah Pre dan Post editing. Karena sebagai youtuber, kita semua adalah segalanya, sutradara merangkap pemainnya.

Pre Produksi meliputi ide/konsep, skenario, brainstorming skenario, casting, reading, cek lokasi, persiapa art, wardrobe, artist, crew, dll serta shot list.

Sedangkan pro produksi meliputi editing, musik, sound mixing dan publishing.

Apa saja yang harus diperhatikan dalam editing video?

Footage
Footage itu aalah scene yang kita ambil. Kalau mau buat video youtube, footagenya haruslah hasil karya sendiri, bebas copyright dan tidak melanggar hak intelektual. Untuk sizenya juga harus berukuran 16:9, gak goyang (Shake), bisa menggunakan gimbal, atau menggunakan tripod. 

Music Scoring
Tau kan artinya music scoring? Itu lho musik background yang dipakai untuk backsound di video kita. Nah, soal musik ini jangan sampai kena copyright (warning) dari youtube ya. Sebisa mungkin cari saja yang free, supaya gak ribet soal kepengurusan hak ciptanya. Karena kalau sudah kena warning hak cipta, gak bisa dimonetize. 

Untuk lagu yang free, kita bisa gunakan di music library di youtube. Bisa pilih sesuai mood, time, dll. Atau kamu bisa buka channel Audio Library. Ini yang free, bisa tinggal download saja.

Mas Abi kasih tips nih, misalnya saja video yang sudah kita upload ke youtube, sudah ada viewers yang lumayan juga, tapi tiba-tiba ke warning dari youtube, gara-gara musik setempat kita membuat konten itu, atau kita salah memilih lagu, nah mengakalinya, suaranya bisa divoice over aja. Tapi asalkan suaranya enak didengar ya. 

Thumbnail & Title
Viewers itu paling suka dengan cover dan tulisan yang sedikit eye cathing. Jadi kalau bisa thumbnail kita agak sedikit outstanding dengan yang lain. Karena inti dari youtube itu kan banyak-banyakan viewers dan watch timenya. Thumbnail itu jangan berpatokan kudu clean ya, NO! Justru kudu rame, kecuali kalau fotonya cakep, katanya 😁

Kalau mau lihat contohnya, bisa lihat channelnya Mas Abi ya.


Tips membuat thumbnail ; harus kesesuaian dengan isi video, bebas editing namun masih sesuai, menggunakan penulisan atau kalimat tambahan di thumbnail dan menggunakan gambar yang terbaik. Dan kalau mau buat thumbnail, bisa di logopin atau di photoshop. 

Jangan lupakan juga soal title (judulnya) ya. Judulnya harus tepat, tidak terjadi missleading, tidak terlalu panjang, tidak terlalu pendek, dan penulisan yang menarik atau click bait. 

Penting nih dicatat! 😋

Printilan
Perhatikan juga untuk penulisan deskripsi, hashtagnya, dan tagnya juga. Supaya memudahkan orang dalam search engine.

Watch Time Is More Important Than Views

Maksudnya banyak views gak ngaruh gitu? Bukan gitu, tapi youtube lebih suka memperhatikan berapa jumlah watch time kita ketimbang berapa views kita. More watch time akan menambah exposure dan menambah adsense juga 😙

Consistency is the winner!

Katanya mas Abi, Algoritme Youtube itu sekarang yang lebih konsisten adalah yang menang. Yang mendapat perhatian audience adalah yang sering upload and upload.
Dan syarat untuk mendapatkan adsense adalah 4000 jam tayang.

Sharing Session about Kota Wisata

Selanjutnya setelah mendengarkan paparan tentang optimasi video oleh mas Abi, sharing dilanjutkan dengan mendengarkan sharing dari Sales and Promotion dari Kota Wisata Cibubur.



Kamu udah tahu belum kalau Kota Wisata Cibubur itu bisa diakses dari Tol Jagorawi, kota bekasi (Narogong), tol JORR dan Tol Jatiasih. Dan rencananya di pertengahan tahun 2020, tol Cimanggis akan bermuara ke Kota Wisata Cibubur.

Kota Wisata Cibubur sudah ada sejak tahun 1996, Total cluster adalah 41 cluster. Dan total area adalah 700 Ha.

Dan untuk saat ini Kota Wisata Cibubur berpusat pada 3 cluster yaitu, Visalia, Nashville, dan Bellwood.

Fasilitas Kota Wisata Cibubur

Lihat-lihat cluster Kota Wisata Cibubur walaupun dari gambarnya, saya jadi kepingin tinggal disini deh 😙 Selain clusternya kayaknya nyaman, fasilitasnya juga sepertinya lengkap, semua aspek, ada. komersial, sarana ibadah, transportasi, sekolah islam, sarana olahraga, sekolah kristen, dan sebagainya.

Tour Kota Wisata Cibubur

Setelah selesai mendengarkan penjelasan tentang Kota Wisata Cibubur beserta fasilitasnya, kamipun semua diajak untuk tour mengelilingi Kota Wisata Cibubur dengan naik bus bersama, sambil melihat cluster terbaru, yaitu Nashville.

Having Lunch!

