REVIEW MU TOUCH GOAT'S MILK


Siapa yang me time-nya itu mandi salah satunya? Coba ngacung dong! 😊 Saya rasa diantara kesibukan kita yang begitu banyak pasti mandi adalah salah satu best moment that you ever had! πŸ˜‹karena dengan mandi kita bisa relaksasi sekaligus juga bisa refreshing dari rutinitas kita sehari-hari. Tapi kalau mandi dengan sabun dari susu kambing dan sabun halal, ini pengalaman pertama untuk saya. Kosmetik halal? Seberapa pentingnya untuk saya sebagai seorang muslim? Nanti saya bahas di bawah ya. 

Jadi saya sedang mendapat 1 paket kecantikan perawatan badan lengkap dari Mutouch berupa sabun, body lotion dan body serum spray. Kamu sudah pernah mendengarnya? Atau malahan sering menggunakan produk ini? Kalau saya sih pernah dengar brand ini karena saya sering banget wara-wiri ke Guardian, cuma baru kali ini saya mencobanya πŸ˜‰


Sebelum saya share tentang pengalaman saya menggunakan produk Mutouch, saya mau share dulu nih, kenapa sih produk kecantikan itu penting banget label halalnya?

Jadi tanggal 7 Agustus 2018 lalu saya hadir di acara blogger gathering bersama Mutouch bertempat di Harlequin Bistro, Kemang Jakarta Selatan. Acara ini selain networking, talkshow sekaligus memperkenalkan juga kepada audience bahwa sekarang produk Mutouch sudah ada label halalnya. 

Pak Sana Lee perwakilan dari Mutouch menceritakan awal perkembangan Mutouch. Mutouch mulai ada di tahun 2008. Mutouch ini adalah develop industri dari Singapore. Dalam hal teknologi dan bahan bakunya semua dari east dan west. Sudah dipastikan aman untuk konsumen. 


Lalu kenapa harganya premium? Karena semua bahan-bahan yang dipakai untuk Mutouch ini adalah hampir 100% alami, yaitu dari campuran susu kambing. Seperti kita tahu, susu kambing itu sangat baik untuk kesehatan dan juga kecantikan. 



Beberapa manfaat susu kambing untuk kecantikan diantaranya adalah, susu kambing kaya akan anti-oksidan, yang bisa melawan radikal bebas penyebab penuaan kulit. Susu kambing membantu proses regenerasi kulit. Susu kambing memiliki kandungan Alpha-Hydroxyl Acid (AHA) yang pasti kamu sudah sangat familiar, sangat baik untuk kelembaban kulit. Bisa sebagai eksofoliator yang ampuh dan juga bisa untuk membantu menghilangkan noda dan jerawat. 

Kalau saya sih sering mendengar masker kefir, nah itu katanya untuk mengurangi garis-garis penuaan. Nah, kali ini bisa kita temukan dalam bentuk sabun, handbody dan juga body serum spray pada Mutouch. Untuk itulah Mutouch bahan bakunya menggunakan susu kambing. Produk awal dari Mutouch adalah dulu berupa sabun cair. Tapi seiring perkembangan zaman, Mutouch sudah dilengkapi dengan shower scrub dan sebagainya. Sesuai dengan kebutuhan zaman. 

Pak Sana Lee juga menjelaskan kenapa sekarang produk kecantikan kiblatnya mengarah kepada halal? Dan seberapa penting label halal pada produk kecantikan itu? Karena ternyata tidak semua produk kecantikan yang mengklaim dirinya halal, tidak sesungguhnya halal lho. Semua produk kosmetik pasti ada campuran kimianya, walaupun hanya 10% nya saja. 

