Handbody Yang Aman Untuk Ibu Hamil



Yang namanya lagi hamil, pasti menemukan segudang masalah ya. Mulai dari kulit kering, kusam, jerawatan, kulit jadi menghitam, timbul strech mark, dan sebagainya. Hampir 90% semua wanita yang mengalami hamil pasti pernah merasakan masalah itu. 

Lalu pernah dengar gak sih, ada yang bilang, kalau lagi hamil, gak usah pakai kosmetik, perawatan kulit dan sebagainya. Tohkan lagi hamil, gak masalahlah sama masalah-masalah kulit, nanti juga habis melahirkan balik lagi?

Cuek sama kulit sendiri saat hamil, aduh BIG NO NO deh buat saya, karena kalau dari hamil kita gak melakukan perawatan, nanti setelah melahirkan malah tambah parah. Malah justru saat hamillah kulit kita kandungan airnya jadi berkurang. Saya mengalaminya sendiri. Kulit seluruh tubuh terasa makin kering, ditambah lagi kulit kaki juga. Akibatnya rentan sekali kalau ibu hamil akan mengalami stretch mark.

Lalu gimana cara perawatan kulit yang aman untuk ibu hamil sih?
Saya sih bukan yang expert dalam hal produk apa yang aman untuk ibu hamil ya, tapi yang pasti, yang bisa saya share adalah bahan-bahan perawatan kulit (skincare) yang tidak boleh digunakan saat hamil, seperti :

Differin (adapelene)
Retin-A, Renova (tretinoin)
Retinoic acid

Retinol (biasanya ditemukan pada produk Anti-aging)
Retinyl linoleate
Retinyl palmitate
Tazorac and avage (Tazarotene)
Tretinoin

Salicylic acid (biasanya ditemukan pada obat jerawat)
Beta hydroxy acid
BHA

Hydroquinone atau glutathione adalah zat kimia berbahaya yang ada dalam krim pemutih kulit yang dapat menghambat proses pembentukan kulit bayi yang sehat secara alami sejak dalam kandungan dan dapat menimbulkan reaksi alergi sehingga harus dihindari pada saat hamil dan menyusui.

Ini berlaku untuk produk apa saja, seperti kosmetik, handbody, krim wajah, dll nya.

Saya pribadi tipe orang yang rajin banget melakukan perawatan kulit di rumah. Ini berlaku untuk wajah maupun badan. Soal brandnya, saya sih tidak ada yang spesifik, as long as 'tidak mengandung pemutih', biasanya saya langsung pakai.

Tips perawatan kulit tubuh ala saya saat hamil :

Sebenarnya sih simple aja, bisa dibilang hampir seperti ibu-ibu lainnya aja. Saya tidak pernah absen untuk memakaikan handbody setelah mandi. Jadi saya selalu memakai handbody minimal 2x sehari. Khusus untuk kaki, treatmentnya agak sedikit berbeda, yaitu saya memakaikan krim khusus kaki dan tangan (karena saat hamil kulit kaki dan tangan saya berbeda banget, makin kering, jadi saya memakai krim yang memang khusus untuk handcream).

Alhasil saya sudah 3x hamil, dan 2x melahirkan, saya sama sekali tidak ada timbul stretch mark 😉 dokter obgyn dan therapist tempat saya treatment mengakui bahwa kulit saya bagus. Ini mungkin berkat saya rajin merawat kulit dengan memakai handbody seluruh badan, termasuk area perut sampai bokong.

Saat ini produk perawatan tubuh yang saya gunakan adalah Mutouch.

Mu Touch Body Lotion

Mu Touch Body Lotion

Baca : Review Mu Touch Goat's Milk

Sebelum Mu Touch ini, saya juga pakai brand lain. Yaitu Bio Oil.

Baca : Bio Oil, Sehatkan Kulit Wajah, Rambut dan Tubuhku

Karena Bio Oil ini aman untuk semua jenis kulit termasuk ibu hamil, jadi saya rajin memakai Bio Oil ini untuk treatment saya sehari-hari. Caranya : saya oleskan di bagian perut hingga ke bagian pantat setelah mandi. Sisa Bio Oil yang ditangan, saya oleskan ke bagian rambut (kalau rambut saya sedang keramas). Jangan terlalu banyak, nanti yang ada jadi too much 😁

Jadi handbody apa yang aman untuk ibu hamil?

