REVIEW & EXPERIENCE : SAKURA COLLAGEN (ANTI-AGE'S CREAM)


Cantik itu pilihan, tua itu wajib. Pernah dengar kata-kata itu kan? Dulu saya sempat stress lho dengar kayak gitu, ya pasalnya semua orang pasti akan melalui yang namanya proses menua. Pernah curhat juga ke suami, kalau saya takut menua. Tapi dia terus meyakinkan saya untuk tetap bahagia menjalani proses hidup 😉


Kalau dengar kata kolagen (seperti di judul), apa yang terlintas di benakmu? Kalau menurut saya sih, kolagen itu adalah sejenis protein yang berguna untuk peremajaan. Kalau saya search di wikipedia, kolagen itu adalah protein yang dibutuhkan oleh tubuh yang berasal dari bahasa Yunani, yang artinya bersifat lekat atau pelekat. So far yang saya tahu, tubuh kita memang ada unsur kolagen, dan jumlahnya mencapai 30% dari seluruh protein yang ada di dalam tubuh. Kalau di kulit mencapai 70%. 

Untuk bisa tetap sehat di zaman now, di tengah peningkatan polusi, paparan asap rokok, dan munculnya banyak makanan instan di mana-mana, menurut saya diperlukan konsistensi menjalankan gaya hidup yang sehat. Ditambah lagi kalau pola tidur yang berantakan, serta malasnya menjaga kulit, sudah pasti kolagen sudah mulai degradasi. 

Kolagen itu berguna untuk menjaga kesehatan tubuh, menjaga kondisi kulit untuk tetap bisa prima, kesehatan gigi, dan juga melindungi organ dalam tubuh. Kalau gaya hidup kita sehat, kondisi kolagen dalam tubuh kita masih bagus sampai usia 30 tahun.

Tapi seiring pertambahan usia, jumlah kolagen dalam tubuh semakin berkurang. Ada literatur yang pernah mengatakan dan saya pernah baca, bahwa start di usia 20, kolagen itu mulai berkurang 1% per tahun. Tapi ada juga yang bilang start dari usia 25 tahun. Jadi kalau usia kita 50 tahun, bisa berkurang sekitar 30%. 

Nah, supaya asupan kolagen untuk tubuh kita cukup, kita disarankan untuk mengkonsumsi suplemen atau makanan yang kaya akan kolagen. Kalau dari bahan alami, kamu bisa mengkonsumsi ikan, kacang-kacangan, dan sebagainya. Makanya di rumah saya gak pernah absen akan makan ikan dan kacang-kacangan. Hal tersimple yang ibu rumah tangga bisa lakukan untuk keluarganya 😊

Usia saya saat ini sudah tidak muda lagi. bahkan kalau menurut teori, usia saya sudah jauh melampaui dari 30 tahun, itu saatnya saya harus menambahkan asupan kolagen dari dalam dan dari luar. Walaupun begitu, saya cukup berbangga dengan keadaan saya ini, walaupun usia saya tinggal beberapa tahun lagi mencapai 40 tahun, tapi waktu saya lakukan skin test sekitar 6 bulan lalu, kulit saya masih tergolong oily skin. Tapi sayangnya katanya saya harus menambahkan asupan kolagen lagi.



Kebetulan banget, 2 bulan lalu saya mendapat paket dari PT. Meiji yaitu sebuah paket Sakura Collagen.


Mari kita buka dan lihat isi paket ini.


Saya mendapat paket 1 buah Sakura Collagen Anti AGE's cream 30 gram.



Sebenarnya sih cream ini bukan hal yang baru untuk saya, karena tahun lalu saat saya datang ke acara JakJapanMatsuri 2017, saya mendapatkan 1 buah Sakura Collagen juga, tapi yang ukuran lebih kecil, yaitu 5 gram. Setahu saya ini harganya IDR 55ribu.


Nah, kalau yang ini adalah paket yang baru saya terima yang berukuran 30 gram. So far yang saya tahu, untuk yang 30 gram ini harganya IDR 400ribu.


Sakura Collagen

Sebenarnya apa sih Sakura Collagen Anti AGE's cream itu?

Jadi ini adalah krim anti age's yang diperkaya dengan Kolagen, Ekstrak Sakura, Pro-Vit B5, Vitamin E dan Sodium Hyaluronat untuk menutrisi, melembabkan kulit dan membantu menyamarkan tanda-tanda penuaan pada kulit.


Packaging

Kalau dari packagingnya, cream ini di dalam jar dari bahan kaca mika berwarna bening bertulisan Sakura Collagen, dengan logonya ada bunga sakura di jar-nya ataupun di boxnya.


