Resep Soto Ayam Bening Yang Enak Ala Rumahan

Source by Merdeka

Bulan Mei 2019 ini saya masuk trimester pertama masa-masa menyusui, karena Rissa baru berusia 1 bulan. Gak hanya itu, bulan Mei 2019 ini juga bertepatan dengan bulan puasa (Ramadan). Itu artinya, mau tidak mau memaksa saya untuk menyajikan menu makanan wajib yaitu sayur dan protein.

Nah, di awal bulan Ramadan kemarin, saya sempat browsing di internet, bahwa salah satu makanan yang paling enak dikonsumsi saat bulan puasa, yang mudah membuatnya, masih bisa tetap enak dimakan walaupun sering dipanasi, salah satunya adalah Soto Ayam Bening.

Cara membuatnya juga cukup simple, gak ribet, dan cepat



Nah, berikut resep soto ayam bening rumahan ala saya.

Bahan-bahan :

1 ekor ayam kampung atau broiler (sesuai selera)
2 butir telur ayam (rebus lalu belah jadi 2)
Kol (iris tipis-tipis, rebus sebentar supaya agak layu, tiriskan)
Toge (tebus sebentar, lalu tiriskan)
1 buah kentang (potong kecil-kecil lalu goreng dan sisihkan
Daun sledri
Bawang goreng (untuk taburan)
Jeruk nipis (optional)
Tomat (optional)
Bumbu halus

Bumbu (semuanya dihaluskan) :

Bawang merah
Bawang putih
Kemiri
Jahe
Kunyit 1 ruas jari

Cara Memasak :

1. Rebus ayam sampai matang.

2. Tumis bumbu halus sampai matang, kemudian masukkan ke dalam rebusan ayam. Rebus kembali sampai bumbu menyerap ke dalam daging ayam.

3. Masukkan perasa seperti garam, merica, gula dan kaldu ayam sesuai selera.

4. Masukkan daun sledri yang tadi sudah dipotong-potong kecil-kecil.

5. Angkat ayam kemudian suwir-suwir dan sisihkan.

6. Sajikan.

Tips :

Untuk ayamnya saya biasa memakai ayam broiler.
Perbedaan kedua ayamnya, kalau ayam kampung, kaldunya lebih enak, walaupun daging ayamnya lebih sedikit. Kalau ayam broiler, daging ayamya banyak, tapi kaldu yang dihasilkan kurang gurih. Jadj ya depends aja, mau ambil kaldunya, atau dagingnya. Kalau saya sih, ambil dagingnya yang lebih banyak, supaya bisa dapat banyak 1 panci besar untuk sekeluarga (2 orang dewasa, 1 anak-anak) untuk 2 kali porsi makan. 😁 Perbandingannya, 1 : 2, 1 ayam broiler : 2 ayam kampung.

Saat merebus ayam, jika kita ingin mengambil kaldunya, saat merebus, sebaiknya dengan api kecil supaya kaldunya keluar. Tapi jika ingin mengambil dagingnya, bisa dengan api besar. Kalau saya pribadi, pertama rebus ayam dengan api kecil, sebentar saja untuk menghilangkan amisnya. Kemudian buang airnya. Lalu rebus kembali ayamnya dengan menggunakan air baru dengan api sedang. Masak sampai matang.

Untuk kol dan toge, ada yang lebih suka dalam keadaan tidak direbus terlebih dahulu, ada juga yang lebih suka agak layu. Kalau saya sih tidak suka yang masih mentah, sukanya yang sedikit layu. Alternatifnya jika tidak direbus dulu, saat sotonya masih dalam keadaan panas, masukkan kol dan toge supaya agak layu.

Kenapa saya bilang soto ayam bening ini masih enak walaupun dipanasi terus menerus? Karena daging ayam dan kuahnya dipisahkan, jadi dagingnya tidak ikut direbus terus menerus.

Simple kan cara buatnya? 😊

Ini adalah soto ayam rumahan ala saya. Bagaimana dengan kamu? 😊

No comments