INI ALASANKU DATANG KE PREVIEW SALE BIG BAD WOLF (BBW) 2018


Tahun 2018 Big Bad Wolf datang lagi. Kalau tahun lalu saya datang sebagai pengunjung biasa, tahun 2018 ini saya datang sebagai member (dengan menggunakan tiket preview sale). Apa keuntungan dan perbedaannya dengan pengunjung biasa? Dan bagaimana dengan BBW 2018 ini? Apakah masih sama? Nanti saya ceritakan di bawah ya. 

What is Big Bad Wolf?

Buat kamu yang belum tau itu BBW apa, saya kasih tau lagi nih secara singkat ya. Jadi BBW itu adalah pameran buku terbesar di dunia yang diskonnya bisa bikin mengguncang dompet bulanan yaitu 60-80%. Dan bukanya 280 jam nonstop. Lokasinya di ICE BSD City.



What books in Bid Bad Wolf?

Hampir semua kategori ada di BBW. Agama, buku anak-anak, filosofi, Cooking and Baking, Gardening, Craft and DIY, Children,  Novel (Fiksi & Non Fiksi) English & Bahasa. Kalau tahun lalu saya masih agak kalap and bingung novel apa yang mau dibeli, tapi tahun ini saya sudah bikin listingnya dong πŸ˜™

Preview Sale Ticket (VIP)

Sekarang saya mau ceritakan dulu gimana caranya saya mendapatkan tiket preview sale ini ya. Jadi berawal dari lihat timeline Instagram, saya melihat Big Bad Wolf 2018 akan diselenggarakan pada akhir maret sampai awal April 2018. Langsung deh saya stalking akun Instagram dan twitternya. Waktu itu saya juga tahunya gara-gara BBW ini muncul di timeline saya as a sponsored post. Saya pribadi gak hapal BBW itu diselenggarakan bulan apa, yang pasti sih saya hanya tahu tiap tahun akan ada. Karena saya sempat datang ke BBW 2017 lalu. Pastinya kamu juga sudah baca ya review dan testimoni dari beberapa blogger yang sudah pernah hadir ke BBW 2 tahun sebelumnya. Dan sayapun juga membagi pengalamannya disini.


Ternyata tiket Preview Sale Pass itu beda dengan tiket yang biasa, ada tulisannya gitu Preview Sale πŸ˜™





Nah, dari situlah saya tahu bahwa BBW membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin datang pada saat preview sale-nya. Sebenarnya Preview Sale itu apa sih? Jadi Preview Sale BBW itu sama dengan tiket VIP, yaitu kamu bisa datang sehari sebelum tanggal openingnya, which is tanggal 28 Maret 2018. 

Apa bedanya datang saat Preview Sale dengan hari biasa?
Sebenarnya kalau kamu hanya ingin lihat-lihat saja dan gak ada niatan untuk membeli, ya gak usah datang saat preview sale-nya sih, karena biasanya yang datang saat Preview Sale itu adalah orang-orang yang super niat untuk membeli dan ingin menikmati buku-buku perdana sebelum diacak-acak sama pengunjung lain πŸ˜‰ Pengalaman saya waktu BBW 2017 lalu, walaupun ada petugas yang membereskan buku-bukunya, ya tetap aja sih ada 1-2 buku yang entah dimana itu lokasinya. 



Kalau ditanya kenapa saya ingin datang ke Preview Sale ini ya motivasinya sih pertama memang untuk ngeborong buku. Lalu yang kedua saya ingin memiliki experience baru. Apakah sama dengan pengunjung biasa? Apa istimewanya? Apa rasanya? Ya seperti itu πŸ˜™ 

Nah, denger-dengernya nih, BBW menyiapkan tiket Preview Sale sebanyak 15ribu tiket bagi kamu yang beruntung mendapatkan preview sale-nya lho. Kalau tahun 2017 lalu tiket preview sale-nya disediakan sebanyak 20ribu tiket, tapi yang datang membludak saat H-1 menjadi 40ribu. Nah, tahun 2018 ini dikurangi jadi hanya 15ribu tiket saja. Begitu πŸ˜€

How Can I Get The Preview Sale Ticket?

1. Pastikan kamu sudah menjadi member. Apabila belum menjadi member, daftar terlebih dahulu melalui websitenya Big Bad Wolf. Kamu bisa juga cek status membermu disini. Registrasinya menggunakan no KTP. 

