Benarkah HIT Expert Bisa Untuk Usir Nyamuk Yang Membandel?



Hai semuanya. Sekarang kita sudah masuk musim penghujan nih, enaknya ngapain ya? Yeah, kalau makan mie rebus pakai potongan cabe rawit mah, udah mainstream. Justru yang anti mainstream itu kalau saya mau bahas soal nyamuk nih. Siapa yang disini sebel banget sama nyamuk? Siapa yang di rumahnya kalau musim hujan banyak banget nyamuknya? Kalau ditanya kayak gitu saya paling cepet tunjuk tangan deh. Atau mungkin ada yang sebaliknya, malah jatuh cinta sama nyamuk? Ahh saya yakin gaklaah ya :)

Eh iya, kamu percaya gak kalau musim hujan itu menjadi salah satu faktor mempercepat perkembangbiakan nyamuk, alias nyamuk cepet kawin? Kok kayak manusia ya? Lol. Tapi bener lho teori itu. Kok bisa? Katanya nyamuk juga sangat cepat berevolusi karena kemampuannya beradaptasi dengan perubahan lingkungan sehingga menjadi semakin bandel. Pantesan aja ya nyamuk-nyamuk sekarang dengan obat nyamuk yang sembarangan suka gak mati ya. Harus yang bener-bener ampuh. Terus akibatnya dan pengaruhnya dengan kita sebagai manusia itu apa? Nanti saya jelaskan di bawah ya. Yang pasti kamu harus baca tulisanku sampai selesai ya!



Jadi hari Kamis tepatnya tanggal 16 November 2017 lalu saya diundang untuk menghadiri blogger gathering bersama HIT Expert di EV HIVE D.LAB Menteng Jakarta Pusat. Nara sumber yang dihadirkan adalah Dr. Lula Kamal.

Doc : Pribadi
Dr. Lula Kamal menjelaskan bahwa menurut WHO tahun 2016, nyamuk itu adalah termasuk binatang yang paling mematikan di dunia. Faktanya menurut survey sebanyak 725.000 orang meninggal setiap tahunnya. Dari data kementrian Kesehatan Indonesia, Incidence Rate (IR), penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) berkontribusi besar dalam meningkatkan jumlah kasus kematian di Indonesia. Tahun 2016, sebanyak 201.885 orang di 34 provinsi terjangkit DBD dan 1.585 orang meninggal akibat penyakit tersebut. Serem ya?

Dalam talkshow tersebut Dr. Lula juga banyak membahas tentang perilaku dan bagaimana penanganan soal nyamuk, terlebih lagi di musim penghujan seperti ini. 

Seperti contohnya pada slide di bawah ini. Para audience diberikan pertanyaan, kita akan menemukan nyamuk di bagian mana?



Awalnya saya menebak nyamuk itu ada di gantungan baju dan kolong tempat tidur. Karena saya berpikirnya nyamuk suka dengan tempat-tempat yang gelap dan terpencil. Whoaah, ternyata saya salah! Jawabannya adalah seperti ini.



Amazing. Ternyata sebenarnya nyamuk itu ada dimana-mana, baik ruang terbuka atau tertutup. Lalu saya berpikir ohmaigat! Jangan-jangan di rumah saya?
..

Faktanya nyamuk itu tidak memerlukan air yang banyak, hanya 1 cc saja untuk bertelur. 

Nyamuk Kurus vs Nyamuk Gendut

Oke, sekarang kita bahas soal ukuran tubuhnya nyamuk. Ini sebenarnya agak menggelikan ya, karena saya saat saya menuliskan ini saya jadi membayangkan tubuh si nyamuk. Lol.



Kalau misalnya saya tanya, lebih berbahaya mana nyamuk gendut (besar) atau kurus? Pasti kamu jawabannya gendut. Bener kan? Tapi jawaban yang benar adalah yang kurus.

Analoginya begini :

Nyamuk itu gak beda jauh dengan manusia dan zaman. Zaman berubah, nyamukpun ikut berevolusi. Terutama di musim penghujan seperti ini. Udara makin dingin, ukuran tubuh si nyamuk jadi mengecil (kurus). Dengan tubuhnya mengecil, itulah yang membuat dia harus makan lebih banyak, more and more, supaya tubuhnya tetap stabil dan back to normal lagi, seperti sebelumnya. Dengan dia makin agresif, berarti dia akan makin gencar mencari makan (which is darah kita). Dibandingkan dengan nyamuk yang gendut, dia gak perlu extra effort untuk makan. Makan dengan porsi kecil dia sudah cukup kenyang. Itulah kenapa nyamuk kecil lebih berbahaya dibandingkan dengan nyamuk gendut. Jadi nyamuk terus berevolusi menjadi nyamuk bandel.

