Pengalamanku minum susu saat hamil


Tak terasa saat ini sudah jalan 16 minggu usia kehamilan saya, saya jadi baca-baca ulang diary kehamilan saya di Oline Pregnancy. Di trimester pertama ini ada 6 hal yang saya rasakan seperti mual-mual alias morning sickness, sembelit yang bikin pup bisa 2 hari sekali, sensitif terhadap bau yang jaraknya bisa sampai 100m, gampang capek jadi dikit-dikit harus duduk untuk istirahat, mudah ngantuk yang bawaannya mau tidur mulu dan yang terakhir rentan sakit yang alhasil kemarin saya sampai sakit ISPA sekitar 3 mingguan.



Waktu kunjungan dokter sih katanya 6 hal itu pasti dirasakan oleh wanita hamil di trimester pertama, kata dokter kandungan saya "Semua yang dirasakan itu akan hilang dengan sendirinya di trimester kedua, yang penting ibu caroline bisa menjaga kesehatan", namun saya sendiri berusaha untuk mencari cara untuk mengatasinya, seperti makan permen jahe sampai minum susu. Kalau permen jahe sudah saya coba dan hasilnya tidak terlalu berpengaruh, nah kalau urusan susu, jujur saja saya tidak suka minum susu, mungkin karena sejak kecil saya pernah di kasih susu namun bubuknya masih ada jadi trauma sampai sekarang, nah kalau terpaksa minum susu saat ini pastinya susu di aduk sempurna jadi tidak ada bubuknya, atau minum susu cair dalam kemasan.

Selama hamil ini jujur saja saya jarang minum susu hamil, karena setiap saya minum susu bawaannya mual dan eneg. Tapi menurut saya normal kok, orang Indonesia memang tidak suka minum susu, bukti data dari Kementrian Pertanian tahun 2016 bahwa konsumsi susu di Indonesia saat ini masih lebih rendah dibandingkan negara ASEAN lainnya, alasannya karena orang Indonesia saat minum susu merasa mual, menimbulkan diare bahkan sampai ada yang alergi susu. Padahal menurut Pakar gizi, dr. Rizal Alaydrus, MSc. menjelaskan, “Gejala mual, kembung, dan/atau diare setelah mengonsumi susu terjadi karena kandungan protein beta casein A1 dalam susu yang bereaksi dengan protein pencernaan lainnya di dalam tubuh, sehingga memicu gejala yang menyerupai intoleransi terhadap laktosa, seperti ketidaknyamanan perut, flatulensi (akumulasi gas berlebih dalam perut dari usus besar), kembung, dan diare yang terjadi setelah mengonsumsi produk susu”.

Saking penasarannya, protein A1 itu apa, saya minta ke suami saya untuk mencari tahu. Ternyata, dulu itu mayoritas sapi di seluruh dunia hanya menghasilkan protein A2, namun seiring dengan perkembangan waktu dan akibat mutasi genetik, banyak sapi yang menghasilkan protein A1 dan A2 dengan ratio 40% dan 60%.

Bedanya sapi A1+A2 dan sapi A2
Buat kamu yang belum tahu, sekarang susu A2 sedang naik daun loh, karena menjadikan susu sapi menjadi lebih baik dari sisi nutrisi ataupun toleransi terhadap tubuh, simplenya membuat badan lebih sehat dan gak eneg/mual bahkan muntah atau diare.

Apa ada Susu dari Sapi A2?

Kamu mungkin bertanya-tanya, kenapa? Karena Susu dari Sapi A2 yang hanya mengandung protein A2 (tanpa Protein A1) sehingga lebih mudah di cerna dan nyaman di perut. Karena saya sedang hamil dan ada kemungkinan saya mau mengkonsumsi susu, maka suami langsung meluncur ke supermartket, namun ternyata tidak membuahkan hasil, karena memang mayoritas susu bubuk dan susu kemasan di pasaran menggunakan kombinasi antara protein A1 dan A2, eh pucuk di cinta ulam tiba, gak dapet di supermarket malah ketemu di minimarket dekat rumah, namanya KIN Fresh Milk - Susu Berkelas Dari Sapi Teratas. Karena saya doyannya agak susah, jadinya suami beliin berbagai rasa. Dimana KIN Fresh Milk tersedia dalam 3 rasa yaitu Original, Chocolate dan Coffee.

KIN Fresh Milk dalam 3 varian - Doc: Pribadi

Gimana rasanya?

