Rahasia Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa. Ternyata Nomor 4 dan 7 banyak orang tidak tahu



Yang menjadi tantangan selama Ramadhan, selain puasa menahan hal-hal yang membatalkan puasa seperti makan dan minum, adalah bau mulut, yup... bau mulut adalah tantangan yang paling sulit dilakukan di bulan Ramadhan alasannya adalah makanan yang dimakan waktu bulan Ramadhan terkadang tidak dapat dikendalikan, misalnya buat orang kantoran, mendapat undangan buka puasa bersama oleh vendor, mau makanan apapun yang dihidangkan mau tidak mau kita makan kan, atau jika dapat undangan buka puasa dari teman, di restoran memang bisa memilih lokasinya dimana namun tetap saja makanan yang disajikan sesuai dengan menu makanan.

Saat kamu puasa, otomatis tidak makan dan minum mulai dari waktu imsak sampai magrib, hal tersebut akan membuat mulut kamu menjadi kering sehingga produksi air liur sehingga menyebabkan kadar asam di mulut menjadi tidak netral, akibatnya sisa makanan yang menumpuk di lidah, gusi dan gigi jadi sulit untuk dihilangkan walaupun kamu menggunakan obat pembersih mulut.

Jadi apapun yang kamu lakukan tidak mungkin untuk menghilangkan 100% bau mulut, namun minimal kamu bisa meminimalisasi hal itu dengan melakukan 7 hal dibawah :

1. Konsultasi ke dokter gigi

Hal ini selalu terlupa bahkan tidak pernah dilakukan oleh kebanyakan orang, alasannya karena ada yang takut ke dokter gigi sampai menganggap bahwa mahal, namun jika kamu ke dokter gigi, dia akan memeriksa kebersihan gigi kamu, umumnya dilakukan scaling atau membersihkan karang gigi, biayanya tidak terlalu mahal kok, dikisaran 150rb-350rb tergantung kamu melakukan scaling dimana.

Jika kamu punya kenalan dokter gigi, coba tanyakan apakah ada diskon untuk scaling 😊

2. Kuota minum air putih hangat

Kebanyakan orang saat berbuka puasa dan sahur pasti dengan minuman selain air putih seperti teh, sirop bahkan kopi, nah setelah mengkonsumsi teh dan teman-temannya itu pasti lupa untuk minum air putih, memang sehari minimal kita harus minum 8 gelas sehari, tapi ini tidak berlaku di bulan ramadhan. Disarankan tidak sekedar air putih, namun air putih hangat karena air hangat sangat baik untuk tubuh karena badan tidak bisa langsung menerima air putih biasa apalagi dingin, jadi air putih hangat sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Minum 4 gelas air putih hangat sehari, 1 gelas saat buka puasa, 1 gelas setelah selesai makan buka puasa, 1 gelas sebelum tidur, 1 gelas saat sahur

3. Jangan lupa sikat gigi

Seperti yang dijelaskan di atas, setelah selesai makan akan banyak sisa makanan yang sulit hilang, untuk mengatasinya usahakan kamu sikat gigi 3x sehari, alasannya agar sisa makanan yang ada di mulut minim dan kadar asam menjadi netral. Oiya, 3x disini yaitu pada waktu selesai berbuka puasa, saat mau tidur dan setelah selesai sahur.

Terkadang memang tidak semua kuman bisa hilang dengan sikat gigi, untuk sisa makanan yang tidak bisa digapai, bisa kamu akali dengan menggunakan mouth wash seusai sikat gigi

4. Bersihkan lidah saat sikat gigi

Waktu saya scaling ke dokter gigi sebelum puasa ramadhan, dokter bertanya ke saya "Rutin gak membersihkan lidah?", untungnya saya pribadi tipe yang selalu membersihkan lidah usai menggosok gigi. Kata dokter penyumbang bau mulut atau nafas tak segar selama berpuasa karena ada sisa kotoran pada lidah.

5. Olahraga

Buat kamu yang rutin olahraga mungkin selama berpuasa tidak masalah untuk olahraga selama berpuasa, namun buat kamu yang olahraga khusus hanya saat car free day, selama berpuasa saya yakin kamu tidak pernah berolahraga. Olahraga itu tidak perlu sampai berkeringat parah seperti fitnes atau basket, tapi bisa seperti berjalan menuju ke kantor, mengejar bus kota sampai berdiri setiap 30 menit jika kamu bekerja sambil duduk selama 9 jam.

6. Stop makan Jengkol dan Pete

Tidak sedang bulan puasa pun, orang yang memakan jengkol atau pete, walaupun sudah sikat gigi, baunya tetap saja berkibar, karena itu lebih baik kamu tidak usah memakan makanan favorit kamu itu 😊

7. Minum Yogurt

Nomor 4 diatas saja tidak semua orang pernah atau tahu, apalagi yang satu ini yaitu Yogurt. Minuman yang satu ini terkenal akan kandungan Probiotik dan Vit D sehingga efektif mengurangi bakteri dalam mulut.

Nah dengan melakukan 7 hal diatas, di jamin deh bau mulut kamu akan berkurang atau hampir tidak ada sama sekali. Gimana, sudah siap untuk puasa hari ini? 😊

No comments