Le Minerale dan Ikatan Dokter Indonesia Sosialisasi Masyarakat Indonesia Tentang Manfaat Minum Air Mineral Melalui Gerakan Indonesia Sehat


Kesadaran masyarakat akan kesehatan masih dalam level yang sangat rendah dan cenderung mengkhawatirkan. Pernyataan ini didasari oleh masih banyaknya orang yang menyepelekan gaya hidup sehat layaknya dengan masih merokok/vape, menyukai makanan berminyak/gorengan dan berbagai hal lainnya. Gaya hidup masyarakat yang masih sangat rendah inilah yang membuat angka penderita beberapa jenis penyakit berbahaya masih tinggi (Menkes RI).

Le Minerale Mayora. Siapa sih dari kamu yang suka naik kendaraan pribadi setiap hari? Well saya yakin banyak sekali, eitss... kalau saya sih gak pakai kendaraan pribadi, melainkan taksi online atau ojek online ... kayaknya sama ya ^^ Buat kamu yang setiap hari naik kendaraan umum, bergembiralah, karena apa? karena secara tidak sadar setiap hari kamu sudah melakukan olahraga setiap berangkat dan pulang kantor. Kok bisa? hm... mulai dari pertama saat kamu menunggu bis, butuh waktu lama untuk menunggu, waktu kamu sudah naik bis belum tentu kamu bisa dapat duduk terkadang dari mulai naik sampai di tujuan harus berdiri bergelantungan, dan terkadang turun dari bis masih butuh waktu untuk berjalan, karena dari bis ke kantor butuh berjalan 5-10 menit. Dari situ saja, bisa dibilang kamu melakukan orahraga ringan 1 hari pulang pergi sekitar 30 menit - 2 jam. Tapi apakah itu bisa di bilang sehat?

One Week Healthy Challenge

Saya jadi ingat waktu suami tempo hari ke dokter umum, waktu itu dia sih lagi sakit batuk-pilek, tapi selain membahas sakit batuk-pilek, kata dokter suami sudah overweight, dan sudah harus mulai melakukan diet, waktu itu dihitung IMT (Index Massa Tubuh) atau orang-orang biasanya mengenalnya dengan sebutan BMI, nilainya sampai 31.



PR banget deh menurunkan berat badan, apalagi waktu ditanya oleh dokter, apakah suami biasa olahaga, nah suami bilang ke dokter, bahwa dia selalu olahraga waktu car free day hari minggu dari jam 6 -9 pagi. Langsung saja dokter bilang "Pak Eko, lebih baik olahraga itu dilakukan setiap hari 20 menit, daripada seminggu sekali 3 jam". Secara logika memang benar bahwa lebih baik olahraga dilakukan setiap hari secara displin dalam waktu singkat daripada olahraga selama 3 jam namun sekali seminggu. Selain olahraga, dokternya juga mengharuskan minum air putih secara rutin setiap hari, dan meminta suami saya untuk melakukan One Week Healthy Challenge yaitu memulai hidup sehat selama 1 minggu dan minggu depan balik lagi untuk kontrol batuk-pilek untuk menceritakan pengalaman selama 1 minggu itu. Lah, trus apa hubungannya antara olahraga dan minum air?

Manfaat Minum Air Mineral

Buat kamu minum air mineral alami itu mungkin sekedar menghilangkan dahaga, namun ternyata banyak manfaat untuk tubuh, seperti :

1. Mencegah dehidrasi
2. Membantu mengendalikan asupan kalori tubuh
3. Menjaga kesehatan kulit agar tidak kering dan keriput
4. Membantu proses pembuangan sisa-sisa makanan dari keringat.

Dari situ saya makin sadar bahwa air minum berkualitas itu penting bagi tubuh kita, apalagi air mineral terbaik,  berbeda dengan air minum pada umumnya (yang hanya mencover point nomor 1), waktu saya searching kandungan air mineral itu berbeda dengan air pada umumnya, karena terfilter secara alami dari dalam tanah dan melewati berbagai lapisan bumi serta bebatuan kaya akan mineral. Dan tidak semua air minum dalam kemasan itu sama walaupun diambil dari gunung, namun harus benar-benar air minum pegunungan dan buat saya air kemasan yang saya minum memiliki syarat utama air minum kemasan yang aman karena airnya harus di proses secara aman dan higienis.

3 Pilar Gerakan Indonesia Sehat

Kalau berbicara tentang bagaimana hidup sehat, alhamdulillah beberapa waktu lalu, tepatnya tanggal 16 Juli 2018 mengikuti Talkshow Gerakan Indonesia Sehat yang diadakan oleh Le Minerale yang bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia, dimana pembicaranya sudah tidak diragukan lagi mulai dari Bpk. Febri Hutama, selaku Marketing Manager RTD Coffee & Water PT. Mayora Indah, Tbk, lalu ada Dr. Ulul Albab SpOg, perwakilan dari Ikatan Dokter Indonesia, lalu ada Reisa Broto Asmoro, selaku Brand Ambassador Le Minerale dan Pramesthi Prasasya, Senior Brand Manager of Le Minerale.


