TIMELESS BEAUTY : HEALTH INSIDE, BEAUTY FROM OUTSIDE


Memiliki kulit sehat adalah impian semua orang (khususnya saya sebagai wanita). Dan memiliki glowing skin sudah menjadi skin goals saya di tahun 2018 ini. Saya pikir dengan mengenal skincare yang cocok dengan kulit, diiringi dengan rutinitas pemakaian, serta treatment perawatan kulit di salon itu sudah cukup. Ternyata tidak, kalau mau cantik itu harus diperhatikan kesehatannya baik dari dalam maupun luar.
Kamis, 5 April 2018 lalu saya mengikuti sebuah blogger gathering bersama Mahakam Beta Farma dan wanita-wanita cantik yang terpilih di Greyhound Cafe, Grand Indonesia, Jakarta Pusat. Nara sumber yang dihadirkan ada 2, yaitu dari perwakilan dari Mahakam Beta Farma dan Dr. Sugianto.

Apa itu Mahakam Beta Farma? Yaitu Online Drugstore yang menjual produk-produk khusus seperti health care, skin care dan face care.

Sesi talkshow diawali dengan mendengarkan penjelasan tentang kesehatan kulit dari Mba Elvi, perwakilan dari Mahakam Beta Farma. Coba deh kalian sekilas lihat mba Elvi ini, sekilas nampak usia 35 tahun bukan? Padahal aslinya usianya sudah 43 tahun lho 😊 Kuncinya ternyata dia rajin mengkonsumsi suplemen, tentunya selain perawatan dari luar. Karena dia tahu kesehatan kulit yang dia capai sekarang adalah investasi untuk masa tuanya.



Mungkin saya termasuk orang yang terlambat menyadari bahwa perawatan kulit sudah harus dimulai sejak usia 20 tahun. Nyatanya saya baru mengenal skincare di usia 30 tahun keatas. It's very-very too late kah? No! Ingat pepatah better late than never? Jadi lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.

Atau mungkin malahan kamu juga termasuk orang yang cuek terhadap kesehatan kulit? Please no! Kulit kita itu untuk bisa sehat sampai 50 tahun butuh proses.

Mba Elvi menjelaskan tentang proses pemilihan Ira Wibowo as a brand Ambassador dari Collastion Beauty ini. Bukan semata-mata karena ia cantik atau artis saja, tapi Ira Wibowo termasuk artis yang cantiknya flawless. Bayangkan saat ini usianya sudah mencapai 50 tahun. Rahasianya karena memang dia mengkonsumsi suplemen (vitamin C). Dia salah satu artis yang bisa merawat kulit hingga cantiknya bisa awet seperti sekarang.



Lalu nara sumber berikutnya ada Dr. Sugianto. Dokter muda nan tampan ini banyak sekali membahas tentang kesehatan kulit. Disini kami semua diajak untuk mengenal struktur kulit lebih jauh lagi, lebih dalam lagi. Dipikir-pikir gak hanya dokter kulit saja yang perlu tahu tentang struktur kulit, tapi jika kamu ingin fokus menjadi beauty blogger, sebaiknya hal-hal seperti inipun harus tahu. Untuk apa? Nanti kembali lagi tentang efek dan hubungan dari skincare atau make up yang kita pakai. Seberapa jauh efeknya terhadap kulit kita. Apakah kulit lapisan luar saja? Ataukah lapisan kedua? Atau bahkan justru lapisan terdalam?

Dr. Sugianto banyak sekali ilmunya tentang kesehatan dan kecantikan. Saya sampai terpana dibuatnya, karena memang apa yang beliau utarakan adalah ilmu baru untuk saya 😉



Kamu pernah mengalami flek hitam yang tidak kunjung usai permasalahannya sampai berbulan-bulan? Nah, itu artinya jaringan kulit kamu yang bagian dalam sedang rusak, which is efeknya bisa sampai muncul di permukaan kulit. Jadi mau kamu obatin dengan skincare atau obat apapun akan sulit hilangnya. Bekas jerawat, bekas luka, flek dan sebagainya kalau sudah terjadi di lapisan kulit terdalam satu-satunya yang menjadi solusinya adalah kita harus mengimbanginya dengan pengobatan dari dalam. Makanya saya bilang, kalau kamu concern terhadap dunia kecantikan, kamu perlu tahu hal-hal kecil biologis seperti ini.

Dunia kecantikan gak melulu related dengan wanita. Buktinya banyak kok pria yang berprofesi MUA (Make Up Artist). Bahkan lebih banyak pria ketimbang wanita (so far yang saya temukan selama ini ya). Dan di zaman sekarang juga pria sudah banyak kok yang sadar akan kesehatan kulitnya. Ada juga yang memang melakukan treatment dari luar dan juga dalam. Ssst... termasuk suami saya lho, gara-gara dorongan dari saya supaya tampil lebih baik lagi, diapun mau merubah penampilannya untuk menjadi lebih baik lagi. Bukan tentang make up, tapi suami saya sudah mau merawat kesehatan kulitnya. Mulai dari pemakaian moisturiser, sunblock, rajin pakai handbody, masker tiap minggu, dan sebagainya. Lalu dari dalam juga sudah mulai mengkonsumsi vitamin.

Bagaimana Menentukan Jenis Kulit?

Ini juga menjadi salah satu topik pembahasan di acara talkshow kemarin. Pasti diantara kamu juga masih ada yang bingung yah menentukannya. Begitupun saya. Oke, saya kasih tahu ilmu dari Dr. Sugianto kemarin ya. Jadi beliau bilang jenis kulit itu ada 5 macamnya :

1. Dry (kering)
Kulit kering ditandai dengan terlihatnya smile line pada sekitar mulut dan area mata. Kulit sedikit bersisik dan bahkan ada yang tertawa-pun sakitnya luar biasa. Saking keringnya kulitnya, jadi ada yang sampai bersisik ataupun mengelupas. Itu tandanya collagennya sudah mulai menghilang. 

2. Oily
Cara menentukan kulit berminyak, simple banget. Kalau kamu sedang tidak ada aktivitas apa-apa selama 1 jam, lalu kamu ambil kertas minyak, kamu tempelkan di sekitar wajah dan ada minyaknya, itu terhitung kulitmu jenisnya oily. Hormon yang memproduksi minyak itu sangat berlebihan. 

3. Normal

4. Combination
Kulit berjenis kombinasi ditandai dengan berminyak di T-zone saja. Tapi kadang-kadang bagian wajahnya berminyak, tapi badannya kering. 

5. Sensitive
Kulit sensitif itu ada 3 jenisnya, salah satunya adalah Dermatitis Atopik. 

Cara mengatasinya itu semua kecuali normal adalah menggunakan pelembab. 

Pada dasarnya kalau tubuh kita semua produksinya normal dan baik, proses pembentukan hormon juga baik. 

Apa Perbedaan Baby Skin vs Adult Skin?

Kalau sekilas terlihat jelas ya secara fisik, bahwa kulit bayi itu lebih kenyal daripada kulit dewasa. Kalau dilihat secara struktur kulit, lapisan epidermis pada bayi 20-30% lebih tipis dibandingkan pada dewasa. Kulit bayi mudah meresap dan kehilangan kelembaban dibandingkan dewasa. Iritasi dan mikroba lebih mudah masuk ke kulit karena pelindungnya belum terbentuk sempurna. 

Itulah kenapa pada bayi atau balita, setelah mandi harus sesegera mungkin dioleskan hand body. Karena untuk menahan kadar air yang ada pada kulit tidak cepat menguap, sehingga kulitnya jadi tetap lembab. 

Tour To Guardian Store and Skin Check

Selesai kita mendengarkan talkshownya, para blogger diajak untuk tour ke Guardian Store yang lokasinya masih 1 lantai dengan Greyhound Cafe tersebut. Kami semua diberikan kesempatan untuk skin check disini. 

SKin Check

Hasil dari skin check ternyata kulit saya sudah mulai ada tanda-tanda penuaan karena sudah mulai ada garis-garisnya, tapi memang terlalu kelihatan. Lalu di sebelah pipi kiri juga ada jaringan kulit yang rusak. Itu katanya bisa dikarenakan bekas jerawat. Mungkin secara kasat mata tidak kelihatan, tapi kalau di skin check seperti ini bisa terlihat sampai lapisan kulit yang paling dalam sekalipun. Cara mengobatinya adalah dengan mengkonsumsi suplemen dari dalam. Salah satunya bisa mencoba si Collastin Beauty ini.

ECLA GOLD AND COLLASTIN BEAUTY

Gak hanya mendapat ilmu tentang kesehatan kulit, tapi pada blogger juga mendapat kesempatan untuk mencoba langsung produk dari Mahakam Store. Dan produk yang saya coba adalah ECLA Gold dan Collastin Beauty

Apa itu Collastin Beauty?

Collastin beauty adalah Nutrition Formula for Healthy Skin. Food suplement ini mengandung Collagen (Collactive), Astaxanthin, Vitamin C, Vitamin A. Kegunaan dari Collastin Beauty ini adalah untuk membantu memelihara kesehatan kulit (dari dalam).

Cara penggunaannya :

Cukup 1-2 kapsul per hari. 


Apa Itu Ecla Gold?

Ecla Gold adalah Anti Aging Serum yang mengandung double Phytocell, yaitu Phytocelltec Malus Domestica dan Phytocell Solar Vitis. Dan Ecla Gold ini diklaim bisa mengurangi tanda-tanda penuaan dan hasilnya bisa terlihat dalam waktu 15 menit (Insta Lifting).




Beberapa manfaat dari Ecla Gold 

Ternyata setelah saya lihat manfaat dari Ecla Gold ini lumayan banyak ya, selain dia berfungsi sebagai serum wajah. Yaitu untuk memperbaiki sel kulit yang rusak, menghaluskan dan meremajakan kulit wajah.



MY EXPERIENCE WITH ECLA GOLD & COLLASTIN BEAUTY

Jujur aja saya baru mencoba produk ini kurang dari 2 minggu (Update April 2018 minggu kedua). Tadinya saya agak khawatir takut banget kulit saya bermasalah. Jadi awalnya saya coba dulu si Ecla Gold ini di belakang kuping dan saya pantau reaksinya selama 1 jam. 

Oke setelah 1 jam tidak ada masalah, pemakaian saya lanjutkan kembali sampai 1 hari. Dan berikutnya sampai 1 minggu. Alhasil kulit saya sih memang terlihat kekenyalannya. Saat saya bangun tidur, kulit saya lebih kenyal.

Cara Penggunaannya :

Keluarkan 1 pump (tetes) ke punggung tangan, lalu apply Ecla Gold ke seluruh wajah. 

Keluarkan 1 tetes Ecla Gold. Sedikit saja


Saat di skin test di kulit tangan tidak masalah
Wangi dari Ecla Gold kalau saya bilang sih seperti bunga Rose. Dan saat saya apply ke kulit, reaksinya sangat cepat meresap ke kulit. Beda dengan serum yang biasa saya pakai. Setelah di-apply, reaksinya kulit wajah saya terlihat oily dan lembab. Agak lama meresapnya, jadi saya butuh bantuan untuk mengipas-ngipaskan wajah saya supaya kering. Tapi tidak dengan si Ecla Gold ini. 

Ohya, posisi Ecla Gold ini adalah dia sebagai serum. Micellar Water - Toner (Exfoliatin & Hydrating Toner) - Serum (Ecla Gold) - Face oil - Moisturiser - Sunscreen - Make up.

Karena cepat meresap, saya jadi bisa melanjutkan proses berikutnya yaitu Face Oil, Moistiriser, Sunscreen dan Make Up.


Pemakaian skincare serum si Ecla Gold ini saya imbangi dengan mengkonsumsi kapsul dari Collastin Beauty. 

Saya berani mengkonsumsi ini karena sebelumnya saya baca dulu untuk kandungannya. Dan kedua dari skincare ini adalah yang semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh. So, kenapa saya harus khawatir lagi? 😚


Ohya, kalau kamu mau membelinya, kamu bisa membelinya di Mahakam Store dengan memakai kode dari aku MBFXCAROLINE  .

Yang pasti saya happy banget datang ke acara gathering itu. Selain mendapatkan ilmu tentang kesehatan kulit, diajak untuk skin check dan sekarang saya jadi tahu kondisi kulit saya, cara penanganannya bagaimana serta saya diberikan solusinya. Sekarang saya jadi paham bahwa merawat kecantikan kulit itu bukan hanya dari luar tapi juga dari dalam diri kita. Skincare mahal belum tentu cocok dan baik untuk kulit kita. Yang pasti kita harus tahu apa kandungan yang ada pada skincare tersebut. Ohya, kalau kulitnya sudah sehat, imbangi juga ya dengan pola hidup yang sehat. 

Terima kasih yang sudah mampir dan membaca artikel saya sampai selesai. Semoga bermanfaat ya 😚

5 comments

  1. Aku lagi telaten pake serum yang ini juga nihhh. Suka sama instant effect-nya :D

    ReplyDelete
  2. Daku minum suplemen merek N, dari kuliah :) dulu sih cuma tau buat ketahanan tubuh, belum paham buat kulit.
    Sekarang lagi cari-cari yang benar-benar buat kesehatan kulit.

    ReplyDelete
  3. Belum pernah nyoba si collastin ini, tapi aku penasaran sama serum ecla goldnya. Serum biasanya bagus buat kulit dan mencerahkan ya?

    ReplyDelete
  4. Bisa bikin kenyal ya mbak. Aku kulitnya kadang gelodoki :D

    ReplyDelete