Pertama saya merasakan rasa Coffee, hm buat kamu yang suka kopi, susu ini sangat cocok karena rasanya seperti kamu minum kopi dan asiknya, kalau kamu minum Fresh Milk Coffee, kamu bisa merasakan kopi namun dengan vitamin susu. . Waktu baca di internet, Tiffany Pratiwi Suwandi, selaku Brand Manager KIN menjelaskan, “KIN Fresh Milk merupakan produk susu segar pertama di Indonesia yang berasal dari sapi A2 dan hadir sebagai pilihan yang lebih baik bagi konsumen, karena tidak menimbulkan rasa eneg atau kembung akibat minum susu. Susu dari sapi A2 ini adalah 100% susu segar, tanpa ada yang ditambahkan atau dikurangi pada kandungannya. KIN Fresh Milk hanya mengandung protein A2 yang lebih bersahabat untuk perut, sehingga lebih mudah dicerna dan diserap dalam tubuh”, pantesan aja waktu minum gak bikin eneg sama sekali.


KIN Fresh Milk Coffee - Doc: Pribadi

Sekarang saya nyobain rasa Chocolate, well ini sih rasa favorit saya, mulai dari es krim sampai gelato, saya sangat suka chocolate, ehh... kok malah ngalur ngidul sih, maksudnya susu, saya sangat suka rasa chocolate. Waktu saya rasanya, rasa chocolatenya lumayan manis namun tidak terlalu bikin eneg, jadi pas banget kalau di minum sebagai mood booster saat hamil sekarang.

KIN Fresh Milk Chocolate - Doc: Pribadi

Yang terakhir adalah yang berwarna merah, nah kalau yang satu ini kata Narend "Mami, mau dong susu rasa strawberry itu", eitss ... ternyata yang warnanya merah ini bukan rasa straberry, namun susu original, jadi benar-benar pas buat kamu yang suka rasa susu original.

KIN Fresh Milk Original - Doc: Pribadi

Kalau anak-anak suka gak KIN Fresh Milk?

Narend itu tipe anak yang pemilih seperti saya, terutama untuk yang di minumnya, pernah suatu ketika saya beli susu beraneka ragam, bisa sekitar 10 macam deh, namun paling hanya 1-2 susu yang di minum Narend, sisannya? Di minum ayahnya :p Nah awalnya saya lagi foto susu ini, langsung deh Narend minta susu yang botolnya berwarna merah (kalau kata Narend yang rasanya strawberry), ternyata dia suka, en waktu saya keluarin KIN Fresh Milk Chocolate malah menjadi-jadi, dia malah suka banget, alhasil seperti gambar dibawah, dikasih jempol sama Narend untuk rasa chocolate-nya.

KIN Fresh Milk Chocolate, top markotop - Doc: Pribadi

KIN Fresh Milk boleh di minum oleh wanita hamil?

Boleh banget, bahkan menurut saya, susu KIN Fresh Milk ini penyelamat saya loh, karena banyak susu kehamilan yang saya coba, mau rasa vanila atau chocolate, rasanya eneg dan malahan bikin mual (padahal sudah usia kehamilan 16 minggu), dengan minum KIN Fresh Milk, saya sudah tidak merasakan lagi mual dan eneg waktu minum susu, seperti kata Anton Budiharjo, Marketing Manager KIN bilang, “Sebagian orang banyak mengalami reaksi pada tubuhnya sesaat setelah mengonsumsi susu dan menganggap hal itu adalah normal. Reaksi yang dirasakan diantaranya adalah rasa tidak nyaman di perut seperti rasa kembung, eneg, bahkan mulas. Padahal seharusnya minum susu sama seperti kita mengonsumsi minuman lain yang tidak menimbulkan respon di perut. Banyak orang menduga hal ini disebabkan karena mereka lactose intolerant, padahal bisa jadi karena tubuhnya tidak dapat mencerna protein A1 yang terdapat dalam susu”. Wah solusi banget, brand KIN Fresh Milk, terbuat dari 100% susu segar, alami tanpa ada yang ditambahkan atau dikurangi kandungannya.


Mau tahu informasi lebih lanjut tentang KIN Fresh Milk?

Gampang kok, kamu bisa buka webnya di www.kindairy.com atau follow IG-nya di @kindairyid dan saat ini KIN Dairy Fresh Milk bisa di dapatkan tidak hanya di minimarket tapi juga supermarket :) Jangan lupa makan makanan sehat dan sempurnakan harimu dengan minum susu A2.

No comments