Selesai tour, perut kamipun lapar, akhirnya tiba juga waktunya makan siang bersama 😚 Kami makan siangnya tidak di kantor marketingnya, tapi kami mencoba di rumah makan yang terdapat di ruko di dalam Kota Wisata Cibubur lho 😚

Ohya, karena di gathering kali ini pesertanya lumayan banyak, untuk acara makan siang, kamipun dibagi 3 kelompok, yaitu ada yang Soto Semarang, Nasi Gudeg dan Nasi Bogana. Dan sayapun kebagian kelompok ke Nasi Bogana 😉

Dan inilah makan siang saya 😊


Serius asli, ini enak banget loh makan siang saya, saya baru tahu kalau di Kota Wisata Cibubur ini ada makanan nasi bogana disini 😉

Selesai makan siang bersama, kamipun segera kembali ke kantor marketing, dan kemudian closing. Acara selesai kira-kira pukul 2 siang.

Nah, seminggu setelahnya nih, sayapun kembali ke Kota Wisata Cibubur dongs, berhubung rumah saya ke Kota Wisata Cibubur hanya 40 menit perjalanan via jalan raya Narogong. Rumah saya di Cileungsi, jadi pastinya saya lewat Kota Wisata Cibubur. Ngapain? Saya mau ajak suami untuk makan siang disini, tepatnya di Nasi Bogana kembali, sambil saya berjalan-jalan mengelilingi Kota Wisata Cibubur. Karena saya ingin banget tinggal disini, karena fasilitasnya serba lengkap, dan dia itu gak jauh juga kalau mau ke Jakarta, jadi Kota Wisata Cibubur ini seperti perbatasan antara Jakarta, Depok dan Bekasi. Apalagi nantinya akan ada tol baru, wah makin nyaman aja deh 😊

Walaupun saya terhitung sering ke Kota Wisata, entah untuk sekedar jalan pintas atau untuk mencari makanan disini, tapi saya baru tahu kalau fasilitasnya sebegitu lengkapnya.

So, ada 5 hal yang bikin saya ingin tinggal di Kota Wisata Cibubur :

1. Fasilitas super lengkap!
Mulai dari sekolah islam ada, sekolah kristen, mesjidnya juga megah, makanan disini super lengkap, mau cari makanan apa aja juga ada. Pastinya saya gak akan kerepotan deh dalam hal cari makanan. Coffee shop juga ada, pet shop, minimarket, cafe, restoran, burger king, starbucks, salon, ahh you name it lah, anything you needed is here lah 😊 Terlebih lagi kan saya

2. Nyaman
Setelah saya keliling-keliling Kota Wisata Cibubur,

3. Lebih dekat akses ke Jakarta
Karena Kota Wisata Cibubur ini lokasinya di perbatasan antara Bogor dan Jakarta, tapi karena akses dan pintu keluarnya banyak, jadi kalau mau ke Jakarta jadi lebih dekat. Apalagi kantor suami saya masih di Jakarta. Mau ke Bekasi? Bisa via Narogong. Mau ke Jakarta? Bisa melalui jalan raya Transyogi Cibubur. Mau ke Bogor? Bisa lewat Jonggol.

4. Nilai Rumah Masa Depan Sangat Bagus
Karena Kota Wisata Cibubur masih akan terus berkembang, menurut saya untuk nilai harga jual rumah ini akan meningkat pesat, saat ini saja sudah mahal, ditambah lagi nantinya akan ada pintu tol di depan gate Kota Wisata Cibubur, kebayang dong nilai jualnya berapa 😀

5. Harga Rumah Reasonable
Saat saya ikut tour Kota Wisata Cibubur, saya sempat menanyakan kepada salesnya berapa harga rumah yang dijual di cluster Nashville tersebut. Untuk rumah tipe 137, luas tanah 128 m2, 3 kamar tidur harganya IDR 1,2milyar. Dan model rumah di Nashville, di belakangnya masih ada tanah kosong lagi, jadi buat pengembangan ke depannya sangat bagus.

Makanya saya bilang, kalau saya punya budget cukup, saya mau banget tinggal di Kota Wisata Cibubur. Ahh doakan saja ya, supaya uangnya terkumpul, supaya bisa secepatnya ambil 1 unit disini 😚

Itu aja sih sharing saya tentang pengalaman saya waktu ikutan gathering bersama Kota Wisata Cibubur. Semoga bermanfaat ya 😉


7 comments

  1. Wah banyak banget nih ya kemudahan yang bisa didapatkan apabila tinggal di Kota Cibubur ini

    ReplyDelete
  2. Waaaaaaa aku kalau denger kota Cibubur ingetnya Taman Mekarsari nih hahaha. Sama ga sih tempatnya ��
    Seru ya mbak bisa ke acara tersebut. Makan siangnya lain daripada yang lain tuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm kalo Mekarsari sih hitungannya dia bukan Cibubur, tapi udah masuk Jonggol sih :)
      Iyaaa seru, dapat ilmu yg bermanfaat pastinya :)

      Delete
  3. nasi bogananya bikin salfok :p

    ReplyDelete
  4. Mungkin sama halnya dengan Surabaya ya mba.. kalau perumahan ada nama Kota Wisatanya kayak kota mandiri yang semuanya sudah lengkap banget, mall, sekolah, cafe dan akses ke pusat kota juga gampang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, bisa jadi sama ya. Jadi model perumahan skrg one stop living. Semua apa2 di sekitar rumah :)

      Delete
  5. Duh nabung brp lama yah biar cukup beli rumah di kota wisata :(

    ReplyDelete