YuK, Perkuat Bonding Ibu dan Anak Melalui Sentuhan Sayang Ibu



Masih ingat teori yang mengatakan keberhasilan seorang anak ditentukan dari didikan serta peran serta seorang ibu di keluarganya? Karena ibu berperan penting dalam membangun sebuah keluarga melalui sentuhan kasih sayangnya dan mampu membentuk kepribadian seseorang di masa depan. Saya pribadi yang mempercayai hal itu. Karena saya merasakan sendiri saat mama saya menyentuh saya perasaan saya jadi tenang dan aman. Betapa sentuhan ibu memiliki sejuta makna yang luar biasa.

Dalam kurang lebih 3 minggu ke depan tepatnya tanggal 22 Desember kita akan merayakan Hari Ibu. Untuk melengkapi perayaan ini, NIVEA memperkenalkan rangkaian NIVEA Creme Limited Edition pada hari Senin, 27 November 2017 dan bersamaan dengan itu saya menghadiri campaign mereka yang bertempat di Atrium Senayan City, Jakarta. Tujuan campaign ini adalah untuk meningkatkan kualitas hubungan antara ibu dan anak.

Acara pagi itu dibuka teh Indy Barends, yang sekaligus menjadi MC pada acara itu.



Sebagai pembuka acara, Mr. Tomasz Schwarz, sebagai Marketing Director PT Beierdorf Indonesia untuk memberikan kata sambutan. Beliau mengatakan bahwa NIVEA bangga menjadi bagian keluarga di seluruh dunia selama kurang lebih 100 tahun. As you know, NIVEA sudah dikenal turun temurun bahkan sejak nenek moyang kita ada, sebagai perlindungan terpercaya untuk keluarga berdasarkan referensi ibu. Karena itulah NIVEA sangat mengapresiasi peranan ibu melalui sentuhan kasih sayang tanpa batasnya karena memiliki pengaruh besar bagi seseorang dan pembentukan karakter saat ia dewasa.


Nara sumber yang dihadirkan di acara itu dari kiri ke kanan yaitu mba Vera Itabiliana Hadiwidjojo, Psikolog Terapan Universitas Indonesia (LPTUI),  Ibu Notty J. Mahdi, Antroplog Pemerhati Budaya, dan Pandji Cakrasantana selaku Brand Manager NIVEA Creme PT Beiersdorf Indonesia.


Sharing pertama oleh mba Vera. Beliau mengatakan bahwa berdasarkan penelitian bahwa sentuhan seorang ibu itu bisa menciptakan hubungan dan komunikasi yang baik dan memunculkan perasaan relax (tenang). Komunikasi yang ada bisa menciptakan ikatan batin yang kuat. Serta perasaan tenang akan membuat anak bisa cepat menangkap pelajaran dengan baik. Jadi melalui sentuhan saja, anak akan bisa cepat belajar.


Touch - Bonding

Korelasinya seperti ini :

Menurut Courtney & Nolan, Touch in Child Counseling & Play Therapy 2017, Sentuhan kasih sayang akan melepaskan hormon Oksitosin. Hormon ini yang akan berperan mempererat hubungan ibu dan anak. Efek menenangkan dari sentuhan ibu menghasilkan Oksitosin, membuat anak menjadi sangat terikat dengan ibunya. Penurunan hormon stress oleh hormon Oksitosin terjadi karena adanya sentuhan atau respon dari indera peraba antara ibu dan anak, dan diidentifikasi sebagai faktor yang turut membangun daya tahan stress pada anak.

Touch - Learning

Sentuhan positif yang sering diberikan pada anak akan membuat anak merasa dekat dengan orang disekitarnya sehingga menunjang anak dalam proses belajar, membantunya mengatur emosi dan menjalin interaksi sosial.

Sentuhan kasih sayang akan melepaskan hormon penting termasuk oksitosin, serotonin, dan dopamin. Oksitosin menurunkan hormon stress yaitu Kortisol, yang membantu anak menjadi relaks.

Cerita

Apa sebenarnya manfaat bercerita bagi anak? Dengan bercerita membantu, perkembangan persepsi, memori, proses berpikir, bahasa, intelegensi, perasaan dan emosi anak. Melalui cerita, anak-anak belajar untuk berkomunikasi secara efektif dan memperkuat hubungan interpersonalnya. Dengan menikmati cerita tentang tokoh yang menarik, anak akan terlibat dalam perilaku role-taking, dimana ia akan memposisikan dirinya di tokoh dan membayangkan bagaimana tokoh tersebut berpikir, merasakan dan berperilaku.

