Butuh Ide Masakan Untuk Sahur? Bisa Coba Resep Ini, Ayam Bakar Bumbu Pasta Skippy



Ada yang bilang ibu rumah tangga itu gak harus bisa masak, kamu setuju gak? 😁 Kalau saya sih prinsipnya, ibu rumah tangga itu gak harus expert banget seperti layaknya chef, minimal dia bisa menyajikan makanan yang sehat, enak dan juga bergizi untuk keluarganya 😊 Dulu saya juga awal menikah saya gak bisa masak sama sekali, tapi karena keadaan yang memaksa saya harus bisa memasak, akhirnya bisa juga sampai sekarang, alhamdulillah. Ini semua berkat mama saya yang bawelnya luar biasa. Katanya, yang namanya cewe, atau jadi seorang istri itu harus bisa masak. Gimana kalau nanti gak bisa masak? Bisa-bisa suami gak betah? Trus kalau mau beli makanan terus, bisa boros dong pengeluaran bulanan? Hmm dipikir-pikir ada benarnya juga sih. Nah, sejak saat itulah saya belajar masak.

Berkutat masak di dapur setiap hari, sepertinya kok rasanya bosan ya, menunya itu-itu lagi? Suami sih gak pernah bilang bosan, alhamdulillahnya nerimo-nerimo aja, cuma sayanya aja yang bosan 😊 searching-searching resep baru di cookpad, akhirnya saya menemukan satu resep yang menurut saya mudah dan cepat prosesnya.

Yaitu Ayam Bakar Bumbu Pasta Skippy. Menu aslinya adalah ayam bakar bumbu kacang, tapi saya modifikasi sedikit, menggunakan selai skippy. Alasan saya menggunakan skippy adalah karena lebih praktis dan rasanya juga tidak beda jauh dengan bumbu kacang biasa 😊

Dan saya menu ini paling pas dinikmati saat sahur.

Bahan-bahan yang digunakan juga tidak banyak dan mudah didapatkan.
1 ekor ayam potong 14 (bisa ayam kampung atau broiler)
1 barang serai (digeprek)
4 lembar daun salam

Bumbu halus :
1 ruas jari telunjuk jahe
1 ruas jari telunjuk kunyit
1 sdm bubuk ketumbar
1 sdt garam
1 sdt penyedap rasa

Bahan pelengkap :
Selai Skippy 4 sdm
air panas untuk melarutkan
3 buah cabai rawit merah (Haluskan) bisa ditambah jika ingin pedas
3 butir bawang putih (haluskan)
Kecap (secukupnya)
Jeruk nipis (secukupnya)
Bawang goreng

Cara Membuat :

1. Cuci bersih ayam dan tiriskan dari air



2. Lumuri ayam dengan bumbu yang dihaluskan tadi dan ungkep selama kurang lebih 30 menit. Tapi lebih enak bisa diungkep dari semalam sebelumnya.



3. Susum ayam yang diungkep tadi ke dalam kukusan, kemudian kukus ayam selama kurang lebih 15 menit.


4. Bakar ayam sampai kuning keemasan.


5. Sajikan ayam dengan bumbu kacang skippy, beri kecap, jeruk nipis, dan bawang goreng diatasnya.



6. Siap dinikmati.



Menu ini saya bilang mudah karena kita bisa siapkan untuk bumbunya dari semalam sebelumnya untuk bumbu ungkepan ayam. Taruh di kulkas bawah, kemudian saat ingin sahur tinggal bakar sekaligus dihangatkan.

Ohya, menu ini sudah saya coba, and saya berhasil, yeay! 😊 Ternyata rasanya enak juga 😍
Dimakan dengan kecap saja juga enak kok 😊



Ok, selamat mencoba ya 😉

1 comment

  1. mak Oline kreatif buangeeett!
    Aku juga pengin coba masak ini aaahh
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete