Memilih Destinasi Liburan Yang Ramah Untuk Bayi



Tak terasa, lebaran tinggal menghitung minggu, kalau sesuai dengan kalender sih tgl 5 Juni sudah lebaran, dan menurut kabar dibeberapa media online bahwa cuti bersama tahun 2019 ini menjadi 11 hari yang di mulai dari tanggal 30 Mei sampai 9 Juni, namun di kantor suami katanya cuti bersama hanya 9 hari, jadi tgl 31 Mei tetap masuk kantor, terlepas 9 atau 11 hari, rencananya tgl 31 suami tetap ambil cuti. Jadi saya sedang mencari destinasi liburan (walaupun masih puasa) dari tgl 30 Mei sampai 2 Juni karena tgl 3 Juni suami masuk kantor.



Karena itu saya mencari destinasi liburan yang tidak terlalu jauh dari Jakarta, pilihannya ada Bandung, Bogor, Sentul. Karena sekarang saya sudah memiliki balita (tgl 29 ini, Rissa berumur 2 bulan), saya harus benar-benar mencari tempat wisata yang cocok dan gak ngerepotin kalau punya bayi berumur 2 bulan.

Karena sekarang Rissa sudah hampir 2 bulan, jadi waktu pup dan pipis, sudah 10% pup, 90% pipis, jadi alat transportasi bisa memilih antara menggunakan bis atau shuttle. Karena bis lumayan lama dan sempit tempat duduknya, akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan shuttle. Saya tidak akan membahas travel Bandung Jakarta yang cocok untuk membawa bayi, karena setiap orang pasti memiliki selera yang berbeda-beda tentang travel, namun saya pribadi selalu menggunakan XTrans Travel karena selalu ontime dan supirnya kalau bawa mobil gak pernah ugal-ugalan.

Kalau berbicara destinasi, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, seperti :

1. Hindari Mall

Sudah menjadi rahasia umum kalau mall adalah tempat favorit untuk membawa bayi, alasan umumnya karena ber-AC, ada tempat ganti popok untuk bayi, namun yang menjadi masalah adalah jika waktu liburan tiba, orang-orang yang jalan ke mall pasti juga banyak, makin banyak orang, maka makin banyak kemungkinan bayi dapat tertular penyakit.

2. Sesuaikan Wahana Dengan Umur Bayi

Memang sih wahana bermain seperti Kidzoona menyenangkan untuk anak, namun untuk bayi berumur < 1 tahun, bisa dibilang tidak ada wahana yang bisa di nikmati, malahan mungkin bisa nangis terus saking berisiknya disana.

3. Wahana Outdoor Tapi Tidak Panas

Sejak Rissa lahir, saya belajar kembali tentang kode-kode tangisan bayi, mulai dari haus untuk minum susu, ganti popok atau tidak nyaman karena udara panas. Pernah waktu jalan ke mall di Bekasi, namun karena AC tidak terasa saking banyaknya orang, akhirnya Rissa menangis terus menerus, waktu masuk ke mobil ber-AC, Rissan kembali tenang. Nah kalau di ajak ke Dufan atau Ancol, memang sih bisa, tapi harus tricky karena harus memilih jam berkunjung seperti sore jam 15:00, tapi repotnya kalau butuh sesuatu di mobil tidak bisa langsung keluar karena terlalu jauh.

Beda lagi dengan liburan ke China Town Bandung, tempatnya lumayan friendly, namun saya tidak ada rencana kesana lagi dalam waktu dekat (Baca : China Town Bandung, Tempat Wisata Sekaligus Family Time Yang Kekinian).

4. Hemat Biaya

Terlepas itu semua, yang terpenting adalah tempat wisata yang hemat biaya, karena saya rencana pergi tgl 30 Mei - 1 Juni mendekati waktu lebaran, walaupun mendapat THR, tetap harus diperhitungkan biayanya. Misalnya ke Kidzania, saya dan suami per-orang bayar Rp. 225.000, lalu Narend bayar Rp. 275.000 totalnya saja Rp. 725.000, itu belum termasuk makan dan minum yang kisarannya 100-200rb, jadi untuk ke Kidzania butuh hampir 1 juta, mahal? Iya 😢

Nah dari 4 hal di atas, menurut saya destinasi yang paling tepat adalah hotel yang memiliki view yang bagus, dekat dengan hutan dan banyak spot-spot foto yang keren. Kalau kamu pernah ke Lembang, pasti banyak sekali pilihan hotel disana, dan banyak sekali hotel yang menyediakan view hutan, namun tidak banyak hotel yang memberikan spot-spot foto yang keren. Nah salah satu lokasi dari hasil search saya adalah The Green Forest Resort, pertimbangannya adalah dengan saya menginap disini, jika Rissa butuh udara sejuk tinggal keluar kamar untuk melihat pemandangan hutan, jika butuh AC tinggal masuk ke dalam hotel, jika butuh spot foto yang keren tinggal jalan-jalan karena memang banyak bangunan yang bisa dijadikan spot foto. Contohnya seperti dibawah :

Source: Google Maps - Arniyus Sy

Source: Google Maps - Fajar Jaya
Source: Google Maps - Fifin Setiawan
Source: Google Maps - Gin Sugito


Gimana, hotel diatas hanya hasil pencarian saya, dan masih banyak hotel-hotel yang menyediakan view dan fasilitas yang lebih dari The Green Forest. Kalau anak kamu sudah besar, kamu bisa membaca artikel saya tentang aktivitas saya selama liburan (Baca: Aktivitas Seru Saat Liburan Versiku). Kalau kamu juga punya tempat wisata atau hotel favorit, yuk comment dibawah 😊




No comments