Hunting Laptop Untuk Anak Kuliahan di Pameran Komputer

Lagi foto di pintu masuk BRI Indocomtech 2017 - Doc: Pribadi

Kalau bicara masa kuliah gak akan ada habisnya, karena masa-masa kuliah sama seperti masa-masa SMA :) simplenya, kalau waktu SMA kita bingung mau jadi apa nanti kalau sudah besar, kalau kuliah kita bingung akan kerja dimana selepas wisuda, benar gak? :) Masih di seputar perkuliahan, ternyata kuliah jaman dulu sama jaman Now itu beda banget lho.

Kuliah Jaman Dulu

Saya masih ingat betul waktu jaman-jaman kuliah, ke kampus naik angkot kalau telat dianter sama tukang ojek langganan deket rumah, nyatet materi kuliah yang di tulis dosen di white board, ngerjain tugas kuliahan di kantin belakang, fotokopi materi kuliah di tempat fotokopi-an deket kampus, sebelum pulang kampus mampir ke kos-an temen, dengerin musik di bis pakai MP3 Player, ikutan semester pendek buat perbaikan nilai, sampai jalan ke mal cuma buat nunggu jam kuliah.

Kuliah Jaman NOW

Beda lagi dengan kuliah jaman Now, sekarang kuliah dianter jemput sama motor dan driver yang beda alias ojek online yang dipesen via aplikasi Android, foto tulisan dosen yang di white board pakai kamera HP, ngerjain tugas kuliah di restoran Fast Food atau bahkan ngopi di Coffee Shop buat dapet Wifi gratis, bahan mata kuliah download di web kampus bahkan sudah ada e-learning buat yang gak bisa ke kampus, dengerin musik pakai aplikasi musik gratis di Andriod sampai jalan ke mal naik taksi online bareng temen-temen kuliah.

Mungkin kamu bertanya-tanya "Ngapain sih Oline dari tadi ngomongin masa kuliah?", soalnya kemarin saya dan mas Eko datang ke rumah saudara (om Dodo) yang kebetulan anaknya yang baru masuk kuliah, jadi ngobrol ngalur ngidul soal dunia perkuliahan jaman Now. Nah berhubung suami itu anak IT jadi sering diminta bantuan hal-hal yang berhubungan dengan dunia IT, seperti nginstal laptop, benerin komputer, beli laptop, benerin HP sampai diminta bantuan buat cariin laptop.

Tugas Pertama - Laptop buat anak kuliahan yang ...

Nah anak om Dodo yang baru saja masuk kuliah di Univ Gundar Depok jurusan IT ini bernama Bhrisna, dan teman kuliahnya sudah pada punya laptop untuk mengerjakan tugas kuliah. Om Dodo bilang, dia minta mas Eko untuk mencari laptop untuk Bhrisna yang pasti sih untuk ngerjain tugas kuliah dan supaya gak kalah gaul sama teman-temannya jaman Now, hayah :)

Intinya, disuruh nyari laptop yang ....

1. Gak perlu beli lisensi OS atau Office, soalnya lumayan mahal license-nya bisa diatas $150
2. Bisa ngerjain tugas kuliah seperti Word dan Excel
3. Bisa buat presentasi kuliah seperti Power Point
4. Bisa untuk main game yang enteng-enteng kaya Pacman
5. Laptop kecil dan enteng karena bakal dibawa tiap hari kuliah
6. Batere tahan lama karena di ruang kuliah tidak ada colokan listrik
7. Layar 180 derajat karena laptopnya om Dodo patah karena gak sengaja ke tekan waktu dipinjam sama temannya
8. Layarnya gak bikin mata capek
9. Koneksi Wifi yang stabil
10. Ada port USB buat tukeran file-file kuliah
11. Keyboard yang gak capek buat ngetik
12. Budget laptopnya tidak lebih dari 3.5jt

Banyak bener ya? Hehehe itu juga di rangkum dari hasil ngobrol selama 1-2 jam lho. Dan suami dititipkan uang 4jt, kata om Dodo sih, syukur-syukur sisa uangnya bisa untuk beli External HDD.

Tugas Kedua - Nyari laptop dimana?

Dari dulu sampai sekarang, suami selalu punya kebiasaan untuk beli laptop di ITC Cempaka Mas, jadi search di internet dulu harganya berapa, baru deh nelp toko langganan untuk selisih harganya, namun kali ini berbeda, soalnya bulan November ini lagi ada pameran komputer di Balai Sidang JCC Senayan.

E-Flyer BRI Indocomtech 2017 - Doc: katalogpromosi.com 

Berhubung besok, 5 November, saya dan suami mau olahraga minggu di Car Free Day depan FX. Akhirnya diputuskan usai olahraga, ganti baju, langsung meluncur ke pameran komputer.

TIPS: Buat kamu yang mau ke JCC, usahakan datang pagi atau naik taksi online, karena JCC saat ini sedang renovasi besar-besaran



Tugas Terakhir - Laptop yang dipilih adalah ....

Muter-muter di Indocomtech lumayan bikin pusing juga, untungnya sih suami sudah berpengalaman datang ke pameran komputer, jadi pasti tahulah lokasi yang wajib di datangi itu mana saja, kalau katanya "Dateng ke pameran komputer yang pertama kali didatangi adalah booth yang paling rame, disana pasti ada diskon produk dan penjualannya bagus". Salah satu booth yang ramainya ampun-ampunan adalah ASUS.

