Jatim Park 3, Destinasi Wisata Terbaru di Malang

Source : Jatim Park 3
Sebenarnya akhir tahun 2018 kemarin saya dan keluarga berencana ingin menghabiskan tahun baru dengan liburan ke Malang. Kami sudah planning 1 tahun sebelumnya di tahun 2017. Tapi karena saya udah keburu hamil, jadinya rencana ke Malang kami tunda sampai saya sudah lahiran, setidaknya nanti anak kami sudah berusia minimal 6 bulan (masuk masa MPASI, supaya tidak terlalu merepotkan). Akhirnya saya dan suami memutuskan untuk menghabiskan liburan akhir tahun di Bandung saja.


Kenapa ingin berlibur ke Malang? Karena menurut referensi yang saya baca, Malang banyak terdapat tempat wisata menarik yang ingin kita kunjungi. Lagipula kami memang belum pernah ke kota Malang, lagipula rumah mama saya kebetulan ada di Tulung Agung, jadi rencana awalnya mau mampir ke rumah mama dulu, lanjut liburan ke kota Malang. Tapi baru sampai Surabaya aja kota di Jawa Timur yang kami singgahi 😉




Salah satu destinasi yang mau kami datangi di Malang adalah Jatim Park 3. Ini adalah taman hiburan yang memadukan taman bermain dan taman hiburan sekaligus. Lokasinya 20 km dari kota Malang.

Jatim Park 3 ini sebenarnya taman hiburan yang baru dibuka pada tanggal 24 November 2017. Kalau yang sudah pernah ke Jatim Park 1 dan 2, pasti tahu konsep dari Jatim Park. Jadi di dalam Jatim Park itu terdapat beberapa wahana. Bedanya dengan Jatim Park 1 dan 2 adalah Jatim Park 3 hadir dengan kecanggihan teknologi augmented reality (AR) untuk menghasilkan atraksi yang menarik.

Berikut beberapa wahana yang ada di dalam Jatim Park 3 :

1. Dino Park

Source Jatim Park 3

Sebenarnya sih kalau mau lihat atraksi Dinosaurus seperti ini ada juga di Jakarta seperti di TMII, cuma yang aku dengar Dino Park yang ada di Jatim Park 3 ini beda, katanya bener-bener looks real (seperti beneran) 😊  karena patung-patung dinosaurus yang disini dibuat sedemikian mirip dengan aslinya. Jadi seakan-akan kita dibawa ke jaman purbakala. Wah saya jadi makin penasaran deh.


Konsep Dino Park disini mengangkat konsep tentang binatang purbakala dinosaurus. Nah di dalam Dino Park ini terdapat beberapa zona dan wahana juga. Mulai dari galeri lima zaman dino, the rimba, aquarium 4 dimensi, dino mall, life with the dino sampai patung T Rex raksasa yang bisa bergerak-gerak 😙.

Salah satunya wahana andalannya adalah Kereta 5 Zaman (The 5 Ages of Dinosaurus). Ini adalah dua kereta besar yang membuat kapasitas sekitar 48 orang. Di wahana ini kita diajak untuk mempelajari alur waktu kehidupan dinosaurus dan bagaimana mereka berinteraksi dengan kawannya menggunakan kereta besar. Kita juga bisa belajar segala sesuatu yang berhubungan dengan dinosaurus, mulai dari nama spesies, habitat sampai makanan dinosaurus.

Jadi inget film Jurrasic World 😁

Wahana ini cocok banget buat wisata edukasi bersama anak-anak (usia 5-6 tahun keatas), selain untuk hiburan, wahana ini juga mengenalkan kepada anak-anak tentang dunia pra sejarah.

Usia Narend sepertinya udah pas nih diajak kesini, karena waktu dulu saya ajak lihat dinosaurus di Ancol, usianya masih piyik banget, kalau gak salah usianya masih 3 tahunan. Dia sampai ketakutan  banget, sampai trauma dan lanjut minta pulang 😁

Kalau kamu mau mengunjungi wahana ini, kamu perlu membayar IDR 110ribu per orang (weekend san weekdays). Jadi kalau nanti saya ke Jatim Park 3, saya harus mempersiapkan budget sekitar total IDR 330ribu.

Tapi kamu bisa lebih hemat kalau kamu beli tiket Jatim Park 3-nya  di Traveloka. Jatim Park 3 Pass Package Easy Access harga tiketnya adalah IDR 106.700. Kalau beli untuk family, pastinya lebih hemat 😉

2. Zona Ice Age

Kamu pernah nonton Ice Age? Nah, di Jatim Park 3 ini juga ada zona Ice Age. Disini hewan-hewannya katanya persis banget dengan hewan yang ada di filmnya, seperti Mamooth dan hewan purba lainnya. Walaupun judulnya Ice Age, jangan khawatir kamu bakalan membeku karena kedinginan disini, karena ternyata suhunya gak dingin-dingin banget kok 😊


Kalau kamu ke zona ini kamu harus membayar tiket masuknya sebesar IDR 110ribu/orang (ini sudah termasuk dalam bagian Dino Park). Harga tersebut pada weekend dan juga weekdays.