2. Masuk ke websitenya dan dapatkan Preview Sale kamu. Tiketnya ini siapa cepat dia dapat. Jadi pada saat saya tahu BBW membuka Preview Sale-nya, saya langsung daftar jadi member dan langsung daftar untuk Preview Sale-nya.

Nanti setelah kamu berhasil registrasi dan mendapatkan tiketnya, kamu akan menerima email seperti ini.


Sebenarnya BBW ini membuka Preview Sale untuk 3 jalur. Yang pertama sebagai member. Yang kedua sebagai blogger, dan yang ketiga sebagai XL users.

Buat kamu pengguna XL, jangan lupa download dulu aplikasi MY XL untuk mendapatkan kartu fast track-nya. Karena biasanya antrian di My XL-nya lumayan panjang.


Dan saya masuk Preview Sale Pass sebagai blogger.


Walaupun HTM-nya free, kalau kamu ingin datang kesini kamu wajib registrasi dulu untuk mendapatkan tiketnya.

Selanjutnya saya akan bercerita saat datang di Preview Sale-nya.

My Experience at Preview Sale Pass BBW 2018

Sebelum masuk, tiketnya di check dulu oleh bagian security. Nanti tiket kamu ditandai dengan dibolongin memakai alat seperti petugas kereta api gitu deh (gak tau namanya apa) 🀣

Setelah masuk, di pintu masuk utama, kamu nanti akan menemukan spanduk berukuran besar yang bertuliskan Food Court, Kasir dan Sortir Buku Yang Tidak Jadi Dibeli, dsb. Jadi kamu akan dengan mudah melihat buku per kategori yang ada.










Untuk kamu pengguna XL, setelah masuk langsung aja menuju ke booth XL ya untuk mendapatkan tiket fast tracknya. Tapi siapa cepat dia dapat ya. Dan kalau booth XL nya sudah tutup, kamu harus ke antrian biasa. Kecuali kamu pengguna Mandiri.

Sayap Kiri : Novel dewasa (English).







Sayap kanan : Buku anak, novel (bahasa indonesia) fiksi dan non fiksi, agama, Beauty, Fashion, Craft & DIY, Health, Kasir, Booth Mandiri, Booth XL.














Tengah : Travelling, Literature, Gardening, Biography, Business and Economy







Belakang : Children, Board Book, Toilet












Untuk buku-buku yang tidak kamu beli, kamu bisa bantu mengembalikannya kembali di tempatnya semula, atau kamu juga bisa bantu menaruhnya di bagian yang sudah disediakan (lokasinya di belakang pameran)





Untuk buku pilihan saya adalah Beauty & Fashion, Craft, Doodle, Novel dan buku anak. Jadi saya lebih banyak explore di sebelah kanan. Sedangkan suami banyak explore si sayap kiri, tentunya di sebelah kiri banyak makanan ya 🀣

Untuk preview sale ternyata porsi pengunjungnya nampaknya didominasi oleh para jastip (jasa titip), karena disini buanyak banget troli-troli yang sudah penuh dengan buku-buku yang akan dibeli.




Customer Sorting

Puas memilih-milih buku, sebelum menuju ke kasir, ada baiknya buku yang tadi kamu pilih-pilih itu kamu sortir lagi, agar tidak menumpuk di meja kasir saat terjadi ada buku yang dibatalkan.





Food Court

Lapar? Jangan khawatir, ada food court yang siap sedia makanan selama area pameran buku ini berlangsung. Lokasinya dari pintu masuk ada di sayap kiri. Dan makanan di food court BBW 2018 ini berbeda dari tahun sebelumnya. Variannya lebih lengkap.






















Saatnya pembayaran!

Puas memilih buku-bukunya, jangan lupa membayar ya πŸ˜›

Untuk kasir ada di sayap kanan. 







Fast Track

Untuk kamu yang sudah download My XL, atau punya kartu kredit dan debit mandiri, disini disediakan jalur khusus (fast track), untuk memudahkan kamu. 




Karena saya punya kartu Mandiri tapi gak saldonya πŸ˜› akhirnya saya memilih jalur pembayaran biasa. 





Walaupun kasirnya sudah diperkerjakan banyak sekali, tetap saja antri sih, saking membludaknya.



Kondisi saya antri ini jam 11 malam (last minute sebelum ditutupnya preview sale), jumlah pengunjungnya sebanyak ini, bayangkan πŸ˜… Ini bener-bener diluar dugaan saya, yang tadinya saya pikir saat preview sale tidak banyak yang datang, apalagi saya datang saat malam sampai menjelang tengah malam. 

