PENGALAMANKU TERBANG KE SINGAPURA BERSAMA AIR ASIA



Kayaknya udah jadi rahasia umum kalau Air Asia adalah the Lowest Fare and The Cheaper One for flights. Cuma sayanya aja baru tahu info itu. Karena selama ini jujur aja saya gak pernah menggunakan flights AirAsia, selama ini aku menggunakan Lion Air, dan kupikir Lion Air adalah paling murah. Tapi ternyata ada yang lebih murah lagi, yaitu Air Asia. Dan di postingan saya ini, saya akan share pengalaman saya waktu saya terbang bersama Air Asia, bagaimana cara saya mendapatkan tiket promo, tujuannya, dan sebagainya nanti saya ceritakan di bawah ya.

Kenapa Memilih Air Asia?

Mungkin kamu akan bertanya begitu. Jawabannya sih simple. Pertama, karena tujuan saya adalah ke Singapore, dan juga Air Asia setelah saya browsing-browsing untuk tujuan Internasional kok itu murah banget ya? Kedua, waktu saya searching harga tiket JKT - SIN, saya dapat PP sekitar 600ribu. Tapi karena saya kelamaan untuk payment, akhirnya saya dapat tiket PP total 700ribuan. Yaudahlah ya, masih wajar and normal.

Untuk Air Asia per tanggal 22 Januari 2018 pindah ke Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, tapi ini khusus untuk penerbangan Internasional. Untuk tujuan domesticnya masih tetap di Terminal 2 Soetta. Dan ini menjadi alasan aku ketiga. Lalu keempat, karena Air Asia landingnya langsung di Terminal 4 Changi Airport. Nah, ini adalah flight yang tepat bukan, sekali tepuk dapat 2 nyamuk? Alias kita bisa nyobain lihat Terminal 3-nya Soetta (buat yang belum pernah lihat) dan bisa lihat arrival dan juga departure dari Terminal 4 Changi Airport.

Bagaimana Cara Mendapatkan Tiket Promo?

Sebenarnya sih saya sudah pernah dengar kalau Air Asia itu katanya sering kasih promo, jadi tungguin aja. Cara saya mendapatkan harga promo adalah saya menggunakan aplikasinya terlebih dahulu. Booked via web juga bisa kok, cuma karena saya lebih banyak mobile, jadi lebih enak melalui aplikasi.

Tapi sebenarnya melalui website lebih enak lagi, seperti di bawah ini, jadi sebulan penuh bisa langsung kelihatan tanggal-tanggal mana yang sedang promo.


Jadi cara saya adalah, saya pantau dulu nih melalui aplikasi, saya buka berkala, (bahkan tiap minggu malahan) seperti kemarin contohnya Air Asia sedang mengadakan promo sampai dengan tanggal 11 Februari 2018 untuk periode terbang Agustus 2018 - Januari 2019. Kemarin saya sempat dapat harga JKT - SIN hanya 269ribu untuk 1x keberangkatan (no baggage and no assurance). Tapi karena penuh pertimbangan satu dan lain hal, jadi saya tidak jadi beli.

Nah, kalau kamu pas tahu Air Asia sedang mengadakan promo, kamu buru-buru deh cek harganya dan buru-buru langsung booked aja. Karena kalau harga promo itu cepet banget habisnya, sama aja kayak tiket kereta pas mau lebaran. Apalagi kalau harganya 200ribuan kayak gini. Siapa yang gak ngiler ke SING hanya 200ribuan?

Jika kamu memang berniat ingin melakukan perjalanan, saran saya, buatlah itinerary terlebih dahulu, mumpung masih di awal tahun. Better kamu sudah punya itinerary lebih dulu, baru bisa langsung booked tiket jika harga sedang promo. Karena jika kamu sudah booked, waktu payment yang diberikan oleh Air Asia itu sangat cepat, hanya 1x24 jam saja. Jika sudah lewat masa berlakunya, tiket akan direlease kembali.

Bagaimana Pembayaran Tiket di Air Asia?

Cara pembayarannya bisa melalui cash (transfer), cash (via indomaret/alfamaret) atau juga kartu kredit. Jika melalui cash, kamu harus siap sedia saldo di tabungan kamu ya. Transfernya ke bank Permata (Kode Bank 013).

Jika kamu melakukan pembayaran melalui kartu kredit, kamu akan dikenakan charge sebesar IDR 108.000. Nah, saran saya sih, kalau kamu dapat tiket harga promo 200ribuan sementara paymentnya menggunakan kartu kredit dan kena charge 108ribu, itu gak worth it sih. Lebih baik biaya administrasinya kamu alokasikan untuk biaya bagasi dan asuransi (hanya IDR 240ribu include bagasi, asuransi dan makanan). Jadi sebaiknya kamu membayar dengan cash saja. Kecuali kamu membeli tiket dalam jumlah yang banyak. Jadi nanti biaya adminnya bisa dibagi ber berapa orang.

Jangan khawatir, nanti juga di website tertera cara pembayarannya gimana.

Bagaimana Cara Booking Tiket di Air Asia?

Simple sih. Buka aplikasi atau websitenya, pilih destinasi, tanggalnya, and done! Tinggal gitu aja. Ohya, bookingnya jangan melalui ecommerce lainnya ya, langsung aplikasi atau website resminya aja karena lebih murah. a

Apakah Booked Tiket di Air Asia Menggunakan Paspor?

Sejauh yang saya tahu, hanya Air Asia yang tidak memerlukan nomor paspor saat melakukan booking tiket. Tapi kalau di maskapai lain diperlukan.

