REVIEW & EXPERIENCE : OVALE MICELLAR CLEANSING WATER (FOR BRIGHTENING)


Yang namanya cewe itu pasti gak lepas ya sama yang namanya make up. Eits, mainan make up sih boleh-boleh aja, tapi jangan malas ataupun lupa bersihin wajah ya. Lupa bersihin wajah, bisa-bisa wajah cepet banget diserang sama yang namanya jerawat. Nyebelin? Ah udah pasti. Karena saya pernah mengalaminya kira-kira setahun yang lalu. Penyebabnya simple sih, saya tidak melakukan yang namanya double cleansing, tidak melakukan pembersihan wajah secara teratur, berganti-ganti skincare dalam waktu dekat, dan sebagainya. Jadilah timbullah berbagai macam masalah kulit. Alhamdulillahnya kulit saya sudah back to normal, setelah setahun penuh saya melakukan full treatment, dan saat ini saya bisa mencoba lagi beberapa skincare.

Kalau dengar nama Ovale, nama ini udah familiar banget di telinga saya, karena sejak dulu saya pengguna setia Ovale Facial Lotion. Gak tau juga dinamakan facial lotion itu kenapa sih, yang pasti saya gunakan si Ovale ini untuk membersihkan wajah, which is setelah facial foam. 


Nah, akhir-akhir ini nama Micellar Water sebagai pembersih wajah sangat-sangat happening. Hampir seluruh brand mengeluarkan jenis micellar water, seperti Ovale ini. Nah, sebenarnya apa sih micellar water itu?

Apa Itu Micellar Water?

Micellar Water ini diciptakan sudah sejak lama sebagai pengganti air saat penduduk Prancis kekurangan air. 

Micellar water mengandung micelle, yaitu partikel berukuran kecil yang dapat berfungsi sebagai magnet untuk menyedot kotoran, minyak dan make up di wajah hingga bersih. 

Istilah 'air' disini bukanlah toner, milk cleanser ataupun facial wash, tapi pembersih wajah yang bisa mengangkat kotoran, debu ataupun make up secara singkat tanpa perlu dibilas. Dan katanya micellar water ini juga bisa dipakai untuk membersihkan area mata dan bibir.

Apa Perbedaan Micellar Water dengan Pembersih Biasa?

Micellar Water bisa membersihkan kulit wajah sekaligus merawat kulit karena berbahan dasar air. Teknologi micellar memungkinkan partikel pembersih bergabung menjadi lingkaran micellar lalu menangkap kotoran, debu, sisa make up. Micellar Water yang mengandung glycerin bisa melembabkan dan melindungi kulit wajah dan biasanya micellar water juga bebas dari alkohol. Jadi aman dipakai untuk kulit yang sangat sensitif. Kalau pembersih biasa, biasanya suka meninggalkan rasa lengket di kulit wajah, dan suka menimbulkan iritasi ataupun kering. 

Lalu apakah fungsinya sama Micellar Water dengan Toner?

Mungkin bagi sebagian orang masih bingung membedakan keduanya. Keduanya cairannya sama-sama bening, cair, warnanya sama pula, so dimana letak perbedaannya? Jangan khawatir, dulu saya juga begitu kok 😀 Tapi sejak saya memperdalam ilmu skincare, saya jadi sedikit demi sedikit paham perbedaannya. 

Toner itu adalah sebenarnya lotion, yang digunakan untuk membersihkan kulit. Toner menghilangkan sel-sel kulit mati setelah exfoliasi (pengelupasan sel kulit mati). Jenisnya beragam, ada yang menyeimbangkan pH, membersihkan, memberikan kelembaban, dll. Dan fungsi toner adalah untuk mengecilkan pori-pori dan mempersiapkan kulit wajah kita untuk pemakaian skincare atau make up selanjutnya. Toner dipakai setelah pembersih wajah. 

Sedangkan micellar water adalah cairan pembersih wajah untuk mengangkat kotoran di kulit wajah. Micellar water dipakai setelah tahapan facial wash. 

Jadi, sekarang paham ya, bahwa micellar water tidaklah sama dengan toner. 

Oke, sekarang saya mau bahas tentang Ovale Micellar Water. Kali ini untuk yang seri brightening ukuran 200 ml. 


