TRAC, SOLUSI TRANSPORTASI ALTERNATIF MUDIK LEBARAN


Libur lebaran memang identik dengan libur panjang. Apapun agamamu, mau kamu merayakan Lebaran atau tidak, pasti sebagian besar orang sudah merencanakan libur panjang. Bener gak? Termasuk saya 😊

Salah satu syarat untuk pergi liburan adalah pastinya menentukan tujuan atau destinasi wisata terlebih dahulu. Kebetulan libur lebaran tahun ini, saya dan suami merencanakan ingin berlibur menjelajah Pulau Jawa. Iya, masih Pulau Jawa. Waktu itu sih sempat ingin berlibur ke Negara Sakura, tapi kami telat daftar, tanggal yang tersisa hanya tanggal 15 Mei 2018, which is beberapa hari sebelum lebaran. Jadi mau gak mau saya harus berlebaran di negara orang. Gak cuma itu, tapi hanya tersisa 1 seat saja. Hiks. Yasudah tahun ini kami jadi merencanakan jalan-jalan di Pulau Jawa saja.

Oke, destinasi sudah ditentukan, sekarang menentukan budget. Budget kami tahun ini sangatlah limited. Karena kami ingin pergi berlibur nanti di akhir tahun. Jadi budget kami untuk libur lebaran kali ini adalah 3 juta untuk akomodasi. Sejak 2 bulan lalu saya cek semua situs Travel Agent Online, semua tiket kereta api di jam-jam cantik sudah penuh. Bawa mobil pribadi gak memungkinkan. Last choice adalah tiket pesawat. Tapi saat saya cek dan kalkulasi, faktor pengalinya yang bikin kepala mumet. Saya kudu putar otak lagi nih, gimana caranya bisa liburan panjang dengan kondisi dompet aman?


Tahun lalu waktu saya berencana ingin travelling ke Jawa Timur, saya pernah ditawari untuk rental mobil sih oleh sebuah rent car punya teman. Dia bilang harganya katanya bersahabat. Dikasih diskon pula. Walaupun punya teman sendiri, tapi saya belum bisa pakai jasanya, karena syaratnya terlalu memberatkan. Pertama, harus punya Surat Tanah (Sertifikat Tanah which is Rumah) untuk diagunkan. Ya sementara saya aja gak punya sertifikat rumah, gimana caranya? Lalu dia memberi saran untuk pinjam punya mertua atau orangtua saya. Cuma sebagai syarat aja sih, katanya. Lha, kalau hilang gimana? Yakali walaupun temen bisa cincay, kalau sertifikatnya bhay, terus gak jelas keberadaannya, mobil cuma puluhan juta, rumah bisa ratusan juta, bisa-bisa pulang travelling, pertaruhan hidup dan mati deh depan orangtua 😆
Kedua, bisa pakai STNK mobil. Tapi gak sembarang mobil, mobilnya harus yang tahun muda, minimal tahun 2005 (kalau saya tidak salah ingat). Lha sementara mobil saya? Dibawah itu 😆

Oke skip ajalah pakai rental teman 😖

Nah, info yang saya dengar dari suami, katanya teman kantor ada yang pernah memakai jasa TRAC nih untuk travelling. Harganya juga katanya bersahabat, prosesnya cepat, aman dan nyaman. Hmm, sound excited. Saya jadi ingin coba.

Hari Jumat, 11 Mei 2018 kebetulan sekali saya menerima undangan blogger gathering yang diadakan oleh TRAC di Restaurant Ocha & Bella, Hotel Morrisey Jakarta Pusat. Sebenarnya hari itu saya ada rencana keluar kota, karena suami kebetulan juga sudah minta cuti. Tapi demi mendapatkan informasi tentang TRAC, so saya putuskan untuk ikut 😊



Seperti gambar diatas, nara sumber yang dihadirkan siang itu adalah (kiri ke kanan) Editor Kompas Travel dan Travel Journalist, Sri Anindiati Nursastri, seorang travel blogger, Dokter Adinda Fala dan Chief Officer Operation TRAC, Bapak Agus Riyadi.

Mba Sastri bilang tahun 2017 lalu, Kementrian Pariwisata (Kemenpar) meluncurkan Pesona Lebaran. #MudikPenuhPesona sebagai ajang pengenalan destinasi wisata oleh warga lokal.

Nah, mulai 22 Juni 2018, Kemenpar setiap hari akan meluncurkan #MudikPenuhPesona dengan diikuti beberapa hashtag yaitu

#WisataJalurMudik
#PesonaCeritaMudik
#PesonaTakbir
#PesonaKetupatLebaran
#KulinerKhas
#PiknikLebaran
#PesonaOlehOleh
#MemoryLebaran

Nah, jalur-jalur yang sering dilalui para pemudik saat lebaran biasanya sebagian besar adalah di Pulau Jawa.

