Medikids, Klinik Gigi Yang Bikin Anak Ketagihan Ke Dokter Gigi



Medikids Bekasi. Kalau bahas soal kebiasaan sikat gigi, kayaknya saya gak perlu usaha keras untuk menerapkan kebiasaan baik ini untuk Narend, kenapa? Karena dia termasuk anak yang rajin banget yang namanya sikat gigi. Saking sukanya sikat gigi, malahan sehari dia bisa lebih dari 3x. Bahkan pasta gigi aja sampai sengaja dimakan olehnya, seperti dijadikan cemilan 😟 Jadi saya paniknya bukan karena dia malas sikat gigi, justru karena terlalu sering sikat gigi 😂 Nah, menurut info ya weng saya dengar, ternyata terlalu sering menyikat gigi malahan itu tidak baik lho. Dan katanya juga kalau pasta gigi sampai tertelan dan masuk ke dalam pencernaan itu juga bahaya lho.  

Memangnya seberapa penting sih menjaga kesehatan gigi pada anak sejak dini? Lalu bagaimana dengan Narend yang suka menjadikan pasta gigi sebagai cemilan? 

Yuk cuuss, saya jelaskan di bawah ya. 


Hari Rabu 17 Juli 2019 lalu, saya dan Narend berkesempatan untuk hadir di acara blogger gathering bersama Medikids. Lokasinya gak terlalu jauh dari rumah saya, dekat Summarecon Mal Bekasi juga, tepatnya di Ruko Graha Boulevar. Kalau di Google maps, namanya Klinik Medikids by MHDC Bekasi

Medikids Bekasi

Tentang MHDC by Medikids Bekasi

MHDC adalah kepanjangan dari Mulia Health and Dental Care. MHDC merupakan one stop clinic yang menghadirkan layanan kesehatan umum, gigi, tumbuh kembang anak, estetika dan akupuntur. MHDC didirikan pada tanggal 1 Juni 2009. Klinik ini terdiri dari beberapa dokter, yaitu Dokter Gigi Spesialis, Dokter Spesialis, Dokter Kecantikan dan Akupuntur, Dokter Umum dan Terapis serta Konselor.

Misi MHDC adalah memberikan dan mengedepankan pelayanan kesehatan yang profesional kepada masyarakat, memberikan kenyamanan dan suasana yang unik serta melakukan ekspansi di lokasi strategis agar memudahkan akses pelayanan dimanapun pasien berada. Serta visi MHDC adalah menjadi klinik kesehatan, tumbuh kembang anak dan gigi spesialis yang berkualitas, terdepan, profesional dan menjadi kepercayaan masyarakat.

Dan Medikids ini adalah klinik gigi spesialis untuk family, yaitu untuk dewasa dan anak. Dan kebetulan di Bekasi ini adalah cabangnya yang ke-10. Cabang-cabang dari Medikids banyak nih, ada di Menara Mulia, Kalibata City, Bulog, Menara Jamsostek, Wisma 46 - Kota BNI, Green Terace, Kemang Jakarta Selatan, Bintaro Tangerang Selatan, dan Wakaf depok.

Klinik gigi spesialis ini ada spesialis konservasi gigi seperti penambalan, perawatan syaraf dan estetika, spesialis orthodonti, bedah mulit, prostodonti (gigi tiruan, veener dan implan gigi), dan juga general pratitioner.

Tour Klinik Medikids

Dan Medikids itu sendiri memiliki tema Around The World. Jadi lokasinya dibagi per ruangan. Misalnya saja di bagian resepsionis itu adalah Indonesia. Jadi ceritanya para pengunjung yang datang ke Medikids itu masih berada di Indonesia.



Lalu setelah itu para pengunjung dibawa untuk mengelilingi negara-negara.



Di lantai dasar ini adalah negara London.



Kemudian setelah masuk di sebelah kiri terdapat Medikids Play Cafe. Disini terdapat cemilan-cemilan seperti snack gitu deh, yang bisa moms and kids nikmati sambil menunggu antrian dokter.



Lalu di sebelah kanan terdapat ruangan untuk role playing for kids, Medikids Play Hospital namanya. Jadi disini anak-anak bisa role play bagaimana menjadi dokter gigi disini.





Narend senang banget ada disini, dari awal kedatangan dia sangat nyaman disini, dan dia role play sendirian saat saya sibuk mendengarkan talkshow di ruang tengah. Karena memang dia bercita-cita ingin jadi dokter katanya 😊







Ohya di Medikids Bekasi ini terdapat 3 lantai. Lantai pertama (lantai dasar dan Mezzanine) itu ada Medikids Play Hospital, Reseptionis, Toilet dan Medikids Cafe. Lalu di lantai 1 ruangan untuk treatment. Lalu di lantai 2 nanti rencananya akan dibangun ruang untuk vaksin. But soon ya 😊.