Untuk total pembelanjaan saya gak terlalu banyak sih, masih masuk budget bulanan, not more than 1 million. 





Ini adalah total belanjaan saya.


Total belanjaan saya sih gak ada apa-apanya, coba lihat dibawah ini total belanjaannya berapa? Ada yang mencapai 5 juta atau bahkan 2 digit which is 11 juta lho πŸ˜€
Dan untuk 1 customer (sepertinya ini jastip), ada yang niat membawa koper 24 inch. 




Selesai dari meja kasir dan pembayaran, kamu bisa keluar melalui jalur yang sudah ditentukan. 


Ohya, di pintu keluar ada booth untuk Red Readers. Jadi kamu bisa ikutan untuk menyumbang buku pada anak-anak yang kurang mampu disini.





Yeayy.. akhirnya selesai juga saya menjelajah BBW 2018. Seneng banget saya bisa ikutan merasakan preview sale BBW 2018. Ternyata begini ya rasanya πŸ˜€ Ini sepertinya masih belum puas untuk menjelajah BBW 2018, padahal saya kesini pukul 20.30 - 23.00. Maybe someday saya akan kesini lagi, karena saya ingin menjelajah lebih lama lagi. Mumpung pameran bukunya masih agak lama sampai dengan tanggal 9 April 2018. 

Ohya, saya mau kasih tips lagi nih buat kamu yang ingin ikutan Preview Sale tahun depan jika ada BBW 2019 :

1. Usahakan datang lebih awal, misalnya saat pagi hari atau siang hari. Melihat pengalaman kali ini datang preview sale saat malam hari sangatlah tidak nyaman. Sepertinya ini bertepatan dengan libur panjang dan beberapa orang mungkin ada yang sudah ambil cuti. Jadinya rame luar binasa. 

2. Jika ada kartu debet Mandiri, coba di top up dulu ya, karena disini ada penawaran terbaik buat kamu yang pembayarannya menggunakan kartu Mandiri. 

3. Saat Preview Sale, orang yang datang tidak terlalu banyak (tidak sampai 1 ruangan penuh maksudnya), jika kamu ingin datang saat malam hari, kamu wajib membawa perlengkapan seperti jaket, kaos kaki atau syal. Karena ini super duper dingin luar biasa!

4. Kalau gak mau pegel, dan barang belanjaan kamu lumayan banyak dan berat, saya sarankan sih kamu membawa koper saja dari rumah. Tapi kalau memang gak ada niat belanja banyak, bawa paperbag biasa sih sudah cukup. Eh tapi jarang sik yang keluar dari sarang serigala ini dengan tangan hampa πŸ˜‹

5. Jika ada buku yang tidak jadi dibeli dan dibayar, kamu bisa mengembalikan kembali ke tempat semula

6. Sebaiknya jangan membuka buku yang tidak ada samplenya. Untuk beberapa buku sih memang ada samplenya, tapi jikapun tidak ada, kamu mungkin bisa meminta izin kepada petugasnya untuk minta dibukakan segelnya. Karena kalau kamu buka buku yang sudah disegel, nanti selesai dari pameran, para petugasnya wrapping (membungkus) kembali buku-buku yang tadi kamu buka segelnya. Kebayang dong bukunya ratusan atau ribuan dalam sehari? Kasihan juga πŸ˜€

muka sumringah habis ngeborong buku 😜
muka lelah dan ngantuk πŸ˜“πŸ˜
Ini hasil aku belanja di BBW 2018



Please saya gak kalap, cuma butuh kok πŸ˜‡

Nah, itulah pengalaman saya selama ikutan Preview Sale Pass Big Bad Wolf 2018. Seneng banget saya bisa ngeborong buku-buku pilihan. Next semoga saya bisa mampir lagi ke BBW 2018 sebelum pamerannya berakhir karena saya mau hunting lagi hihii..

Okee.. segitu dulu ya postingan saya tentang pengalaman saya hunting buku saat Preview Sale. Semoga bermanfaat ya. 
Terima kasih yang sudah berkunjung ke blog saya, sampai bertemu di postingan saya berikutnya😏 😚

47 comments

  1. whoaaa surga banget inihhhh.., sayang nggak bisa datang yg kali ini, tapi udah lumayan puas baca postingan Olin yg super lengkappp, makasih yaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih ada waktu sampai tgl 9 April kok. Yuks :)

      Delete
  2. Sayang banget aku ga bisa dateng tahun ini, semoga tahun 2019 ada lagi dan bisa dateng, makasih tips nya mbak oline

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih ada waktu kok sampai tgl 9 April 2018.. yuks!

      Delete
  3. Wah sampai ada yang bawa koper gitu ya. Aku belum pernah dateng ke BBW :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehee banyaaak yg bawa koper ke BBW. Tengah malempun ada yg dateng bawa koper 24 inch cobak :D
      Ayoo cobain ke BBW rasain nikmatnya gimanaa :D

      Delete
  4. OMG! aku sih bisa kalap nih kalau kesini, makanya kalau sekarang-sekarang ini aku mengandalkan jasa titip sama temanku. Tapi lihat foto-foto mbak Oline jadi pengen nyoba sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok gak kalap. Bikin listing ajaa hehee..
      Waktu tahun lalu aku kalap, tapi tahun ini gak. Krn bukunya beberapa yg sama :)
      Gak usah ngandelin jastip, kalo bisa dateng, dateng aja, setahun sekali loh ini 😁 rasakan sendiri kenikmatannya hahaa..

      Delete
  5. Bener ternyata ya antreannya itu, walau sudah tengah malam. Kepingin ke sana, tapi setelah dengar dari teman dan baca di sini antreannya gitu males jug. Penasaran sih... hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener. Berarti minat baca dan jualan orang2 Indonesia sangat2 luar biasa ini 😁
      Aku datang subuh sama tengah malam di jam anti mainstream tetep aja sih antri :) mungkin aku hrs dtg di siang hari kali ya di jam boci 😁

      Delete
  6. Aku blm pernah berkunjung ke BBW pdhal pngen jg beli2an buku disana, cm suka kalap, dan syang buku drumah masihbad yg blm dibaca. Seru ya mba bisa dpet preview pasa jdi gk keduluan sm pengunjung lain.

    ReplyDelete
  7. Aku terancam skip tahun ini mbak hiks. Tapi ga kalap di jastip kaya tahun lalu hahahaha. Soalnya masih ada kesempatan berkunjung sampai tanggal 9 nanti :D

    ReplyDelete
  8. ASyik banget bisa datang pas presale. Selebihnya kan rame. Kalau udah llihat buku bermutu dengan harga murah, memang nggak nahan ingin memborong!

    ReplyDelete
  9. OMG, bisa kalap aku kalo ke tempat itu, rasanya mau dibawa semua hihi

    ReplyDelete
  10. Sampai saat ini aku masih belum berani ke BBW soalnya kuatir kalap dan lupa sama budget. Hiks, jadi cari aman aja. Wkwkwkwk

    ReplyDelete
  11. Sampe tgl 9 Apr kan ya? Capcus.... saatnya borong bukuuuuu!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa Idfi. Sampai tgl 9. Yuuuk capcuuss! πŸ˜‰

      Delete
  12. Karena saya punya kartu Mandiri tapi gak saldonya ��
    ====
    Sama dong mbak.

    Saya nunggu yang di Surabaya aja. Kemarin ada yang di Surabaya, tapi nggak sempat ke sana. Tahun ini kalau ada lagi, harus disempatkan ke sana.

    Baru preview aja sudah rame banget ya, apalagi klo udah buka beneran.

    ReplyDelete
  13. seru banget ya mbak, pertama bisa datang ke bbw di Surabaya aku excited banget. cuma pas ke sana malam dan stand food court pilihannya dikit. Yang di Jakarta ini buanyak menurutku.
    btw, belanjaan bukunya komplit ya itu, buat anak dan mamanya juga ada. penasaran buku yang soal beuaty dan make up :D

    ReplyDelete
  14. Wooohh, aku juga waktu kpn tuh - bukan tahun ini - dpt yg VIP, dan enaknya sepi haha! Ga nyangka pas buka biasa, langsung mbludak pesertanya.

    Btw, skrg enak ada booth2 makanannya -- ini mirip kyk pas kemaren BCA ya. Dulu adanya cuma 2 kl ga salah huehe :D

    ReplyDelete
  15. Saya kapok kalo disuruh daftar preview sale lagi. Saya yg belanjanya gak seberapa, harus bersaing antri bayar dgn yg gila belanja.

    Tahun berapa gtu, saya ikut preview sale, harus antri bayar 3 jam. Hiks sedih... Antri jam 12.00, baru bisa keluar dr kasih jam 15.00 lewat. Bbw emang tempatnya org gila belanja buku. Kerennn.