Salah satunya kota favorit adalah Jogjakarta, dengan kota pilihan seperti Malioboro, Imogiri, Keraton, Tebing Breksi, dan Abhayagiri. Serta Bali seperti destinasi pilihan Tari Kecak Uluwatu, Pura Ulun Danu Bratan, Tegalalang, Bali Pulina, dan Monket Forest.

Selanjutnya Dr. Adinda bercerita pengalamannya seputar menggunakan jasa TRAC. Sejak kenal TRAC, dia sudah jarang sekali membawa kendaraan dari rumah. Dia lebih suka memakai jasa TRAC ketimbang bawa kendaraan. Dia bahkan pernah ada acara dari pagi sampai sore, dengan 3 tujuan yang berbeda-beda, supirnya bisa dengan tepat mengantarkannya ke lokasi right on time lho 👌

Terus juga katanya supirnya ramaaaaah dan sopan sekali, menyapanya dengan greeting terlebih dahulu. Membuat dia merasa sangat-sangat dihargai.

Soal mobil, dia juga cerita katanya mobilnya sangat bersih, rapih, wangi. Disediakan juga tissue dan permen (khusus untuk para penumpang).


Kalau jasa rental lain kayaknya gak ada ya hehee.. 



Daritadi cerita Dr. Adinda pakai jasa TRAC untuk acitivity hariannya? Lho emang terima jasa harian  juga ya?

So what's TRAC exactly? 😉



Pak Riyadi menjelaskan bahwa TRAC adalah awalnya perusahaan coorporate dalam bidang jasa transportasi. Tapi seiring perkembangan zaman, TRAC berkembang melayani sewa personal. Selain itu TRAC-Astra Rent Car juga melayani paket wisata kuliner, paket wisata, dan personal rental.

Oh okey, now I understand, kenapa Dr. Dinda memakai jasa TRAC sebagai jasa rental harian 😊


Bagaimana Cara Menggunakan TRAC?

Ada 2 macam, yaitu sebagai WNI dan WNA.

Kalau sebagai WNI :

1. Being a member
Syarat utama untuk bisa menggunakan jasa rental TRAC adalah kamu harus menjadi member TRAC terlebih dahulu.

2. Memiliki kartu kredit (Gold or Platinum)
Kalau rental mobil lain biasanya kan pakai sertifikat tanah atau surat kepemilikan lainnya, nah kalau TRAC syarat utamanya kudu punya kartu kredit. Kalau sudah punya kartu kredit, bisa dengan mudah verifikasinya. Istilahnya sudah terjamin. Pembayarannya juga tinggal melalui kartu kredit itu sendiri.

3. Memiliki SIM A
Ini diperlukan jika kamu sewa mobil yang self driving (lepas kunci). Artinya, kamu meminjam mobilnya saja, tanpa drivernya. Otomatis kamu harus memiliki SIM A sebagai syarat utamanya.

4. Memiliki KTP



Kalau sebagai WNA :

Overall sih sama.

1. Daftar menjadi member
2. Memiliki Credit Card
3. Memiliki International SIM Number
4. Memiliki Passport Aktif



Promo Mudik 2018 dengan BUS TRAC

Kamu mau mudik tapi kehabisan tiket seperti saya? Tapi gak mau sewa personal gitu? Tenang aja, TRAC-Astra Rent a Car juga menyediakan bus TRAC, khusus buat kamu yang akan pulang ke kampug halaman dengan rute Semarang, Solo dan Yogyakarta.

Fasilitas yang terdapat dalam bus TRAC itu adalah :
Free Wifi, Kabin bus luas, free snack.

Harga Sewa Bus TRAC

ELF Short : IDR 350.000/orang
ELF Long : IDR 370.000/orang

Rute Mudik

Jakarta (Pasar Rebo) - Semarang (Terminal Semarang & TRAC Semarang)
Jakarta (TRAC Pasar Rebo) - Solo (Terminal Solo)
Jakarta (TRAC Pasar Rebo) - Jogja (Terminal Jogja & TRAC Jogja)

Tanggal Keberangkatan (untuk semua rute) :

6 Juni 2018 – Jam 08.00 WIB
9 Juni 2018 – Jam 08.00 WIB
12 Juni 2018 – Jam 08.00 WIB
14 Juni 2018 – Jam 08.00 WIB

Nah, ini ada 2 pilihan mobil yang bisa dipilih



Promo Mudik 2018 Personal Rental (Lepas Kunci)



PERSONAL SELF DRIVE

Untuk self drive juga katanya ada harga promo.

