Pilih Buka Puasa Bersama Keluarga atau Teman Ya?


Tahun 2019 ini dipastikan saya bakalan jadi SAHM alias Stay At Home Mom. Ibu yang kerja di rumah seharian. Karena saya baru aja melahirkan bulan Maret 2019 kemarin. Jadi dipastikan juga tahun ini saya buka puasa di rumah aja bersama keluarga. Eh saya sih sedang tidak puasa, hanya menemani suami berbuka puasa 😊


Flashback dulu ya, zaman-zaman sebelum ada Narend. Tepatnya sebelum saya menikah 😉

Udah dari tahun ke tahun saya pasti setiap bulan Ramadan pasti buka puasanya hampir 70% diluar rumah. Dulu waktu zaman saya masih jadi pegawai kantoran, jadi karyawan, pasti setiap hari ada undangan buka puasa dari vendor. Enaknya, setiap hari buka puasanya di hotel berbintang. You name it lah hotel-hotel yang ada di Jakarta, hampir semua tak sambangi bersama teman-teman kantor 😁 Seru? Pastinya. Setiap hari punya cerita unik sendiri. Jadi nyicipin makanan hotel-hotel berkelas bintang 3-5 😚

Selesai acara buka puasa bersama, saya langsung pulang, dan taraweh di rumah. Dulu mah masih belum macet seperti sekarang. Masih sempet ibadah tawareh. Perjalanan kantor ke rumah maksimal cuma 1 jam. Sekarang? Boro-boro bisa sampai ke rumah 1 jam. Minimal Jakarta ke Bekasi 2 jam. Dengan kendaraan umum ya. Dulu kan saya kemana-mana naik angkot. Belum ada kendaraan online kayak sekarang. 

Seiring perjalanan waktu, saya pindah kantor, walaupun gak buka puasa di hotel, dengan teman-teman, tapi tetap saja judulnya saya gak buka puasa di rumah.

Setelah menikah, saya resign, dan lebih banyak buka puasa bersama suami. Sudah 2 tahun ini untuk bulan puasa saya masih sesekali menghadiri acara buka puasa bersama di acara blogger.

Dan baru tahun ini saya benar-benar buka puasa di rumah. Karena memang saya gak bisa kemana-mana juga. Karena Rissa masih 2 bulan, agak susah untuk ditinggal.

Saya ngerasain banget, kalau udah punya anak, pasti buka puasanya lebih banyak bersama keluarga, entah di restoran atau di rumah.

Soal buka puasa bersama teman atau keluarga, dua-duanya punya kelebihan dan kelemahan masing-masing sih. Kalau bersama teman, pasti banyak momen seru yang bisa disharing bersama. Kekurangannya, cari tempatnya susah! Karena kan harus menyediakan seat minimal sekian, belum tentu di resto tersebut available. 

Kalau buka puasa bareng keluarga? Ya tetap seru juga. Serunya kalau bersama anak-anak. Kalau berdua suami aja sih ngerasanya romantis serasa dinner 😁

Ya kalau ditanya ya saya kangen juga pengen seperti dulu lagi, buka puasa bersama teman-teman. Setelah menikah dan punya anak, waktu jadi lebih banyak buat keluarga, saya jadi ngerasa hampir gak punya teman jadinya. Sekarang teman-teman yang seangkatan sudah pada punya kesibukan semua. 

Yahh seperti pepatah bilang, makin dewasa, makin minimalis temannya. Iya bener juga 😁

Whatever it is, family is number one 😊

Bagaimana dengan kamu, lebih suka buka bersama teman atau keluarga? 😊

No comments