Fonterra Brands Indonesia Rayakan Hari Ibu Melalui Campaign Best Mom Ever


Ayah VS Ibu

Ibu gak boleh sakit. Ibu harus setroong..
Ibu itu adalah supermom, yang bisa segalanya supaya rumah tetap rapih...
Anak-anak dan suami juga tetap sehat...

Kalau misalnya pertanyaan saya ini diajukan ke anak-anak, atau mungkin everybody's in the world, ayah VS ibu, lebih banyak mana yang bekerja, ayah atau ibu? Saya yakin 100% pasti anak-anak dan oranglain akan menjawab 'ayah'. Padahal coba deh renungkan lagi, sebenarnya yang banyak pekerjaannya siapa sih? Ibu atau ayah? 

Saya pernah lho berdiskusi hebat (baca : debat LOL) dengan suami, bahwa saya lebih capek daripada dia. Dia kerja di kantor itu ada ON-OFF nya, start kerja jam 9 pagi sampai jam 5 sore. Sedangkan saya kerja mulai dari bangun tidur sampai saya tidur lagi. Kerjaannya apa? Ya apa aja dikerjain di rumah. Ya nyuci dan nyetrika baju, masak pagi - siang - malam, nyiapin bekal suami dan Narend, beres-beres, sampai jagain Narend. Akhirnya bahasan ini kunjung usai. Suami saya mengalah (penuh kekesalan) bahwa saya yang lebih banyak pekerjannya. 

Sebenernya yang benar itu gimana ya?

Yup, yang saya bahas ayah vs ibu itu adalah pertanyaan yang diajukan oleh Ayu Dewi (yang sebagai MC di acara itu) di acara blogger gathering tanggal 12 Desember 2017 lalu bersama Fonterra Brands Indonesia di Plataran Dharmawangsa. 


Hampir 100% pertanyaan yang diajukan oleh Ayu Dewi itu, para moms yang hadir disini menjawab lebih banyak ibu porsinya (yaiyalah, kan yang hadir ibu-ibu, pasti jawabnya ibu-ibu yang banyak pekerjaannya).  Tapi coba ditelaah lagi, emang bener kan? (ini bukan minta pembenaran, tapi emang bener). Coba bayangkan ibu itu mana pernah absen kan kerjanya? Absennya cuma pas tidur, dan lagi sakit. Eh lagi sakit juga gak ding, soalnya lagi sakit juga pasti kepikiran, rumah udah beres belom? Piring di dapur udah dicuci bersih belom? 

Saya yakin sekali semua ibu di dunia ini akan menempatkan kesehatan dan keperluan suami dan anak diatas kepentingan pribadi. 

Bahagianya seorang ibu itu simple kok; anak kita makannya habis, tidur cepat, gak rewel, dan nilai akademis anak kita bagus di sekolah.

Berdasarkan penelitian Fonterra menunjukkan bahwa sebagian besar perempuan menempatkan kesehatan diri mereka di urutan kedua terbawah dari lima prioritas hidup, dimana mereka lebih konsentrasi ke kesehatan dan kesejahteraan anggota keluarga mereka. 

Awalnya saya sebenarnya ragu untuk hadir, karena di hari tersebut saya lumayan sibuk untuk keperluan sekolah Narend. Tapi jujur aja saya hadir kesini jadi seperti Me Time buat saya. Karena rata-rata semua jawaban yang diberikan dari audience seperti curhatan dari ibu-ibu disini :)

Seperti yang dijelaskan oleh Rohini Behl, Technical Marketing Advisor, Fonterra Brands Indonesia bahwa ibu memiliki sejumlah tanggung jawab mulai dari merawat orangtua, suami dan anak-anak, sehingga menjadikannya sosok penting di keluarga. 



Fonterra sebagai penyedia nutrisi susu terpercaya telah menjadi bagian dari jutaan konsumen terutama para ibu. Fonterra percaya bahwa ibu selalu mencari pilihan terbaik ketika menyediakan nutrisi bagi keluarganya. 


Menjelang momen spesial Mother's Day 22 Desember 2017 mendatang, Fonterra mengadakan campaign Best Mom Ever karena Fonterra ingin menginspirasi masyarakat untuk mempersembahkan hadiah bagi ibu mereka, baik dari yang paling sederhana ataupun mewah sekalipun, sebagai refleksi dari apresiasi mereka terhadap ibu. 

Dalam campaign ini Fonterra juga bekerja sama dengan Chic and Darling, yaitu sebuah lifestyle brand. Sebenarnya apa alasan Fonterra memilih Chic and Darling dalam campaign ini? Kania Annisa,  mompreneur dan owner dari Chic and Darling sekaligus seorang ibu, sepertinya sangat mewakili profil ibu masa kini. Kania memiliki banyak prioritas tapi selalu mengupayakan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi diri sendiri dan keluarganya. So, thats why Fonterra sangat senang bekerjasama dengan Chic and Darling ini. 

Kania Anggiani (Source Woop.id)

Selama lebih dari 30 tahun, Fonterra telah menginspirasi keluarga Indonesia untuk hidup maksimal dengan nutrisi susu yang terpercaya demi Indonesia yang lebih sehat, kuat dan bahagia.



Seperti yang diungkapkan juga oleh mb Roslina Verauli S.Psi.,M.Psi, Psikolog, (atau yang lebih akrab dipanggil mba Vera) bahwa peran ibu 2/3 lebih banyak dalam mengelola rumah tangga dan dua kali lebih banyak dalam pengasuhan anak dibandingkan ayah. Ibu juga memiliki peran penting lainnya yaitu sebagai pusat emosi atau Emotion Work yang mencakup diantaranya mendengarkan pasangan dan anak, memahami pikiran dan perasaan mereka, memberi dukungan dan juga apresiasi. 