3. Museum Dino

Museum sekarang memang bisa menjadi salah satu tempat wisata. Nah di Jatim Park 3 ini juga ada museum dino yang di dalamnya terdapat tulang-tulang raksasa dan kerangka dino seperti Triceratops dan Angkilosaurus. Nah, disinilah kita bisa mengenalkan langsung tentang penampakan dinosaurus yang sebenarnya kepada anak 😊


4. 3D Aquarium

Anak-anak suka dengan animasi 3D? Mungkin bisa mengajak ke 3D Aquarium. Disini kita bisa melihat dinosaurus yang hidup gak hanya di daratan aja, tapi juga di lautan, dengan memakai kacamata 3D.

Source : Jatim Park 3
5. Dino Bumper Car

Anak-anak suka bermain mobil-mobilan seperti di Dufan? Disini juga ada loh, Dino bumper car. Ini bukan bumper car biasa, tapi kita bisa bermain bumber car bersama dengan dinosaurus. hihii seru yaaa... Serasa beneran di Jurrasic World 😀 hayoo, kamu berani gak nih naik ini?

Source : Jatim Park 3

Kalau sudah lapar, jangan khawatir, kamu bisa mampir ke Food Court yang ada disini. Interiornya juga sama masih didominasi oleh dinosaurus. Dan lokasinya juga cantik sekali, yaitu berada di tepi sungai.


Nah itulah wahana yang ada di Dino Park Jatim Park 3. Sebenarnya masih banyak wahana yang belum saya sebutkan disini. Kalau mau tau info detailnya, lihat suasana Jatim Park 3-nya seperti apa penampakan aslinya, kamu bisa mengunjungi website resmi ataupun instagram dari jatim park 3. Yang pasti theme park ini sangat recomended untuk para keluarga yang ingin menghabiskan libur panjang disini.

So, gimana, apakah kamu jadi ingin mencoba ke Jatim Park 3? 😊

23 comments

  1. Keren banget yang zona Ice Age itu. Jadi makin pengen ke sana deh...

    ReplyDelete
  2. Pingin kesana, setelah tahun kemarin gagal gak jadi hehe. Btw, yang paling seneng anak-anak pastinya nih
    Serasa lihat dinosaurus beneran ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah deg2an, anakku takut bgt liat dinosaurus :))

      Delete
  3. Kami juga belum kesampaian nih pengen main ke sini. Mudah-mudahan dikasi rejeki, kesehatan dan kesempatan biar bisa kencan sama Dinosaurus

    ReplyDelete
  4. Dulu sekalinya ke Malang cuma main di JP1 sama JP2, itupun seharian masih kurang hahahaha, apalagi klo ditambah dengan JP3 ini, tp keknya JP3 lebih cocok buat anak-anak ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa betul. Tp disini ada spot2 foto juga sih buat dewasa :)

      Delete
  5. Ternyata tempatnya luas juga, ya. Semoga lain waktu bisa jalan-jalan ke sini karena bikin penasaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Luassss banget lebih tepatnya. Kudu siapin tenaga ekstra kesini :D

      Delete
  6. Pengen cobain yang 3D Aquarium. Jadi semacam bisa berinteraksi gitu ga sih, Mbak? Seru ya.

    ReplyDelete
  7. belum pernah ke Jatim park 3, semakin banyak koment di blog yang membahas traveling, semakin besar keinginan untuk berkeliling Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa memang pada blm byk yg ke Jp3, krn wahana ini baru sih.

      Delete
  8. Mudah-mudahan dikasi rejeki, kesehatan dan kesempatan biar bisa kencan sama Dinosaurus..hehe

    ReplyDelete
  9. Wuiih...lihat dari fotonya keren banget ya JP3 ini. Smoga bisa kesana bawa anak2...pasti mereka suka banget nih.

    ReplyDelete
  10. Makin penasaran pingin segera lompat ke JP3. Cepetan libur dongg

    ReplyDelete
  11. Sayang banget waktu ke Jatim aku gak mampir ke siini, padahal tempatnya asyik banget, ya. Apalagi Zona Ice Age itu bikin penasaran

    ReplyDelete
  12. wah dinno park ini kayanya lagi ngehits banget, jadi ingin ke situ juga tempatnya juga kelihatan instagramable banget

    ReplyDelete
  13. huwaa...ada zona Ice Age yaaa> itu mamothnya juga ukuran gede gitu ya? pasti anak anak bakalan hepi berat diajakin main kesini

    ReplyDelete
  14. Ini nih yang bikin jadi pengen ke Malang lagi selain udara sejuknya. Ada tempat mainan baru yang asik banget.. Orang gede juga bisa mainan Dino sepertinya ya di sini , hahaha.

    ReplyDelete
  15. Pas ke Malang kemarin, aku gak main ke sini. Tiketnya mahaaal. Hahaha

    ReplyDelete