THR Tahun ini Mau Dipakai Buat Apa Ya?


Tahun 2019 ini lebaran jatuh di tanggal 5 Juni 2019. Kalau saat saya posting artikel ini adalah tanggal 18 Mei 2019, berarti kurang dari sebulan kita akan merayakan lebaran, yeay! 

Dari info yang saya baca, untuk THR akan dibayarkan dari perusahaan kepada karyawan 2 minggu sebelum hari H, which is tanggal 29 Mei 2019. Karena hari Kamis, tanggal 30 Mei 2019 adalah tanggal merah, dan hari Jumat 31 Mei 2019 adalah akhir bulan, otomatis THR akan dibayarkan tepat bersamaan dengan gaji.


Berarti akhir bulan Mei 2019 kita akan menerima uang yang sangat besar jumlahnya dong? Happy? Pastinya, tapi bikin saya seram juga. Kenapa? Seram kalau gak pintar-pintar menahan nafsu, bisa-bisa uang yang kita terima bisa habis begitu saja.

Nah, makanya dari sekarang saya melisting, kira-kira dana THR dari suami mau saya pergunakan untuk apa ya?

1. Untuk Zakat, Infaq, Sedekah 10%

Sebelum digunakan untuk hal yang lainnya, THR akan saya sisihkan 10% untuk zakat. Ingat,dari keseluruhan uang yang kita terima, ada hak orang lain yang lebih membutuhkan 😊

2. Untuk investasi

Investasi ini saya pecah-pecah lagi, seperti dana darurat dan dana pendidikan. Maklum tahun depan Narend mau masuk SD, jadi pasti butuh biaya yang besar.

3. Untuk urusan lebaran 50%

Urusan lebaran ini paling banyak porsinya. Bisa kita pakai untuk mudik, beli baju baru, beli hadiah, beli kue lebaran, kasih angpao, dan sebagainya.

Kalau saya sih, walaupun THR dapat akhir bulan, saya udah listing kebutuhan THR untuk apa aja.  Malahan sudah saya belanja kebutuhan lebaran dari sekarang. Misalnya seperti baju lebaran suami, baju sehari-hari anak-anak, baju kerja suami, dan sepatu anak-anak.

Untuk kebutuhan baju, sengaja saya ngeborong saat lebaran, karena harga yang ditawarkan lebih murah dari 11 bulan lainnya. Karena belanja seperti ini bagi saya adalah tahunan.

Kok belinya dari sekarang, gak nanti aja pas terima uang THR? Gak, karena sedang promo, saya sekalian beli dari sekarang.

Darimana uangnya? Dari uang tabungan. Tapi tetap saya listing. Supaya nanti pas terima uang THR, ada catatannya dan bisa saya kembalikan lagi dananya ke tabungan. Balance!👌🏻

4. Untuk Akikahan Rissa

Sebenarnya mau diadakan sebelum puasa, tapi kayaknya tanggung ya. Jadi akikahan Riasa akan diadakan setelah Idul Fitri.

5. Untuk Idul Adha

Idul Adha 2019 ini tepat di tanggal 11 Agustus 2019. Berarti cuma jeda 1 bulan lebih dari Idul Fitri. Jadi saya sisihkan aja dananya dari THR untuk qurban.

6. Perintilan lainnya

Biaya STNK mobil, peralatan dapur dan perkakas rumah (AC, TV, dsb). Maklum, lagi mau cicil barang-barang rumah 😉

Kalau semua kebutuhan wajib sudah semuanya dipenuhi, sisanya saya masukkan ke tabungan. Makanya tahun ini saya sengaja gak keluar kota jauh-jauh, mau dipakai liburan di jakarta dan sekitarnya aja, karena uangnya mau dipakai untuk uang pangkal masuk SD. Jadi nanti setelah dipakai buat jalan-jalan, uangnya masih ada di tabungan.

Kerasa banget deh sejak punya anak udah usia sekolah, gak bisa happy-happy sepuasnya uang THR dipakai buat jalan-jalan. Kalau dulu belum sekolah, setiap terima THR, langsung dipakai buat jalan-jalan dan travelling. Udah punya anak, mikirnya udah investasi, investasi dan investasi 😁

Kalau kamu rencana mau dipakai buat apa? 😊

Segitu dulu kelola THR ala aku. Semoga bermanfaat ya.

24 comments

  1. Iyaaa bener banget nih Mak.
    Duit kecil atau duit gede kalo ngelolanya keliru, beneran bikin nangis dan nyesel banget
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  2. Duhaii THR.. apakabarmu.. hehehe udah lama gak dapet THR.. tapi ilmu dari kak olin ini berfaedah banget sekalipun gak dapet THR. Bisa dipake untuk ngatur keuangan lainnya..