    ReplyDelete
  16. wah ada buku bahasa jepang punya kesaint blanc
    aku pengen tapi yang bahas spanyol atau itali
    mb Oline kena harga berapa itu? soalnya di Gramed per levelnya kena 200 ribu lebih

    ReplyDelete
  17. Waaw borong buku banget sampai nyaris 700rb, selamat membaca kakak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. 700ribu belum ada apa2nya saya mas. Dibandingkan dengan yang lain yang sampai 2 digit gitu 😊
      Kalo aku spend segitu karena biasanya untuk 6 bulan sampai 1 tahun ke depan. Jadi memangkas cost beli buku juga. Jangan dilihat nominalnya yang sekarang 😁

      Delete
  18. selalu suka deh baca sampe abis di blog mba oline. isinya informatif dan ngalir. jadi berasa gw yang jalan kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya Lita 😊
      Aku cuma berusaha berbagi pengalamanku aja sih. Supaya orang yanh gak ikutan dan gak sempat kesini bisa ikut merasakan 😊

      Delete
  19. Pastinya kudu bawa mobil pribadi ya kalau kesana. Biar mempermudah bawa banyak buku. Wasalam dah kalau naik kereta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yess.. kudu bawa. Kalopun motor sebenernya bisa. Cuma kalo belanjaannya banyak ya agak merepotkan aja. Atau mungkin kalo gak belanja ya bisa2 aja naik motor.

      Tapi apa iya pulang dari BBW dengan tangan kosong? Kayaknya impossible deh 🀣

      Delete
  20. Lah ternyata samping sy tinggal, tp ternyata kudet sy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Deket ya? Kalo deket mampir aja mas kesana. Setahun sekali lho ini..

      Delete
  21. Ah sayang banget kemarin melewatkan event ini. Padahal ngeliat di medsos temen-temen lagi pada ke sana. mudah-mudahan tahun depan ada lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Fenni, eventnya sampai tgl 9 April. Masih ada waktu kalau mau kesana

      Delete
  22. wuaaa.. banyak juga mba belanjaannya.. saya kesana cuma mampir sebentar habis itu inget di rumah udah gak ada tempat taro buku, jadi pulang dengan foto aja di hp. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha gak banyak sebenernya sih, cuma segini doang :D
      Aku juga di rumah gak ada tempat :D

      Delete
  23. Wah asyik juga ya, waktu itu juga ditawari dari Mandiri, cuma jauh banget ya lokasinya. Berharap tempat penyelenggaraannya di Jakpus atau yang lebih strategis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari tahun ke tahun memang disitu sih, gak berubah2 :D

      Delete
  24. Tahun kemarin dpt undangan gratis kesini. Eh akhirnya kelewatan gak sempet datng. Dan yg kali ini kayaknya kekepin duit dl. Msh banyak kebuthan lain. Hiks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah sayang sekalii. Tahun depan budgetin aja mba, sekitar bulan Maret - April akan ada BBW 2019 pokoknya :)

      Delete
  25. ada buku pro make up... abis baca trs buka workshop make up ya mbak :D .... kalo liat poto poto BBW yang biasa beredar sadis seremnya... bukunya ampe menggunung di troli

    ReplyDelete
  26. BBW Tiap tahun memang selalu heboh. Tahun depan aku mau coba ah tips Mba Oline ini.

    ReplyDelete
  27. BBW untung jauh dr Bandung, takut kalap, padahal sebenere butuh yaa..hahhaaa ngeles

    ReplyDelete
  28. pantesan temenku bela belain begadang buat ke BBW emang harganya jauh lebih murah cuma kudu siap antri dan bawa belanjaan yang banyak :)

    ReplyDelete
  29. Surga banget deh ini buat pecinta buku. Apalagi banyak buku buay stimulasi kecerdasan anak yaa

    ReplyDelete
  30. Whoaa! ka oline baca novel nya christian simamora juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku fansnya Bang Christian garis keras! ^^

      Delete
  31. Parah sih, tiap tahun aku nyempetn diri kesini dan habis waktu lebih dari 5 jam keliling. pulang-pulang bingung. banyak uga ya buku yang di bawa. Pas lihat tabungan lebih wow lagi. hahahaha tapi nggak pernah nyesel sih, bahkan selalu berharap kegiatan tahunan ini nggak akan pernah berhenti

    ReplyDelete
  32. Tiap tahun cuma bisa ngeliat dari jauh karena belum sempet dateng ke sana. Jauhnya nggak nahan, aku udah males duluan :(

    ReplyDelete