Ini 3 alasanku menggunakan investasi syariah di IPOT Syariah


Bisa dibilang postingan saya kali ini agak beda dari yang biasanya membahas dunia beauty dan makeup. Tapi karena saya merasa perlu saya share, yah masih related dengan kehidupan emak-emak sih, apalagi kalau bukan soal keuangan, tepatnya investasi uang di reksa dana dan saham 😋 Nah kali ini saya mau bahas soal beli saham online menggunakan IPOTGO. Saya tahu, di pikiran kamu, pasti muncul banyak pertanyaan seperti : IPOT Syariah itu apa? Memangnya ada investasi syariah, dan apa itu IPOTGO


Sebelum saya jelaskan mengenai pertanyaan-pertanyaan itu, saya jelaskan terlebih dahulu latar belakang saya. Jadi, berawal dari awal tahun 2019 ini ceritanya deposito untuk pendidikan Narend sudah jatuh tempo, alias cair. Nah, karena saya berhalangan untuk urusan pencairan deposito (hamil, melahirkan, dsb), akhirnya saya baru bisa urus segala sesuatunya di bulan Juni 2019, setelah lahiran Rissa. Tapi ternyata pencairan depositonya agak ribet, ditambah lagi ternyata nominal uangnya berkurang sekitar 200ribu. How come?! Iya, ini karena saya gak langsung urus depositonya, telat beberapa bulan, dan kena potongan administrasi sebesar 200ribu 😭 ditambah lagi waktu pembukaan deposito saya gak diberikan kartu ATM, jadilah saya mengurus pembuatan kartu ATM baru dulu.

Lalu saya berpikir, telat beberapa bulan aja, padahal uang sendiri, cuma gara-gara saya gak ada waktu untuk ngurusin deposito, jadi dikenakan admin 😢 kalau kayak gini caranya saya kayaknya gak bakalan bisa lanjutkan nabung dana pendidikan di deposito deh ini 😢 Lalu saya kepikiran pengen investasi di jalur lain, yaitu saham online. Sebenernya sih udah lama keinginannya, tapi harus berhenti beberapa kali waktu mau melakukan pembukaan, alasannya karena Riba. Namun setelah browsing di mbah Google tentang investasi saham, ternyata ada yang namanya investasi syariah, dan salah satu produk investasi syariah pertama dan terbesar di Indonesia adalah IPOT Syariah.

Apa itu IPOT Syariah?

Sebelum saya jelaskan apa itu IPOT Syariah, saya jelaskan dulu apa itu IPOT, nah IPOT adalah singkatan dari Indo Premier Online Technology. Perusahaan ini berdiri pada Mei 2002 yang awalnya bernama PT. Puridana Sekurindo berubah menjadi PT. Indo Premier Sekuritas untuk menjalankan bisnis perdagangan saham dan manajemen investasi. Sedangkan IPOT Syariah sendiri adalah aplikasi online trading syariah pertama di Indonesia yang telah mendapat sertifikasi dari Dewan Syariah Nasional (DSN) dan dikhususkan untuk transaksi saham yang masuk dalam Daftar Efek Syariah (DES).

Apa itu IPOTGO?

Adalah aplikasi investasi pertama dan satu-satunya yang memberikan kemudahan bertransaksi reksadana, saham dan ETF dimana melalui aplikasi tersebut cukup menggunakan 1 account, 1 bank pembayaran dan 1 reporting, maka user bisa bertransaksi dengan mudah. Selain ada di desktop, saat ini juga sudah tersedia di Android.



Selain IPOTGO, kamu juga bisa download IPOTSTOCK dan IPOTFUND di Playstore dan Appstore, serta IPOTPAY di Playstore dan Appstore.

Kamu mungkin bertanya-tanya, "Lin, apa alasan kamu menggunakan jasa Indo Premier, terutama untuk investasi Syariah?"

1. Sertifikasi dari DSN (Dewan Syariah Nasional)

Ini adalah sebuah jaminan bahwa transaksi saham online trading yang dilakukan melalui IPOT Syariah telah sesuai dengan prinsip-prinsip syariah dalam Islam, sehingga khusus hanya untuk transaksi saham yang masuk ke dalam DES (Daftar Efek Syariah).

2. Prinsip Halal, tidak mengandung Riba dan Terhindar dari Ba'i Al-Ma'Dum

Ini adalah prinsip terpenting dalam transaksi syariah, dengan aplikasi IPOT, menjunjung prinsip Halal dengan hanya melakukan transaksi pada saham-saham yang masuk ke dalam DES, lalu tidak mengandung Riba  karena limit transaksi hanya sebesar saldo kas nasabah dan yang terakhir terhindar dari Ba'i Al-Ma'Dun yang berarti menjual yang bukan miliknya karena di IPOT tidak dikenankan untuk melakukan short-selling.

3. Adanya SOTS (Syariah Online Trading System)

IPOT Syariah menggunakan platform yang mengacu pada SOTS, sehingga secara sistem jika ada transaksi jual-beli yang tidak sesuai dengan prinsip syariah maka secara otomatis mendeteksi, sistem ini merupakan hasil pengembangan BEI dan dibangun oleh anggota bursa dan di sertifikasi oleh DSN-MUI dan dipergunakan oleh investor syariah.

Dari situ, saya merasa bahwa Indo Premier merupakan sekuritas terbaik, apalagi pada reksadana Indo Premier kita bisa beli reksadana di IPOT sehingga saya bisa melakukan investasi pasar modal di reksadana sesuai hukum syariah. Secara syariah, ini adalah salah satu cara mendapatkan uang dari internet melalui reksadana. Bagaimana dengan kamu? Ceritakan di kolom komentar ya 😊 IPOT Syariah: Halalnya Murni, Berkahnya Pasti.

3 comments

  1. Wah sekarang jadi lebih mudah ya Mbak karena ada aplikasi IPOTGO ini

    ReplyDelete
  2. Aku langsung coba download aplikasi ipotGo nya dan registrasi. Sedang coba pelajari dulu fitur-fitur didalamnya, thanks infonya mbak.

    ReplyDelete