    ReplyDelete
  3. THR tahun ini aku mau ditabung aja buat insha Allah mau beli kamera baru wkwk

    ReplyDelete
  4. Mantap nih strategi tingkat tinggi pengaturan THR-nya. Ternyata butuh buat aqiqah juga ya

    ReplyDelete
  5. Nah iya harus di list seperti itu ya mba.. biar gak bobol terus abis gak jelas THR nya

    ReplyDelete
  6. hihi, sama mba...thr ini buat persiapan idul adha...soalnya belum tentu di idul adha ada THR kan ya :D

    ReplyDelete
  7. Waktu jadi karyawan dulu, momen menerima THR ini amat sangat dinanti-nanti, hihihi.
    Kurang lebih sama nih semua cara kelola THR dengan mba Oline.
    Daftar itu sangat membantu banget, biar gak kalap, hahaha

    ReplyDelete
  8. thr ku tahun ini buat uang masuk sekolah smp anak yg nomer dua. biasanya kepake jg buat traveling jauh. kalo nanti mau jalan2 yg deket aja biar hemat :D

    ReplyDelete
  9. Nah, sama nih THR tahun ini buat Idul Adha, investasi seperti dana darurat, kebutuhan lainnya juga. Kalau baju lebaran sudah wajib kayaknya. Gak boleh boros nih, karena banyak diskon yang bikin pengen jajan.

    ReplyDelete
  10. Duit THR kami tahun ini sudah jelas alokasi sebagian besarnya, yakni untuk beli tiket Natal dan Tahun Baru Desember nanti. Intip2 tiket Medan - Jogja dari sekarang masih saja terasa mahal meski katanya sudah diturunkan. Tapi percaya Tuhan akan cukupkan. Amiin

    ReplyDelete
  11. aku ga dapat THR, Kak. Palingan pakai dana dari invoice yang cair aja buat libur lebaran. Hohoho ... Dulu sih zaman jadi pegawai, THR-nya buat beli tiket pesawat. Harganya kan naik 2x lipat.

    ReplyDelete
  12. Wah aku belum mikirin nih THRnya mau diapain �� tp sejauh ini pengen nabung kak, lg pengen beli sesuatu yg udah lama diidam idamkan

    ReplyDelete
  13. THR udah aku pakai buat urus STNK motor nih mba. Sekaligus perpanjang 5 tahunan. Hehhe

    ReplyDelete
  14. Suamiku usaha sendiri, nggak ada yang ngasih THR. MAlah jadi orang yang bagi-bagi THR, hihii.

    Jaman aku masih bekerja dulu, THR aku bagi untuk tabungan dan bagi2 rejeki untuk keluarga besar. Banyak ponakan, jadi ya seneng aja kalo bisa berbagi fitrah

    ReplyDelete
  15. Kalau dituruti semua maunya bisa abis ya uang thr. Nah pos bagi-bagi angpau sama jajan lebaran aja udah lumayan. Belum lapar mata lainnya. Nyisihin buat idhul adha penting banget, aku setuju nih kalau dianggarin juga dari uang THR

    ReplyDelete
  16. Baru tahun ini aku dan suamiku harus berjuang tanpa THR hehehe.. iya, soalnya aku udah enggak ngantor dan suami kan punya usaha sendiri. THRnya harus ngejar setoran dari proyek2 dulu hehee... Sama nih, alokasi paling penting sekarang untuk biaya anak sekolah. Sulungku bulan ini udah harus bayar uang masuk SMA ;)

    ReplyDelete
  17. Wah, banyak ya pos untuk pembagian THR-nya. Kalo aku, karena anaknya banyak, jadinya paling buat urusan lebaran, beli baju, dan zakat. Dan karena Lebaran kali ini deket sama kenaikan kelas, THR juga dipakai buat beli seragam sekolah plus perlengkapan dan
    alat-alat tulisnya

    ReplyDelete
  18. THR tahun ini jatahnya nenek nenek Darell hehehe, sisanya insyaallah digunakan buat kebutuhan yang sama seperti keperluan lebaran dan buat kurban

    ReplyDelete
  19. Toast bngt mba online kemarin juga buat beli qurban idul adha lumayan bisa diinvest sedikit juga

    ReplyDelete
  20. Menggunakan uang THR memang perlu kehati-hatian ya...jangan sampai habis lebaran, saldo tabungan kosong dan THR pun sudah ludes tak tersisa

    ReplyDelete
  21. Karena suami yang punya kantor, jadi kami yang memberi THR.
    Hahha...ga pernah ngerasain THR.
    Nikmat pasti yaa...

    ReplyDelete
  22. Iya nih, kadang terima THR terus pengennya belanja ini itu. Klo saya THR nya biar ngendap di rekening aja, biaya mudik dah disiapkan dengan menyisihkan gaji di 11 bulan sebelumnya

    ReplyDelete
  23. Waduh THR karena udah ga kantoran lagi aku gak punyak... Dan THR suami dipake buat mobil

    ReplyDelete
  24. Karena mau pulang kampung, sudah jelas nih THRku akan dilarikan ke tiket pesawat yang kini melambung tinggi. Hiksss

    ReplyDelete