3 Smartphone ASUS Gaming Terbaik Kini Hadir di Indonesia

Saat undangan dari ASUS datang pada bulan November 2018 lalu, walaupun kondisi saya sekarang sedang hamil dan memasuki trimester II, saya sangat antusias untuk datang, karena saya selalu antusias ingin tahu, inovasi apalagi yang akan dikeluarkan oleh ASUS untuk smartphone terbarunya, karena yang saya tahu waktu itu, ASUS akan launching 3 smartphone ASUS for All Gamers in Indonesia.





Saya sangat bersyukur bisa diberikan akomodasi selama 3 hari untuk dapat bisa menghadiri acara ASUS ini. Kebetulan kami menginap di Grand Mercure Harmoni Jakarta selama 3 hari 2 malam.

Penampakan kamar hotel saya

Awalnya saya sebenarnya tidak mendapat izin dari suami, karena memang kondisi saya sedang hamil, suami saya gak mau saya kenapa-napa. Tapi saya meyakinkan dirinya, bahwa saya berjanji untuk tidak terlaly memforsir diri untuk ikut acara launching ini. Jika saya capek, saya berjanji untuk segera istirahat. Selain itu, saya juga menginzinkan kepada suami untuk datang ke hotel, untuk mengecek kondisi baby kami (mendengarkan detak jantung bayi dengan menggunakan doppler) selama saya menginap di hotel ini. Waktu itu rekan sekamar saya adalah mba Katerina, tapi entah kenapa tiba-tiba saya ditinggal sekamar sendirian deh, hiks.. Tapi gapapa juga sih, jadinya suami saya jadi bebas untuk datang untuk control baby kami ke kamar ๐Ÿ˜Š
Selain itu saya juga bisa reunian bareng bersama teman-teman di BLUS dan seluruh blogger nusantara, karena yang saya dengar yang hadir untuk para bloggernya dari seluruh daerah. I'm so excited! ๐Ÿ˜


Me at Hotel Grand Mercure Harmoni Jakarta

Secara garis besar rundown acaranya seperti biasa untuk hari pertama tidak ada acara yang formal, hanya check in, kumpul-kumpul dengan teman-teman blogger lainnya, malam harinya kami kemudian briefing dan makan malam. Kemudian hari kedua adalah acara launchingnya. Kemudian hari ketiga kami bersiap-siap pulang ke daerah masing-masing. 

Karena acara peluncurannya di Hotel Pullman Central Park Jakarta, jadi setelah breakfast kira-kira pukul 10 pagi, kami sudah bersiap-siap untuk berangkat menuju tempat lokasi. Shuttle bus sudah siap mengantarkan kami. Walaupun cuaca siang itu mendung dan hujan, tapi traffic saat itu lumayan ramai lancar, jadi kami sampai di lokasi sekitar pukul 11 siang. Acara sesuai rundownnya akan dimulai pukul 1 siang. 



Acara tepat dimulai pukul 2 siang setelah acara makan siang. Panggung nan megah menambah hype acara peluncuran di hari itu.


Untuk sesi pertama mendengarkan kata sambutan dari Jimmy Lin, beliau adalah ASUS Sea Regional Director.


Kamu masih ingat gak 2 gambar di bawah ini? ๐Ÿ˜Š


Yess, kamu benar! Gambar yang atas adalah game boy, sedangkan gambar di bawah adalah laptop dengan bentuk tabung seperti itu. Slide presentasi Jimmy Lin membawa saya pada kenangan masa lalu, bahwa saya pernah hidup di zamannya ๐Ÿ˜€ zaman-zaman saya merengek-rengek minta dibelikan game boy sama orangtua, merengek-rengek minta saluran internet dan listrik untuk menyalakan desktop seperti itu. Karena kalau komputer model CPU tabung seperti itu, sekali ON, listrik di rumah udah gede banget terpakainya ๐Ÿ˜ Dulu saya sering banget main games di desktop, karena dulu saya gak punya Play Station. Tapi kalau sekarang, zaman sudah berubah, teknologi sudah semakin canggih dna terus berinovasi, salah satunya ASUS yang terus berinovasi untuk melakukan perubahan dalam hal smartphone.


ASUS ROG (Republic of Gamers, Best Smartphone for Gaming in The World


Kali ini ASUS merilis smartphone gaming yang paling canggih di dunia, khususnya gamers (premium). ASUS ROG dinobatkan sebagai smartphone gaming premium pertama di Indonesia. Kehadiran smartphone ini juga mengulang kesuksesan ASUS di ranah premium gaming setelah merilis laptop gaming pertama di Indonesia, yaitu ASUS ROG G1 dan G2 tahun 2007 lalu. Kalau dulu bermain games di laptop ROG, kali ini para maniak games bisa bermain dengan nyaman di ASUS ROG Phone.




