ART IN THE MONTESSORI ENVIRONMENT WITH NIPPON SPOT-LESS PLUS


Saya yakin 100%, setiap orangtua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Baik dalam hal nutrisi, perkembangan sosial, emosional serta kognitif anak. Dengan memahami perkembangan anak di tiap fase kehidupannya, anak kita akan berpikir kritis, inovatif yang berguna untuk perkembangan otak dan bekal mereka di masa depan, khususnya jika mereka bisa mengapresiasikan karyanya melalui karya seni. Memang ada sih beberapa orang yang menganggap belajar seni itu tergantung hobby si anak, tapi ternyata seni itu bisa dipelajari dan banyak kegunaannya lho.

Untuk itulah Nippon Paint bersama IndonesiaMontessori.com (IMC) menyelenggarakan acara Nippon Spot-Less Plus and Art in the Montessori Environment di Mamain Eat & Play Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Kebetulan acara ini bertepatan dengan weekend, saya mengajak suami dan Narend, karena disini juga ada small playgroundnya. 






Assistant General Manager Nippon Paint Indonesia, Mark Liew mengatakan Nippon Paint sebagai no. 1 Asia mengadakan kampanye Rumah Sehat untuk Keluarga Indonesia. Melalui Nippon Spot-Less Plus, mereka membantu orangtua menyediakan Rumah Sehat melalui tiga fungsi utama yaitu bebas kuman, bebas aktivitas dan aman bagi kesehatan.

Menurut survey yang dilakukan pada 200 orangtua di tahun 2017, anak-anak dari 70% orangtua banyak menghabiskan waktunya di dalam ruangan sekitar 8-20 jam setiap harinya. Dan dinding adalah permukaan yang paling sering disentuh. Setelah saya pikir-pikir, iya bener juga sih. Dan otomatis dinding adalah paling banyak kumannya. Habis makan menyentuh dinding, ingin menggambar, menyentuh dinding, dan sebagainya. 



Melihat kenyataan itu, untuk itulah Nippon Paint meluncurkan Nippon Paint Spot-Less Plus dengan formula Silver-Ion yang sudah lulus uji anti-mirkobial dari SETSCO (lembaga akreditasi dari Singapura), yang mampu membasmi bakteri pada dinding. Jadi kalau anak kita bermain di sekitar dinding, kita jadi aman dari kuman. 

Nippon Paint Spot-Less Plus dilengkapi dengan Stain-Guard, yaitu orangtua bisa dengan mudah membersihkan noda yang ada pada dinding akibat eksplorasi dan kreativitas anak pada dinding rumah. Yang punya balita di rumahnya pasti tidak luput dari dinding yang kotor akibat coretan kreatifnya 😂 Dan di acara ini juga ada demo Stain-Guard tersebut pada sebuah bidang yang dianggap dinding, lalu diberikan noda berupa makanan, ataupun coretan pensil. Tinggal disemprot saja dengan air, lalu dibersihkan dengan lap dengan bahan lembut, sudah bisa hilang. 


Selain itu juga Nippon Paint Spot-Less Plus juga tidak mengandung VOC (Volatile Organic Compound) sehingga penghuni rumah, terutama anak kita bisa nyaman bernafas.

Ohya, Nippon Paint Spot-Less Plus juga hadir dalam varian warna yang banyak, sebanyak 10.000 warna. Ada warna-warna nude, saya jadi kepikiran ingin cat warna nude pelangi untuk kamar Narend nantinya 😋



Di acara itu juga hadir Elvina Lim Kusumo, sang pendiri dan juga founder IMC serta penulis seri buku Montessori di rumah. Kebetulan saya juga punya buku tentang pembelajaran Montessori di rumah. 


Di acara ini Elvina menyampaikan bahwa kalau mendidik anak perlu mendukung penggunaan semua indranya supaya memaksimalkan pengalaman belajarnya, salah satunya melalui indera peraba (tangan), jadi anak bisa mengenal sesuatu dengan memegang benda apapun yang dia lihat. 

Elvina memiliki 2 orang anak di rumah. Elvina selalu menerapkan pola pembelajaran bebas eksplorasi pada kedua anak-anaknya. Karena anak itu butuh pembelajaran seni karena membuat anak kita bisa berpikir kritis dan peduli terhadap lingkungannya. Di acara ini juga Elvina membagi tipsnya bagaimana menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman bagi keluarga, yaitu :
  • ruangan haruslah kondusif
  • rak kegiatan yang mudah diakses
  • anak bebas belajar dimana saja, bisa di karpet, ruang belajar, ruang keluarga, dan sebagainya
  • Berikan hiasan dinding netral di kamarnya (lukisan anak, foto, poster dan museum).
  • Jika kita ingin menempelkan foto-foto di kamarnya, berikan ukuran yang real size supaya anak-anak tahu ukuran real object tersebut.
  • Ciptakan ruangan yang nyaman, indah dan suasana hangat 
  • Di sudut ruangan bisa ditaruh hewan peliharaan
  • Ciptakan sudut ruangan dengan pilihan bacaan yang mengundang dan sesuai ketertarikan anak.

Kesimpulan

Yang pasti saya senang sekali bisa hadir di acara ini. Selain ini bisa untuk family time untuk saya dan keluarga, saya jadi belajar banyak tentang pembelajaran Montessori itu ternyata mudah dan banyak sekali manfaatnya, serta sebenarnya mudah diterapkan. Dan yang paling penting, sebagai orangtua, perbanyaklah berikan waktu eksplorasi kepada anak, terutama masa-masa golden age, karena disaat itulah otaknya sudah mulai berkembang menjadi lebih kompleks. Jadi kalau dinding rumahnya mau dicorat-coret, biarkan saja ya moms, kan udah pakai Nippon Paint Spot-Less Plus, jadi udah gak ada kata khawatir lagi susah dibersihkan  😊

Ada yang sudah menerapkan montessori lesson juga di rumah? 😊


2 comments

  1. cat yang cocok buat ruang bermain anak huhu seoga bisa kebeli soale aku kepengen banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul Mir. Aku juga lagi rencana pengen bikin kamar anak yg nyaman :)

      Delete