Promo Belanja Online, Bikin Lebih Hemat atau Tambah Boros?



Zaman serba digital, pasti semua orang pernah atau mungkin ada yang hobby belanja online? Ya kaan? Malahan kayaknya sekarang orang lebih suka belanja online kayaknya? 

Kalau sih iyes, gak tau mas Anang 😂

Kalau saya sih, khususnya saat ini, jadi lebih suka dan lebih sering belanja online. Alasannya, pertama karena memang karena keadaan, saya terpaksa memilih belanja online atas dasar kenyamanan. 

Kedua, karena saya tidak bisa keluar rumah dengan leluasa seperti dulu sebelum punya anak. Kalau udah punya anak, cuma mau belanja di minimarket aja mikirnya panjang banget. Anak nanti siapa yang jagain? Trus, kalau diajak, kok malah jadi tambah repot sih, padahal cuma beli margarin and minyak doang, wekekek 😂


Rempong bener deh jadi emak-emak itu emang 😂

Ketiga, karena kepraktisan. Belanja online itu tinggal klik-klik and pilih-pilih barang mau sambil pose tiduran, salto, apapun bisa dilakukan. Window shopping sambil jaga anak, sambil santai nonton TV, sambil reflexy, mau ngapain aja, bebas! 😊 Setelah belanja, bayar via e-banking, trus 2-3 hari kemudian tunggu barang dikirim ke rumah. Sesimple itu. Coba kalau belanja ke mall, jadi makin lama, belum lagi anak yang suka lari-larian. Rencana awal mau belanja cuma 1 jam, malah jadi 2 jam, gara-gara kerepotan sendiri jaga anak 😂 Mau anak ditinggal di rumah? Yahh itu kalau ada yang jagain, kalau gak, mau gak mau kan dibawa kan?

Eits, tapi nanti dulu, sebenarnya belanja online itu jadi lebih hemat atau malah tambah boros sih? Terutama saat promo ya. Yuks, mari kita bahas.

Sekarang promo belanja online itu sudah sering ya, alias kita sudah bisa menjadwalkan kapan saatnya clearance sale. Jadi kita bisa membudgetkan berapa persen untuk kebutuhan tersier ini. 

Paling sering itu adalah event tahunan yaitu 11-11 dan 12-12. Biasanya semua ecommerce besar mengadakan sale besar-besaran. Sama seperti kayak mall mengadakan sale besar-besaran menjelang lebaran dan akhir tahun. Promo yang ditawarkan juga gak tanggung-tanggung ya, biasanya up to 50% - 70%.

Hampir setiap mall mengadakan sale, saya pasti belanja. Dibilang shopaholic ya gak juga, saya belanja sesuai kebutuhan aja. Jadi misalnya saya lagi butuh barang apa, saya listing tuh, jadi pada saat toko ybs lagi sale, saya langsung belanja deh.

Lebih Hemat atau Tambah Boros?

Kalau ditanya begitu, buat saya pribadi sih, belanja online atau offline saat promo, bikin lebih hemat. Karena sekali lagi, saya hanya belanja sesuai kebutuhan. Jadi kalau misalnya barangnya lagi promo gede-gedean, tapi saya gak butuh, yaudah saya gak beli. 

Jadi prinsip saya dan suami, belilah saat kita butuh. Nanti harganya gak promo lagi gimana? Ya gak masalah, yang penting gak terjadi penimbun barang di rumah, dan lebih berguna pastinya. 

Makanya pinter-pinter baca situasi, barang yang kita incar itu biasanya promo saat kapan. 

So, tips dari saya kalau mau belanja online saat promo :

1. Listing barang-barang sesuai kebutuhan dari jauh-jauh hari. Supaya saat sale kitanya gak kelabakan dan kayak nafsu belanja banyak.

2. Urutkan listing barang kita mulai dari yang prioritas tertinggi sampai terendah (gak penting). 

3. Cek juga harga barang yang akan kita beli secara offline. Kita perlu tau harga aslinya berapa di toko atau di mall.

4. Saat promo, langsung beli! Kalau perlu langsung borong. Seperti contohnya kemarin saya borong beli popok. Waktu itu di Lazada lagi ada promo popok jadi lebih hemat sekitar 5000-an per piece. Langsung saya borong. Kenapa saya borong? Karena barang itu saya butuhkan, minimal dalam waktu 6 bulan saya asti repeat order.

5. Jangan tergiur akan promo. Kalau kita gak butuh, please tahan nafsu belanjanya untuk tidak belanja. Terkadang ada ecommerce yang memberikan sale sampai 70%, sedangkan di offline malah lebih murah. Nah, makanya saya bilang, kita perlu tahu harga barang yang kita incar itu harga aslinya berapa. Gak usah jadi pengamat harga sih, buat yang suka belanja, dan sering belanja, jadi tau kok 😁

Nah, itu aja sih sharing dari saya soal promo belanja online. 

Kalau kamu, termasuk orang yang suka belanja  online gak? Suka belanja saat promo, atau gak? 😊  Mungkin kamu juga ounya tips seputar belanja online saat promo. Kamu bisa share di kolom komentar yah, siapa tau jadi masukkan buat saya 😁

Sampai bertemu di tulisan saya selanjutnya ya.