ASUS ROG tampil dengan semua fitur dan spesifikasi terbaik untuk bermain games. Smartphone ini dibekali processor SoC Qualcomm Snapdragon 845 speed binned. Artinya, SoC Snapdragon 845 yang digunakan di ROG Phone merupakan versi yang telah dipilih secara khusus dan bisa berjalan dengan kecepatan hingga 2,96 GHz, lebih cepat dari SoC Snapdragon 845 versi standar yang digunakan di smartphone lain.

Untuk konektivitas, ASUS ROG sudah disuport dengan 4G LTE, dan Wifi 802.11ad yang lebih kencang. Dan ROG Phone adalah smartphone pertama yang mengadopsi Wifi ini.

Untuk tampilan, ASUS ROG Phone sudah dilengkapi teknologi coller khusus (GameCool). Gamecool ini menggabungkan 3D vapor-chamber cooling dengan heat speader berbahan tembaga untuk performa pendinginan maksimal. Selain itu ASUS ROG Phone juga dilengkapi AeroActive Cooler, yaitu kipas tambahan yang bisa dipasang di ROG Phone. Kipas ini mampu menurunkan suhu ROG phone hingga 4,7 derajat Celcius.

Untuk display screen ASUS ROG Phone layarnya sudah HDR dan refresh rate sampai 90Hz, ROG Phone dapat menghadirkan pengalaman bermain terbaik tanpa lag dan stuttering. Spesifikasi layar tersebut juga sudah memenuhi kriteria yang dibutuhkan oleh pemain esports profesional.

Kalau kamu membeli ASUS ROG Phone ini sudah dilengkapi dengan aksesorisnya seperti, GameVice controller, Mobile Desktop Dock, dan Twinview Dock.

Untuk baterainya 4000mAh dengan teknologi Qualcomm Quick Charge 4.0. Teknologi Hypercharge sudah ada di smartphone ini, jadi kalau kehabisan daya baterai, gak perlu lama-lama untuk chargenya. ASUS ROG Phone bisa terisi sampai 60% dalam waktu 30 menit.

Untuk kamera, dilengkapi dengan sensor kamera flagship yaitu SONY IMX363 dengan aperture f/1.7. Sensor kamera berukuran 2,55 inchi dengan besar pixel 1,4 mikrometer pengambilan gambar maksimal.

Di acara peluncuran kali ini tampak beda dengan acara launching ASUS lainnya, karena kali ini Zenny (boneka maskot ASUS yang berwarna hitam), tampil di acara ini. Yang awalnya Zenny memakai kaos biasa, akhirnya ia berubah kaosnya menjadi I am gamer dengan memakai kaos ROG ๐Ÿ˜˜



Kemudian sesi kedua adalah penjelasan tentang ASUS Zenfone Max Pro M2 yang dibawakan oleh Galip Fu, ASUS Regional Marketing Manager Indonesia dan Malaysia.


ASUS Zenfone Max Pro M2 ini hadir karena terinspirasi oleh para Zenfans #InspiredbyZenfans (Zenfans adalah komunitas yang didominasi para users yang memakai Smarpthone ASUS). Zenfone Max Pro M2 ini digadang-gadang smartphone untuk kelas gaming mid-range yang sangat powerful. Max Pro M2 ini karena ada kata Max dan Pro, berarti Max Performancenya, Max Batterynya, Max Camera-nya, dan Max Display & Durabilitynya.


Zenfone Max Pro M2 ini ditenagai oleh SoC Qualcomm Snapdragon 660 yang lebih kencang daripada Snapdragon 636 yang digunakan oleh ASUS Zenfone Max Pro M1. Bisa kamu lihat  dari gambar dibawah ini untuk perbandingan 4 smartphone yang terbaik di kelasnya, ASUS Zenfone Max Pro M2 hadir dengan processor prima sebanding dengan smartphone kelas premium.













Soal OS, smartphone ini sudah dilengkapi dengan Stock Android Oreo. Kelebihan dari OS ini adalah lebih ringan dan performanya yang lebih kencang, updatenya juga lebih cepat. Nanti per Januari 2019 akan update ke Android Pie 9.0.


Soal baterai, di Zenfone Max Pro M2 ini tidak mengalami penurunan daya dari pendahulunya yaitu M1, masih tetap di 5000mAh. Bisa dipastikan smartphone ini bisa menemani kita bermain games, sepanjang hari.


Untuk daya tahannya bisa bertahan selama 2 hari nonstop (tanpa digunakan), bertahan selama 35 hari (dalam kondisi 4G), 45 jam (dalam kondisi 3G, dan bertahan sampai 23 jam untuk pemakaian browsing via wifi.