Nah setelah mendengar penjelasan talkshow itu, saya langsung menuju ke boothnya TRAC dan langsung daftar menjadi member. Karena ada special previlege kalau langsung daftar saat acara, mendapatkan diskon 30% untuk personal rental 😉 Lumayan, secara saya sudah tidak pernah lagi membawa kendaraan kalau ada event di Jakarta, lebih sering menggunakan taksi online. Tapi mendengar testimoni dari Dr. Dinda, yang katanya bisa untuk sewa harian yang mobilnya super nyaman, gak ada salahnya saya mendaftar menjadi member 😉

Karena saya tidak memiliki kartu kredit, dan NPWP, saya jadi mendaftarkan suami menjadi member. Karena katanya sebaiknya untuk semua datanya 1 nama saja, baik dari nama, No KTP, NPWP, SIM A, dan juga Kartu Kredit.

Perhitungan Mudik dengan Mobil TRAC

Tiket Kereta Api dan Pesawat VS Rental Mobil TRAC

Nah, sambil menunggu verifikasi data member, saya coba-coba hitung-hitungan nih, berapa biaya yang saya keluarkan :

Untuk Travelling Jakarta - Jogjakarta 16 - 22 Juni 2018.
2 dewasa, 1 anak-anak
update harga 16 Mei 2018 (Via Travel Agent Online)
Berangkat 16 Juni 2018 via kereta api : 600ribu x 3 = 1,8juta
Pulang via pesawat : 987ribu x 3 = 2,9juta.
Sewa Mobil di Jogja 800ribu (untuk 3 hari)
Total biaya transportasi = 5,5juta (exclude biaya hotel, makan, tempat wisata)

Kalau dengan TRAC, saya bisa pilih yang Toyota Avanza 5 hari bonus 2 hari = IDR 2.750.000. Untuk harga manual or matic transmition saja saja. Jadi under 3 juta saya sudah bisa sewa mobil selama seminggu. Kalau ditambah biaya bensin kira-kira 500ribu, jadi total transportasi saya Jakarta - Jogjakarta PP untuk 3 orang (2 dewasa dan 1 anak) = kira-kira IDR 3.500.000. Harganya sudah cukup masuk akal ya.

Cara Sewa Mobil di TRAC :

Saya mau share nih caranya sewa mobil (personal) di TRAC. Bisa melalui 2 cara. yaitu Reservasi by online atau by phone.

Reservasi by Online

Bisa memilih kendaraan yang diinginkan. Lengkapi data semuanya (mulai dari start rental, pick up city, dsb). Beserta driver atau tidak. Nanti tinggal klik Book A Car deh, and its done! 😚


Reservasi by Phone

Kamu bisa call melalui call centre di 021-87787787. Nanti langsung terhubung ke call centrenya. Gak pakai lama kok, langsung ngobrol dengan CS nya. Jadi jangan takut kamu kehabisan pulsa cuma gara-gara pencet ini-itu 😉 Nanti CS-nya akan bantu reservasinya sesuai dengan kebutuhan kamu. Udah gitu aja.

Enaknya mudik pakai mobil sewaan sih, saya gak perlu maintanance mobil lagi (ganti oli, tune up, dan sebagainya).

Berarti kalau bisa saya simpulkan, TRAC ini bisa jadi alternatif pilihan rental mobil saat libur lebaran kan? Kalau gak mau nyetir sendiri, tinggal pilih bus aja yang harganya lebih terjangkau.

Cuma sayangnya, untuk sewa mobil di TRAC Jakarta sudah tidak ada unitnya hiks. Ini update per tanggal 21 Mei 2018. Padahal saya mau sewa mobil untuk kebutuhan lebaran besok.

Tapi saya tidak putus asa. Saya mencari akal gimana caranya saya tetap bisa sewa mobil untuk lebaran besok? Akhirnya saya mencoba menghubungi TRAC cabang Bandung untuk menanyakan ketersediaan mobil. Alhamdulillah ada! 💃 Langsung aja deh saya minta data saya supaya diproses.




2 comments

  1. Haduh baru dengar lho sewa mobil jaminan sertifikat tanah segala. Itu parno amat yak. Biasanya nitip kunci motor aja, kadang ga usah kalau udah kenal.

    ReplyDelete
  2. Aku pernah pakai jasa TRAC buat rental mobil leabaran dua tahun lalu. Service-nya memuaskan, harga masuk akal. Mobilnya baru, ngga ribet prosedur sewanya.

    ReplyDelete