Berminat Untuk Membuat Brand Skincare Dengan Label Sendiri? Bisa!




Berawal dari keisengan saya ngubek-ngubek facebook, maksud hati ingin tahu istilahnya kepo perkembangan terakhir dari teman-teman dunia maya saya. Ini juga gara-gara saya gak sengaja lihat mutual friends di salah satu postingan teman saya. Bukan teman dekat sih, teman 1 komunitas entrepreneur aja. Dia memang sudah punya usaha klinik kecantikan sejak tahun 2011 dan sekarang setelah 5 tahun gak ketemu, ternyata dia sudah sukses, sudah punya 3 cabang baru lagi lho dan sebagian besar berlokasi di Jakarta, ini asli keren banget 😉 Pasalnya gak semua orang bisa survive dengan usahanya, konsisten menjalaninya, dan bisa berkembang lagi.


Teman saya ini adalah salah satu founder dan CEO dari klinik tersebut. Gak hanya itu saja, dia juga memiliki skincare dengan brand sendiri. Usianya masih muda, yah gak beda jauhlah dengan saya 😉 tapi bisnisnya udah auto pilot. Keren bangetlah menurut saya.

Dulu dunia kecantikan gak seperti sekarang boomingnya. Sejak dunia digital berkembang pesat, sekarang orang justru berlomba-lomba untuk menjadi Make Up Artist atau minimal memiliki klinik kecantikan sendiri. Memang faktanya bisa dibilang bisnis klinik kecantikan hampir tidak pernah redup. Karena wanita masa kini sudah mengerti bagaimana merawat diri untuk menjadi lebih baik.

Dulu saya juga sempat lho bercita-cita ingin memiliki produk kecantikan sendiri, khususnya skincare. Tanya-tanya teman yang seprofesi, katanya membuat sebuah produk kecantikan itu gak serumit yang kita bayangkan.

Baca : My Skincare Routine, Layering Skincare

Ini beberapa langkah awal yang bisa kita lakukan jika kita ingin memiliki produk kecantikan atau skincare sendiri :

1. Pikirkan nama
Ini menjadi langkah awal saat menentukan bisnis. Tips dari saya, sebaiknya nama yang mudah, jangan terlalu sulit diingat.

2. Pelajari dunia kosmetik
Minimal kita belajar komponen kimia tiap produk. Akan lebih memudahkan bila kamu memang berlatar pendidikan bidang kimia.

3. Eksperimen di rumah
Ada banyak kok tutorialnya, bisa kamu pelajari lewat buku atau youtube.



4. Tentukan jenisnya
Produk kosmetik atau perawatan wajah itu banyak sekali jenisnya. Nah, jika mau memulai, tentukan dari awal mau memilih apa. Pilih yang benar-benar kamu kuasai dan sesuai passion.

5. Pelajari trend
Ini penting. Karena trend menentukan minat pasar. Semakin update produk kita, semakin banyak peluangnya orang untuk mencoba dan membeli produk kita. Misalnya trend saat ini sudah banyak yang mengeluarkan BB cushion, tapi kita masih berkutat pada model yang old fashion. Gak ada salahnya kita juga mengikuti trend juga. Masalah nanti orang banyak yang membeli produk kita yang lama, gak masalah, yang penting kita tahu yang lagi trend sekarang apa.

6. Ketahui kompetitormu
Kompetitor adalah bukan sebenar-benarnya lawan kita, justru kompetitor bisa menjadi sahabat kita. Dengan mengetahui siapa kompetitor kita, kita bisa menjadi lebih baik lagi.

7. Bagaimana pemasarannya?
Apa kelebihan dari produk kita? Kenapa orang harus membeli produk kita?

8. Bagaimana packagingnya?
Packaging juga menentukan nilai jual produk. Semakin eye catching, semakin besar daya tariknya. Sayapun terkadanf membeli kosmetik atau skincare, suka karena packagingnya lucu banget. Makanya packaging juga termasuk dalam daftar persiapan memulai bisnis kosmetik.

9. Konsultasi pada yang ahli
Malu bertanya, sesat di jalan. Perbanyak bertanya kepada pakarnya. Lebih enak lagi kalau misalnya kamu punya partner bisnis yang memiliki visi misi yang sama.



10. Pelajari mekanisme legalitasnya
Legalitas BPOM, Pembuatan HAKI, Sertifikasi Halal, dan sebagainya. Ohya, untuk produk kecantikan juga ada yang mengharuskan menggunakan label Halal lho.

Duh, seribet itu ya kalau mau punya produk sendiri? Jangan khawatir, sekarang udah ada kok maklon untuk membantu mewujudkan impian kamu dari awal sampai akhir, sampai kamu benar-benar berjualan.

Sekilas Tentang Nose Herbalindo

Saya ceritakan sekilas tentang Nose Herbalindo yah 😊

Jadi Nose Herbalindo ini adalah perusahaan maklon kosmetik melayani jasa pembuatan kosmetik dengan label brand kita sendiri. Nose Herbalindo juga melayani perizinan produk kosmetik BPOM dan HAKI nya, karena Nose Herbalindo memiliki tenaga ahli apoteker dan research & development.

Gak punya tenaga bantuan untuk melakukan itu semua? Gak masalah, Nose Herbalindo menyediakan jasa yang kita butuhkan. Menurut saya ini salah satu rekomendasi jasa maklon untuk pembuatan brand skincare di Jakarta.

Jasa apa saja yang diberikan oleh Nose Herbalindo?

  • Research & development
  • Formulasi bahan baku
  • Quality control
  • Packing
  • Distribusi produk 

Terjamin aman dan halal gak ya?
Nose Herbalindo menjamin kosmetik yang diproduksi halal, aman dan tidak berbahaya bagi kesehatan. Jadi istilahnya kita cuma memberikan ide saja.

Jadi siapapun sekarang bisa memiliki brand kecantikan dengan label sendiri, karena ternyata langkahnya semudah itu.

So, bila kamu tertarik untuk memiliki bisnis sendiri, khususnya di bidang skincare atau kosmetik, gak ada salahnya mulai dari sekarang kamu bisa perbanyak research, kumpulkan ide, satukan tekad, dan lakukan.

Nanti kalau sudah produknya udah jadi, bisa diinfokan ke saya ya 😚

No comments