Adapun bahan-bahan yang harus diperhatikan kandungan dan prosesnya halal atau tidaknya yaitu : Pertama, Gliserin, Gliserin ini adlaah lemak yang biasa digunakan untuk lipstik. Tapi kita juga harus tahu, lemaknya dari hewan apa? Apakah kambing? Atau jangan-jangan babi? Lalu kedua yaitu : Alkohol, alkoholnya darimana? Dan yang terakhir adalah kolagen. Kita tahu kolagen adalah lemak yang sangat baik untuk kulit, untuk menambah kekenyalan pada kulit. Tapi kolagen yang digunakan untuk produk tersebut berasal darimana? 

Mutouch berani mengklaim dirinya 100% halal karena semua produknya baik dari hulu maupun ke hilir dipantau seutuhnya. Dan bahan-bahan yang dipakai memang dari alami. Campuran kimianya juga hanya sepersekian persen. Konsep dan misi dari Mutouch adalah mengarah ke senatural mungkin. 

Dulu market dari Mutouch adalah di Asia Tengara. Lalu mulai tahun 2019 ini pemerintah Indonesia mulai memberlakukan semua produk kecantikan harus ada label halalnya. Saya sangat-sangat paham bahwa mengurus perijinan halal itu tidaklah mudah. Karena MUI sangat memperhatikan proses pembuatannya dari pemilihan bahan sampai pemasarannya bagaimana. Untuk itulah per tanggal 2 Januari 2019 lalu, Mutouch mendapat sertifikat halal dari MUI. 

Finally, saya jadi tahu kenapa label halal itu penting untuk masyarakat muslim. Karena memang supaya orang tahu bahwa produk ini sudah melalui tahap survey dari MUI dan memang benar dinyatakan halal. 

Ada 3 kategori baru dari Mutouch, yaitu Mutouch Daily Shower Scrub (Argan Oil), Body Serum Sprat (whitening, revitilizing, moisturising), dan Mutouch Daily Skin Protection Body Lotion with Red Snow.

Nah, sekarang saya mau review pemakaian saya dengan Mutouch. Saya sudah pakai sekitar 2 minggu. 

MUTOUCH SHOWER SCRUB
Goat's Milk with Argan Oil and Walnut


Start dari packagingnya. Saya mendapat yang ukuran 950 ml (big size), bentuk botolnya adalah  model pump, jadi bisa dengan mudah mengontrol pemakaian untuk keluarga. 

Mutouch Shower Scrub Walnut dan Argan Oil ini adalah varian terbaru dari Mutouch. Memiliki kandungan berupa :

Moroccan Argan Oil, berguna untuk mengurangi inflamasi pada kulit, mempertahankan dan memperbaharui kelembaban kulit, menetralkan radikal bebas, mengembalikan ketahanan kulit dan mengurangi kerutan. 

Natural Walnut Beads, terbuat dari walnut asli yang berguna untuk mengeksfoliasi kulit mati dan meremajakan kulit, membersihkan sel kulit mati, dan membuat kulit tampak lebih cerah. Saat ini banyak produk scrub yang mengunakan plastic microbeads seperti Polyethylene (PE), Polypropylene (PP), Polyethylene terephthalate (PET), Polymethyl methacrylate (PMMA), dimana produk dengan plastic microbeads ini tidak aman digunakan bagi kulit karena dapat menyebabkan kulit iritasi dan alergi, dan juga plastic microbeads ini tidak dapat larut dalam air, sehingga akan mengendap dan termakan oleh ekosistem laut yang menjadi konsumsi manusia.

Goat’s Milk, kandungan susu kambing yang kaya akan pelembab, menjadikan kulit senantiasa lembut, lembab dan elastis.

