Memaknai Arti Idul Fitri

Baju baru.. Alhamdulillah
tuk dipakai.. di hari raya
Tak punya pun.. tak apa-apa
Masih ada baju yang lama

Naaah... familiar dengan lagu di atas dong ? Lagu yang berjudul "Baju Baru" yang dinyanyikan oleh Dhea sangat terkenal sekali saat saya masih kecil. Sejak kecil, di mindset saya, kalau lebaran itu pasti identik dengan baju baru, suasana rumah kudu baru, pokoknya semua-muanya harus baru, WAJIB. Ya, waktu aku kecil juga pasti setiap tahun sebagai anak menagih apa yang menjadi hak aku untuk bisa membeli baju baru. Kayaknya kurang afdhol aja gitu kalau lebaran gak pakai baju baru, kaya ada yang kurang kalau gak pakai baju baru :) Tapi sejak aku berumah tangga arti lebaran bukan hanya sekedar beli baju baru. Tapi bagaimana kita bisa memaknai lebih daripada itu.

Caraku Memaknai Arti Iftar

Source : Zona makan (editing by me)

Kalau saat bulan puasa sering banget yah kita itu pasti dapat undangan ini, undangan itu. Belum lagi undangan teman SD, SMP, Kuliah, nah loh.. bulan puasa bukannya sibuk tadarusan malah sibuk bangets ngurusin jadwal buka puasa di luar deh :)

Dulu waktu saya masih sebagai karyawan selama sebulan penuh hampir setiap 2 hari sekali saya selalu mendapat undangan buka bersama dari vendor di hotel ini, restoran itu, dan sebagainya. Menggiurkan banget sih :) Buka puasa bersama juga ada tehniknya supaya ibadah lancar dan silahturahmi tetap terjaga. 

Anda Puas, Kami Lemas..

Istilah itu sering ya kita temukan. Sering lihat gak di tempat yang berjualan jamu. Kalau yang sering minum jamu (seperti saya) pasti tau. Ahh tapi gak penting bahas itu. Konteksnya lain kok. Bukan negatif ya. Ini lebih kepada soal pelayanan dari seorang seller terhadap buyernya.

Sekarang sudah jamannya gadget mania and social media. Sekali kamu merasa tidak puas terhadap suatu pelayanan, kamu akan share kekecewaan kamu di media umum seperti social media. Betul, apa betul? :) Karena saya termasuk yang terkadang melakukannya, tentunya dengan cara yang bijak dong :)

Tapi, pernahkah kamu, jika kamu merasa puas terhadap jasa dan produk satu penyedia toko kamu share juga kepuasan kamu di media sosial? Satu banding seribu kan yah? :)


Bersihkan Karang Gigimu sebelum terlambat

Karang Gigi - Doc : majalahdibalikwanita.blogspot.com

Karang Gigi apaan tuh ?

Saya yakin, bahwa teman-teman bisa menjelaskan apa itu Karang Gigi, bahkan setiap tahun pasti ada ritual untuk membersihkan karang gigi seperti saya :) "Lalu kenapa bertanya tentang Karang Gigi diatas lin?" karena yang bertanya itu adalah keponakan suami saya. Yup, yang bertanya adalah Tiwi, anak dari saudara suami saya, kebetulan Tiwi main ke rumah, saat ibunya mampir ke rumah, pas kebetulan saya dirumah, saya ketemu sama Tiwi :)

Singkat cerita, kemarin di sekolahnya ada checkup gigi gratis, dan sang dokter menjelaskan pentingnya membersihkan karang gigi, karena jika tidak dibersihkan nanti bisa ompong :)

Setelah mendengar cerita dari Tiwi, saya jadi ngeri alias serem, benar gak sih cuma gara-gara karang gigi, gigi kita bisa ompong. Akhirnya saya lagi-lagi menemui dokter keluarga saya, yaitu drg. Robert :)

Dok, Karang Gigi itu apa sih ?

Lin, karang gigi itu yah lapisan keras yang berwarna kuning yang berada sekeliling gigi. Simplenya, karang gigi itu terbentuk dari sisa makanan yang tidak dibersihkan secara benar saat kita menggosok gigi dan lama kelamaan menumpuk menjadi karang gigi. Jadi kalau kamu melihat di cermin ada lapisan warna kuning di gigi, nah itu tuh karang gigi.

Saya dengar dari keponakan saya, kalau karang gigi tidak dibersihkan, bisa membuat gigi ompong ya dok ?

Iya betul lin, tau gak kenapa? karena kalau kamu membiarkan karang gigi tanpa dibersihkan, maka karang gigi akan merambat ke gigi yang lain, dan akhirnya akan menyebabkan gigi goyang dan mudah lepas, karena karang gigi yang menumpuk bisa menyebabkan gigi terkikis.