Medikids Play Hospital (lantai Mezzanine)

Medikids Dental Check-Up for Kids

Lalu setiap anak mendapat 1 buh tiket free pass istilahnya, untuk free dental check-up. Nah kebetulan Narend masuk dalam gelombang kedua dan akan dicek di ruang Jepang 😚






Dan ini adalah raport gigi Narend. Ternyata Narend memiliki 4 karies gigi, gigi geraham belakang atas dan bawah, kiri dan kanan. Kok bisa ya? Padahal 6 bulan lalu dicek giginya bagus, gak ada karies sama sekali, hanya bagian depan saja yang karies.

Rajin sikat gigi 2x sehari, jarang banget makan yang manis-manis, tapi tetap saja kena karies? Apa penyebabnya?


Lunch


Setelah selesai dental check up, kamipun makan siang. Disini dibedakan antara menu mamanya dan anaknya.

Menu untuk mamanya (Nasi Liwet)

Meal for kids (bento)

Kids Bento

1 porsi ini Narend habis lho 😁 tumben-tumbenan aja nih anak. Apa karena enak atau laper ya? 😁

Medikids Talkshow


Selanjutnya setelah makan siang, acara dilanjutkan dengan mendengarkan talkshow yang dibawakan oleh drg. Laila Novpriati.


Materi yang dibawakan adalah Mengapa Penting Menjaga Kesehatan Gigi Anak?

Sebelumnya saya jelaskan dulu ya apa fungsi dari gigi sebenarnya?

Membantu pengunyahan. Ini berfungsi untuk mengoptimalkan perkembangan anak, karena penyerapan nutrisinya baik.

Menyediakan ruangan untuk tumbuhnya gigi tetap. Setelah gigi susunya tanggal, seketika itu juga gigi tetap akan tumbuh. Struktur gigi yang baik sebenarnya yang jarak antar satu gigi ke gigi lainnya agak jarang, bukan rapat-rapat. Karena kalau rapat-rapat berpotensi akan terjadi ketidaksimetrisnya gigi (bertumpuk) antar gigi. Jadi kalau agak renggang, si gigi masih ada space untuk tumbuh. Nah, kalau giginya berantakan, drg. Laila bilang, sebaiknya gunakan kawat gigi (behel). Gunanya supaya kuman tidak cepat masuk, dan pembersihan giginya juga lebih baik.

Fungsi estetis dan perkembangan fungsi bicara. Coba bayangkan seandainya gak punya gigi, atau giginya bolong, terutama di bagian depan (gigi seri), pastinya udah gak bagus lagi kan, pastinya akan menurunkan nilai estetika dari gigi itu sendiri. Yang lama-lama akan menurunkan tingkat kepercayaan diri anak.

Jadi sebegitu besar peran gigi pada kehidupan anak, apa akibatnya bila gigi anak tidak dirawat?

Akibat gigi anak tidak dirawat

Pastinya anak akan mengalami yang namanya infeksi dan sakit gigi. Kalau gigi bermasalah bisa merembet kemana-mana. Apalagi gigi sangat erat hubungannya dengan syaraf.

Infeksi gigi akan menyebabkan sepsis. Apa itu sepsis? Sepsis adalah kondisi dimana infeksi menyebar melalui darah. Jika seseorang menderita sepsis, penyebarannya sangat cepat sekali. Sepsis biasanya disebabkan karena imun di tubuh bekerja lebih keras untuk melawan infeksi. Sepsis juga seringkali disebut sebagai keracunan darah. Sepsis dapat menyebabkan komplikasi serius yang dapat mempengaruhi ginjal, paru-paru. otak dan jantung. Lebih parahnya dapat menyebabkan kematian secara globa. Satu per tiga orang yang mengalami sepsis akhirnya meninggal. Mereka yang bertahan hiduo biasanya juga mengalami post-traumatic stress disorder (PTSD), kelelahan yang kronis, disfungsi organ dan bahkan amputasi.

Duh, sebegitu seriusnya ya 😒

Lalu berhubungan erat juga dengan gizi anak. Kalau si anak giginya aja bermasalah, bagaimana ia bisa mendapatkan asupan nutrisi yang tepat untuk tubuhnya? Gigi sehat aja anak suka malas makan kan, apalagi kalau ada masalah dengna gusi dan giginya? Pastinya akan mengalami kekurangan nutrisi dan gizi.

Lalu pada ibu hamil juga harus diperhatikan juga kebersihan giginya. karena kalau gigi bermasalah, bisa menyebabkan kelahiran prematur.