27 comments

  1. Belanja online ini jadi semacam pisau.. Jika kita gunain dengan baik maka akan jd berguna..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa betul. Makanya harus pintar2 baca situasi.

      Delete
  2. kalo aku suka mupeng liat diskonan baju pdhal lagi ga butuh2 amat. godaan bangett

    ReplyDelete
  3. Kalau promo suka kalap beli yang ngga dibutuhkan saking merasa murah hehe, bagus tuh dilist ya Olin biar nggak kalap pas ada sale..tetap terjaga..hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, kudu di listing biar gak meleset dari uang belanja :D

      Delete
  4. setuju mba tipsnya memang harus sesuaikan dengan kebutuhan yah karena kalauu ga pasti kalap hahaha :p

    aku juga tim belanja online sejak punya anak lebih ringkes tinggal nunggu cantik di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, belanja online dimudahkan untuk ibu2 yang punya anak dan gak bisa keluar rumah :D

      Delete
  5. Kadang-kadang belanja online, tapi emang kalau nggak di-list dulu bisa kemana-mana belanjanya. Duh. Makasih sudah mengingatkan.

    ReplyDelete
  6. Saya suka belanja online, terutama pas promo. Momen 9-9, 10-10, 11-11 sampai 12-12. Biasanya borongnya barang keperluan rumah aja sih, yang semua anggota keluarga butuh. sabun mandi cair, shampo, sabun muka, popok, bahkan sabun cuci. Beli pas promo, bisa dipakai sampai 6 bulan lebih. Klo pas udah mau habis, baru cari promonya lagi. Lumayan menghemat lho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru aku gak kepikiran mba beli kebutuhan rumah kayak peralatan mandi gitu. Dihitung2 bener juga, tambah murah ya, karena kan kita pakai regularly

      Delete
  7. Aku tim yang kalo mau belanja ya belanja aja, enggak peduli lagi promo apa enggak. Yg penting ada duitnya. Hahaha.. Tapi kalo lagi promo, pas enggak ada butuh apa2 ya udah enggak maksa belanja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAHAA setuju, yang penting ada budgetnya ya. gak usah nunggu promo.
      lagi butuh ya beli. kalo gak, yaudah gak usah maksa nunggu pas promo ya :D
      sama kek suamiku.

      Delete
  8. Sebenarnya kalau di aku tambah boros kak, karena jujur aja nih ya aku gak bisa lihat diskonan dikit. Misal mau beli skincare diskon tapi lihat makeup diskon ya pasti ku angkut walaupun endingnya suka ntar-ntar pakainya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo yg kayak gini, antisipasinya harus cek2 koleksi skincare secara berkala. Jadi bikin penjadwalan berkala mba, jadi si skincare ini kapan dipakenya, gitu :)

      Delete
  9. Aha..iya nih kadang kalau ga kontrol diri banyak promo belanja online tuh banyak yg menggoda apalagi kalau ada BIG Sale di waktu2 tertentu.
    Sebisa mungkin sama sih di list dulu barang 2nd yg emang dibutuhkan biar ga khilaf :D

    ReplyDelete
  10. Klu skrg saya tahan2 dlu belanja online sejak naiknya tarif pengiriman, sedih bgt Aku tuh tarif ongkir tinggi bgt 😭 pdhl suka blnja online

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ongkir selalu jadi pertimbangan ya. kalo bedanya jauh bgt mending beli langsung aja ya ke toko terdekat

      Delete
  11. Aku termasuk jarang belanja online, mbak, hihi.. Justru suami yang hobinya belanja online, terutama kalau beli maian buat anak-anak. Ya Allah.. Aku curiga kalo sebenarnya yang pengen mainan tu dia, wkwkwk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loh, jadi kebalikannya hahaa.. biasanya justru istri yang doyan belanja online :D

      Delete
  12. Aku tuh gila banget belanja online di NYC mba. Amazon Prime setiap saat hehehehe. Herannya di Indonesia aku adem ayem ajaa.. belanja sesuai keperluan seminggu sekali or kl ada barang lucu yang ditawarin temen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena habitnya disana begitu kali mba, jadi terbawa suasana :D

      Delete
  13. Tergantunggg
    Jadi aku suka ngitung dulu totalannya berapa dengan ongkir. kalau sama aja kayak harga di toko biasa atau offline ya wes beli offline

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wekekek, ongkir selalu jadi masalah yak :D
      Akupun gitu, terkadang kalo gak free ongkir jadi mikir2 lagi. padahal ongkirnya juga cuma 8000 :D

      Delete
  14. Saya sih gak hobi belanja, ya. Tapi memang belanja online emang lebih santai. Kalau harus banget ke mall biasanya karena lagi pengin ngajak anak jalan-jalan malah. Belanja biasanya kalau lagi butuh sesuatu. Kayak sekarang niiih lagi butuh power bank dan lagi nunggu kapan ada diskon besaaar. Doakan yaaa. Hahaha.

    ReplyDelete