Cara Memutihkan Gigi Secara Alami Yang Murah Meriah


Punya gigi yang bersih, sehat dan juga putih pasti jadi dambaan semua orang dong ya. Tapi dengan kebiasaan hidup zaman sekarang kayaknya punya gigi yang cling bak keramik kayaknya kudu effort, karena ternyata dari kebiasaan-kebiasaan yang kita lakukan justru itu bisa menyebabkan gigi kita jadi menguning.

Apa aja penyebabnya? Bermacam-macam. Ini diantaranya :

1. Cara menyikat gigi yang salah
Ada yang sikat gigi 2 menit kelar gak? Haha biasanya kalau lagi ngeburu-buru waktu sayapun seperti itu. Tapi justru sikat gigi yang tidak baik bisa menimbulkan masalah lain lho, seperti penimbunan plak pada gigi, yang nantinya bisa merusak gigi. 

2. Sikat gigi yang salah
Gak cuma caranya aja, tapi sikat gigi yang tidak baik juga bisa lho. Sikat gigi yang bulunya sudah tidak baik sebaiknya tidak usah dipakai lagi. Kalau saya tidak salah baca literatur ya, sikat gigi maksimal dipakai per 3 bulan sekali. Jika sudah lewat 3 bulan, sebaiknya diganti saja. Ibaratnya masa pakainya hanya 3 bulan, jangan irit-irit ganti sikat gigi ya 😀 

3. Jarang sikat gigi
Hayooo siapa yang jarang sikat gigi? LOL. Jarang menyikat gigi juga jadi penyebab gigi berwarna kuning lho.

4. Sering minum kafein
Kafein disini bukan hanya kopi, tapi juga teh. Keduanya bisa menyebabkan gigi jadi kuning ataupun hitam. Sayapun pecinta kopi. Hampir setiap hari saya minum kopi. Nah, untuk mengakalinya setelah minum kopi, saya selalu menyediakan air putih. Jadi kafeinnya tidak lama menempel pada gigi terlalu lama.

5. Kebiasaan merokok
Ini juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. 

Pada dasarnya cara untuk memutihkan gigi bisa dengan ke dokter gigi, atau istilahnya veneer. Tapi ternyata setelah suami saya survey biaya ke dokter gigi, biayanya itu gak murah lho, mahal banget! Dan dokternya juga tidak menyarankan untuk memutihkan gigi di klinik dokter. Selain biayanya juga tidak sedikit, kalau kebiasaan kita masih belum bisa ditinggalkan, jadi ya percuma saja. Karena biasanya yang melakukan veneer itu, orang-orang yang sering tampil di muka public, seperti marketing, PR, artist, MC, dan sebagainya. Kalau kita kerjanya tidak selalu berhadapan dengan oranglain, back office saja. dan tidak untuk di layar TV, sebaiknya sih dipertimbangkan lagi katanya. Karena pemutihan gigi hanya bertahan cuma sampai setengah tahun. Nah, selanjutnya kita harus melakukan pemutihan gigi lagi secara berkala. 

Pantes ya para artis itu cantik-cantik giginya, pasti biayanya juga tidak sedikit :)

Sebenarnya sih kalau mau yang alami dan murah meriah sih bisa aja (menurut literatur yang saya baca). Prinsip saya sih bisa dengan bahan-bahan alami yang mengandung asam. 

1. Buah Strawberry
Kamu penyuka buah strawberry? Buah ini mengandung asam. Caranya buah strawberry dioleskan saja ke permukaan gigi. Tapi hasilnya tidak instan ya. Tapi bisa mengurangi gigi kuning. 

2. Buah Lemon
Prinsipnya sama dengan buah strawberry.

3. Kulit Jeruk
Kulit jeruk mengandung zat pektin dan minyak atsiri yang berguna untuk memutihkan gigi. Cara penggunannya : kulit jeruk dikeringkan terlebih dahulu dibawah matahari (dijemur), setelah kering tumbuk hingga halus, lalu campurkan dengan sedikit air sampai teksturnya berbentuk pasta. Pasta kulit jeruk siap digunakan sebagai pasta gigi.

4. Baking soda
Beberapa literatur bilang katanya baking soda bisa membuat gigi lebih cerah. Tapi hati-hati ya penggunaannya, karena bisa berbahaya untuk gigi atau gusi yang sensitif.

5. Pakai pasta gigi pemutih
Sekarang kan udah banyak pasta gigi yang ada kandungan pemutih gigi. Nah, kamu bisa memilih pasta gigi berjenis ini. 

Hasilnya mungkin tidak instan, namun kalau kamu lakukan secara berkala bisa terlihat hasilnya. Namanya juga ikhtiar kan? 😉

Semoga bermanfaat ya.

No comments