Ini Alasanku Menggunakan Pinjaman Online



Jaman sekarang, jamannya fintech, semua orang mengenal yang namanya Pinjaman Online. Namun bagaimana dengan pinjaman konvensional? Hampir semua orang pernah mengajukan pinjaman ke bank, untuk karyawan kantoran biasanya mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), sedangkan untuk pengusaha biasanya mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR), pengajuannya bisa dibilang susah-susah gampang, mulai dari menyiapkan slip gaji selama 3 bulan terakhir, surat keterangan bekerja (karyawan), surat ijin usaha (pengusaha), dan beberapa syarat lain. Walaupun dokumen sudah diserahkan, masih menunggu survei, dan dana yang di cairkan terkadang hanya 80% saja yang di approve oleh bank.

Nah karena saya baru lahiran, agak repot untuk handle 2 anak sekaligus, yang 1 umur 5 tahun, yang 1 baru 1 bulan. Mungkin kamu berfikir mudah untuk mengurus anak, namun buat saya cukup sulit, kenapa? Karena baru buka laptop eh... Rissa-nya bangun, baru nyiapin bahan untuk masak eh... Rissa-nya pup, baru mau makan eh... Rissa-nya haus jadi harus nenen dulu. Saya yakin baik ibu baru atau yang sudah punya anak lebih dari dua pasti mengalami hal tersebut. Karena itu, setelah berdiskusi dengan suami akhirnya memutuskan untuk meng-hire pembantu, namun yang jadi masalah adalah tidak ada ruang kosong di rumah, 1 kamar kosong sudah di sulap menjadi gudang. Untuk mengatasi hal itu suami inisiatif untuk merenovasi gudang. Setelah bertanya ke tukang bangunan, akhirnya di dapatkan nilainya di kisaran 15-20 juta.

Awalnya saya bermaksud menggunakan uang Jamsostek Tenaga Kerja milik suami, karena suami sudah bekerja selama 8 tahun, jadi bisa mengambil uang Jamsostek 80%. Dari hasil diskusi, suami langsung meluncur ke kantor Jamsostek dekat kantor, ternyata
peraturan baru Jamsostek tidak memperbolehkan untuk mengambil uang walaupun sudah 5 tahun bekerja, namun sekarang minimal 10 tahun bekerja dan yang bisa diambil hanya 10% 😞 atau jika suami sudah tidak bekerja lagi (umur 55 tahun). Jadi kesimpulannya uang Jamsostek sepeserpun tidak bisa di ambil.

Harapan menggunakan uang Jamsostek pupus sudah, berikutnya suami menuju ke bank seribu umat, tadinya sudah PD karena suami gajian menggunakan bank tersebut, namun ternyata untuk meminjam uang 15-20 juta dibutuhkan jaminan seperti BPKB mobil atau sertifikat rumah
😞sebenarnya tidak apa-apa sih menggunakan jaminan BPKB mobil atau sertifikat rumah, namun saya pribadi tidak sreg, masak sih untuk meminjam uang 15-20 juta, harus di jaminkan BPKB mobil atau sertifikat rumah seharga ratusan juta? Singkat cerita, dari diskusi berdua dengan suami, opsi pinjam ke bank pupus sudah.

Secara tidak sengaja, suami search di Google, ada yang namanya Pinjaman Online, sehingga bisa digunakan seperti Kredit Multiguna di bank untuk berbagai kebutuhan mulai dari dana pendidikan yang anaknya mau masuk sekolah baru, biaya pengobatan dadakan seperti operasi yang tidak di cover oleh asuransi, biaya menikah terutama untuk cover biaya dadakan seperti kesalahan hitung catering dan semua itu di ajukan secara online.

Pinjaman Online adalah fasilitas pinjaman yang dapat langsung cair tanpa jaminan apapun dan prosesnya dilakukan secara online.