Apakah Bisa Pesan Makanan dan Bagaimana?

Waktu awal saya booked tiket saya tidak memesan makanan karena saya pikir ah belum perlu. Tapi menjelang hari H, which H-2, saya berpikir, karena takut di Changi saya tidak menemukan makanan atau resto yang pas, jadinya saya memutuskan membeli makanan di H-2 itu.

Caranya, tinggal masuk ke >> manage my booking >> pesan makanan. Lalu setelah selesai melakukan pemesanan, lakukan pembayaran deh. Ohya, jika kamu ingin menambah pesan makanan di Air Asia, pembayarannya menggunakan Kartu Kredit yah, tidak bisa transfer atau debit. Jadi pastikan sebelum proceed check out dan kamu tidak memiliki kartu kredit, kamu pikir-pikir dulu apakah perlu memesan makanan atau tidak. Supaya pembayarannya bisa sekalian.

Dan juga sebaiknya pesan tiketnya kalau mau harga murah, lakukan pembelian tiket PP saja, jangan perginya saja, atau pulangnya saja, karena jika salah 1 tujuan, nanti kalau tiket pulangnya belakangan nominalnya dalam dollar.

Web Check In

Untuk mempersingkat waktu, sebaiknya kamu sudah lakukan web check in dari rumah, supaya sampai bandara tidak direpotkan lagi ngeprint-print. Dan sekaligus bisa mendapatkan seat yang proper.

Tips : Karena saat di Imigrasi kamu tidak boleh membawa minum, sebaiknya kamu minum saja dulu sampai puas, karena jika kedapatan membawa air minum, disuruh dibuang. Dan dodolnya saya waktu itu udah ngos-ngosan karena panik sebentar lagi waktu boarding, sementara jarak dari web check in sampai gate Air Asia itu jauh, jadi saat petugas Imigrasi bilang disuruh dibuang, saya main iya-in aja, gak saya minum, padahal harusnya saya minum duluan tuh. Karena di Terminal 3 agak susah cari air mineral (beli ya maksudnya). Pengisian air (free) di bandara juga tidak ada. Jadi sebaiknya kamu minum saja dulu sampai puas.

Fly With Air Asia

Setelah semuanya OK, baru deh saya berangkat.


Saatnya take off.,




Kebetulan saat itu saya berangkat bersama dengan Lia. My travell and room mate :)


Sambil mengisi waktu saya membaca-baca majalah yang ada disini. Majalah Travel 3sixty tidak boleh dibawa pulang ya :D


Ternyata disini ada juga lho buku menunya.


Tapi harganya lebih mahal. Ohyaa, saya pernah baca bahwa kalau pesan makanan on the spot (dalam flight) itu lebih mahal, ternyata itu benar.



Karena tadi diatas saya bilang saya haus banget karena gak sempat minum saat check in, jadinya saya beli minuman lagi deh disini, Air Aqua 330 ml harganya 15ribu aja hiks. Yaudahlah daripada saya kehausan.

Tepat jam 12 siang, makanan langsung diberikan kepada pemesan sesuai dengan nomor seatnya. Jadi kamu harus siapkan tiket boarding pass kamu ya untuk diperlihatkan kepada petugas.

Taraaa.. ini makan siang saya. Disajikan dalam keadaan hangat kok.



Sumpah ini jauh dari ekspektasi saya. Yang tadinya saya pikir ini gak enak ternyata saya kurang! ENAK BANGET malahan! Ya ampuun. Dan setelah saya browsing-browsing ternyata Air Asia memang menyajikan makanan citarasa Nusantara.

Gimana ngiler gak? :)
 Dan ini adalah pesanan Lia.


Rasanya enak juga kok.



Setelah 1 jam 40 menit, akhurnya saya tiba juga di Changi, yeay!


Testimoni

Ini baru pertama kalinya saya naik pesawat Air Asia tapi alhamdulillah saya gak muntah LOL. Iya, biasanya saya muntah terus, saya mabok flight banget. Bodo ah orang bilang katrok. Tapi setiap saya naik pesawat bawaannya mual mau muntah. Tapi ini justru gak berlaku untuk Air Asia. Untuk take off dan landingnya dia smooth banget.

Kalau kamu seperti saya yang gampang mual, tipsnya supaya gak mual dan muntah, kamu bisa makan 1 jam sebelum keberangkatan. Jangan makan pas sebelum berangakat. Supaya perut kamu ada jeda untuk persiapan berangkat. Setelah makan, jangan lupa minum antimo maksimal 1 jam sebelumnya, supaya pada saat berangkat efek antimo (ngantuknya bisa terasa).

Oke, segitu dulu pengalaman aku terbang bersama Air Asia, semoga bermanfaat ya. 

3 comments

  1. Nyari tiket promo udah pasti inceran orang2 yang mau traveling ya mba. Kadang pemilihan maskapai pun pasti jatuhnya ke Air Asia. Karena tanpa promo pun, kadang harga nya memang jauh lebih murah dari maskapai lain. Sehingga jadi idola para traveller. Tips Anti maboknya bagus juga mba, kalau aku anti mabok pasti milih duduknya harus didepan. Mau duduk di mobil, bis ataupun pesawat. ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di pesawat duduk di depan sih untung2an ya. Kalau mau sih bayar kalo mau pilih tempat duduk :)
      makasih udah mampir ya mba

      Delete
  2. Dulu aku pertama kali makan di Air Asia enak banget juga mba! Tapi 2017 akhir kemarin pas pulang dari Singapore, dapat nasinya kerassss banget. Tapi tetap habis karena lapar :(

    ReplyDelete