Struktur Gigi Susu vs Gigi Tetap




Kapan Gigi Anak Tumbuh?

Dibagi menjadi 2, yaitu primary Tooth Development dan Permanent Tooth Development. Umumnya gigi susu anak sudah lengkap di usianya 3 tahun. Gigi susu berjumlah 20 buah. Dan nanti akan berganti ke gigi tetap saat usianya 6-8 tahun.

Penyebab Gigi Berlubang


Kenapa sih gigi bisa berlubang? Penyebabnya bermacam-macam yaitu, ada bakteri, sisa makanan yang tertinggal, tidak sikat gigi, lalu lama-lama akan terjadi lubang.

Gak itu saja, bisa juga karena struktur giginya memang rapuh. Dan salah satu penyebab gigi berlubang pada anak adalah anak-anak suka mengemut makanan. Makanya saya suka ngomel sama Narend, makan aja dia bisa 1 jam lho! That's why saya suka berikan gadget sajalah kalau misalnya saat makan, karena saya bisa makan, lanjut nyuapin Narend, dan prosesnya itu juga gak sampai 1 jam. Karena menurut info yang saya tahu, maksimal durasi anak makan itu adalah 30 menit. Selebihnya tidak boleh.

Solusi Untuk Gigi Berlubang


Solusinya apa sih untuk gigi yang sudah terlanjung berlubang? Pertama bisa ditambal, lalu perawatan ke saluran akar. Ditambal gunanya supaya tidak ada kuman yang masuk ke dalam sela-sela gigi.


Tips Merawat Gigi Anak


drg. Laila memberikan tips bagaimana caranya merawat gigi anak. Dibagikan menurut usianya.

Untuk usia 0-6 bulan, bisa dirutinkan membersihkan gusinya, yaitu menggunakan kain kassa dan air hangat, 2x sehari. Pagi dan malam hari.

Untuk usia 6-12 bulan, bisa menggunakan sikat jari.

Setelah 1 tahun, anak bisa diajarkan untuk menyikat gigi dengan baik dan benar.

Lalu bagaimana tips mengajak anak ke dokter gigi?

Dosis Pasta Gigi Berflour Untuk Anak

Kalau untuk anak yang kurang dari 3 tahun, pasta giginya hanya sebiji beras ya. Kalau untuk anak usia 3-6 tahun sebiji jagung. Jangan banyak-banyak ya. drg. Laila juga memaparkan bahayanya flouride bila tertelan oleh tubuh. Disini saya panik karena Narend suka banget ngemilin pasta gigi, saya jadi sering beli pasta gigi, ya Tuhan 😕 Dan sekaligus jadi warning saya untuk lebih memperhatikan kondisi ini. Solusinya? Pasta giginya mungkin bisa ditaruh di tempat yang agak jauh dari jangkauannya supaya tidak dimakan lagi.

Tips Mengajak Anak ke dokter gigi


Bisa dibiasakan sejak anak berusia 1 tahun ya. Jadi saat kita mau control ke dokter gigi, sebaiknya anak kita diajak tuh, sama-sama ke dokter gigi. Jadi si anak melihat mamanya di check ke dokter gigi. Jadi jangan mama atau papanya pergi sendiri ya 😀 Tapi ke dokter gigi jangan hanya saat gigi bermasalah saja ya, pergi ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali. Jadi si anak juga melihat orangtuanya ke dokter gigi, gak ada rasa sakit apa-apa. Jangan pernah menakut-nakuti anak dengan nanti ke dokter gigi, giginya disuntik ya. Please dont! Karena bisa bikin anak trauma ke dokter gigi.

Ahhh, saya happy banget bisa datang ke acara gathering kemarin. Ini waktu yang tepat saya mengajak Narend ke Medikids, selain mendapat pengetahuan dan juga gigi Narend di check-up 😊 dan sepertinya ini reminder untuk saya juga supaya rajin control ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali.

Jadi kalau ditanya, penting gak sih menjaga kesehatan gigi pada anak sejak gini? Oh penting banget! 😊

Yuk moms, dimulai kebiasaan baik dari sejak dini ya.

Semoga bermanfaat ya 😉


Tonton Vlog saya tentang medikids disini



4 comments

  1. Hepi banget pasti nih Narend udah punya tempat memeriksakan gigi yang kids friendly dan dokternya juga cantik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iyaaa betul bun, ini klinik yang kids friendly bangeett

      Delete
  2. Senang sekali Azzam di ajak ke dokter gigi yang kliniknya ada tempat bermain dan suasananya menyenangkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lengkap banget ya tempat bermainnya, bikin anak gak bosan

      Delete