Wawancara Kelayakan Kredit

Kalau kamu yang pernah mengajukan kredit rumah atau mobil, pasti akan melewati proses wawancara untuk kelayakan kredit, biasanya dari pihak bank atau yang biasa di sebut surveyor akan datang langsung ke rumah atau kantor untuk memastikan bahwa kamu tinggal atau bekerja di situ. Namun untuk Pinjaman Online, wawancara kelayakan kredit dilakukan melalui telepon.

Tingkat Bunga Yang Lebih Rendah

Karena Pinjaman Online ini tidak jauh dengan Kredit Tanpa Agunan maka nilai bunga-nya lebih rendah, namun jika kamu menginginkan bunga yang lebih rendah lagi, kamu bisa menjaminkan aset milik kamu dan kerennya jika kamu tidak bisa melunasi dalam jangka waktu yang kamu pilih, kamu bisa negosiasi untuk perpanjangan waktu pelunasan, misalnya saya meminjam uang 10 juta untuk di cicil selama 6 bulan, ternyata sampai bulan ke-6 saya tidak bisa melunasi, maka saya tinggal minta perpanjangan waktu pelunasan ke 12 bulan (via telpon)

Pencairan Dana

Karena via telpon maka proses pengambilan keputusan dari pihak Pinjaman Online hanya membutuhkan 1x24 jam, sedangkan untuk pencairan dana sendiri membutuhkan waktu minimal 3 hari kerja.

Waktu Cicilan atau Tenor

Kalau kredit mobil waktu tenornya mulai dari 3 sampai 6 tahun, lalu kredit rumah waktu tenornya mulai dari 5 sampai 15 tahun, untuk Pinjaman Online waktu tenornya maksimal 60 bulan.

Syarat Pengajuan Kredit

Untuk pengajuan Pinjaman Online pun sangat mudah umumnya hanya membutuhkan 3 dokumen yaitu KTP, KK dan Slip Gaji. Namun jika kamu ingin suku bunga lebih rendah lagi bisa ditambahkan 2 dokumen lagi, yaitu fotokopi BPKB dan Kartu Kredit.

Plafon Pinjaman Online

Kebanyakan orang berfikir bahwa pinjaman seperti KTA maksimal hanya sampai 100 juta, ternyata untuk Pinjaman Online, kamu bisa mendapatkan plafon 5 juta sampai 300 juta 😀

Pertanyaan Saat Wawancara

Saat melakukan wawancara, dibawah adalah pertanyaan yang diajukan oleh dari pihak Pinjaman Online. Oiya, yang di wawancara suami saya yang bekerja sebagai karyawan swasta, jadi kalau wiraswasta atau profesional bisa mendapatkan pertanyaan yang berbeda.

- Pekerjaan anda saat ini? (Karyawan, Wiraswasta, Profesional)
- Lama Bekerja? (Kurang dari 1 tahun, 1-2 tahun, lebih dari 2 tahun)
- Jabatan Saat Ini? (Manajer, Owner, Direktur, Supervisor, Staff)
- Penghasilan Bersih per-Bulan? (Tidak termasuk THR dan Bonus)
- Provinsi Tempat Tinggal Saat Ini? (DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Lainnya)
- Status Pernikahan? (Belum menikah, Menikah, Cerai, Duda/Janda)
- Jumlah Tanggungan?
- Pendidikan Terakhir?
- Status Rumah Tinggal Saat Ini?
- Apakah Punya Kartu Kredit?
- Jumlah Kartu Kredit yang Dimiliki Saat ini?
- Usia?

Gimana sudah ada gambaran kebutuhan yang urgent untuk bisa dipinjam dengan Pinjaman Online ini? Kalau suami saya mulai dari di telp sampai pencairan dana hanya membutuhkan waktu 5 hari, jadi Senin telp, Jumat dana sudah cair, dan saat ini sedang tahap renovasi gudang menjadi kamar untuk pembantu. Kalau kamu mau baca-baca tentang Pinjaman Online bisa klik link
https://www.cekaja.com/kredit/pinjaman-online, mudah dan cepat 😁

No comments