Selanjutnya Ibu Notty bercerita tentang perjalanannya waktu penelitian ke daerah pengrajin batik dan penenun. Betapa disana rasa kasih sayang orangtua kepada anaknya terasa sangat kental. Karena di daerah biasanya tradisi akan turun temurun, ibunya penenun, demikian juga anaknya. Jadi saat ibunya menenun, ia mulai menceritakan dongeng atau cerita tentang apapun kepada anaknya. Di Indonesia ini, ibu adalah figur yang sangat dihormati karena berperan besar mulai dari masa kehamilan sampai melepas kepergian anaknya (menikah atau untuk bekerja di perantauan). Semua bentuk tradisi tersebut terkait erat dengan sentuhan kasih sayang ibu.

Bentuk sentuhan ibu lainnya yang familiar di masyarakat Indonesia adalah dengan membacakan cerita, karena dapat meningkatkan kreativitas anak serta mempererat hubungan ibu anak. Dalam momen bercerita tersebut, ibu bisa menyampaikan pesan-pesan moral yang akan terus diingat oleh anak

Selanjutnya sharing dari Mas Pandji Cakrasantana. Atas paparan yang sudah dijelaskan oleh mba Vera dan Ibu Notty tadi tentang betapa pentingnya sentuhan seorang ibu, itulah yang menjadi latar belakang NIVEA untuk mempersembahkan NIVEA Creme Limited Edition yang bekerja sama dengan LOBU, menghadirkan tiga koleksi buku cerita yaitu Bimbim dan Kebun Bunga Rahasianya, Ayu Sang Idola Hutan, dan Koko Rangkong Yang Pandai Mengayun.


NIVEA Creme Special Edition ini merupakan bentuk komitmen dari NIVEA dalam meningkatkan kualitas keluarga melalui peningkatan kemampuan anak, pemberdayaan ibu, dan waktu kebersamaan keluarga. Cerita yang terdapat dalam edisi spesial ini memiliki landasan budi pekerti dengan harapan bisa membentuk karakter yang positif bagi anak- anak. Nilai- nilai seperti persahabatan, kepercayaan diri, dan tidak mudah putus asa penting untuk diajarkan kepada anak- anak sejak dini, disinilah peran penting ibu dalam perkembangan anaknya.


Selanjutnya yang tidak kalah menarik, hadir juga Paman Gerry dan Bubu Mini untuk menghibur para audience disini.



Mereka bercerita tentang Ayu Sang Idola Hutan



Tapi mereka tidak mendongeng sendirian, mereka mengajak audience untuk ikut berpartisipasi, salah duanya mereka mengajak 2 orang partisipan dari audience yang hadir disini.


Mereka disuruh bernyanyi layaknya anak-anak. Dan setelah challenge itu berhasil mereka kerjakan, merekapun mendapat hampers seperti ini, 1 paket perawatan dari NIVEA. Seru ya :)


Ohya, Paman Gerry dan Bubu Mini, bukan bercerita saat itu aja, mereka juga tetap akan perform dari 27 November sampai tanggal 3 Desember 2017 dalam acara NIVEA Big Bang Event di Main Atrium Senayan City Mall dengan berbagai aktivitas menarik bagi para pengunjung khususnya ibu dan anak seperti creativity corner, photo custom Creme mom & kid, Creme usage education, mom & kid creme hand massage, dan penampilan khusus dari Nola & Naura pada 1 Desember 2017.

Setelah challenge, acara ditutup dengan menampilkan beberapa hasil karya dari anak bangsa dengan menggunakan media NIVEA Creme Limited Edition ini.



Setiap para audience yang hadir mendapatkan 1 buah goodie bags yang isinya seperti di bawah ini.



3 comments

  1. Wah, harus segera berburu nih, biar kebagian buku ceritanya. Kebetulana anak-anak sangat excited dengan dongeng dan buku cerita. TFS Kak Oline.

    ReplyDelete
  2. aq punya nih, beli nya pas diskon hehehe, jadi punya tiga cerita dongengnya

    ReplyDelete
  3. Saya pemakai setia Nivea sejak kuliah
    itu jg krn ibu sering memakainya

    ReplyDelete