Apa Sih Bedanya Zakat, Infak dan Sedekah?



Banyak orang Islam yang belum mengerti perbedaan antara Zakat, Infak dan Sedekah. Banyak yang menganggap karena ke-3 hal itu berarti membelanjakan uang dijalan Allah SWT, jadi artinya sama padahal berbeda.



Zakat

adalah harta yang wajib dikeluarkan oleh seorang muslim dan diberikan kepada 8 golongan yang berhak menerimanya (Fakir, Miskin, Amil, Mu'alaf, Hamba Sahaya, Gharimin, Fisabillilah dan Ibnus Sabil. Nah zakat itu ada 2 macam, yang pertama Zakat Fitrah (zakat yang wajib dikeluarkan sebelum Idul Fitri dimana besarnya adalah 3.5 liter beras atau uang senilai itu), lalu yang kedua adalah Zakat Maal (zakat yang dikeluarkan dari hasil perdagangan, pertanian, emas, perak dimana perhitungannya masing-masing berbeda).

Untuk kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai Zakat di dalam Al-Quran bisa melihat surat Al-Baqarah ayat 177, Al-Ma'idah ayat 55, At-Taubah ayat 5, 34-35, Al-Mu'minun ayat 1-4, An-Naml ayat 2-3, Luqman ayat 3-4, serta Fushshilat ayat 6-7.

Infak

adalah harta yang terdiri dari zakat (hukumnya wajib) dan non-zakat (hukumnya sunah). Untuk zakat yang hukumnya wajib seperti zakat, kafarat dan nazar. Sedangkan untuk non-zakat yang hukumnya sunah seperti infak ke fakir miskin, infak bencana alam.

Sedekah

adalah harta yang diberikan oleh seorang muslim kepada orang lain secara sukarela dan pastinya ikhlas tanpa dibatasi waktu dan jumlah tertentu. Jadi bisa dikatakan bahwa sedekah lebih luas dibanding Zakat dan Infak, karena sedekah mampu :

1. Dapat menghapus dosa
2. Mendapatkan naungan pada hari akhir
3. Memberi keberkahan pada harta
4. Melipatgandakan pahala
5. Bukti keimanan seseorang

Nah gimana, sudah tahu dong beda dari Zakat, Infak dan Sedekah? Jadi di bulan Ramadhan ini kamu mengerti, amalan mana yang wajib dan sunah 😊

No comments