Terus kalau mau membersihkan Karang Gigi harus ke dokter dong ? :)

Pada umumnya, untuk membersihkan karang gigi harus ke dokter gigi, karena karang gigi hanya bisa di hancurkan dengan alat yang namanya scaller, nah cuma dokter gigi yang punya alat seperti itu lin :)

Ada tips supaya karang gigi saya gak terlalu banyak dok ?

Gampang kok caranya lin, gini nih caranya :)

1. Sikat gigi 2x sehari secara rutin. 

Kita seikat gigi pagi dan malam, dan jangan malas loh, bangun tidur sebelum beraktivitas, sikat gigi, dan malam sebelum tidur, sikat gigi lagi. Namun kalau mau, seperti saya lin, tiap hari saya sikat gigi 3x, nah setelah makan siang, saya membersihkan gigi juga agar sisa makanan dari makan siang tidak terlalu malam mengendap di gigi.

2. Gunakan cengkeh untuk membersihkan gigi.

Caranya simple kok, siapin aja 5-7 cengkeh, blender aja, terus hasil blendernya digunakan untuk menggosok karang gigi, tapi jangan sampai di minum/makan yah cengkehnya :)

3. Makan apel 

Usahakan minimal 2-3 hari sekali makan apel, tapi jangan di kupas kulitnya yah, kalau saya biasa mengkonsumsi apel Grany Smith karena manfaat dan kandungan gizinya bagus untuk gigi :)

Tapi sebelum kamu ompong, sebelumnya gusi kamu akan berdarah karena karang gigi yang menumpuk, dan kalau sudah kena gusi berdarah maka dokter akan meminta kamu untuk menyembuhkan gusi berdarah terlebih dahulu sebelum.

Asal terjadinya Karang Gigi

Setiap org mempunyai derajat keasaman (pH) air liur yg berbeda2. So, terbentuknya karang gigi jg tdk sama utk setiap orang Bahkan ada lho yg gak punya karang gigi sama sekali :) Pertanyaannya, kondisi mulut & gigi yg spt apa yg berpotensial timbulnya karang gigi? Org2 yg memiliki pH tinggi >7, keadaan air liurnya adalah basa. 

Akibatnya mereka lebih mudah mengalami karang gigi. Semua makanan yang dikunyah tersebut bersifat asam. Karang gigi timbul karena pembentukan 'garam' yang disebabkan oleh bertemunya air liur yang bersifat basa dengan sisa2 makanan yg bersifat asam. Itulah yang dinamakan karang gigi. Biasanya karang gigi diawali dengan proses penimbunan plak. Plak itu adalah sisa makanan yang menempel di permukaan gigi. Akibat zat yang disebut glucan yang lama-kelamaan mengeras menjadi karang.

Karang gigi paling sering timbuldi area yang berdekatan dengan muara kelenjar air liur, yaitu di daerah gigi depan bawah, di dekat muara kelenjar submandibular, dan di area geraham atas kiri dan kanan karena berdekatan pula dengan muara kelenjar parotis.

Karang gigi umumnya menempel pada daerah leher (cervical) gigi. Biasanya diawali dengan terbentuknya karang di bagian permukaan dalam (lingual) gigi dan kemudian menjalar ke bagian depan (labial) gigi.

Tidak selamanya cinta itu menyakitkan..

Gorengan memang enak, tapi kalau cara dan minyak 
yang digunakan tidak tepat, bisa menyebabkan 
Kolesterol dan serangan Jantung loh .. MAU ?

Gorengan - Doc : ask-jansen.com

Siapa yang suka gorengan?? Ayooo tunjuk tangan! :) Pasti semua orang yang membaca tulisan ini tunjuk tangan, karena semua suka gorengan yah, apalagi mungkin bukan cuma suka, tapi cinta gorengan :) apalagi untuk yang kerja kantoran, karena kalau sore-sore lagi laper-lapernya menjelang magrib pasti keluar kantor cari gorengan :) dulu waktu aku masih kerja kantoran, gelar Gorengan Lovers melekat pada diriku (lebay mode on).

Gorengan itu memang enak, apalagi kalau dimakan jadi cemilan, surga dunia deh rasanya :)

Ya, hampir bisa dikatakan gorengan itu makanannya wajib orang Indonesia, kalau didata oleh BPS mungkin jumlah tukang gorengan di jakarta lebih banyak dari tukang bakso dan tukang mie ayam. Coba saja kita lihat di pinggir-pinggir jalan, pasti banyak pedagang yang menjajakan gorengan-gorengan. Bahkan keluargaku termasuk salah satu dari gorengan lovers (halaah..). Tapi, tahukah kamu di balik gorengan yang lezat dan enak itu terdapat penyakit yang membahayakan mengintai seperti kolesterol dan penyakit jantung? Huuww.. enak tapi menyeramkan yah?