Kenapa nyamuk zaman sekarang berevolusi jadi membandel?

Perubahan iklim ternyata berdampak juga terhadap evolusi dari nyamuk. Nyamuk jadi makin cerdas dan semakin sering kawin. Karena itu ia menjadi makin bandel dan agresif untuk menggigit manusia.

Nyamuk Banyak? Tinggal Fogging Aja, Selesai!

Pasti deh kita akan berpikir demikian. Sayapun berpikir seperti itu. Dr. Lula Kamal bilang bahwa hanya dengan fogging itu ternyata tidak menyelesaikan masalah, nyamuk di rumah pergi semua. Dengan fogging hanya mematikan nyamuk dewasa saja. Tapi tidak mematikan jentik-jentiknya lho. Hmm oke, sekarang saya jadi nambah deh ilmunya. 

Nyamuk Bandel vs HIT Expert

Nyamuk memang permasalahan yang setiap hari dihadapi oleh keluarga Indonesia. Kenapa? Karena negara kita memiliki iklim tropis, iklim yang disukai oleh para nyamuk untuk hidup dan berkembang biak. Iklim kita makin panas? Justru membuat nyamuk makin berevolusi, menggigit kita jadi semakin gatal serta menyebabkan wabah penyakit seperti demam berdarah dan Malaria.

So thats why, untuk itulah HIT Expert hadir untuk memberikan perlindungan kepada keluarga di Indonesia dengan memberikan produk terbaik dan berkualitas bagi konsumen. Sebagai merek pestisida sudah berpengalaman lebih dari 18 tahun. 

Apa perbedaan HIT dulu dengan HIT Expert?

HIT Expert telah berinovasi dengan formula baru dan teknologi double-noozle yang bisa membasmi nyamuk lebih cepat. 

HIT sangat mengerti kondisi dan iklim di negara tropis dimana HIT memiliki fasilitas Research & Development di Indonesia dan India. Kedua hal ini membantu mereka untuk memberikan solusi terbaik yang menjawab kebutuhan konsumen. HIT Expert di desain khusus untuk membasmi nyamuk bandel di Indonesia.

Apa Keunggulan dari HIT Expert?


Kebetulan saya di rumah juga pakai obat nyamuk HIT ini yang semprot. Saya pikir HIT biasa itu sama aja dengan HIT Expert. Ternyata beda lho guys! HIT Expert ini adalah revolusi terbaru HIT dengan 4 kelebihan sekaligus dalam 1 (satu) produk yaitu :

1. Formula baru dengan partikel yang lebih kecil atau disebut dengan micro-particle, sehingga dapat bertahan lebih lama di udara dan dapat membasmi nyamuk bandel dengan lebih baik.

2. Dengan teknologi Double Nozzle, HIT Expert juga menghasilkan semprotan formula yang lebih jauh dan merata ke seluruh ruangan secukupnya jadi tidak membuat boros.

3. Kemasan baru yang premium dengan desain cap yang ergonomis, sehingga lebih nyaman ketika digengam. Semprotan yang dihasilkan juga lebih halus.



4. Ditambah dengan 2 (dua) pilihan wangi baru yang premium, yakni Sweet Flower dan Fresh Citrus, HIT Expert semakin memanjakan konsumen dengan memberikan nuansa yang manis serta menyegarkan. Selain hadir dengan desain kemasan baru yang premium serta desain cap ergonomis, HIT Expert juga lebih nyaman ketika digenggam. Semprotan yang dihasilkan pun lebih ringan, tetapi memberikan hasil maksimal dalam membasmi nyamuk bandel.


Tips dari Dr. Lula Kamal dan saya lakukan juga di rumah supaya terhindar dari nyamuk :

1. Semprot kamar 1-2 jam sebelum dipakai. Matikan AC atau kipas saat kamar disemprot. Setelah wanginya hilang, kamar bisa digunakan kembali.



2. Saya juga menyemprot bagian-bagian yang sekiranya tempat persembunyian nyamuk seperti kolong tempat tidur.


Dan juga di samping lemari



3. Rajin lakukan gerakan 3M Plus : Menguras tempat penyimpanan air, menutup rapat penampungan air agar nyamuk tidak masuk dan berkembang, membuang dan menutup pembuangan barang bekas yang dapat menampung air.