Menurut Reisa yang saat ini sedang menyusui, dia bilang "olahraga setiap hari minimal 20 menit sehari, makan makanan gizi seimbang dan minum minumal 4 liter sehari menjadi bagian dan gaya hidupnya sehari-hari, apalagi anak-anak jadi ikutan di rumah". Sedangkan Dr. Ulul mengatakan bahwa "Intinya bukan seberapa jauh KM-nya atau bagaimana cara berlari, namun lebih ke arah intensitas, 15-20 menit sehari serta mengkonsumsi air mineral 3 liter sehari sudah cukup". Sedangkan target Le Minerale Water Run 2018 menurut pak Febri "Tahun 2017 lalu target peserta hanya 2000, namun tahun 2018 ini meningkat menjadi 7000 dan dengan 2 kota yang berbeda".

Buat kamu yang belum tahu, Gerakan Indonesia Sehat itu dimulai sejak tahun 2016 , dimana Le Minerale dan IDI menyuarakan bagaimana pola hidup sehat dengan mengadakan Le Minerale Water Run. Tahun 2018 ini diadakan di dua kota besar yaitu Jakarta dan Surabaya. Selain itu juga ada sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat di seluruh Indonesia, tepatnya di 100 rumah sakit dengan membagikan dua juta botol minum Le Minerale kepada pengunjung rumah sakit.

Le Minerale Water Run 2018

Acara rutin kedua dari Le Minerale ini, kali ini diadakan di Sarinah Tamrin - Jakarta pada 22 Juli 2018 lalu dan nanti 5 Agustus 2018 akan dilaksanakan di Grand City - Surabaya, dengan target 7000 peserta yang dibagi menjadi 2 kategori Fun Run 5K dan Family Run 2K (dipersenjatai watergun, jadi sepanjang rute bisa saling tembak-tembakan).


#1 Move Right

Pilar pertama ini adalah bagaimana kita olahraga secara teratur, dimana olahraga itu memegang peranan penting sesuai pembagian usia, seperti: saat sekolah bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan fisik, mental dan intelektual. Usia kerja produktif, bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan produktivitas kerja, dan yang terakhir saat usia lanjut, bermanfaat untuk mencegah penyakit kronis.

Yang penting, olahraga secara teratur setiap hari 10-20 menit, daripada olahraga seminggu sekali 2-3 jam


#2 Eat Right

Pilar kedua ini lebih ke arah bagaimana kita mengkonsumsi makanan bergizi seimbang. Dimana makanan sehat itu lebih ke arah makanan yang memiliki protein dan karbohidrat yang sesuai kebutuhan kalori perhari, serta jangan lupa nutrisi tambahan seperti sayur dan buah, dan yang terpenting menggunakan minyak, gula dan garam secara tidak berlebihan.

Belum tentu makanan yang mahal itu bergizi seimbang, saat mengkonsumsi makanan pilihlah makanan yang tepat dan sesuai dengan gizi yang kamu butuhkan


#3 Drink Right

Pilar ketiga ini lebih ke arah bagaimana kita minum air sesuai dengan kebutuhan kita setiap hari, mulai dari minum minimal 8 gelas setiap hari, hindari minuman bersoda, berpengawet, mengandung glukosa dan kafein tinggi. Selain itu saat meminum air juga ada waktu-waktu yang disarankan, seperti 1 gelas saat bangun tidur, 1 gelas sebelum/setelah sarapan/makan siang/makan malam, 1 gelas sebelum tidur. Namun menurut saya tidak hanya jumlah dan waktu mengkonsumsi air minum, namun juga air yang diminum itu adalah air mineral, seperti yang saya sebutkan diatas, air mineral itu memiliki banyak manfaat dibandingkan dengan air minum pada umumnya. Nah menurut kamu apa merek air mineral sehat yang akan kamu pilih? Kalau saya pribadi memilih air minum Le Minerale.

Le Minerale

Yup salah satu pilihan saya adalah produk air mineral dalam kemasan yang di produksi oleh PT. Tirta Fresindo Jaya,  yang merupakan salah satu anak perusahaan dari Mayora Group. Le Minerale berasal dari sumber mata air Le Minerale pegunungan terpilih yang terfilter secara alami ke dalam tanah dan melewati berbagai lapisan bumi serta bebatuan yang kaya akan mineral, proses tersebut akan menghasilkan air yang kaya akan mineral alami yang baik untuk tubuh. Selain itu Le Minerale dikemas secara khusus dan disegel sehingga aman dari pemalsuan dan menjaga kandungan mineralnya tetap utuh sampai ke tangan masyarakat Indonesia.


Seperti yang dibahas diatas, air Le Minerale itu memiliki manfaat Le Minerale, yaitu komposisi air mineral Le Minerale seperti Kalsium, Sodium, Magnesium, Potassium, Bikarbonat, Nitrat, Sulfat dan Chloride. Sehingga minuman Le Minerale yang berasal dari sumber mata air Le Minerale pegunungan terpilih membuat pilihan saya menjadi pilihan tepat untuk saya dan keluarga.

Syarat air yang bagus itu secara fisik adalah tidak berwarna dan tidak berbau. Secara kimiawi tidak mengandung zat kimia serta secara mikrobiologi tidak mengandung kuman-kuman.


Kalau kamu? Sudah minum Le Minerale hari ini?


1 comment

  1. Ah le minerale minuman kesukaanku. Gak bikin enek, kalau minum banyak2. Pun mudah ditemui di mana-mana..

    ReplyDelete