Bisa dilihat perbandingan durasi untuk beberapa games dengan menggunakan Max Pro M2.





Untuk soal kamera, di Zenfone Max Pro M2 ini mengalami sedikit perbaikan daripada Zenfone Max Pro M1. Ia menggunakan sensor kamera Sony IMX486 resolusi 12MP dengan apperture lensa besar f/1.8. Sensor kamera tersebut memiliki ukuran pixel 1,2ยตm, lebih besar dari rata-rata sensor yang digunakan di smartphone sekelasnya. Dengan ukuran pixel yang lebih besar, sensor bisa menangkap cahaya lebih baik sehingga foto yang dihasilkan akan lebih bagus.

Sedangkan untuk kamera utama memiliki resolusi 5MP untuk kondisi portrait. Kamera ini digunakan sebagai depth sensor dan berfungsi untuk mengukur tingkat kedalaman dan posisi objek dari sebuah foto. Didukung teknologi cerdas, ZenFone Max Pro M2 akan mampu menghasilkan foto potrait dengan efek bokeh yang natural.

Kamera ZenFone Max Pro M2 kini juga telah didukung oleh teknologi AI. Teknologi tersebut membuat kamera di smartphone ini bisa mengenali 13 jenis foto. AI di kamera ZenFone Max Pro M2 juga akan menyesuaikan pengaturan sesuai dengan jenis fotonya, sehingga menghasilkan foto yang lebih baik secara keseluruhan.

Di bawah ini adalah contoh-contoh hasil foto dengan menggunakan ASUS Zenfone Max Pro M2 dalam berbagai kondisi. 













Untuk kondisi bokeh, kita bisa memilih seberapa blur kondisi backgroundnya.




Kualitas video, sudah bisa menghasilkan kualitas video 4K in high resolusi.


Juga sudah ada EIS nya, jadi kalau record object dalam kondisi moving, gak perlu lagi kita mendapatkan object yang shake atau tidak fokus.




Di bawah ini hasil foto dengan kondisi low light dengan fitur Pro Mode. Hasilnya 11-12 lah dengan DSLR ๐Ÿ˜Š



Menurut survey, rata-rata orang sering menjatuhkan haopenya 7x dalam setahun. Coba bayangkan kalau seandainya layarnya belum terporteksi dengan baik? Pasti layarnya sudah pecah dan kamu harus menggantinya dengan biayanya yang tidak murah.

Untuk itu Zenfone Max Pro M2 memberikan solusi, layarnya sudah dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 6, dan bodinya menggunakan desain 3D glossy dengan wave pattern agar tampil lebih premium.









































Nah, sesi terakhir, inilah yang ditunggu-tunggu, yaitu How Much Their Price? ๐Ÿ˜ untuk pembacaan harga dibawakan kembali oleh Jimmy Lin.




Untuk ROG Phone, ada 2 tipe yaitu storage 128GB dan 512GB.

Untuk storage 128Gb harganya IDR 12.999.000.


Untuk storage 512GB harganya IDR 14.499.000.




Untuk Zenfone Max Pro M2 hadir dalam 3 varian, yaitu 3GB/32GB, 4GB/64GB, dan 6GB/64GB.






















Selesai acara launching kira-kira pukul 6 sore, kamipun segera bergegas menuju shuttle bus untuk kembali ke hotel tempat kami menginap, karena jam 7 malam akan ada Gala Dinner beserta seluruh Zenfans dan tim ASUS.

Perjalanan kali itu cukup ramai dan agak sedikit macet, jadi kami baru tiba di Grand Mercure sekitar pukul 7 malam. Saya sempat tertidur di dalam bus saking lamanya, karena memang hawa bumil juga ๐Ÿ˜

Istirahat dan touch up sebentar, supaya lebih fresh, barulah pukul 8 malam, saya baru turun ke lantai 2 untuk makan malam.



Inilah suasana Gala Dinner saat itu.



Ini adalah menu makanan untuk semua para tamu undangan yang hadir di acara.












Jam menunjukkan pukul 9 malam, berarti tibalah di penghujung acara. Saatnya pengundian doorprize. Alhamdulillah saat itu nama saya terpanggil nomor 1 untuk doorprize ๐Ÿ˜ Saat itu saya mendapatkan 1 buah smartphone Zenfone Max Pro M1.




Seneng banget bisa hadir di acara super keren ini. Tentunya selain ada doorprize, saya bisa networking, refreshing dan tentunya bisa mendapat pengalaman dan pdanpengetahuan baru tentang smartphone terbaru dari ASUS.

Ahh, saya jadi gak sabar ingin segera memilikinya ๐Ÿ˜

Di bawah ini keriaan saya bersama teman-teman BLUS ๐Ÿ˜‰✌

Doc by Dimas Suyatno


Doc by Prima


No comments