4. Jangan malas mencuci baju. Jangan sering menggantung pakaian dibalik pintu. Karena nyamuk paling suka daerah yang lembab dan juga bau.



Ah sekarang saya jadi tahu kenapa setiap saya semprot kamar, nyamuknya bukan pada mati, melainkan pingsan sementara lalu bangun lagi dan kembali sehat. Ternyata nyamuk sekarang berevolusi ya. Dan saya sudah buktikan sendiri, hampir seminggu ini saya menggunakan HIT Expert,  dan saya melakukan apa yang Dr. Lula Kamal sarankan, ternyata bener ya, nyamuknya gak cuma pingsan tapi beneran mati. Ternyata saya sudah buktikan sendiri bahwa HIT Expert bisa untuk mengusir nyamuk yang membandel.







17 comments

  1. Fogging emang gak menyelesaikan masalah, malah kadang suka bikin maslaah baru, lengket dan bau dmn2 hiks.
    Kudu rajin2 bersihin rumah emang ya biar nyamuk gk betah di rumah TFS

    ReplyDelete
  2. Aku suka pakai hit yang kuning, jarang kupakai buat nyamuk, malah lebih sering ke lipas kalau lagi musim hujan gini.

    ReplyDelete
  3. Mbak Oline bahasa tulisannya asyik. Sama, ini di rumahku banyak banget nyamuknya. Pengennya enak dingin-dingin tidur nyenyak gara-gara nyamuk jadi ngedumel. Emang ya, nyamuk sekarang pinter-pinter, nggak mempan lagi sama obat nyamuk yang biasa-biasa aja, harus yang mantep kayak HIT ini.

    ReplyDelete
  4. HIT juga jadi andalan keluarga kami mba
    Memang AMPUH banget nget
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah dirumah jarang nyamuk. Iya ya nyamuk kurus pastinya lebih lincah ya daripada yang gemuk. Aku pakai hit yang botol kecil isi ulang. Kapan2 mau coba yang ini.

    ReplyDelete
  6. Kecil tapi berbahaya dan mematikan, jadi gemes ama nyamuk ini

    ReplyDelete
  7. Wah ternyata betul ya, kalo nyamuk yg tumbeng itu cm pingsan doang dan bisa terbang lagi. Wktu itu sering liat nyamuk yg kek gitu, perlu dicoba juga nih ya hit exspert ini.. Makasih infonya kaka.

    ReplyDelete
  8. Aku tuh yang paling banyak nggantung baju di kamar, ternyata ini jadi sarang nyamuk juga yaa. Bulan depan aku cobain deh HIT expert ini, makasih sharingnya Mbak.

    ReplyDelete
  9. aq juga pakai hit tapi yang one push ampuh banget buat usir nyamuk

    ReplyDelete
  10. Sebel banget sih kalau banyak nyamuk selain menimbulkan penyakit kita juga ga nyaman sama bunyinya hehe.Btw aku pake yang one push lho dan cukup efektif.

    ReplyDelete
  11. 4 Tips yang bermanfaat kakak Oline. Kadang aku pikir, ngerasa udah nyemprot tapi kok masih ada. Ternyata myamuk bervolusi. Ini salah satu penyemprot nyamuk yang kucoba juga.

    ReplyDelete
  12. Wah jadi tau klo Hit ada varian expert. coba dah

    ReplyDelete
  13. Wangi yang citrus enak bangeettt.. Kalau bukan semprotan nyamuk kayanya mau-mau aja kupake buat bikin wangi ruangan. hehehe

    ReplyDelete
  14. Wah, bener banget nih mba, aku jga d rumah skrg kalau malam cukup banyak nyamun, jadi butuh banget hit. Trus nyamun skrg kuat2 gtu gak sih, aku udh pake ac ttp ajah ada, gak kapok2 dia wkwkw

    ReplyDelete
  15. Aku alhamdulillah di rumah jarang ada nyamuk, biasanya obat semprot gini aku pakai untuk ngusir kecoa yang suka mendadak lewat. Anyway aku juga pakai HIT mbak Oline, tapi pakai yang varian biasa aja belum pernah cobain yang Citrus atau Lavender. Pas belanja bulanan mau cobain ah.

    ReplyDelete
  16. Penyakit demam berdarah memang ngeri banget ya mba. Beli HIT yg ini ah, udah banyak nyamuk lagi di rumah

    ReplyDelete
  17. udah aku coba mbak, ternyata memang lebih efektif daripada obat nyamuk biasa

    ReplyDelete