Pengalaman Pribadi Menggunakan Jasa Service dan Perbaikan AC di Rumah


Jasa Service dan Perbaikan AC Jakarta. Seperti biasa, setiap pulang sekolah Narend tidak pernah mau yang namanya masuk ke rumah, ada ritual yang biasa dia lakukan yaitu main sepeda sambil panas-panasan dan pastinya masih pakai seragam sekolah. Usai main sepeda, dia selalu minta air dingin trus masuk ke dalam kamar.

Narend : Mami, air esnya enakk, seger
Me : Ya udah, ganti baju dulu yuk, bau acem nih
Narend : Mami, kok kamarnya gak dingin sih?
Me : Masa sih, ini dingin kok, mungkin karena kamu baru dari luar, jadi gak kerasa dingin
(1 jam kemudian)
Me : Lho Narend kamu mau kemana?
Narend : Ke kamar oma aja, lebih dingin di kamar oma, Omaaaaaa..... (manggil oma-nya)
Me : Wah waktunya service AC kayaknya
(akhirnya Narend pergi ke kamar oma-nya)

Saya pribadi merasa aneh dengan prilaku Narend, tapi kalau di pikir-pikir seharusnya AC kamar saya yang 1/2PK ini harusnya terasa dingin karena baru saja cuci AC 2 minggu lalu dan biasanya butuh waktu 3-4 bulan sampai AC tidak terasa dingin, ya sudah, saya coba nanya suami dulu, 2 minggu lalu waktu service AC normal atau ada yang harus di servis.

Me : Kemarin waktu servis AC dateng ke rumah, dibilang ada masalah sama AC kita gak?
Suami : Gak ada masalah apa-apa kok, servis AC biasa, katanya gak ada masalah, abis bersihin AC langsung pulang. Emang kenapa?
Me : AC-nya ini kata Narend gak dingin, mau panggil tukang servis AC-nya lagi?
Suami : Wah enggak, aku coba cari dulu di Google, ada yang bagus apa enggak

Pemakaian AC di rumah

Ya sudah, akhirnya saya menunggu kabar suami, mudah-mudahan dapat jasa service dan perbaikan AC yang bagus. Kenapa saya bilang bahwa aneh kok AC di rumah saya sudah tidak terasa dingin, karena menurut saya pemakaian AC di rumah cukup normal.

- AC di hidupkan mulai jam 18:00 sampai jam 05:00 (Senin-Jumat. Sedangkan Sabtu-Minggu pas sudah sampai di rumah)
- Suhu AC di kisaran 25 derajat celcius (untuk hemat tarif listrik)

Ayo siapa dari kamu yang menggunakan AC sama seperti saya di atas?. Nah setelah beberapa jam, suami menghubungi saya kembali dan mendapatkan 1 tempat service AC yang lokasinya di jakarta, tempatnya di Penggilingan - Jakarta Timur dan sudah membuat janji untuk service AC hari minggu, 28 Sept jam 10:00


AJT singkatan dari Anugrah Jaya Teknik, websitenya di https://anugrahjayatechnic.com/

Pengalaman Service AC dengan AJT

Jujur saja, kalau berbicara hari minggu, paling cepet sampai rumah sekitar jam 12 siang karena biasanya dihabiskan dengan olahraga di car free day, sarapan pagi, belanja ke pasar. Tapi kata suami AJT itu lumayan rame, jadi kalau hari kerja (Senin-Jumat), dapet gilirannya bisa minggu depan. Nah pas tim teknisi AJT datang, saya kaget, karena teknisi datang menggunakan seragam dan memperkenalkan diri serta menjelaskan bahwa menerima order untuk cuci AC di rumah sambil memperlihatkan WO Form (Work Order Form), selama ini cuci AC yang datang pakai kaos dan langsung bertanya posisi AC dimana.

Pertama casing AC dan filter dibuka, lalu teknisi AJT sudah mulai membersihkan AC bagian dalam.



Proses membersihkannya cukup cepat, sekitar 10-15 menit, unit AC di semprot dengan air bersih, sehingga kotoran keluar dari unit, waktu di cek ternyata tidak terlalu kotor (yah karena baru 2 minggu lalu dibersihkan sih).



Setelah selesai membersihkan unit AC bagian dalam, teknisi lanjut menuju ke kompresor yang ada di luar, saya agak bingung karena selama ini tidak pernah di bersihkan oleh teknisi sebelumnya. Waktu saya tanya "Mas yang diluar ngapain dibersihin juga?", "Iya bu, bagian luar ini juga menentukan AC nanti dingin atau tidak dan nanti kita cek tekanan freon dan ampere kompresor disini".




Setelah selesai, teknisi AJT mulai memasang selang untuk mengukur tekanan freon, setelah itu memasang alat pengukur ampere. Waktu di cek ternyata tekanan freon normal, dan daya 1.9A, jadi tidak masalah dengan kompresor. Lalu teknisinya bilang "Bu, untuk mengetahui normal atau tidak tekanan freon dan daya harus menunggu 15-20 menit, kalau baru 5 menit tidak valid bu". Yah betul sekali, ternyata setelah 15-20 menit terlihat bahwa dayanya 2.1A, sudah saatnya untuk servis atau ganti kompresor 😢


Wah ternyata alasan AC saya sudah tidak dingin, solusinya bukan di cuci terus menerus, tapi harus ganti kompresor, untung banget suami bisa contact AJT, jadi bisa tahu akar permasalahannya dimana.

