Apa Aja Persiapanku Dalam Menyambut Lebaran?



Wuaah, lebaran tinggal beberapa hari lagi nih, kerasa banget dari arus mudiknya dari H-7 😊 Walaupun tahun ini saya gak mudik atau perjalanan jauh, tapi tetap aja ada beberapa hal yang harus kami persiapkan. Mengingat libur lebaran itu seperti Jakarta sedang di freeze, kegiatan ekonomi gak aktif sama sekali. Jadi 2 minggu menjelang lebaran, saya dan suami sudah mulai persiapan.

Nah, apa aja sih persiapan kami?

1. Bersih-bersih rumah

Bersih-bersih rumah biasa sih sudah jadi kegiatan setiap hari ya. Tapi kalau menjelang lebaran, bersih-bersih rumah jadi kami tingkatkan menjadi 2x lipat. Pokoknya pekerjaan rumah yang tidak rutin, jadi kami kerjakan menjelang lebaran. Misalnya, kami jadi bersih-bersih container yang ada di rumah. Buku-buku kami bersihkan dari debu. Sprei dan bed cover sudah dicuci dan sebagainya. 

2. Pesan atau beli kue lebaran

Dari tahun ke tahun, saya tipe yang gak pernah bikin kue. Lha wong saya gak bisa bikin kue, bisanya masak aja 😁 Jadi yang pasti saya pesan kue dari 2 minggu sebelumnya.

Untuk tahun ini kue lebaran saya campur-campur. Maksudnya ada yang beli di Ina cookies, Holland Bakery, dan juga ada yang pesan dengan teman saya.

3. Siapkan baju lebaran

Sebenarnya sih saya tahun ini gak ada niatan untuk beli baju lebaran, karena mencari baju lebaran untuk menyusui kan susah. Lagipula saya gak kemana-mana juga. Plus saya sudah beli baju menyusui sebulan sebelumnya. Jadi saya bongkar lemari aja, cari stock lama yang bisa dipakai saat lebaran besok.

Tapi kalau suami sih, beli baju lebaran, karena baju yang lama sudah tidak muat dan sudah tidak layak pakai 😊


4. Bengkel

Apa hubungannya ke bengkel dengan persiapan lebaran? Iya, karena libur lebaran ini kami berniat untuk keluar kota, mobil harus dalam keadaan prima. Karena kalau sampai nanti kenapa-napa di jalan, jadi repot, terlebih lagi libur lebaran gak ada satupun bengkel yang buka. So, untuk persiapan lebarannya, saya jadwalkan ke bengkel AC (untuk bersih-bersih AC), dan bengkel biasa (service ganti oli, dan sebagainya). 

5. Bayar Zakat

Ini termasuk bayar zakat semuanya. Zakat mal, zakat fitri, dan zakat penghasilan. Karena tahun ini THR dan gaji kebetulan masuk secara bersamaan.

Kira-kira itu aja secara garis besar persiapan saya menjelang lebaran. Yang terpenting dari ke-5 hal diatas adalah, persiapkan hati dan pikiran sih, supaya lebaran bisa memulai lembaran baru lagi dengan hati yang bersih 😊


1 comment

  1. kurleb aku juga seperti itu :D. palingan utk yg bersih2 aku minta bantuan dr orang2 yg biasa bersihin rumah :D. ama ngelaundry semua baju2 kotor. jd pas pindah hotel ato mudik, ga ada baju kotor yg ditinggal :D

    ReplyDelete