Packaging

Dari segi packaging cukup simple ya, seperti micellar water brand lainnya juga. Tutup botolnya juga berdesain flip top, sangat mudah dibuka tutup. Warna tutupnya berwarna pink, saya suka banget 😊 Botlnya berwarna bening, jadi kita bisa melihat cairannya dari luar. Sebenarnya Ovale Micellar Water ini terdiri dari 2 varian, yaitu Brightening Skin yang tutup botolnya berwarna pink, dan Birghtening for Acne Skin yang tutup botolnya berwarna hijau untuk kulit berjerawat dan berminyak. Dan untuk ukurannya terdiri dari 2 ukuran, yaitu 100 ml dan 200 ml. 

Ingredients

Kandungannya kalau dilihat dari kemasan botol bagian belakang terdiri dari 

Aqua, Propanediol, Poloxamer 184, BHT, Butylene Glycol, Magnolia Sieboldi Extract, PEG-7 Glyceryl Cocoate, Phenoxyethanol, Ethylhexylglycerin, Panthenol, PEG-40 Hydrogenated Caster Oil, Polysorbate 20, PEG-20 Glyceryl Laurate, Tocopherol, Linoleic Acid, Retinyl Palmitate, Caprylic/Capric Triglyceride, Sodium Chloride, Disodium EDTA.


Sedangkan kalau dari kemasan bagian depan, deskripsi produknya menjelaskan bahwa Ovale Micellar Water ini Hypoallergenic Tested, Dermatollogy Tested, Fragrance and Alcohol Free

Hypoallergenic tested adalah label yang sering dipakai di beberapa produk kecantikan, yang menandakan bahwa produk tersebut seminimal mungkin tidak menimbulkan alergi. 

Dermatology tested adalah produk ini sudah diuji coba oleh seorang dokter kulit dan terbukti tidak menyebabkan iritasi kulit. 

Produk ini diklaim katanya fragrance free atau tidak ada wangi apapun, tapi saya masih mencium sedikit wewangian pada micellar water ini. Tapi tidak terlalu strong. Jadi tidak terlalu mengganggu.

Panthenol adalah Provitamin B5 yang bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit. Sangat cocok untuk iklim tropis di Indonesia. 

Butylene Glycol berguna untuk mendinginkan kulit. 

Produk ini juga diklaim tidak ada kandungan alkoholnya. Jadi mungkin aman untuk kulit yang sensitif. Walaupun saya percaya tidak ada satu produk yang benar-benar bebas dari reaksi alergi. Ini reaksinya akan berbeda bila kamu memiliki keturunan alergi. Tapi setidaknya Ovale ini untuk kandungan alerginya sedikit sekali. 



How to Use

Cara penggunaannya mudah aja sih. Tinggal dituang ke kapas, lalu usapkan ke seluruh wajah dengan gerakan keatas perlahan-lahan. 

My Experience

Saya sudah mencoba produk ini sekitar hampir 2 minggu (sejak tanggal 17 Juni 2018 - 26 Juni 2018). Dan saya menggunakan Ovale Micellar Water ini untuk membersihkan kotoran yaitu setelah penggunaan facial wash sebagai double cleansing. Cukup efektif bisa menghilangkan kotoran. Baik penggunaan pagi hari maupun malam hari.

Selama penggunaan hampir 2 minggu kulit saya tidak ada masalah apa-apa. Jadi saya bisa simpulkan kulit saya cocok dengan Ovale Micellar Water ini. 

Saya mencoba experience dengan swatch beberapa jenis make up di tangan saya, lalu saya coba bersihkan dengan menggunakan Ovale Micellar Water, hasilnya bisa kamu lihat di bawah ini. 

(Ki-Ka : Eyeliner Maybelline Waterresistant - Dissy LipMatte Waterproof - Wet n Wild Megalast Liquid Catsuit Metallic Lipstik)

Setelah saya coba bersihkan dengan menggunakan Ovale Micellar Water, hasilnya seperti ini


Cukup terhapus ya.

Kalau bisa saya simpulkan Ovale Micellar Water ini bisa dipakai untuk menghapus jenis make up yang light or heavy. Hanya saja kalau heavy make up harus dilakukan berulang-ulang ya, supaya benar-benar terhapus. 

Kalau lipstik and eyeliner saja bisa terhapus, berarti bisa juga untuk membersihkan debu-debu (daily used).

Bisa Dibeli Dimana?

Sepertinya untuk Ovale Micellar Water ini gak susah untuk mendapatkannya. Ada di beberapa online and offline store. 

Oke segitu dulu review and experience saya tentang Ovale Micellar Water ini. Semoga bermanfaat ya.

No comments