Tips Hemat AC ala AJT

Saya jadi ingat, tukang bersihin AC yang biasa datang ke rumah tidak pernah memberikan penjelasan dan tips, jadi setiap selesai mencuci AC, langsung pulang. Berbeda dengan teknisi AJT yang datang untuk mencuci AC. Sambil bersihin AC, teknisi memberikan "wejangan" tips hemat AC 😊

1. Setting temperatur AC dibawah 25 derajat (23-24 derajat) karena kalau diatas 25 derajat kompresor akan hidup mati berulang-ulang, akibatnya beban waktu menghidupkan kompresor AC akan tinggi, jadi lebih baik kompresor dibiarkan hidup terus sehingga beban listrik akan stabil dan pastinya tagihan listrik hemat.
2. Service AC sebaiknya dilakukan secara berkala dan tepat waktu, misalnya kamu service AC bulan januari, berikutnya bulan april, berikutnya bulan Juli, jadi servis per-3 bulan. Jangan sampai service AC bulan januari, berikutnya april, berikutnya juni, tidak berurutan, sehingga tidak bisa ke-tracking bila AC butuh di service atau tidak.
3. Tidak menggunakan bedak dalam ruangan atau menyapu dengan kondisi AC hidup.

5 Hal ini yang membuat saya percaya terhadap AJT


Jujur saja, baru sekali ini saya menggunakan AJT untuk jasa service dan perbaikan AC, namun ada 5 hal sebagai dasar saya percaya dan akan menggunakan AJT 3-4 bulan berikutnya.

1. Teknisi yang datang ke rumah menggunakan seragam resmi AJT (jujur saja saya sudah puluhan kali gonta-ganti teknisi AC, tapi cuma AJT yang datang dengan menggunakan seragam, wah menambah confident saya untuk terus menggunakan jasanya).
2. Semua teknisi selalu membawa kapasitor cadangan, jadi jika waktu melakukan cuci AC ternyata ada kapasitor yang harus diganti, bisa langsung diganti saat itu juga tanpa harus menunggu keesokan harinya (dan jika sampai kapasitornya tidak ada, teknisi AJT akan langsung contact tim-nya yang lokasinya dekat dan sedia kapasitor untuk dibawakan langsung).
3. Memberikan analisa terhadap AC secara detail menggunakan data real (teknisi akan melakukan pengecekan freon dan ampere kompresor serta detail kondisi AC dan kompresor).
4. Membersihkan garasi setelah selesai menyuci AC (biasanya teknisi lain, setelah membersihkan AC, kotoran yang ada di garasi dibiarkan saja, jadi saya harus membersihkan kotoran bekas membersihkan AC dan kompresor sendirian).
5. Setelah selesai service AC diberikan tanda terima langsung dari kantor, jadi tidak ada kasus teknisi menaikkan harga service atau part yang dibeli tidak langsung dari kantor.

Pengetahuan dasar tentang AC biar kamu tidak dibohongi teknisi AC

Setelah service AC saya di handle oleh AJT, tentunya saya tidak diam saja menunggu AC di cuci, saya sempatkan ngobrol-ngobrol ringan dengan teknisi AJT dan memperoleh sedikit ilmu, mudah-mudahan teman-teman bisa menghafalkan pengetahuan dasar di bawah, jadi buat yang belum menggunakan jasa service dan perbaikan AC dengan AJT, tidak dibohongi oleh teknisi AC langganan kamu.

1. Jangan percaya kata-kata "AC masih bagus, masih dingin", minta buktinya dengan melakukan cek tekanan freon dan daya ampere.
2. Kalau teknisi AC langganan kamu saat diminta untuk cek menggunakan alat pengecekan tekanan freon tidak pernah menggunakan atau hanya mengira-ngira, itu saatnya kamu mengganti langganan AC kamu.
3. Jika teknisi AC kamu melakukan pengecekan freon langsung tanpa membersihkan AC, itu tandanya AC kamu berada di tangan yang salah. Kenapa? Karena saat AC kotor (belum dibersihkan) maka tekanan freon akan tidak valid.
4. Jika teknisi AC hanya menggunakan meteran freon untuk diagnosa AC yang kamu miliki, itu tandanya AC kamu berada di tangan teknisi pemula, karena selain tekanan pada freon, juga dibutuhkan juga pengecekan pada ampere kompresor.
5. Daya ampere pada kompresor umumnya dikisaran 1.5-2, makin kecil ampere-nya maka makin baik kompresor AC kamu (untuk AC baru, daya amperenya pasti di kisaran 1.5-1.7).
6. Jika daya ampere kamu setelah di cek masih dibawah 2.0 lalu kamu diminta oleh teknisi AC untuk mengganti kompresor dengan yang baru, itu tandanya teknisi AC itu sudah mulai nakal. Karena daya ampere diatas 2.0 lah sebagai patokan penggantian kompresor, dan kompresor itu tidak harus ganti baru, jika belum ada budget bisa di servis terlebih dahulu.

Dengan berbekal pengaetahuan dasar diatas, minimal bisa terhindar dari godaan teknisi AC yang nakal. Tapi kalau mau yang yakin-yakin aja, mending telp AJT aja biar gak repot.

Jangan sampai salah ya, AJT itu nomor telpnya 081212301095, bisa kamu hubungi via telp, SMS dan WA

No comments