Booth ASUS yang ruame ruar biasa - Doc: Pribadi

Dan laptop yang menjadi perhatian suami dan saya adalah ASUS EeeBook E203, yang merupakan laptop 11,6” paling ringkas dan ringan. Bahkan ukurannya lebih kecil dari kertas A4 sekalipun, dengan ketebalan 16,9mm serta bobot yang sangat ringan, cuma 1.2Kg.


Yang perlu dicatat dari laptop ini adalah sistem operasi bawaannya yang bukan menggunakan Microsoft Windows melainkan Endless OS. Sistem operasi Endless OS sebetulnya adalah varian dari sistem operasi Linux namun begitu GUI/tampilannya dibuat sederhana agar dapat dengan mudah digunakan, dengan bentang layar 11,6 inci. Satu hal lagi yang tidak kalah istimewa adalah, kamu bisa menekuk engsel panel layarnya hingga 180 derajat, keren kan.



ASUS EeeBook E203 adalah laptop mainstream dengan rancangan teknologi terbaik di kelasnya. Dari sisi otak pengolah sistem komputasinya, ASUS menanamkan prosesor Intel N3350 berbasis Apollo Lake. CPU tersebut mampu menjalankan konten beresolusi 4K dengan kualitas visual yang lebih baik serta bekerja dengan sangat hening karena mendukung teknologi fanless design.

Dengan layar yang beresolusi HD ditambah dengan teknologi ASUS Splendid Display, perangkat ini menjadi patner yang cocok untuk menemani hiburan penggunanya. Aktivitas seperti menonton film menjadi lebih mengasyikan sebab Anda bisa mengatur tingkat saturasi warnanya melalui konsumisasi yang ada pada teknologi Splendid tersebut. Hinge atau engsel yang dapat diputar hingga 180 derajat juga memudahkan pengguna untuk melihat konten di layar dari sudut manapun.

Agar senada dengan irama kaum muda yang dinamis, produktif selalu ingin tampil berbeda dari yang lain, ASUS menghadirkan laptop ini dengan balutan warna-warna yang trendi dan kekinian. “Warna Star Grey cocok untuk mereka yang berkepribadian tenang, pendiam, pemikir dan cenderung cool. Sementara Pearl White adalah untuk mereka perfeksionis, punya standar tinggi akan sesuatu atau benda tertentu serta berjiwa optimis. warna Petal Pink bisa menjadi pilihan untuk mereka yang aktif, dinamis dan cenderung ekstrovert


Dengan kapasitas baterainya yang sanggup bertahan mencapai lebih dari 11 jam, tentu saja ini laptop ini ideal untuk menemani mobilitas penggunanya.



Saatnya ekspresikan dirimu dengan laptop 11.6” dengan banyak pilihan warna yang sesuai gayamu. Laptop EeeBook E203 tahan hingga 11 jam, alias nyala seharian! Dengan harga mulai dari Rp 3.299.000 sangat cocok untuk kamu yang suka bekerja maupun beraktivitas dimanapun, karena ringan mudah dijnjing, bahkan mudah dimasukkan ke dalam tas karena ukurannya tidak lebih besar dari kertas A4 Detail Specification : - Intel Celeron N3350 - 500GB HDD - 2G/ 4G DDR3 Memory - Engsel 180 Degree - Baterai mampu bertahan hingga 11Jam - Hanya 11.6 Inch, lebih kecil dari ukuran A4

Saatnya ekspresikan dirimu dengan laptop 11.6” dengan banyak pilihan warna yang sesuai gayamu. Laptop EeeBook E203 tahan hingga 11 jam, alias nyala seharian! Dengan harga mulai dari Rp 3.299.000 sangat cocok untuk kamu yang suka bekerja maupun beraktivitas dimanapun, karena ringan mudah dijnjing, bahkan mudah dimasukkan ke dalam tas karena ukurannya tidak lebih besar dari kertas A4

Apakah kamu si feminim dengan petal pink, si penyuka sporty dengan grey star atau si penyuka kerapihan dengan pearl white?

Kamu nggak suka bekerja dengan layar tegak? Atau butuh berbagi layar dengan temanmu untuk memperlihatkan hasil kerjamu? Eeebook E203 tentunya cocok untukmu

Sering bingung cari colokan karena laptop yang lagi asyik kamu pakai, tiba-tiba mati? Kini, tidak lagi dengan ASUS Eeebook E203. Tahan hingga 11 jam!

Mau dijinjing? Atau masukkan ke tas? Pilihan ada di tanganmu

Main Spec.ASUS EeeBook E203NAH
CPUIntel Dual-core Celeron N3350 (1,1GHz up to 2,4GHz with 2M Cache)
OSEndless OS
Memory2GB / 4GB DDR3L 1600MHz
Storage500GB
Display11.6" 1366x768 (16:9) LED backlit HD with 45% NTSC
ASUS Splendid Technology
GraphicsIntel HD Graphics 500 up to 650MHz
Input/Output2x USB 3.0, 1 USB Type-C, 1x HDMI, 1x Combo Audio Jack, 1x MicroSD
CameraVGA Web Camera
Connectivity802.11ac Wi-Fi; IEEE 802.11 a/b/g/n compatible, Bluetooth 4.1
AudioBuilt-in Stereo 2 W Speakers And Digital Array Microphone
Support Windows 10 Cortana
Weight 1,2Kg
Dimension286 x 193.3 x 21.4 mm
BatteryPolymer 42 Whrs 3 Cells Battery
ColorsStar Grey, Petal Pink and Pearl White
PriceRp3.299.000 / Rp3.499.000
Warranty1 Tahun Garansi Global


Nah buat kamu yang mau nonton perjalanan aku, hunting laptop untuk sodaraku yang baru kuliah, nonton aja VLOG aku dibawah ya :)



No comments