INILAH PENYEBAB AC KURANG DINGIN



[Sponsored Post] Hidup di Indonesia yang beriklim tropis seperti ini, nampaknya gak bisa lepas dari keberadaan AC. Cuaca yang terkadang panas, ditambah sinar matahari yang membuat kita tidak nyaman, rasanya membuat kita ingin buru-buru masuk ke dalam ruangan yang ber-AC. Dan kalau saya perhatikan, hampir di semua sudut rumah tangga atau perkantoran, pasti setidaknya satu atau 2 AC di ruangannya. 

Biasanya kalau suhu atau cuaca sedang panas terkadang kita suka menyalakan AC dengan suhu rendah, semakin rendah suhunya, listrik yang terpakaipun akan semakin boros. Apalagi jika AC kita bermasalah, sudah diservice trus kenapa masih belum dingin juga? Apa yang salah ya?


Mungkin kamu bisa hal-hal berikut saat AC kamu tidak dingin, yaitu : 

1. Tidak melakukan maintenance AC secara rutin 
Apakah kamu yakin sudah service dengan benar? Biasanya untuk service AC normalnya adalah service per 3 bulan sekali. 

2. Voltage tidak stabil 

3. AC tidak divacuum pada saat pemasangan 

4. Luas ruangan dengan kapasitas AC tidak sesuai 
Di ruangan tersebut ada berapa lantai? Dan apakah Btu AC sudah lebih besar daripada kebutuhan Btu ruangan? Setidaknya kita mengerti perbandingan luas kamar dengan kebutuhan Btu AC. Sebagai contoh saja, untuk ruangan yang luasnya 4x5 m kebutuhan Btu 10.000 harus pakai 1.5PK dengan Btu 12.000. Kalau ruangan kamu 3x4m kebutuhan Btu 6000 pakai 3/4PK dengan Btu 7.000. 

5. Mode remote salah 
Coba periksa kembali, jangan-jangan pilih yang saving mode on. 

6. Pintu atau jendela ruangan sering terbuka sehingga suhu panas dari luar mempengaruhi suhu dingin di dalam ruangan, fan motor indoor dan outdoor unit lemah. Di kamar itu apakah terdapat jendela? Menghadap kemana? Barat atau timur? Apakah tembok langsung terkena sinar matahari? Jika ya, pasti kamar akan terasa lebih panas, panas saat matahari terbit dan matahari pada sore hari. 

7. Kurang freon 
Baru aja diservice tapi belum cukup dingin? Bisa jadi karena freonnya kurang. Saat service, tehnisinya tidak memberi tahu bahwa freonnya kurang dari batas normal. Tapi hati-hati ya, tidak setiap service itu pasti menambahkan freon, adakalanya AC hanya rusak dan butuh dibersihkan saja. Kalau dari pertama pemasangan AC tepat, harusnya tidak usah isi freon minimal 3-4 tahun pemakaian. 

8. Ada kebocoran 
Bisa saja ada kebocoran di bagian selang seperti evaporator indoor atau kompresornya, bocor di bagian pipa freon. 



Nah, salah satu AC yang bisa saya recomendasikan yaitu AC Gree. Kebetulan saya juga direkomendasikan oleh salah seorang teman saya, katanya AC Gree ini lagi nge-hits, sampai ada youtuber yang review, katanya AC Gree itu, AC rumah yang terbaik. 

Dan di Tahun 2017 yang lalu, Gree meluncurkan tipe AC terbarunya lho, yang bernama MOO2, AC tipe ini merupakan versi canggih dari versi sebelumnya. Karena sistemnya sudah di perbaharui, ada 2 fitur ganda yang ada dalam tipe AC MOO2 yaitu FROZEN POWER dan ECO FRIENDLY yang dapat menghemat listrik hingga 30% di bandingkan dengan pendiri udara lain di kelas nya.

2 comments

  1. Catet banget nih ternyata banyak yo penyebab AC ga dingin.

    ReplyDelete
  2. salah satu pertimbangan penting dalam membeli ac saat ini adalah yang eco friendly alias lebih hemat energi. karena kok makin sekarang tarif listrik selalu naik saja ya ...

    ReplyDelete