Kalau menurut saya sih, apa aja sih bisa, yang penting yang ada di rumah and dijual bebas aja saya pakai, biar mudah repurchasenya. Yang penting jangan ada kandungan whiteningnya dan kandungan-kandungan yang saya sebutkan diatas aja. Insyallah aman 😉

Semoga bermanfaat ya.

18 comments

  1. Kalo pas hamil emang harus lebih teliti ya mba pakai produk-produk. Gak cuma makanan, kosmetik juga... Thank list kandungan yg ga boleh dikonsumsi saat hamil, selama ini yg paling aware baru retinoid dan bha aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya semuanya.
      Makanya banyak org yg cari amannya, mending gak usah pakai sekalian, drpd salah pakai produk yg dilarang utk bumil :)

      Delete
  2. Bumil memang harus ekstra teliti buat pilihan handbody ya. kandungan yang ada pun harus diperhatikan baik-baik. karena ada beberapa kandungan yang bisa berbahaya buat janin.

    ReplyDelete
  3. Hati-hati banget pokoknya ya Mba kalo lagi hamil
    temen-temenku juga gini, milih ga perawatan daripada bahaya hehehe
    dan bio oil ternyata boleh. Keren. Aku rekomin ah ke dia

    ReplyDelete
  4. Setuju sama mba Andiyani, Bumil dan Busui memang harus lebih ekstra dalam hal apapun, apalagi makanan, skincare dan emosi.

    Makanya sering banget membaca di kemasan produk kata-kata seperti ini: "Tidak cocok untuk ibu hamil dan atau menyusui"

    ... karena memang bisa fatal buat janin dan Bumil.

    ReplyDelete
  5. yap kudu waspada dan lebih teliti lagi memilih produk kalau sedang berbadan dua. sebab kebaikannya bukan cuma untuk ibu namun juga diperhatikan betul bagaimana dampaknya bagi yg di dalam rahim

    ReplyDelete
  6. Ternyata sekarang ada pilihan buat bumil yang bikin melembutkan dan melembabkan yaa

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah, sekarang bumil pun bisa lotion an dengan tenang yah. Kadang kalau lagi hamil memang suka serba takut yah pakai produk - produk.

    ReplyDelete
  8. Duh nyesel aku dulu pas hamil males merawat tubuh dan pake hand body. Jadi deh sekarang banyak stretcmark. Hikss...

    ReplyDelete
  9. Wah saya baru tahu nih nama-nama zat yang tidak baik digunakan oleh ibu hamil. Jadi perlu lebih hati-hati ya dalam memilih produk handbody yang aman untuk ibu hamil.

    ReplyDelete
  10. Aku dulu jaman hamil gatel seluruh badan, Mbak, dan ninggalin bekas di luka yg kugaruk. Hiks

    Aku dulu stop penggunaannkosmetik apapun, belum tahu ada produk yang aman buat bumil. 😆

    ReplyDelete
  11. Enak bangeet mba sekarang ada produk yang benar-benar perhatikan kebutuhan ibu hamil seperti ini

    ReplyDelete
  12. Kemasannya jumbo ya oline...
    Jd awet nih pasti makainyaaa

    Apalagi klo aku anak2 yg cewe dah mulai pake perawatan kulit yg body lotion gini jd bs buat rame2

    ReplyDelete
  13. Aku pakai bio oil juga mba buat peraatan strect mark. Tapi karena jarang pakai akibat malas jadi ya strech marck tetap ada.

    ReplyDelete
  14. Aku ada strect mark nih, karena suka garuk-garuk pas hamil. Gatal banget soalnya. Kalau hamil lagi aku harus jaga tubuh dengan baik nih, jangan terulang lagi kebiasaan buruk

    ReplyDelete
  15. Wah...kemasan lucu.., ini aman banget buat bumil ya..

    Dulu aku males bengt pake ginian..duh paha jadi ada Stretch Mark nya .
    Kudu sering dioleskan pelembab emang..
    Aku aja yg kurang disiplin..

    ReplyDelete
  16. Klo lagi hamil pake skincare/handbody harus hati2 ya memastikan aman untuk janin

    ReplyDelete