Dengan demikian, status emosi ibu sangat mempengaruhi kesejahteraan emosional keluarga secara keseluruhan sehingga memerlukan apresiasi diri atau self-appreciation untuk selalu bahagia dan sejahtera secara emosional.



Coba lihat slide dibawah ini, bahwa seorang ibu adalah sebagai pusat emosi di rumah. Tapi tidak bisa kita abaikan juga terkadang dengan posisi kita yang seperti ini juga akan timbul sumber energi negatif, bagaimana dengan waktu yang terbatas kita harus bisa maintain waktu dengan baik, porsi waktu yang seimbang antara family time dan support system. 




Sebagai seorang ibu, walaupun dengan keadaan yang seperti itu, kita harus bisa latihan mengelola emosi negatif yang hadir kepada kita. Salah satunya bisa melalui feedback positif dari suami dan juga anak. 

Di acara talkshow ini, para audience diberikan sebuah kertas dibawah ini untuk diisi oleh kita, suami dan anak-anak kita. Yaitu, "Kira-kira kita dikenal sebagai ibu yang bagaimana sih bagi suami dan anak kita?" 




Jadi kita diminta untuk mengisi kolom yang sebelah kanan yang ditutupi oleh post id kuning ini. Nah yang sebelah kiri nanti diisi oleh anak dan suami kita. Jadi fungsinya si post id ini untuk menutupi jawaban kita. 

Bagaimana dengan peran seorang ibu tentang kebutuhan nutrisi keluarga?

Di acara ini juga hadir mba Ines Yumahana Gulardi Msc., Senior Nutrition Manager, Fonterra Brands Indonesia. Mba Ines menjelaskan bahwa semua anggota keluarga perlu mengkonsumsi nutrisi seimbang dan menjalani pola hidup sehat. Disinilah peran fundamental seorang ibu untuk melengkapi kebutuhan nutrisi keluarga. 


Para ibu mengalami berbagai fase kehidupan baik diri sendiri maupun anggota keluarga, dimana setiap fase membutuhkan nutrisi yang berbeda, misalkan saat sedang hamil dan menyusui, anak-anak di usia pertumbuhan, sampai orangtua yang menghadapi usia lanjut. 

Di acara ini juga ada sedikit games yang diberikan oleh mba Ines, yaitu para audience diminta untuk mengisi piramida makanan. Saya sekelompok dengan Rohini dan mba Anes, rasanya deg-degan banget :) 

Dan inilah hasil tempelan kami :)



Dan inilah kebutuhan nutrisi yang harus kita penuhi melalui piramida makanan yang seharusnya. Yah not badlah, jawaban kamu ternyata benar :)


Buat ibu hamil zat gizi yang harus terpenuhi adalah adanya DHA dan Asam Folat. Melalui grafik di bawah ini terlihat bahwa gizi yang diperlukan masing-masing fase adalah berbeda komposisinya. 


Dan Fonterra Brands Indonesia memiliki semua produk-produk yang kita lalui, mulai dari fase kehamilan, menyusui, anak-anak sampai dewasa usia lanjut lho. Keren ya. 



Salah satu produk Fonterra yang untuk anak-anak adalah Anchor Boneeto, yang berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang. 










Dan inilah produk yang sesuai untuk anak-anak.



Melalui campagin ini Chic and Darling menyediakan mug khusus Hari Ibu, yaitu Mug Eksklusif 'Best Mom Ever' dengan empat desain yang dapat dikoleksi dan sudah tersedia baik offline maupun online. Untuk toko offline bisa didapatkan di Jakarta dan kota besar lainnya. Sedangkan untuk online bisa didapatkan di Lazada dan juga Shopee. 


Dan inilah mug ekslusif yang saya sebutkan diatas tadi.




Cantik ya?

Gimana cara mendapatkannya?

Kamu bisa mendapatkan mug eksklusif ini dengan pembelian Anmum Materna dan Lacta 400gr (rasa coklat), Anlene Gold 650gr (rasa coklat, vanila, dan original), dan Anchor Bonetto 700gr (rasa coklat dan Vanilla).

Ohya, acaranya juga bukan sekedar talkshow, tapi juga ada demo masak juga lho disini, dengan menggunakan produk dari Anchor. 






Dan inilah hasilnya. Saya juga sudah coba, ternyata enaaak lho.


Sudah terbukti ya bahwa Fonterra Brands Indonesia sangat peduli terhadap kita. Jadi merasa special deh, karena setiap fase Fonterra selalu hadir di kehidupan kita :) Saya jadi benar-benar siap deh untuk menjalani peran saya sebagai seorang ibu :)

Btw, ada kontesnya juga nih, dalam rangka merayakan Hari Ibu. Jangan lupa ikutan ya. 



So, kalau saat ini saya ditanya, "Are you best mom ever for your children now?"

Saya akan menjawab, "Yes I do." :)



3 comments

  1. makasih sharingnya , lengkap. Betul pekerjaan rumah tangga itu gak ada habisnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul mba. Menjadi seorang ibu adalah dedikasi yang harus dijalani seumur hidup.

      Delete
  2. Aku kenal produk Fontera itu anlene sama anmum, karena aku konsumsi dua-duanya. Mamah juga minum anlene gold. Nah ngomongin soal jadi ibu, ngga gampang ya jadi ibu itu. Kadang yang ngga ngerti mah, jadi ibu rumah tangga itu ngga keliatan kerjaannya. Padahal dari subuh sampe isya, kerjaan ibu rumah tangga ya adaaa aja. Jadi wajar yaa kalo ibu itu suka ngeluh capek. Yang dibutuhin ya cuma pengertian aja dari anggota keluarga yang lain

    ReplyDelete