Saat saya mencoba sabun ini untuk mandi, saya agak kaget bahwa ini adalah shower scrub, karena butiran scrubnya saat dipakai gak kerasa sakit. Butirannya tidak besar-besar seperti sabun lainnya. Makanya di awal saya pakai, saya gak tahu kalau ini ternyata adalah shower scrub πŸ˜‰

Terus sabun ini juga menghasilkan busa sabun yang luar biasa banyaknya (saya mandi menggunakan shower puff). Saya suka kalau sabun yang sabunnya banyak πŸ˜‰ Dan plus sabun ini juga setelah dibilas tidak meninggalkan kulit licin ataupun kering. Karena beberapa yang saya tahu kalau sabun scrub itu biasanya bikin kulit kering, apalagi kalau dipakai tiap hari. Karena ini butirannya tidak terlalu besar, jadi bisa digunakan sehari-hari dan gak bikin kulit saya kering. Terlebih lagi saat ini saya sedang hamil, jadi bener-bener sensitif sekali kalau pakai sabun yang bikin alergi atau kulit kering. 

Saat mandi, biasanya saya memakai 2 pump saja di shower puff.

MUTOCH BODY LOTION
Goat's Milk Body Lotion with Pearl and Mulberry



Mengandung mutiara dan buah Mulberry yang berguna untuk melembabkan. Setelah mandi saya lanjutkan dengan pemakaian hand body lotion ini. Body Lotion ini tidak membuat kulit lengket, cepat meresap ke dalam kulit. Ukuran 400ml ini sangat hemat dipakai di rumah untuk keluarga. 

MUTOUCH BODY LOTION
Goat's Milk Firming and Smoothing Body Lotion with Collagen and Vitamin E.




Mengandung collagen yang berfungsi untuk menjaga kekenyalan dan elastisitas pada kulit secara alami serta mengurangi kerutan-kerutan halus. Dan juga vitamin E nya berguna untuk merawat kulit senantiasa sehat. 

MUTOUCH BODY SERUM SPRAY
Revitilizing




Produk kedua adalah Mutouch Body Serum Spray. Mengandung Arbutin (yang berfungsi untuk memutihkan kulit secara alami) dan Collagen (untuk mengencangkan kulit).

Ini katanya inovasi pertama dari Mutouch untuk body serum dalam bentuk spray. Jadi ini sebenarnya body lotion tapi bentuknya spray. Memiliki molekul yang lebih kecil daripada lotion biasa, membuat proses penyerapan ke dalam kulit jadi lebih baik dan optimal dan juga kulit saya bisa ternutrisi secara cepat.

Kelebihannya, karena ukurannya sangat compact yaitu 95 ml, jadi sangat mudah dibawa-bawa di tas saya. Mudah juga dipakai. Misalnya saya sedang dalam perjalanan, langsung semprot aja si body serum spray ini. 

Kalau yang seri revitilizing berguna untuk whitening dan firming. Biasanya saya menggunakan ini saat saya sedang mobile saja. Kalau di rumah saya menggunakan seri Mutouch Goat's Milk Body Lotion

MUTOUCH BODY SERUM SPRAY
Hydrating




Mengandung Arbutin, Argan Oil, dan Shea Butter. Ada kandungan shea butternya, yang berguna untuk melembabkan kulit. 

Cara Penggunaan : Cukup semprotkan aja ke bagian kulit yang diinginkan, ratakan, gitu aja. Seperti kita pakai body lotion biasa. 

Ini pengalaman saya pertama kali pakai hand body tapi bentuknya spray πŸ˜‰

Saat disemprotkan dia bentuknya seperti handbody tapi lebih cair

Doc : Pribadi

Karena formulanya spray, jadi lumayan cepat meresap ke kulit. Wanginya juga bener-bener strong. Pas banget kalau lagi travelling atau mobile, udara panas di jalan, butuh hand body yang seperti ini. 

Doc : Pribadi

Kalau ditanya diantara keduanya, saya lebih suka yang warna biru, Body Serum Spray Hydrating. Mungkin karena ada kandungan shea butternya yang seperti wangi susu dan juga saya sedang hamil, agak sensitif sama wangi yang strong tapi bikin mual. Tapi yang shea butter sih alhamdulilahnya gak bikin saya mual. 

Seneng dapat produk kecantikan yang sudah teruji kehalalannya karena semua terbuat dari bahan-bahan alami. Saya jadi gak khawatir lagi deh πŸ˜‰



No comments