Ingredients

Aqua, Isopropyl Palmitate, Glycerin, Isododecane, Hydrogenated Tetradecenyl/Methylpentadecene, Behenyl Alcohol, Propylene Glycol, Triethylhexanoin, Polyglyceryl-10 Pentastearate, Sodium Stearoyl Lactylate, Polycrylamide, C13-14 Isoparaffin, Laureth-7, Collagen, Prunus Serrulata Flower Extract, Panthenol, Phenoxyethanol, Chlorphenesin, Fragrance, Triethanolamine, Sodium Hyaluronate, Tocopheryl Acetate, Disodium EDTA, CI 45430.

Pada boxnya terdapat informasi yang bisa kita baca tanpa kita buka isinya. Untuk sisi pertama ada ingredientsnya. Sebenarnya sih di bagian bawah jar-nya ada informasi kandungannya, tapi tulisannya kecil sekali hampir gak kelihatan.


Lalu juga ada keterangan info tentang krim Sakura Collagen.


Untuk warna cream-nya sendiri berwarna merah, dan sangat tercium aroma ekstrak bunga sakura-nya.

 
Skin Test

Saya sudah cobakan ke punggung tangan, dan memang hasilnya kulit kita jadi terlihat glossy (lembab) ya.




Cara Pakai

Cara pakainya cukup simple sih, tinggal diaplikasikan aja ke seluruh wajah, secara merata pada wajah dan leher yang telah dibersihkan (setelah pemakaian micellar water, facial wash, toner, serum dan moisturiser) dengan gerakan memutar (sambil dimassage). Tapi hindari area mata ya, karena ini bukan krim mata, dan taruhlah di tempat dengan suhu ruangan.

My Experience

Saya memakai Sakura Collagen Anti AGE's Cream ini hanya sebagai cream malam saja. Karena cream ini mengandung collagen, jadi sangat efektif jika saya memakai sebagai krim malam dan bekerja semalaman saat kondisi kulit sedang idle. Kulit saya tergolong kulit sensitif, acne prone dan oily skin, jadi saya aplikasikan ke seluruh wajah 1x sehari saja.

Hari pertama saya coba tidak ada reaksi apa-apa. Biasanya kalau kulit saya 'berontak' atau ada kandungan yang tidak cocok, reaksinya gak sampai seminggu, H+1 sudah terlihat reaksi negatifnya, yaitu timbul jerawat-jerawat kecil di sekitar pipi. Tapi saat saya pakai Sakura Collagen ini tidak ada reaksi negatif apa-apa. Malam saya pakai Sakura Collagen, keesokan paginya saya merasa kulit wajah saya agak lebih brightening.





Karena hari pertama tidak masalah, pemakaian saya lanjutkan dengan pemakaian hari kedua, sampai seminggu. Efek positifnya sih saat saya pakai make up, make up saya jadi lebih nempel gitu, karena kulit saya kelihatan lebih moist. Saya jadi senang memegang kulit pipi saya yang nampak kemerahan ini 😁 Bisa kamu lihat sendiri kulit wajah saya. Foto ini saya tidak memakai filter sama sekali. Ini hasil make up saya setelah semalaman memakai Sakura Collagen Anti AGE's Cream.




Saya happy aja sih, ketemu krim anti aging yang pas sama kulit wajah, karena kulit seperti saya ini sering 'rewel' sama krim anti aging. Seringnya timbul jerawat karena kandungan moisturisernya yang sangat-sangat tinggi.


My Tips

Efek yang saya rasakan ini mungkin berbeda ya di tiap-tiap orang. Jadi saran saya, lakukan skin test terlebih dahulu. Kamu bisa aplikasikan di bawah pipi dulu untuk mengetahui apakah kulit kamu termasuk yang kontra terhadap skincare yang kamu pakai. Jika hari pertama tidak ada reaksi apa-apa, kamu bisa lanjutkan ke hari berikutnya, dengan memakai seluruh wajah. Jika tidak ada reaksi negatif juga, pemakaian bisa kamu lanjutkan dengan hari berikutnya. Jangan lupa, aplikasikan juga ke area leher ya. Walaupun kamu berhijab atau tidak, memakai skincare sampai leher itu its a must! Supaya kulit kamu tetap sehat dan awet muda 😉

4 comments

  1. Setuju sama sarannya, leher tuh jangan sampe lupa Dipakein skincare jugaak 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa. Kalau gak, nanti wajahnya lembab, Lehernya keriput :p

      Delete
  2. eksturnya agk tebal ya jadi sekali ambil bisa sekalian untuk leher. Saya juga pakai ini dan suka dengan hasilnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku sih semua skincare aku pakaikan sampai leher :)

      Delete